Cara Cat Tembok yang Benar

  • Whatsapp

Apakah kamu tahu cara cat tembok yang benar? Kamu pasti belum mengetahuinya, bukan? Kamu mungkin akan merasa bosan dengan warna cat yang sama di rumah. Pasalnya, semua orang punya selera berbeda yang mana satu sama lain harus memperbarui tampilan rumah agar seperti baru.

Tak sedikit orang sudah menyiapkan budget untuk membeli cat tembok supaya bisa membuat rumahnya semakin cantik. Selain itu, kamu tidak perlu habiskan uang banyak demi mendapatkan merk cat berkualitas yang warnanya tahan lebih lama.

Apabila kamu ingin menciptakan suasana baru di rumah, kamu bukan sekadar menambah atau menghilangkan perabotan tertentu. Kamu juga bisa mengganti warna cat tembok setiap ruangan dengan warna baru yang lebih cerah dan segar.

Kamu harus memilih warna cerah dan netral yang sepadan dengan paduan warna mana pun. Apabila kamu belum profesional soal mengecat rumah, sebaiknya hubungi tukang cat yang sudah dikenal. Hal ini dikarenakan mereka telah berpengalaman dan mampu memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan.

Cara Cat Tembok yang Benar

Cara Cat Tembok yang Benar
Cara Cat Tembok yang Benar

Jika kamu ingin mempertahankan warna cat yang sama seperti sekarang, kamu bisa mengecat ulang dengan menggunaakan merk cat tembok yang sama. Tak heran cara cat tembok yang benar sebetulnya cukup simpel, namun kamu harus paham penerapannya.

Orang-orang juga mengira prosedurnya harus menghabiskan budget dan waktu banyak. Padahal, siapapun bisa memperbarui atau mempertahankan warna cat ruangan dengan warna yang sama atau berbeda sesuai seleranya masing-masing.

Kamu bisa melakukannya sendiri bila pernah mengecat kamar atau ruangan tertentu di rumah. Namun, bila kamu belum pernah mengecat dinding sebaiknya hubungi tukang cat terpercaya yang siap membantumu menyelesaikan pekerjaannya.

Terkait:  Cara Kerja di Google

Kami beritahu bahwa kamu perlu siapkan budget lebih besar, karena upah tukang cat sekarang bisa dibilang agak tinggi. Kamu bisa siapkan ongkos mulai dari Rp.80 ribu per hari sesuai jumlah pekerja dan ukuran ruangan yang bakal dicat. Gunanya agar kamu dapat mengetahui jumlah kaleng cat yang dibeli dan durasi pengerjaannya.

Cara Cat Tembok yang Benar untuk Pemula, Mudah dan Seru!

Barangkali kamu belum tahu cara cat tembok yang benar untuk memperbarui setiap ruangan di rumah. Kami akan beritahu kamu sebagai pemula yang baru pertama kali mencoba mengecat tembok tanpa bantuan ahlinya.

Jangan pernah berpikir hasil kerjaannya akan gagal, karena kamu hanya perlu mengikuti instruksi dan prosedur pengecetan yang benar. Kami informasikan bahwa prosesnya cukup memakan waktu lama sampai seluruh permukaan cat benar-benar kering. Ruangan di rumah akan semakin cantik dan segar dengan warna cat baru yang menarik.

Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama adalah siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Gunanya supaya kamu bisa langsung mengecat ruangan di rumah tanpa repot mencari semuanya yang bakal dipakai nanti. Kamu harus siapkan cat tembok, kuas, spons, roller, ember, gayung, air, paint remover, koran bekas, plamir siap pakai dan detergen.

Kamu juga bisa menambahkan tangga sebagai alat tambahan bila permukaan yang bakal dicat agak susah dijangkau. Jika kamu belum memiliki salah satu alat dan bahan yang sudah disebutkan, silakan beli di toko bangunan terdekat.

Bersihkan Dinding

Untuk memulai pengecatan maka kamu bisa membersihkan seluruh permukaan dinding terlebih dahulu. Kamu harus membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel, termasuk permukaan tidak rata. Gunanya agar kamu dapat mengecat dindingnya lebih cepat dan nyaman, sedangkan hasilnya halus dan rata.

Terkait:  Cara Bayar Pajak Motor

Kamu bisa memberikan tembok yang bakal dicat dengan menggunakan sapu, kemoceng bahkan vacuum cleaner. Apabila terdapat noda yang susah hilang, pakai spons yang telah dicampur dengan cairan detergen sambil digosok secara perlahan.

Tutup Bagian yang Tidak Akan Dicat

Kamu pasti akan menemukan beberapa bagian tembok yang tidak mungkin dicat. Beberapa bagian tersebut adalah bingkai jendela, gagang pintu dan plafon. Kamu bisa menutupnya dengan memakai koran bekas atau lakban.

Kamu harus menutupnya agar bagian tersebut dapat terhindar dari cipratan alias tetesan cat yang mungkin saja jatuh saat kamu sedang memperbarui warna tembok. Maka dari itu, permukaan bagian lain akan tetap bersih dan mulus sehingga dapat mencegah keanehan akibat warnanya tidak rata atau timbul noda bekas cat.

Ratakan Semua Permukaan Tembok

Sebaiknya kamu meratakan semua permukaan tembok sebelum dicat. Kamu bisa menutup bagian yang retak dengan menggunakan dempul sehingga permukaannya lebih halus dan rata. Kamu juga perlu mengoles primer cat yang retak untuk ditutup demi memberikan hasil mengkilap.

Tak mungkin salah satu bagian tembok sudah retak dan sulit dicat. Kamu harus mengatasinya dengan langkah tersebut agar seluruh permukaan dinding bisa tetap diberikan dengan normal. Pastikan permukaan rusaknya telah dihaluskan agar retaknya tidak terlihat terlalu jelas.

Campurkan Cat dengan Rata

Untuk memperoleh hasil sempurna dan terhindar dari gumpalan, kamu harus mengaduk cat dengan rata dan sempurna. Kamu harus mengaduknya paling tidak selama 5-10 menit, lalu campurkan cat yang sudah diaduk dengan 10% dari jumlah cat yang bakal dipakai.

Kamu bisa aduk kembali untuk mencegah penggumpalan atau warnanya belum tercampur secara merata. Kemudian, campur lagi dengan water base maupun solvent sehingga tidak mengelupas. Selain itu, gunakan wall sealer demi menyesuaikan pH semen terhadap dinding dengan pH cat agar warnanya lebih tahan lama.

Terkait:  Cara Bekerja di Jepang

Beri Warna Dasar

Apabila kamu ingin mengubah warna cat dinding dengan warna selain putih, kamu harus amplas dindingnya dulu untuk hilangkan warna sebelumnya. Apabila kamu merasa repot dan kesulitan, gantikan dengan warna putih sebagai warna dasar untuk memberi kesan terang bagi warna pelapisnya.

Sebaiknya kamu melakukannya terhadap satu bidang permukaan pada waktu yang sama. Kamu perlu menyelang waktu selama 1-2 jam antara lapisan pertama dengan lapisan berikutnya yang bakal dicat dengan warna lain.

Pakai Kuas Kecil

Untuk mempermudah dan mempercepat proses pengecatan, gunakan kuas kecil untuk melapisi cat ke seluruh permukaan tembok. Namun, kamu juga bisa menggunakan roller untuk menutup sebagian besar dinding yang akan dicat dengan sempurna.

Kami beritahu bahwa tidak semua sudut tembok bisa dicat dengan menggunakan roller. Sebab, kamu harus menyiasati sudut-sudut kecil memakai kuas kecil agar warna tembok bisa terlihat rata dan sempurna. Pastikan setiap sudut tertutup rapi sesuai dengan warna cat pilihanmu.

Terapkan Teknik Zig Zag

Kamu mungkin akan mengecat asal-asalan yang penting semua permukaan tembok tertutup dengan cat secara merata. Padahal, cara kerja tersebut tidak benar dan kamu harus menerapkan teknik zig zag agar hasil pengecat dapat terlihat lebih bagus dan rapi.

Walaupun agak lama, tapi hasilnya sangat memuaskan bahkan merata secara menyeluruh. Apabila pengecatannya sudah selesai, segera bersihkan peralatan dan simpan kembali semuanya ke tempat yang aman. Pastikan kamu menyimpan alat dan bahan yang digunakan di tempat sulit dijangkau anak-anak.

Related posts