Pinjaman Online KTA

Kamu ingin meminjam dana syarat mudah dan cepat? Pas banget, baca artikel  ini hingga akhir karena akan membahas seputar pinjaman online KTA secara lengkap dan juga update! So, jangan lewatkan.

Apa Itu KTA?

KTA atau singkatan dari Kredit Tanpa Angunan adalah produk pinjaman yang diberikan bank tanpa angunan atau jaminan dari peminjam. Jadi dengan kata lain, kamu tidak perlu memberikan jaminan apa-apa baik kepada pinjaman bank maupun pinjaman online.

Read More
Produk ini awalnya dikenalkan oleh Standard Chartered PLC, sebuah lembaga perbankan bank multinasional asal Inggris. Pada perkembangan selanjutnya, KTA diadopsi banyak lembaga perbankan di Indonesia. KTA atau Personal Loan (PL) menarik minat nasabah, mulai dari untuk kebutuhan konsumsi hingga pengembangan usaha. Tertarik untuk mengambil kredit ini? Eits, simak dulu yuk beberapa kelebihan dan kekurangan dari KTA, biar kamu nggak sampai terlilit hutang!

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online KTA

Kelebihan 

  • Lebih fleksibel untuk berbagai macam tujuan

Keunggulan lainnya dari KTA adalah fleksibilitas tujuan penggunaan kredit. Nasabah diberi kebebasan dalam menggunakan dana kredit untuk keperluan apapun, bahkan untuk keperluan konsumtif. Tentunya hal ini cukup berbahaya, jika peminjam tidak bisa mengontrol dan membayar cicilan. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan kredit ini untuk hal-hal yang bisa menghasilkan uang agar tidak menimbulkan masalah kredit macet.

  • Proses pengajuan cukup cepat dan mudah

Pengajuan kredit KTA dikenal memiliki prosedur yang sangat mudah dan cepat. Berbeda dengan pengajuan konvensional atau kredit dengan jaminan, yang mengharuskan adanya survei, evaluasi aset jaminan, dan lainnya. Bahkan, saat ini sudah ada lembaga perbankan yang sudah menyediakan fasilitas online untuk pengisian formulir pengajuan KTA sehingga mempersingkat waktu dalam proses pengajuan.

  • Tidak membutuhkan jaminan
Terkait:  Pinjaman Online Modal KTP Langsung Cair

KTA adalah kredit tanpa agunan, dimana prinsipnya pihak bank berusaha untuk menanamkan kepercayaan kepada nasabah untuk mengelola dana pinjaman dengan baik. Nasabah bisa menggunakan dana ini untuk modal kerja atau yang lainnya dengan berbagai macam kemudahan di dalamnya. Adanya produk KTA ini memungkinkan nasabah agar tetap bisa memanfaatkan barang-barang atau aset untuk keperluan lain.

Kekurangan 

  • Pinjaman didasarkan pada status profesi dan penghasilan

Poin terpenting untuk mengajukan KTA adalah status kepegawaian untuk menjamin kelancaran pembayaran cicilan. Bank akan lebih memprioritaskan pinjaman kepada pegawai tetap, profesional, dan pengusaha yang memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Pihak bank hanya memberikan persetujuan untuk orang yang mempunyai penghasilan tetap minimal Rp 2 juta setiap bulannya.

  • Plafon dan tenor yang terbatas

Plafon atau jumlah uang yang dipinjamkan biasanya tidak lebih dari Rp 300 juta. Dengan plafon yang tidak begitu banyak, tenor atau waktu pelunasan biasanya relatif lebih pendek, yaitu mulai dari satu hingga lima tahun sesuai dengan jumlah pinjaman.

Pinjaman Online KTA

Pinjaman Online KTA
Pinjaman Online KTA

Nah setelah mengetahui apa itu Kredit Tanpa Angunan beserta kelebihan dan kekurangannya, kini saatnya kamu menegetahui beberapa rekomendasi pinjaman online KTA yang aman dan terpercaya.

RupiahPlus

RupiahPlus ini cukup unik karena mengandalkan aplikasi mobile untuk pengajuan pinjaman. Pengajuan tidak bisa via website. Jumlah pinjaman hanya tersedia 2 pilihan, yaitu Rp 600 ribu atau Rp 1.2 juta dengan dua masa pengembalian 7 hari atau 14 hari. Dokumen yang diminta hanya upload foto dan tidak diperlukan kartu kredit. Tetapi, dalam proses pengajuan calon nasabah harus melakukan rekaman via video call, yang membutuhkan sinyal bagus dan paket data yang memadai.

TunaiKita

TunaiKita adalah pemain anyar di pinjaman online. Backup mereka adalah pemain berpengalaman di China, yaitu WeCash.

Terkait:  Pinjaman Online Langsung Cair Dalam Hitungan Menit

Pinjaman antara 1 juta sd 10 juta dengan masa cicilan 3 – 6 bulan lamanya.

Untuk persyaratan, TunaiKita tidak minta Kartu Kredit. Namun, proses pinjaman harus dilakukan via mobile apps dan tidak ada pengajuan via situs.

Dalam proses pengajuan, calon nasabah harus memastikan sinyal baik dan paket data mencukupi karena berdasarkan pengalaman kami mencobanya, terdapat beberapa steps yang harus dilalui dan itu membutuhkan waktu cukup lama.

Tunaiku Pinjaman Tanpa Jaminan 

Tunaiku adalah pinjaman online yang dimiliki Bank Amar. Jumlah pinjaman Rp 2 juta sampai Rp 15 juta dengan masa cicilan paling lama 12 bulan.

Meskipun dimiliki oleh bank, Tunaiku tidak meminta kartu kredit sebagai persyaratan. Sesuatu yang cukup anomali dalam perbankan.

Dugaan saya, karena Tunaiku ini adalah produk pinjaman online, sehingga persyaratan dokumen mengikuti umumnya Fintech.

Karena bagian dari bank, proses di Tunaiku mengharuskan staff mereka untuk verifikasi dan memberikan kontrak asli untuk ditandatangani oleh nasabah. Proses ini yang berbeda dengan umumnya Fintech non-bank yang memproses aplikasi 100% online tanpa tatap muka.

Tunaiku adalah pinjaman online tanpa jaminan cepat cair yang menawarkan plafon dana tunai Rp 2 juta, Rp 5 juta, Rp 10 juta sampai paling tinggi Rp 20 juta. Pinjaman uang di Tunaiku bisa dicicil mulai dari 2 bulan sampai paling lama 20 bulan.

Berbeda dengan pinjaman online lainnya yang berada dalam platform P2P, sejak tahun 2018, Tunaiku adalah produk Amar Bank yang terdaftar dan diawasi OJK sejak 2014.

Pengajuan pinjaman di Tunaiku harus melalui aplikasi pinjaman online yang diunduh lewat Google Play Store.

UangTeman

UangTeman adalah pelopor pinjaman online sejak 2015. Plafond pinjaman Rp 1 juta sd Rp 6 juta dan wajib dilunasi dalam periode 10 hari sampai paling lama 30 hari.

Terkait:  Pinjaman Online Murah

UangTeman adalah aplikasi kredit tanpa kartu kredit. Proses pinjaman dilakukan 100% online tanpa ada tatap muka. Tidak ada persyaratan kartu kredit dalam pengajuan. Syarat hanya KTP dan selfie Foto.

UangTeman bukan hanya KTA tanpa kartu kredit tetapi juga kta tanpa kartu kredit dan payroll. Karena tidak ada kewajiban permintaan rekening gaji (payroll).

Pinjaman bersifat harian (payday loan) karena bunga dihitung secara harian selama masa pinjaman. Keuntungannya, pelunasan dipercepat tidak dikenakan denda tetapi hanya menghitung jumlah bunga berdasarkan hari pinjaman yang sudah dilakukan.

Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah pinjaman online tanpa jaminan dan paling agresif dalam melakukan iklan, sehingga Kredit Pintar saat ini merupakan salah satu aplikasi yang paling sering diunduh oleh pengguna smartphone.

Untuk melakukan pinjaman kamu dapat mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Smartphone kamu melalui playstore, setelah itu kamu dapat melakukan pinjaman secara online dengan cepat dan cair langsung hanya kurang lebih 24 jam saja.

Julo

Julo menawarkan pinjaman dengan bunga yang relatif rendah dibandingkan dengan pinjaman online lainnya. Kamu bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa jaminan sampai Rp 8 juta, dengan cicilan 2 sampai 6 bulan dan kamu hanya dikenakan bunga sekitar 5% setiap bulannya.

Julo adalah salah satu P2PL yang terdaftar di OJK sejak 2017, Julo juga merupakan pinjaman yang menarik yang menawarkan pinjaman jangka pendek selama 30 hari, dan kredit cicilan sd 6 bulan.

Demikianlah informasi mengenai pinjaman online KTA secara lengkap dan update, kamu bisa memilih salah satu pinjaman diatas sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See u!

Rate this post

Related posts