Cara Buat Google Form

Cara Buat Google Form

Kegunaan perangkat lunak yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Terkadang menimbulkan berbagai spekulasi. Mulai dari data yang tiba-tiba diretas, meningkatkan rasa malas, pishing, serta beragam hal negatif lainnya. Banyak orang yang lebih mengedepankan prasangka buruk, ketika muncul sesuatu yang baru. Padahal, belum tentu benar. Seperti halnya Google Form.

Hadirnya software Google Form ini, sangat membantu berbagai macam pihak. Terutama, mereka yang sering dan harus bekerja dengan menghadapi orang banyak. Pengembangnya, tidak lain adalah Google LLC. Pertama kali dirilis, pada tanggal 6 Februari tahun 2008 silam. Jenis yang diperkenalkan, yakni groupware berbasis survey web. Apakah berbayar?

Jawabannya, sudah pasti layanan tersebut dihadirkan secara gratis. Kalian dapat dengan leluasa membuat formulir, atau dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Konteksnya, bisa ditujukan demi kepentingan personal yang sifatnya pribadi. Ada juga, yang digunakan dalam kebutuhan kontrol tim. Menariknya, Kamu akan mendapatkan jawaban dengan cepat.

Tampilan dari formulirnya, juga dapat didesain semenarik mungkin. Biar tidak terasa bosan dan terlalu monoton. Terlebih, survey dapat dilakukan hanya dengan duduk didalam sebuah ruangan saja. Face to facenya, bisa melalui video call. Kalian jadi bisa lebih menghemat waktu dan energi. Fitur-fitur pendukungnya sangat lengkap. Ini dia, cara buat Google Form!

Cara Buat Google Form

Cara Buat Google Form
Cara Buat Google Form

Cara Buat Google Form di HP

Kecanggihan teknologi yang semakin meningkat, dari satu jaman ke jaman berikutnya ini. Mampu menciptakan suasana baru. Dimana, setiap aktivitas yang tadinya dilakukan secara manual, bisa tergantikan oleh yang namanya elektronik. Entah itu dalam bentuk hardware ataupun software. Terlebih, data yang diperoleh dapat langsung dikumpulkan dalam satu file.

Cara buat Google Form di HP, bagi sebagian masyarakat yang masih asing dengan perangkat lunak tersebut. Tentu, cukup membingungkan. Akan tetapi, proses pembuatannya tidak sulit sama sekali. Kalian hanya perlu mengikuti prosedur atau instruksi yang ada. Satu hal lagi, siapapun yang telah memiliki akun Gmail bisa membuatnya. Selain itu, gratis! Check this out..

  1. Masuk ke link Forms.google.com melalui browser yang terdapat di HP kalian
  2. Setelah muncul tampilan utama dari Google Form, langsung saja klik bagian judul di formulirnya
  3. Ketikkan judul, sesuai dengan data yang ingin kalian dapatkan. Kemudian, tuliskan deskripsi atau keterangan, tepat di bagian bawah judul
  4. Siapkan tulisan untuk pertanyaan pertama pada formulir yang sedang kalian buat
  5. Lanjutkan dengan memilih jenis pertanyaannya. Maksudnya, kalian perlu menentukan apakah jawaban dari pertanyaan tersebut dalam bentuk pilihan ganda, isian singkat, ataupun esai
  6. Setelah menentukan jenis dari pertanyaan yang pertama. Kalian dapat mengklik pilihan respon yang diatur untuk menjawab pertanyaannya
  7. Tekan bagian icon required yang mewakili gambar. Pilihan yang ingin kalian tentukan, dapat Kamu temukan pada list opsi tersebut. Letaknya, berada di bagian pojok kanan bawah dari pertanyaan
  8. Tekan icon gambar kembali, kalau kalian ingin menambahkan pertanyaan baru lainnya. Posisinya, ada di bagian pojok kiri dari bawah laman utama
  9. PIlih icon “TT” yang berada di bawah. Itupun kalau Kamu ingin menambahkan sebuah kotak teks dalam formulirnya. Cara buat Google Form, juga dapat ditambahkan dengan video. Tinggal klik saja icon videonya
  10. Tap icon yang melambangkan dua garis dalam posisi horizontal. Ikon tersebut, berfungsi ketika kalian akan menambahakan halaman baru ke dalam formulir
  11. Pilih icon palet berwarna, untuk memunculkan menu pop up warna yang dapat digunakan untuk tema dari formulir yang kalian buat
  12. Ketikkan alamat email kontak, pada bagian bawah judul surel. Klik pada kolom kepada, serta tuliskan email dari calon responden kalian.
  13. Pilih tombol kirim atau send di pojok kanan bawah dari halaman formulir. Selesai deh, cara buat Google Form di HPnya.
Terkait:  Cara Cek iPhone Asli

Cara Buat Google Form di Laptop

Google Form, juga dilengkapi dengan beragam fitur canggih yang dapat membantu kalian menyajikan form yang menarik dan mengesankan. Pengguna, tidak perlu membayar untuk dapat menggunakan tools tersebut. Hal yang perlu Kamu persiapkan sebelum mengikuti instruksi di atas, yakni memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Simak fiturnya, di bawah ini!

1. Ringkasan (Summary)

Kalau melakukan survei secara manual, pasti data yang sudah terkumpul harus kalian ringkas setelahnya. Nah, lewat cara buat Google Form dengan media elektronik, hasil perolehan jawabannya akan dirangkum otomatis. Biar tidak kerja dua kali. Oleh sebab itu, Kamu dapat lebih menghemat waktu untuk mengerjakan hal lainnya. Bisa pilih varian tampilan summary!

Ada yang disajikan rangkumannya dalam bentuk diagram. Namun, buat kalian yang merasa tampilan grafik terlihat lebih ringkas dan menarik. Google Form juga telah menyediakannya. Kedua model ringkasannya, ditampilkan dengan warna yang berbeda. Supaya, mempermudah pengguna untuk melihat perbedaan hasilnya. Dilengkapi juga dengan keterangan singkat.

2. Drag and Drop

Fitur satu ini, memungkinkan para penggunanya melakukan pemindahan suatu objek. Cara buat Google Form, jadi lebih mudah. Kamu, tinggal mengklik objek yang ingin dipindahkan. Kemudian, tarik ke posisi yang diinginkan. Setelah menarik atau drag, kalian hanya perlu menahan kiri mouse ataupun touchpad pada gadget. Lalu, lepaskan perlahan ketika dropping.

Menariknya, di sistem lain terkadang drop and drag. Objeknya tidak lain, adalah gambar. Tapi, dalam Google Form berbeda. Kalian dapat memindahkan page ataupun lembar formulir yang sudah lengkap berisikan pertanyaan dan pilihan jawabannya ke berbagai tempat. Baik itu dipindahkan ke atas atau bawah. Posisinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Terkait:  Cara Cek IMEI Samsung yang Harus Kamu Ketahui: Penting!

3. Braching Logic

Cara buat Google Form dengan bantuan dari fitur branching logic, sangat membantu pihak responden. Dimana, tools ini bekerja menciptakan kemungkinan bagi para penjawab unutk dapat berpindah ke bagian lainnya dari form yang sedang dihadapi. Mudahnya, ketika ada pertanyaan yang menanyakan perihal topik tertentu. Otomatis, kalian langsung diarahkan.

Arahannya, jelas sesuai jawaban yang kalian pilih. Contoh, ada pertanyaan seperti “Apa hobi Kamu?”. Opsi pertama, “Mendengarkan Musik”, lalu “Tidur”, dan terakhir adalah “Makan”. Nah, dari jawaban yang kalian klik. Otomatis sistem langsung mengarahkan ke pertanyaan terkait. Misalnya yang dipilih “Tidur”. Section berikutnya, yang ditemukan seputar tidur.

4. Response Validation

Fitur response validation, sangat membantu pihak yang telah membuat formulirnya. Kalian dapat merasa tenang, karena responden tidak dapat melewati satu pertanyaanpun untuk tidak dijawab. Pasalnya, mereka harus mengikuti aturan yang sudah Kamu tentukan. Misalnya, dalam form telah di setting kalau jawabannya harus dalam huruf. Bisa juga lebih spesifik lagi.

Responden yang berusaha menskip jawaban. Sistem langsung memberikan warning yang biasanya ditandai dengan warna merah. Artinya, perlu dijawab sebelum melanjutkan ke pertanyaan berikutnya. Tidak hanya itu saja, kalau belum diisi sesuai dengan aturan. Maka, formulir elektronik tersebut sulit di kirim. Tombol send akan freeze, sampai semuanya full.

Kalian yang ingin mengetahui cara buat Google Form di laptop, prosedurnya sama seperti yang telah dijelaskan kalau dibuat melalui handphone. Perbedaannya, tampilan halaman utama akan lebih terlihat jelas dan dapat disetting dengan leluasa. Soalnya, tulisannya tidak ada yang terhidden. Terlebih, banyak juga hal yang bisa ditambahkan ke form. Coba saja…

Sekian penjelasan mengenai cara buat Google Form di kesempatan kali ini. Kalian yang mencari pembahasan terkait, seputar cara buat Google Form di Hp, dan cara buat Google Form di laptop, langsung saja simak di atas. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Make your day,  and move with technology for a better life. Bye bye!

 

Terkait:  Cara Cairin Bpjs Online

Similar Posts