Cara Catok Rambut Curly

  • Whatsapp

Bagi sebagian perempuan mungkin cara catok rambut curly adalah suatu hal yang sulit. Padahal, kamu sebenarnya tidak perlu susah payah mendapatkan rambut indah yang bergelombang setiap hari. Walaupun tak sedikit perempuan mengalami loss, tapi banyak dari mereka sukses mendapatkannya.

Kamu hanya perlu kesabaran dan ketelian saat catok rambut yang mana rambut curly memang sudah menjadi salah satu model rambut tren saat ini. Tak sedikit orang mengklaim prosesnya lebih rumit dibandingkan catok rambut lurus.

Apabila kamu seorang pemilik rambut lurus dan ingin mengubah gaya rambut, mungkin model curly menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, banyak perempuan bahkan menyebut bahwa mengeriting rambut menjadi tantangan tersendiri.

Kamu juga harus jago menggunakan catokan supaya bisa menggulung rambut supaya tampak curly sempurna. Di samping itu, kamu perlu memahami rahasia menjaga rambut agar tidak loss saat sedang dicatok. Hal ini dikarenakan orang-orang masih saja gagal mengeriting rambutnya meskipun catokan yang digunakan sangat bagus.

Cara Catok Rambut Curly

Cara Catok Rambut Curly
Cara Catok Rambut Curly

Secara umum mencatok rambut sudah menjadi salah satu rutinitas yang sering dilakukan para perempuan setiap hari. Kamu bisa meluruskan atau mengeriting rambut dengan mudah tanpa menghabiskan uang dan waktu ke salon.

Namun, beberapa orang bahkan kamu sendiri belum tahu cara catok rambut curly supaya bisa mempunyai rambut keriting bergelombang yang indah. Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa meminta bantuan orang lain sehingga rambut curly bisa ditata dengan mudah.

Terkait:  Cara Bagi Pulsa Indosat

Kamu bisa mengatur rambut curly hanya dengan menggunakan catokan yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Meski begitu, kamu tidak selalu memaksakan rambut agar dapat dikeritingkan sesuai keinginan.

Hal ini dikarenakan udara panas yang dihasilkan dari alat pengeriting rambut bisa menimbulkan kerusakan terhadap mahkotamu. Selain itu, kamu bisa mengeriting rambut untuk kegiatan tertentu selama berada di luar rumah. Waktu pengerjaannya juga tidak terlalu lama bahkan kurang dari 30 menit.

Cara Catok Rambut Curly yang Benar, Pemula Harus Tahu!

Barangkali kamu belum tahu cara catok rambut curly yang benar, kami akan memberitahu rahasianya supaya kamu bisa mendapatkan rambut keriting bergelombang dengan baik. Kamu tidak sekadar memperhatikan alat pengeriting rambutnya saja, karena peralatan lainnya juga perlu dipilih untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala setiap hari.

Apabila kamu baru pertama kali mengeriting rambut, sebaiknya tanyakan kepada anggota keluarga atau kerabat yang sering melakukannya. Kamu juga perlu membeli vitamin rambut untuk mencegah rambut patah akibat suhu panas catokan.

Pakai Catokan Berkualitas

Kamu pasti ingin punya rambut curly yang awet dan tidak mudah rusak, bukan? Kami bocorkan salah satu rahasianya adalah pilih catokan berkualitas. Selain itu, perhatikan jenis rambutmu karena semakin tebal rambut maka semakin panas suhu catokan yang diperlukan.

Kamu harus memakai catokan berkualitas yang suhunya bisa diatur. Selain itu, gunakan catokan rambut yang platnya terbuat dari keramik. Hal ini dikarenakan konturnya yang licin membuat rambut bisa diatur dan ditata sesuai dengan keinginanmu.

Gunakan Vitamin Rambut

Sebaiknya kamu menggunakan vitamin rambut sebelum dicatok. Pasalnya, rambut yang tidak diberikan vitamin rambut saat dicatok bakal mengakibatkan kering dan patah akibat suhu panas yang berasal dari catokan. Kamu tidak ingin rambut indahmu rusak, bukan?.

Terkait:  Cara Cat Ulang Tembok

Kamu bisa memakai vitamin atau serum rambut sekitar 15 menit sebelum dicatok. Di samping itu, pemakaian hear protection juga berguna menjaga rambut tetap sehat, bergelombang dan bervolume sehingga dapat terlihat cantik baik sebelum maupun sesudah dicatok.

Tentukan Ukuran Catokan yang Benar

Secara umum catokan tidak mempunyai ukuran yang sama. Kami beritahu bahwa diameter catokan berpengaruh terhadap keawetannya. Apabila diameternya semakin kecil, rambutmu akan semakin bergelombang dan keriting. Gunakan catokan yang diameter lebih kecil sehingga rambut kamu akan curly lebih cepat dan tahan lama.

Contohnya adalah bila kamu menggunakan catokan berukuran 3 cm dan rambut langsung rusak, ganti catokannya dengan ukuran lebih kecil. Jangan memaksakan catok rambut sekaligus karena hasilnya tidak akan memuaskan dengan diameter yang besar.

Jangan Menyisir Rambut Saat Panas

Kenapa kamu tidak boleh menyisir rambut ketika panas? Hal ini dikarenakan rambutmu akan rusak dan tidak bergelombang. Jika kamu merasa rambut tidak rapi dan berantakan, sebaiknya sisir rambut  saat suhu sudah kembali normal.

Kamu juga bisa menggunakan hairspray dengan meremas ujung rambut memakai tangan. Apabila suhu rambut sudah dingin pasca dicatok, sisirlah menggunakan jari atau sisir bergigi jarang. Kamu pasti akan mendapatkan rambut curly yang awet dan indah untuk menyempurnakan penampilanmu setiap hari.

Rambut Harus Tetap Kering

Kamu bukan sekadar mencatok rambut dengan menggunakan vitamin, pastikan juga rambut dalam keadaan kering. Kami tegaskan bahwa rambut yang baru saja dibasahi alias keramas tidak akan bisa dicatok supaya curly. Pasalnya, rambut basah yang terpaksa dicatok bakal menimbulkan kerusakan seperti mudah patah dan rontok.

Tak bisa dipungkiri mencatok rambut basah supaya curly juga bakal menimbulkan bau kurang sedap. Maka dari itu, keringkan rambut terlebih dahulu sehingga rambut dapat dicatok untuk curly lebih awet dan tahan lama.

Terkait:  Cara Beli Netflix

Atur Suhu Catokan yang Tepat

Beberapa perempuan mungkin pernah bahkan masih mengatur suhu catokan sepanas mungkin untuk mengeritingkan rambut mereka. Padahal, kondisi ini salah dan tidak dibenarkan semua hairstylish handal. Jangan kaget rambut kamu akan cepat rusak akibat sering dicatok dengan menggunakan catokan bersuhu tinggi.

Kamu bisa memulai mengeritingkan rambut saat suhu catokan mulai hangat. Jika flat iron terasa hangat, matikan beberapa saat sampat suhunya agak dingin sebelum digunakan kembali untuk menciptakan rambut curly yang indah.

Jangan Catok Rambut Sekaligus

Kami sarankan kamu harus membagi rambut menjadi beberapa bagian saat dicatok. Gunakan jepit rambut untuk membaginya supaya bisa dicatok dengan cepat dan mudah. Kamu bisa memulainya dari mengambil bagian kecil rambut dan jepit dengan menggunakan catokan rambut.

Apabila satu bagian telah selesai, ambil bagian lainnya dan ulangi dengan prosedur yang sama. Kamu tidak dianjurkan mencatok rambut sekaligus karena hasilnya tidak akan rapi. Tak hanya itu, rambutmu juga bakal tampak kaku sehingga sulit diatur bahkan kurang bergelombang seperti rambut curly biasa.

Terapkan Teknik Mencatok yang Benar

Kamu tidak bisa mencatok rambut asal-asalan untuk memiliki rambut curly yang indah. Pasalnya, kamu harus melakukannya dari pangkal yang ditarik sampai ujung rambut. Selain itu, pastikan catokan rambut yang dipakai benar-benar sudah menjepit semua helai rambut agar dapat hasilkan gelombang sempurna.

Kamu sendiri perlu memilih dan menggunakan produk perawatan rambut sesudah dicatok. Hal ini dikarenakan rambut curly hasil dicatok pasti bakal jarang dikeramas. Maka dari itu, kamu bisa menjaganya supaya tidak rusak dengan menggunakan hair treatment sesuai anjuran hairstylish di salon.

Related posts