Cara Booting Laptop Asus

Cara Booting Laptop Asus
Cara Booting Laptop Asus

Salah satu merek ternama yang cukup hype di industri gadget, khususnya untuk kategori PC dan laptop, yakni Asus. Perusahaan tersebut, pertama kali berdiri pada 2 April tahun 1989. Oleh sederet pemikir, bernama T H Tung, Ted Hsu, Wayne Hsieh, serta M T Liao. Pusatnya, berada di kota Taipei, Taiwan. Tahukah kalian? ternyata Asus termasuk 5 besar di dunia.

Persusahaan ini, telah berhasil memproduksi banyak PC, telepon selular, tablet, LED/LCD panel, notebook, kartu grafis, hingga motherboard. Bahkan, berbagai penghargaan, dan kesuksesan kini telah digenggam oleh ASUSTeK Computer Inc. Tidak menutup kemungkinan, di masa depan nanti dirinya akan semakin berkembang dan melebarkan sayap.

Memasuki tahun 2007, Asus telah meluncurkan produk yang dikenal dengan Eee PC Notebooks yang dipajang di COMPUTEX Taipei. Hasil penjualannya, memuaskan. Laris manis di pasar Asia hingga mendunia. Kemudian, pada akhirnya dikembangkan lagi menjadi EeeBox PC nettop, Eee stick, Eee top yang merupakan sebuah perangkat PC touchscreen.

Laptop Asus yang kini bermunculan di masyarakat, pastinya juga telah dilengkapi dengan Sistem Operasi Miscrosoft Windows 10. Semakin inovatif, fitur-fitur yang ditampilkan juga kian beragam. Varian notebooknyapun ikut berkembang. Ada notebook gaming, premium, ultrabook, dan convertible. Model tampilannya menawan. Ini dia, cara booting laptop Asus!

Cara Booting Laptop Asus

Cara Booting Laptop Asus
Cara Booting Laptop Asus

Cara Booting Laptop Asus X441m

Buat kalian yang termasuk sebagai pemilik dari laptop Asus X441m, ingin mengganti ke Sistem Operasi Windows 10 ke 7 atau sebaliknya. Caranya tidak sulit. Bisa dicoba sendiri di rumah. Adapun berat dari tipe laptop tersebut, yakni 5.000 gram. Processor typenya, 1.10 GHz sampai dengan 2.70 GHz, dengan RAM sebesar 4 GB DDR4. Intel premium N4000.

Ada beberapa cara booting laptop Asus yang bisa kalian coba langsung secara otodidak. Tapi, hal yang paling mendesak perlu diperhatikan pertama kali, adalah BIOS. Pahami dulu artinya. BIOS atau Basic Input Output System, dapat diartikan sebagai suatu firmware ataupun perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur berbagai fungsi dasar dari perangkat keras.

Terkait:  Cara Cek Nomor Referensi BCA

Bedanya dengan sistem operasi, terletak pada tempat penyimpanannya. Kalau OS (Operation System) Windows, letaknya berada di HDD ataupun SSD. Sedangkan BIOS, dapat kalian temukan di bagian ROM dari sebuah CMOS atau Complimentary Metal Oxide Semiconductor. Biasanya nih, posisinya terselip di bagian motherboard. Jangan dibongkar ya..

Kehadiran dari BIOS, sangat membantu pengguna untuk mempraktekan cara booting laptop Asus. Basic Input Output System ini, memungkinkan adanya perintah POST atau Power On Self Test yang nantinya digunakan untuk mengidentifikasi serta konfigurasi setiap komponen dari sistem yang tertanam di perangkat. Kartu VGA, RAM, keyboard, dan lain sebagainya.

Penasaran dengan cara booting laptop Asus melalui BIOS tersebut? Kalian dapat mengikuti instruksi yang akan dijelaskan berikut ini! Pastikan Anda tidak melewati atau sengaja melangkahi satu tahapan dari penjelasan yang akan disampaikan. Supaya, proses booting dapat berjalan dengan lancar dan aman. Tidak menimbulkan masalah pada sistem lainnya.

  1. Nyalakan terlebih dahulu laptop Asus yang kalian miliki
  2. Setelah itu, langsung tekan tombol F2 yang terletak di paling atas keyboard. Sederet dengan tombol ESC. Pastikan untuk menekannya sebelum sistem operasi mulai berlangsung
  3. Kalau kalian telah berhasil, maka secara otomatis langsung teralihkan masuk ke BIOS
  4. Bagian laman utamanya, nanti akan terlihat beragam menu yang ditampilkan untuk melakukan konfigurasi sistem maupun hardware
  5. Kalau poin ke 2 gagal dilakukan, kalian bisa coba dengan memilih start dab buka menu setting
  6. Pilih tampilan menu update and security
  7. Pilih recovery dan klik restart now
  8. Lanjutkan dengan  memilih troubleshoot. Lalu klik Advanced Options, dan pilih UEFI Firmware Settings. Kemudian, pilih restart
  9. Tampilan BIOS, nanti seketika akan muncul. Selanjutnya, langsung pilih F7
  10. Otomatis, kalian langsung masuk ke menu security, dan pilih security boot. Tekan enter
  11. Security boot controlednya, pilih diseabled. Tekan F10, lalu enter
  12. Tekan ESC dan pilih opsi kedua. Yaitu, sandisk yang muncul pada menu boost device
  13. Klik enter, dan lanjutkan langkah berikutnya dengan memilih bahasa
  14. Driver yang digunakan pada instruksi, yakni driver pack. Oleh karena itu, installnya manual
  15. Pilih Windows 10 Pro, dan tekan tombol next. Tampilan centangnya, kalian dapat memilih custom
  16. Tampilan berikutnya, jangan sampai kalian sembarangan menghapus. Karena bisa mengancam data yang sudah tersimpan. Format recovery dapat dihapus. Lanjut step berikutnya dengan tombol next
  17. Tunggu sampai proses selesai. Memakan waktu yang cukup lama, sampai tulisan getting device ready 100%
  18. Tunggu sampai muncul tulisan Let’s Start With Region untuk memilih bahasa yang akan digunakan. Setelah itu, tinggal pilih tombol next. Saat terlihat tulisan choose privacy settings for your device, lanjutkan dengan klik yes.

Cara Booting Laptop Asus X441n

Tips untuk mengubah Sistem Operasi Windows kalian dari 7 ke 10 pada laptop Asus, dapat dilihat penjelasannya di atas. Kalau selain dengan mengandalkan BIOS, apakah masih ada cara lainnya lagi? Tentu saja. Kali ini, mari coba beralih untuk tipe Asus X441n. Jenis tersebut, pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2018 lalu. Harganya kurang lebih 4 juta-an.

Terkait:  Cara Cek Garansi iPhone

Cara booting laptop Asus x441n cukup mudah. Tapi, sebelum membahas hal tersebut kalian perlu tahu sedikit info spesifikasi laptopnya. Tipe satu ini, telah diprogram dengan processor intel Celeron N3350. Kecepatannya processornya, dapat mencapai 2.4 Ghz. Memori Ram yang dimiliki, yaitu 2 GB dan 4GB DDR3L. Kapasitas penyimpanannya, HDD 500 GB.

Persoalan konektivitasnya sendiri, kalian tidak perlu khawatir. Laptop Asus x441n telah dilengkapi dengan berbagai macam penghubung yang lengkap. Mulai dari 1 port USB tipe C, 1 port USB 2.0, serta 1 port USB 3.0. Ada perangkat bluetoothnya dan wifi 802. Plus, 1 port VGA atau D sub, 1 port LAN, hingga 1 port HDMI. Lalu, cara booting laptop Asusnya?

Tenang, bahasan mengenai booting laptop Asus akan segera dibahas. Buat kalian yang ingin menginstall Windows 10 di laptopnya, bisa gunakan flashdisk. Bukan sekedar flashdisk yang isinya file-file, video, ataupun gambar. Melainkan bootable flashdiski. Sebelumnya, bisa Kamu gunakan software Rufus. Pakai juga Media Creation Tools. Kapasitasnya, 8 GB.

Bukan berarti memori yang dihabiskan untuk menyimpan kedua software tersebut sampai 8 GB. Akan tetapi, rata-rata untuk menginstall Windows 10, file ISOnya mencapai lebih dari 4 GB. Biar lebih aman, maka disarankan ada spare memory. Pastikan juga minimum dari system requirement. Maksudnya apa? Berikut penjelasannya!

  • RAM  1 GB (32 Bit) atau 2 GB (64 Bit)
  • Prosesor dengan kecepatan 1 GHz atau lebih
  • Support graphic DirectX 9 atau lebih baik lagi kalau diatas standar tersebut
  • Memori penyimpanan kosongnya, sebesar 16 GB (32 Bit) atau 20 GB (64 Bit)
  • Resolusi monitor kurang lebih 800×600 atau lebih

Lanjutkan langkah berikutnya, dengan memasang flashdisk yang sebelumnya telah disetting dengan keberadaan ISO Windows 10. Masukkan ke port USB laptop. Akan lebih baik lagi kinerjanya, kalau dihubungkan dengan port USB 3.0. Supaya, proses installnya dapat bekerja sedikit lebih cepat bila dibandingkan dengan port USB lainnya. Tunggu sampai proses selesai.

Terkait:  Cara Dapat Token Listrik

Sekain penjelasan mengenai cara booting laptop Asus di kesempatan kali ini. Kalian juga dapat menemukan informasi terkait, seperti cara booting laptop Asus x441 m, dan cara booting laptop Asus x441n. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Create your beautiful future with your effort. Keep smile, and bye bye!

Related posts