Cara Berjualan di Facebook

  • Whatsapp

Facebook menjadi aplikasi media sosial yang belakangan ini sedang diakses banyakk orang. Pasalnya, mereka bukan sekadar unggah aktivitas setiap hari namun penasaran bagaimana cara berjualan di Facebook agar dapat meraup keuntungan berlimpah.

Secara umum siapa saja bisa berbisnis dan memasarkan berbagai macam produk berkualitas dengan harga bersahabat. Kamu juga boleh mempromosikannya ke semua teman-teman, bahkan grup tertentu yang mana dirimu sudah berstatus sebagai anggotanya sampai sekarang.

Meski begitu, sebagian besar masyarakat mengaku bahwa berbisnis di Facebook adalah sesuatu yang sulit. Pasalnya, orang-orang selalu menganggap penjual tidak bisa mendapatkan konsumen seperti jualan di media sosial lainnya.

Tak bisa dipungkiri kamu sebenarnya bakal menarik perhatian calon pembeli dengan cepat dan mudah melalui Facebook. Namun, kamu harus tahu rahasianya sehingga mereka dapat percaya, bahkan bersedia membeli salah satu produk jualanmu dengan harga terbaik yang mana pembeliannya dilakukan secara terus menerus.

Cara Berjualan di Facebook

Cara Berjualan di Facebook
Cara Berjualan di Facebook

Secara umum Facebook sudah menjadi salah satu aplikasi media sosial yang jumlah penggunanya paling banyak saat ini. Bagaimana tidak, aplikasi ciptaan Mark Zuckerburg tersebut ternyata bisa kamu manfaatkan sebagai ladang cuan jangka panjang.

Seperti kamu tahu bahwa sebagian besar orang sudah memulai peruntungan dengan membuka bisnis dan usaha di sana. Mereka akan selalu hadirkan berbagai macam produk berkualitas untuk dijual dan promosikan kepada semua teman-teman Facebook yang aktif sampai sekarang.

Facebook menjadi sumber penghasilan yang bukan sekadar digunakan untuk mengunggah beragam momen oleh penggunanya. Pasalnya, kamu bisa menjual semua barang yang mana satu sama lain bisa dipasarkan secara langsung maupun antar teman.

Terkait:  Cara Install Chrome OS

Barangkali kamu tidak tahu bahwa cara berjualan di Facebook sebetulnya mudah dan tidak sulit seperti asumsi banyak orang. Kalian hanya perlu kesabaran selama berbisnis di Facebook. Hal ini dikarenakan semua orang punya seleranya sendiri yang mana setiap teman Facebook kamu mungkin punya kegemaran berbeda.

Cara Berjualan di Facebook untuk Pemula, Dijamin Laris!

Bagi siapa saja yang belum tahu cara berjualan di Facebook, maka kamu bisa menyimak informasinya melalui artikel ini. Kami telah merangkum semua informasinya sehingga kamu dapat memulai kegiatan bisnis sesuai kebutuhan masing-masing.

Di samping itu, kamu harus memanfaatkan semua fitur dan layanan yang sudah disediakan. Jangan pernah menganggap remeh seorang teman pun selama menjalin hubungan di Facebook, karena setiap teman yang aktif mungkin bakal membeli produk jualanmu dalam jumlah lebih besar.

Cara Membuat Facebook Bisnis

  • Silakan masuk ke akun Facebook kalian.
  • Klik Halaman.
  • Pilih menu Buat Halaman Baru.
  • Kemudian, lampirkan beberapa informasi yang terdiri dari nama halaman (bisnis, merek atau organisasi), kategori (pilih sesuai jenis bisnis atau usaha kalian) serta keterangan mengenai barang yang hendak dijual.
  • Klik Buat Halaman.
  • Selanjutnya, kalian harus melengkapi halaman yang sudah dibuat dengan foto profil dan banner (foto sampul) yang mendeskripsikan usaha yang bakal dijalankan.
  • Klik Simpan.
  • Kalian sudah mempunyai akun bisnis untuk memasarkan produk yang dijual di Facebook.
  • Selesai.

Apa itu Marketplace?

Marketplace merupakan salah satu halaman resmi yang hampir sama dengan aplikasi e-commerce (Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan sejenisnya) di Facebook. Layanan ini disediakan dengan sederhana agar kamu dapat menghadirkan nama penjual, gambar produk, deskripsi, lokasi sampai harga termuat secara lengkap.

Terkait:  Cara Kerja Flow Meter

Secara umum marketplace berada di kiri laman ketika kamu bakal masuk ke dalam akun Facebook melalui desktop. Namun, kamu harus tahu bahwa marketplace akan menuntut setiap penjual untuk bertemu langsung dengan pembeli yang terapkan metode COD.

Bisnis Laris dengan Grup Jualan di Facebook

Facebook juga menyediakan grup jualan yang mana jumlah anggotanya bisa mencapai ribuan orang. Aplikasi ini menyediakan grup untuk mengumpulkan beberapa orang yang dikhususnya berbisnis atau berjualan. Tak bisa dipungkiri keberadaan grup tersebut dimanfaatkan sebagian pebisnis untuk mencari cuan di Facebook.

Kamu bahkan berhak bergabung dengan grup jualan mana pun sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mengunggah gambar produk kapan saja, semakin banyak grup dan unggahan yang update, semakin besar potensi cuan masuk ke dalam rekeningmu.

Gunakan Foto Asli dan Bagus

Barangkali kamu sudah tahu bahwa sebagian besar pengguna sosial media menggunakan Facebook sebagai aplikasi pertama mereka berselancar di dunia maya. Mereka juga bisa mengunggah beragam gambar menarik untuk menarik perhatian konsumen.

Kamu mungkin bisa menarik perhatian semua orang dengan menggunakan foto barang asli dan bagus sebelum update ke profil pribadi maupun grup jualan. Kami sarankan kamu tidak boleh mengambil gambar dari internet alias Google, karena calon konsumen akan tahu bahwa gambarnya tidak asli dan mereka enggan membeli barang jualanmu.

Nikmati Layanan Facebook Ads

Facebook Ads merupakan fasilitas canggih yang disediakan Facebook untuk semua pengguna dalam menjalankan bisnis. Apabila kamu punya modal yang cukup, gunakan Facebook Ads untuk memastikan potensi income yang bakal didapatkan nanti.

Secara umum pihak aplikasi menetapkan biaya yang bervariasi. Umumnya kamu akan dikenakan tarif berdasarkan biaya per klik atau cost per click (CPC). Jika banyak orang klik gambar barang jualanmu, kamu bakal dikenakan biaya lebih terjangkau saat menggunakan layanan Facebook Ads dalam memaksimalkan peluang meraup cuan yang banyak.

Terkait:  Cara Mengambil Video di Facebook

Balas Semua Pesan dari Konsumen

Jangan pernah mengabaikan semua pesan masuk dari konsumen, walaupun sekadar bertanya soal harganya tetap kamu harus membalasnya dengan ramah dan sopan. Pasalnya, rahasia berbisnis yang menguntungkan di Facebook adalah penjual harus responsif dalam menjawab semua inbox.

Apabila kamu sombong dan pilah pilih pesan tertentu, banyak orang mungkin tidak tertarik bahkan melewati iklan jualanmu di Facebook. Kamu harus bersedia menjawab semua pertanyaan yang disampaikan supaya konsumen bisa tertarik bahkan langsung membeli salah satu barang jualanmu di Facebook.

Kelebihan dan Kelemahan Berjualan di Facebook

Facebook menjadi salah satu aplikasi yang sedang booming digunakan banyak orang untuk berbisnis jangka pendek maupun jangka panjang. Bagi siapapun yang sudah lama berjualan di Facebook dan tahu rahasia berbisnis di sana, kamu akan berpikir merintis usahanya sangat efektif dan efisien bahkan akan memberi keuntungan berlipat ganda.

Pasalnya, semua orang di dunia hampir memakai Facebook untuk bersilaturahmi sampai jualan. Tak menutup kemungkinan kamu akan menerima calon pembeli dari luar negeri yang mungkin tertarik membeli barang jualanmu nanti.

Sementara itu, cara berjualan di Facebook memang cepat dan mudah tapi tidak mustahil kamu akan menemukan kelemahan diluar dugaan. Pasalnya, aplikasi ini punya fitur yang banyak dan penjual awam alias pemula pasti bingung mengoperasikannya.

Jangan heran kamu akan menemukan akun spam bahkan bot yang hanya meninggalkan pesan tidak penting di postingan terakhir dari produk jualanmu. Maka dari itu, kamu harus lebih teliti selama berbisnis di Facebook agar hasilnya dapat memberi keuntungan jangka panjang senilai jutaan rupiah.

Related posts