Cara Cek UMKM

  • Whatsapp

Kondisi ekonomi yang belum stabil membuat sebagian besar pelaku usaha harus gulung tikar. Jangan heran mereka bahkan kamu sendiri akan butuh suntikan dana melalui program UMKM. Namun, bagaimana cara cek UMKM? Program ini biasanya dilakukan pihak pemerintah yang bekerja sama dengan bank.

Kamu biasanya akan mendapat pemberitahuan dari bank tempat menabung bahwa sebagian besar nasabahnya berhak menerima kucuran dana. Meski begitu, targetnya adalah nasabah dengan penghasilan dibawah rata-rata atau sedang menjalankan usaha kelas bawah.

UMKM menjadi penyelamat untuk beberapa orang supaya bisa mengembangkan bisnis atau usaha jangka panjang. Pasalnya, dana yang bakal diterima calon nasabahnya mampu mencapai jutaan rupiah. Meski begitu, nilainya tergantung kebijakan pemerintah dan bank yang menyalurkannya.

Kamu berhak mengajukan diri sebagai calon penerima UMKM maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) selama memenuhi kriteria. Hal ini dikarenakan pihak bank hanya bisa menerima nasabah yang mendapat uang dari program UMKM bila termasuk masyarakat golongan ekonomi ke bawah.

Cara Cek UMKM

Cara Cek UMKM
Cara Cek UMKM

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) merupakan bantuan dana yang disalurkan kepada seluruh masyarakat yang sedang membuka dan mengembangkan bisnis atau usaha kelas menengah ke bawah. Kamu biasanya akan menerima uangnya melalui bank tempat menabung yang sudah ditunjuk pihak pemerintah.

Hal ini dikarenakan pemerintah tidak bisa menyerahkan dananya kepada semua orang dengan sembarangan. Kamu sendiri perlu tahu cara cek UMKM untuk memastikan apakah dirimu memang berhak menerimanya atau tidak.

Terkait:  Cara Cek Saldo di ATM BRI

Di Indonesia, UMKM sudah berlangsung selama beberapa tahun terakhir dan beberapa bank negeri atau swasta yang ditunjuk menyalurkan dananya adalah BNI dan BRI. Keduanya menjadi lembaga keuangan yang sudah bekerja sama dan ditunjuk pemerintah untuk membantu masyarakat golongan menengah ke bawah.

Jika kamu menjadi nasabah dari salah satu bank tersebut, kamu harus datang ke kantor cabang terdekatnya. Gunanya supaya kamu bisa tahu apakah namamu tercantum dalam daftar penerima UMKM tahun ini atau sudah dihapus.

Cara Cek UMKM, Cek Syarat Lengkapnya Di sini!

Bagi siapa saja yang belum tahu cara cek UMKM maka bisa simak pembahasannya melalui artikel ini. Kami telah merangkum ulasan lengkapnya agar kamu dapat memastikan diri sebagai salah satu calon penerima dananya. UMKM merupakan program pemerintah yang tidak pernah dikenakan anggaran alias gratis.

Selain itu, masyarakat menengah ke bawah berhak mengajukan diri sebagai salah satu calon penerima dananya kepada bank yang sudah ditunjuk pemerintah. Kamu bisa tanyakan kepada pihak bank terkait pada hari dan jam kerja.

Cara Daftar Bantuan UMKM

  • Calon penerima diusulkan Dinas Koperasi dan UMKM setempat.
  • Pelaku usaha mengunjungi kantor Dinas Koperasi dan UMKM.
  • Melampirkan berkas seperti KTP, KK dan Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • Isi formulir pendaftaran.
  • Proses validasi dan verifikasi dilakukan dinas terkait baik tingkat kabupaten atau kota, provinsi maupun pusat.
  • Penetapan penerima dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.
  • Penerima resmi dan sah bakal menerima pesan singkat melalui SMS dari dinas terkait.
  • Penerima bisa melakukan pencairan dana dan laporan penyaluran sesudah mendapatkan informasi dari dinas setempat.

Kriteria Penerima UMKM

Secara umum kamu harus memenuhi kriteria supaya bisa menerima bantuan UMKM. Pasalnya, calon penerima harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan tanda pengenal seperti KTP. Kamu juga wajib mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dan disahkan oleh lembaga pengusul.

Terkait:  Cara Berlangganan Mola TV

Di samping itu, calon penerima ternyata harus memiliki rekening bank di bank umum. Gunanya supaya kamu bisa mencairkan dana bantuan UMKM yang belakangan ini dikirim melalui transfer antar bank.

Apa itu BPUM e-Form BRI?

BPUM e-Form BRI merupakan salah satu program Bantuan Presiden (Banpres) yang diberikan kepada para subjek pada sektor UMKM. Program ini resmi digelar oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

Program ini diharapkan mampu membantu para pelaku usaha yang terkena dampak krisis ekonomi seperti sekarang. Walaupun programnya sudah berakhir sejak bulan September kemarin, namun pencairannya masih tetap berlangsung sampai bulan Desember alias akhir tahun mendatang.

Syarat Penerima BPUM e-Form UMKM BRI

  • WNI.
  • Penerima tidak berstatus sebagai TNI, Polri, ASN, Pegawai BUMN maupun BUMD.
  • Penerima pernah menerima dana BPUM tahun sebelumnya.
  • Belum pernah menerima dana BPUM.
  • Penerima mempunyai usaha mikro (dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BUPM dari pengusul BPUM serta lampirannya).
  • Penerima tidak sedang mendapatkan KUR dari pihak mana pun.

Cara Cek UMKM Bank BRI

  • Kunjungi situs resmi Banpres BPUM melalui e-Form Bank BRI via eform.bri.co.id.
  • Pilih menu BPUM atau Cek Data BPUM.
  • Silakan masukkan nomor KTP atau NIK pada kolom tersedia.
  • Kemudian, masukkan kode verifikasi sesuai dengan informasi tertera.
  • Klik Proses Inquiry.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi bahwa kamu terdaftar atau tidak.
  • Jika kamu belum terdaftar, lampirkan data yang dibutuhkan .
  • Catat nomor referensi yang tertera pada laman Penerima BPUM Info.

Cara Cek UMKM Bank BNI

  • Kunjungi situs resmi UMKM Bank BNI via banpresbpum.id.
  • Silakan masukkan NIK yang tercantum pada KTP.
  • Klik Cari.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai NIK, nominal serta nama penerima bantuan UMKM dari Bank BNI.
Terkait:  Cara Berjualan di Lazada

Cara Pencairan Dana Bantuan UMKM

Bagi kamu yang ingin mencairkan dana bantuan UMKM maka bisa mendatangi kantor cabang yang sudah ditunjuk sebagai penyalurnya. Kamu perlu membawa beberapa berkas yang dibutuhkan seperti buku tabungan, kartu ATM, KTP, fotokopi SKU, KK dan mengisi surat pernyataan tanggung jawab atas penerimaan dana.

Kemudian, kamu bakal melakukan proses verifikasi bahwa semua dokumen yang diserahkan benar-benar milikmu sendiri. Tak hanya itu, pihak bank biasanya akan mencairkan dananya pada hari yang sama.

Berapa Jumlah Dana Bantuan UMKM?

Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri pasti belum tahu berapa jumlah dana bantuan UMKM yang bakal dicairkan sesudah kamu dinyatakan lolos kriteria. Kami beritahu bahwa nominalnya tidak terlalu besar atau kecil.

Hal ini dikarenakan pemerintah akan menyalurkannya kepada lebih dari puluhan juta orang yang berstatus sebagai pelaku usaha mikro. Meski begitu, nilainya bersifat konkret dan tidak pernah mengalami perubahan sejak awal ditetapkan. Penerima tidak akan mengalami kerugian selama mendapat dana bantuan UMKM.

Kementerian Koperasi dan UKM sudah resmi menetapkan batas maksimum dana bantuan UMKM sebesar Rp.1,2 juta s/d Rp.1,3 juta per subjek. Di samping itu, pemberiannya bisa dilakukan secara berkala bahkan sekaligus.

Program ini memang sudah berakhir sejak bulan September lalu, namun sesuai dengan informasi sebelumnya bahwa pencairannya akan berlangsung sampai bulan Desember. Oleh karena itu, penerima yang belum mengantongi dana bantuan UMKM bisa mendatangi kantor cabang bank umum terkait untuk bertanya soal prosedur pencairan uangnya.

Related posts