Pinjaman Online KUR BRI

Pinjaman Online KUR BRI

Apakah kamu pelaku usaha kecil-kecilan yang sedang membutuhkan dana? Pas banget nih, artikel ini akan membantu kamu untuk mengetahui secara lengkap mengenai pinjaman online KUR BRI secara lengkap dan update. So, jangan sampe kelewatan ya!

Apa Itu KUR ?

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan salah satu tipe pinjaman uang yang ditujukan kepada usaha rakyat seperti usaha mikro kecil sampai koperasi. Pinjaman ini sangat berguna untuk usaha kecil. Sayangnya, penyaluran KUR yang telah terealisasi sampai November 2017 baru mencapai 85,6%.

Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu cara pemerintah dalam mendukung dan meningkatkan sumber pendanaan usaha rakyat dengan memberikan pinjaman atau kredit kepada Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK). Dengan KUR, semua modal usaha apapun yang tentunya profitable akan lebih mudah tentunya cepat mendapatkan untung. Sebagai salah satu program pemerintah, KUR telah menjadi tempat peminjaman terpercaya para pengusaha.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, pemerintah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2007 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan UMKM. Program KUR secara resmi diluncurkan pada tanggal 5 November 2007. Pembiayaan yang disalurkan KUR bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan Penyalur KUR.  Dana yang disediakan berupa dana keperluan modal kerja serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable.

Macam KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Telah banyak tipe peminjaman yang telah dikeluarkan pemerintah untuk memajukan usaha rakyat ini. KUR sendiri juga salah satu program utamanya. Dengan kerjasama dengan berbagai bank terkemuka, pemerintah telah membuka sarana KUR di beberapa bank konvensional salah satunya adalah KUR BRI. Nah saat ini pinjaman KUR BRI sudah bisa dilakukan secara online.

Terkait:  Pinjaman Online Dengan Rekening Orang Lain

Pinjaman Online KUR BRI

Pinjaman Online KUR BRI
Pinjaman Online KUR BRI

KUR BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Sebagai dukungan untuk para pengusaha Indonesia, BRI menyediakan beberapa tipe KUR atau Kredit Usaha Rakyat yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI. KUR BRI dapat menyediakan peminjaman sampai 500 juta rupiah dengan suku bunga 0,41% per bulannya.

Kelebihan & Kekurangan KUR BRI

Setelah mengetahui informasi seputar tabel, jangka waktu cicilan hingga jenis dan suku bunga di KUR BRI, kalian juga perlu kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Nah, informasi mengenai kelebihan dan kekurangan KUR BRI 2021 antara lain sebagai berikut :

Kelebihan

  • Mengembangkan bisnis Online maupun Offline.
  • Tersedia plafon kredit mencapai 500 juta rupiah.
  • Suku bunga ringan.
  • Jangka waktu cicilan lama, sehingga biaya angsuran ringan.
  • Bebas biaya administrasi.

Kekurangan

  • Khusus untuk pengajuan KUR TKI BRI hanya tersedia plafon kredit paling besar 25 juta rupiah.

Lalu Apa Saja Syaratnya?

Syarat pengajuan KUR BRI secara online ini pun mudah dipenuhi.  Fasilitas KUR BRI ini memiliki jangka waktu pinjaman yang fleksibel yakni antara 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan. Fasilitas KUR BRI 2021 ini juga bebas biaya administrasi dan provisi. Selain itu, suku bunga yang diterapkan BRI KUR cukup ringan yakni 6 persen per tahun.

Syarat KUR BRI online:

  • Individu (perorangan) memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan
  • Punya usaha di salah satu platform e-commerce (misalnya Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit

Persyaratan administrasi KUR BRI:

  • Identitas berupa KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat izin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)
Terkait:  Pinjaman Online Mudah dan Cepat

Jenis Kredit Usaha Rakyat BRI

Jadi, untuk fitur Kredit Usaha Rakyat terbagi menjadi 3 jenis pilihan. Setiap jenisnya memiliki ketentuan terkait plafon kredit hingga jangka waktu cicilannya masing-masing. Supaya lebih jelasnya, silahkan simak informasinya berikut ini :

  • KUR Mikro BRI 2021

Pertama ada jenis Kredit Usaha Rakyat jenis Mikro BRI yang menawarkan maksimal pinjaman sebesar Rp. 50.000.000. Selain itu, pada KUR Mikro BRI juga memiliki dua pilihan tenor cicilan, yaitu 36 bulan untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan 60 bulan untuk Kredit Investasi (KI).

  •  KUR Kecil BRI 2021

Jika ingin limit pinjaman mulai Rp. 50.000.000 sampai Rp. 500.000.000, kalian bisa melakukan pengajuan KUR Kecil BRI. Tenang, untuk jangka waktu cicilan dari KUR jenis ini BRI menyediakan pilihan sampai dengan 5 tahun,

  • KUR TKI BRI

Jenis KUR yang terakhir adalah TKI BRI. Produk ini bisa digunakan oleh kalian yang ingin berangkat bekerja ke Negara lain sebagai TKI. Namun pada KUR jenis ini BRI hanya menyediakan limit maksimal sebesar Rp. 25.000.000.

Cara pengajuan KUR BRI online:

Setelah beberapa persyaratan sudah terpenuhi dan kamu memang ingin mengajukan pinjaman KUR BRI secara online, harap perhatikan langkah-langkah pengajuan berikut ini:

  • Silahkan buka website resmi KUR BRI dengan alamat https://kur.bri.co.id/ melalui smartphone atau komputer dengan jaringan internet yang stabil
  • Jika sudah mengakses website KUR BRI, pilih menu “Ajukan pinjaman KUR
  • Selanjutnya BRI akan meminta kamu untuk mendaftarkan akun terlebih dahulu jadi pilih menu “Bergabung sekarang” Namun, bagi pelanggan yang sudah memiliki akun, cukup masukkan alamat email dan kata sandi kamu.
  • Jika sudah berhasil masuk rekening, selanjutnya pilih menu ”Ajukan pinjaman
  • Untuk melanjutkan proses pengajuan pinjaman, mohon terlebih dahulu membaca dan mengamati ketentuan pinjaman KUR BRI. Jika sudah memahami syarat dan ketentuan KUR BRI silahkan pilih menu “Setuju dan ajukan kredit
  • Pada halaman KUR BRI, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pinjaman yang berisi informasi umum seperti nama lengkap, alamat, dan berbagai informasi lainnya. Silahkan masukkan semua data dengan benar dan jika sudah maka pilih menu “Lanjut
  • Langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman informasi bisnis, Status kepemilikan, pendapatan, pengeluaran usaha, nomor rekening BRI, dll. Harap lengkapi semuanya dengan benar.
  • Setelah memasukkan informasi bisnis, lanjutkan ke pengisian informasi e-commerce. Harap isi semua data dengan benar agar pengajuan KUR BRI online dapat disetujui. Jika demikian, klik saja “Unggah dokumen“.
  • Silakan unggah dokumen. Untuk dokumen ini, pelanggan diminta untuk mengunggah dokumen berupa KTP, surat keterangan usaha, foto selfie, foto bisnis, dan beberapa dokumen lainnya. Jika semuanya sudah terupload, silahkan pilih menu “Next”
  • Setelah semua dokumen pengajuan berhasil diunggah, selanjutnya kamu harus mengisi data pengajuan yang terdiri dari nominal pengajuan pinjaman dan jangka waktu atau term pinjaman. Jika sudah, silahkan lanjutkan dengan menggunakan menu”Ajukan pinjaman
  • Selanjutnya akan muncul halaman yang menginformasikan bahwa data telah berhasil diajukan dan data tersebut sedang diproses oleh Mantri BRI untuk menentukan apakah permohonan disetujui atau ditolak.
  • Kamu kemudian dapat melihat apakah pinjaman telah disetujui atau tidak di area profil https://kur.bri.co.id/ Silakan masuk dengan akun terdaftar dan kemudian lihat bagian Nilai dan Nilai.
Terkait:  Pinjaman Online LinkAja

Demikianlah informasi mengenai pinjaman online KUR BRI, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai.

Similar Posts