Cara Cas Aki Kering

Cara Cas Aki Kering

Bagaimana cara cas aki kering? Tak sedikit pemilik kendaraan roda empat masih bingung melakukannya. Mereka bahkan kamu sendiri pasti mengira prosedurnya sama dengan aki basah. Akan tetapi, aki basah dan aki kering mempunyai metode pengisian daya berbeda yang perlu diperhatikan.

Aki merupakan jantung yang mana keberadaannya punya andil besar dalam kinerja setiap mesin kendaraan. Oleh karena itu, kamu tidak boleh membiarkannya soak agar dapat mencegah kerusakan dan kamu terhindar dari pemborosan budget.

Aki menjadi salah satu komponen yang mana kinerjanya akan selalu berkaitan dengan sistem kelistrikan. Apabila kinerja aki semakin menurun, kamu pasti menemukan berbagai macam masalah yang tidak boleh dianggap sepele.

Jika kamu pernah mengatasi masalahnya sendiri, kamu mungkin mampu melakukannya di rumah. Namun, kamu tetap harus meminta bantuan tenaga ahli atau teknisi berpengalaman di bengkel sehingga dapat mencari sumber masalahnya. Kamu bahkan tidak perlu habiskan uang banyak untuk mengatasinya.

Cara Cas Aki Kering
Cara Cas Aki Kering

Bisakah Aki Kering Dicas?

Tak sedikit orang bingung apakah aki kering bisa diisi ulang dayanya atau tidak. Sebab, mereka atau kamu sendiri selalu mengira bahwa pengisian dayanya hanya berlaku untuk aki basah saja. Kamu harus mengisi ulang dayanya karena aki akan mengalami kondisi discharge.

Kamu tidak perlu khawatir bila sulit charging aki kendaraan. Pasalnya, mayoritas produsen aki mobil dan motor sudah menyediakan alat untuk pengisian dayanya yang harganya variatif. Kamu hanya perlu siapkan budget mulai dari Rp.200 ribu hingga Rp.1 juta.

Kami beritahu bahwa semakin mahal harga charger aki kendaraannya, fiturnya juga lebih lengkap. Alat ini biasanya sudah dilengkapi beragam fitur canggih pada aki motor asal Eropa yang produksinya menggunakan soket berbeda. Komponennya lebih lengkap dan daya tahannya lebih lama meski kamu memakai motor hampir setiap hari.

Terkait:  Cara Cek Registrasi Kartu Telkomsel, Penting Banget!

Namun, banyak pemilik kendaraan meragukan kinerjanya yang mana alatnya bisa digunakan di rumah atau tidak. Apabila kamu punya kendaraan lebih dari satu unit, sebaiknya kamu membeli alat pengisi daya aki kendaraan sehingga tidak perlu bolak balik ke bengkel.

Kenapa Aki Bisa Lemah?

Bagi sebagian besar pemilik kendaraan mungkin pernah mengalami aki melemah. Kondisi ini biasanya terjadi karena kendaraannya tidak pernah dipanaskan bahkan digunakan. Mesin tidak pernah berputar membuat aki sulit menerima pasokan listrik yang diperlukan.

Di samping itu, saat waktu bersamaan aki senndiri bakal mengalami discharge. Kamu mungkin berpikir menghindari kondisi ini hanya dengan memanaskan mesinnya di dalam garasi, namun dampaknya tidak seimbang layaknya mengemudikannya setiap hari.

Aki melemah menjadi kondisi yang rawan terjadi ketika semua orang sedang mengurangi kegiatannya, apalagi saat bekerja dari rumah. Tak sedikit orang berpikir supaya bisa mencegah situasi ini hanya dengan memanaskan mesin kendaraan di garasi.

Kendati demikian, kamu harus mengatasinya sejak dini yang mana aki melemah tidak sekadar ditangani dengan memanaskannya secara berkala. Kamu perlu mempunyai charger aki sehingga meminimalisir risiko lemah, bahkan rusak akibat kendaraan jarang digunakan selama mengurangi mobilitas.

Tips Memilih Charger Aki Terbaik

Kamu pasti tidak tahu charger aki terbaik yang pantas digunakan, bukan? Kamu bisa mendapatkannya dengan memperhatikan apa saja yang dimiliki aku berkualitas. Pertama, kamu tidak boleh tergoda dengan sebuah produk yang menawarkan pengisian daya dimana jumlah ampere tinggi.

Secara umum jumlah ampere yang besar memang berdampak terhadap durasi pengisian daya. Jika kamu pakai aki 4,2 ampere, kamu harus membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit sehingga aki dapat digunakan kembali. Apabila kurang dari itu, penggunaannya tidak akan lama dan menyebabkan komponennya lebih cepat rusak.

Terkait:  Cara Cek Mutasi BRI

Sementara itu, carilah charger aki yang sudah dilengkapi fitur cut off. Barangkali kalian belum tahu bahwa fitur ini berguna untuk menghindari aki mengalami over charge. Tak hanya itu, bila dayanya sudah penuh maka arus listrik bakal terputus secara otomatis dan risiko kerusakan semakin kecil.

Cara Cas Aki Kering

Kamu sebenarnya bisa menemukan gejala aki bermasalah. Untuk aki sepeda motor, tandanya adalah lampu instrument cluster semakin redup dari biasanya. Jangan diam dan segera bertindak yang mana lampunya berperan penting saat kamu berkendara.

Sementara itu, saat mesin sedang berposisi langsam putarannya bakal naik dan turun. Kondisi terburuk yang mengakibatkan berkendara tidak nyaman adalah mesin motor semakin sulit di-starter, sedangkan kamu tidak bisa mengendarainya kemana pun setiap hari.

Kondisi tersebut pasti menghambat aktivitasmu setiap hari. Maka dari itu, setiap pemilik kendaraan harus selalu memeriksa aki secara berkala. Selain itu, kamu pastikan tegangannya tidak lebih dari 12,5 volt untuk mencegah hal-hal kurang menyenangkan saat kamu berkendara.

Kamu bisa melakukannya dengan mudah jika sepeda motor telah dilengkapi fitur voltmeter. Apabila sepeda motormu belum didukung fitur tersebut, maka kamu bisa menggunakan alat multitester untuk mengukur batas tegangan maksimum yang sudah digunakan.

Cara Cas Aki Kering yang Benar

Langkah awal yang harus dilakukan adalah pastikan sumber listrik tetap lancar dan stabil. Jika kamu menggunakan charger aki yang terhubung di rumah, kamu harus mengecek saluran listrik selalu stabil dan terhindar dari konsleting.

Di samping itu, kamu juga harus menyiapkan aki yang bakal diisi ulang dayanya beserta charger nya. Kamu pastikan keduanya telah disiapkan dan disimpan di tempat yang aman, sedangkan tempat penyimpanannya harus jauh dari jangkauan anak-anak karena berbahaya untuk keselamatan mereka.

Terkait:  Cara Cek RAM HP Samsung

Apabila kamu sudah menyiapkan charger dan aki, maka kamu bisa menyambungkan kabel charger sesuai dengan terminalnya. Secara umum kabelnya mempunyai dua warna berbeda yakni hitam dan merah. Kamu biasanya harus menghubungkan kabel merah untuk plus dan hitam untuk minus.

Jangan sampai salah menghubungkannya, karena berisiko short circuit (konsleting). Selain itu, kamu harus melakukan pengisian ulangnya dengan daya yang benar dan sesuai. Jika kamu akan mengisi ulang aki sepeda motor 4,2 A, sebaiknya gunakan daya 2 A untuk mencegah kerusakan.

Walaupun daya yang digunakan lebih kecil dibandingkan kapasitas aslinya, kamu harus bersabar sehingga komponen dapat digunakan lebih lama dan terhindar dari kerusakan supaya kamu bisa menghemat budget. Apabila komponen terasa hangat, pengisian daya dipastikan sudah selesai dan kamu bisa mencabutnya.

Jika kamu memakai charger aki khusus biasanya sudah tersedia lampu indikator yang memberitahu bahwa proses charger telah berakhir. Apabila pengisian dayanya gagal, kami pastikan sel dalam aki nya sudah lemah dan penanganan harus dilakukan lebih ekstra.

Demikian pembahasan tentang cara cas aki kering yang baik dan benar. Jangan pernah mengisi ulang aki kering sembarangan karena bisa merusak komponen internal di dalamnya. Selain itu, kamu harus memperhatikan waktu pengisian dayanya sehingga dapat mencegah masalah bila diisi ulang dalam waktu lama. Gunakan daya yang seimbang dengan aki kendaraannya masing-masing.

Similar Posts