Cara Cas Aki Mobil

  • Whatsapp

Bagaimana cara cas aki mobil yang benar? Barangkali kamu ingin tahu mengapa kegiatan ini harus dilakukan. Secara umum aki mobil memang harus diisi ulang dayanya supaya bisa bekerja secara optimal, serta mengurangi risiko hal-hal tidak diinginkan saat berkendara.

Aki mobil menjadi salah satu komponen penting yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika kendaraan tidak punya aki yang bagus, kamu akan sulit menikmati kenyamanan saat berkendara dan kerusakan komponen lainnya mungkin saja terjadi.

Read More

Barangkali kamu ingin tahu mengapa aki mobil perlu diisi ulang dayanya, karena komponen ini bisa saja mengalami masalah internal maupun eksternal yang harus ditangani dengan pengisian ulang. Tak hanya itu, beberapa kendalanya memang cukup sederhana namun jangan dianggap sepele.

Orang-orang yang mempunyai kendaraan roda empat biasanya akan mengisi ulang daya aki mobilnya karena aki mobil tekor, mesin mobil sudah lama tidak dipakai atau dipanaskan hingga masalah pada charging system yang mana semuanya harus diatasi dengan charging aki mobil.

Cara Cas Aki Mobil

Cara Cas Aki Mobil
Cara Cas Aki Mobil

Aki mobil merupakan bagian kelistrikan yang bakal menyuplai daya listrik ke komponen mobil lainnya. Komponen ini harus dirawat dengan baik dan benar, termasuk melakukan charge aki secara berkala. Tujuannya supaya bisa mengembalikan tegangan aki seperti sebelumnya.

Tak bisa dipungkiri sebagian besar pemilik mobil masih bingung berapa lama cas aki mobil untuk mengembalikan tegangannya. Di sisi lain ternyata orang-orang masih habiskan waktu berjam-jam saat charge aki mobil sehingga kinerja komponennya dapat maksimal kembali.

Terkait:  Cara Menghitung Pajak Mobil

Sementara itu, kamu harus tahu bahwa aki mobil tidak wajib charging setiap hari. Hal ini dikarenakan setiap pemilik kendaraan hanya bisa mengisi ulang dayanya pada momen tertentu saja. Namun, bukan berarti kamu membiarkan aki mobil tidak di-charge sampai rusak.

Secara umum aki mobil memang harus dikembalikan tegangannya bila pemilik kendaraan sudah mengalami hal tidak nyaman. Pasalnya, salah satu momen yang hampir sering terjadi dimana aki mobil harus dicas adalah mesinnya sulit distarter seperti biasa.

Cara Cas Aki Mobil yang Benar, Cek Prosedurnya Di sini!

Bagi siapa saja yang belum tahu cara cas aki mobil yang baik dan benar, mungkin harus menyimak artikel ini dengan seksama. Kami sudah merangkum informasinya supaya kamu bisa tahu kapan aki mobil memang harus dicas.

Di samping itu, aki mobil mempunyai dua macam pengisian daya yakni cepat dan lambat yang mana satu sama lain punya sifatnya sendiri. Kamu juga perlu tahu apa yang menyebabkan aki mobil benar-benar wajib dicas sehingga kinerjanya dapat hasilkan tegangan secara maksimal dan mobil bisa bekerja secara fungsional.

Apa Penyebab Aki Mobil Harus Segera Dicas?

Secara umum aki mobil memang harus dicas secara rutin. Kamu harus tahu beberapa tanda yang membuat komponen ini perlu dicas seperti tegangan aki lemah, klakson tidak keras sampai mobil sulit dihidupkan. Jika kamu membiarkan kondisi tersebut terjadi, aki bakal cepat rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Padahal, umur rata-rata aki mobil kurang lebih 2 tahun yang mana jangka waktu tersebut terbilang lama. Kamu bahkan bisa memperpanjang usia pemakaian aki mobil bila dirawat dengan baik dan benar.

Aki benar-benar harus dicas bila mobil mogok dalam waktu lama maupun sulit dihidupkan. Aki menjadi komponen pokok yang menyimpan daya listrik jika mesin kendaraan dihidupkan. Oleh karena itu, pengisian dayanya akan berlangsung secara otomatis.

Terkait:  Cara Cek Saldo di ATM BRI

Apabila mobil tidak dinyalakan tentunya daya yang sudah disimpan bakal habis. Pasalnya, kondisi ini berhubungan dengan kinerja dalam sebuah kendaraan dimana terdapat reaksi kimia agar dapat menimbulkan recharge maupun discharge. Jika aki melepas arus, reaksi yang terjadi adalah menghasilkan arus listrik lancar.

Jenis Pengisian Aki Mobil

  • Pengisian Aki Cepa
    Metode ini cenderung melakukan pengisian tegangan aki lebih cepat, bahkan mencapai 40%. Arus yang tinggi membuat pengisiannya semakin cepat dan kamu bisa menggunakan mobil untuk berkendara setiap hari. Tak sedikit bengkel resmi bakal menerapkan metode ini untuk mengisi daya pada aki mobil.

    Di samping itu, kamu tidak perlu menunggu waktu seharian agar dapat mengembalikan arus dan tegangan pada aki mobil, karena rata-rata waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 2-3 jam.

  • Pengisian Aki Lambat
    Metode in biasanya menggunakan arus yang kecil, sedangkan durasinya akan menghabiskan waktu lebih lama. Tak sedikit orang masih menerapkannya dan mereka bahkan kamu sendiri bisa melakukannya dari rumah.

    Tujuannya supaya bisa mencegah masalah overheat dan dilakukan mulai malam hari sampai keesokan harinya. Hal ini dikarenakan arus yang diberikan kurang dari 10%, sehingga kamu dapat meninggalkannya tanpa harus menunggu di depan kendaraan sampai dayanya benar-benar penuh kembali.

Cara Cas Aki Mobil yang Benar

Langkah awal yang harus dilakukan adalah lepaskan aki dan mobil. Kamu harus berhati-hati lantaran sebagian besar mobil tertentu perlu reset CPU. Tujuannya supaya bisa mengisi ulang daya aki mobil lebih aman dan efektif.

Apabila aki mobil sudah dilepas, maka kamu bisa membuka tutup aki dengan benar. Untuk memastikan kadar air accu sebelum dicas, tambahkan air suling atau air aki yang kemasannya berwarna biru. Jangan tambahkan sampai penuh yang mana kamu harus sisakan sekitar 1/3 dari batas maksimum level tertinggi dari kadar air accu tersebut.

Kemudian, kamu bisa memasang kabel charger ke aki untuk memulai proses pengisian ulang dayanya. Kamu bisa melakukannya sesudah tutup ventilasi dilepas dan air telah ditambahkan. Pastikan pemasangannya dilakukan dengan benar yang mana kabel sumbu positif harus dipasang terlebih dulu.

Jika kabelnya sudah dipasang, kamu harus menghidupkan charger dan atur saklar ke posisi yang benar. Secara umum alat pengisian dayanya tidak sekadar menyediakan tombol off dan on. Kamu juga bisa menemukan pengaturan dalam mengisi daya mobil.

Kamu bisa munggu beberapa saat sampai proses pengisian aki selesai. Umumnya durasi yang dibutuhkan variatif tergantung kapasitas dan pengaturan alat cas aki. Kamu sendiri bisa mengatur pengendaliannya, baik itu pengisian aki cepat atau lambat sesuai kebutuhan masing-masing.

Jika pengisiannya sudah berhasil, segera matikan alat charger dan cabut kabelnya untuk mencegah konslet. Pastikan semua kabel yang terhubung benar-benar dicabut agar dapat mencegah percikan api yang berbahaya untuk orang sekitar maupun komponen mobil, lalu pasang tutup aki dan tempatkan aki ke dalam mobil.

Amankah Cas Aki Mobil di Rumah?

Kamu bisa charging aki mobil di rumah tanpa bantuan tenaga ahli dari bengkel. Namun, pastikan kamu sudah melakukan perhitungan yang benar sesuai tegangan dan durasi pengisian ulang dayanya. Kamu tidak boleh menghabiskan waktu lebih dari 3 jam bila menerapkan pengisian daya dengan metode cepat.

Selain itu, kamu bisa melepas casnya bila kendaraan menggunakan mode Auto Cut Off On Full Charge. Oleh karena itu, ketika aki sudah penuh maka charge bakal berhenti dengan otomatis tanpa diperiksa berulang kali.

Related posts