Cara Cadangkan WA

  • Whatsapp

Aplikasi komunikasi berbasis pesan online ini, memungkinkan para penggunanya untuk saling bertukar pesan tanpa menghabiskan pulsa. Terlebih, software ini dapat kompatibel dengan berbagai merek smatphone, serta beragam jenis sistem operasi lain tanpa batasan. Sinkronisasi kontak juga berlangsung secara otomatis. Lalu, bagaimana cara cadangkan WA?

Kalian yang sudah menjadi salah satu pengguna tetap dari Whatsapp, pasti sangat memahami kelebihan, dan kekurangan yang dimilikinya. Ada beragam tips untuk mengurangi pemakaian data internet yang berlebih saat mengoperasikannya. Misalnya, atur media yang seringkali dikirim via chat, ke mode koneksi Wi-Fi. Entah itu sekedar foto, atau bahkan video. Sort it!

Serunya lagi, kalau di aplikasi pesan serupa lainnya, belum tentu kalian temukan layanan stories. Mirip seperti yang ada pada sosial media Instagram, dan Facebook. Pengguna, dapat dengan bebas saling membagikan momen atau tulisan yang ditulis sebagai status. Secara otomatis! Fitur tersebut, akan menghapus apa yang telah dibagikan setelah melewati 24 jam.

Back up chat, keistimewaan lainnya yang dapat kalian temukan di WA. Buat Kamu yang ingin mengingat kembali percakapan sebelumnya, dan telah dihapus. Tenang saja, ada fitur bantuan untuk mengembalikan pesan. Melalui layanan tersebut, pengguna dapat memilih apa saja yang ingin dikembalikan. Video juga bisa. Simak penjelasan selengkapnya, berikut ini!

Cara Cadangkan WA

Cara Cadangkan WA
Cara Cadangkan WA

Cara Cadangkan WA di iPhone

Aplikasi Whatsapp, selain dapat kalian temukan di Google Play Store. Tersedia juga di App Store, khusus bagi mereka yang menggunakan iPhone. Unduhnya gratis, tidak seperti software Apple Store lainnya yang dkenakan biaya. Selain itu, server yang kuat serta bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun tersebut. Membuat perangkat lunak ini semakin populer.

Terkait:  Cara Cek UMKM

Cara cadangkan WA di iPhone, hampir mirip langkah-langkahnya dengan yang terdapat pada android. Proses pemulihan akun dari aplikasi Whatsapp, bagi sebagian orang itu sangat penting. Apalagi, mereka yang aktivitas kesehariannya selalu berkaitan erat dengan berbagi data atau dokumen yang bisa dikatakan cukup special. Ini dia, instruksi selengkapnya!

  1. Masuk ke aplikasi Whatsapp
  2. Klik pilihan cadangkan riwayat percakapan yang terdapat di menu Whatsapp
  3. Pilih pengaturan>chat>backup atau cadangkan
  4. Klik tombol bertuliskan backup now (cadangkan sekarang). Selama proses ini, kalian dapat bebas memilih banyaknya jumlah percakapan yang akan dicadangkan dengan cara pilih auto backup
  5. Setelah berhasil, sebagian besar data yang dicadangkan dari WA iPhone akan tersimpan dalam iCloud. Pastikan kalian tidak memberhentikan prosesnya, ketika cara cadangkan WA sedang berlangsung. Supaya, tidak ada data recover yang terlewati.

Informasi tambahan dari pusat bantuan aplikasi. Semua data atau riwayat percakapan yang telah dipulihkan oleh pengguna, tidak akan tersimpan ke dalam server Whatsapp LLC. Oleh sebab itulah, pemilik iPhone  harus setting akun iCloud. Selain itu, baik media ataupun pesan yang tersimpan sebagai cadangan, tidak dilindungi oleh fitur enkripsi end-to-end.

Artinya, pesan yang sebelumnya telah dihapus tidak dapat dipulihkan kembali. Persyaratan bagi pengguna yang ingin menerapkan cara cadangkan WA ini, terdapat 3 poin utama. Khusus untuk pemilik iPhone, pastinya. Disamping menggunakan cara manual seperti yang telah dijelaskan di atas, kalian bisa lakukan secara otomatis. Pilih “Cadangkan Otomatis”.

  • Tersedia ruang kosong di iCloud, yang cukup untuk menyimpan cadangan percakapan WA pada iPhone. Kurang lebih, memori yang dibutuhkan adalah 2,05 kali dari ukuran cadangan yang dibutuhkan. Baik itu dalam akun iCluodnya, maupun telepon
  • Pengguna harus log in dengan menggunakan ID Apple, untuk dapat mengakses fitur iCloud di iPhone
  • Pengguna harus menggunakan sistem operasi iOS 10 atau yang lebih terbarunya lagi. Layanan iCloud drive juga harus diaktifkan
Terkait:  Cara Cek HP Asus

Pastikan saat melakukan pengaturan cara cadangkan WA, kalian mengaturnya ke mode Wi-Fi. Supaya, menghindari penggunaan data seluler yang berlebih. Sehingga, saat proses pemulihan percakapan berlangsung. Otomatis, akan terhenti kalau tidak terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi. Selain iCloud, pengguna dapat menggunakan layanan iTunes sebagai drive.

Cara Cadangkan WA GB ke Google Drive

Layanan pemulihan riwayat pesan yang dimiliki oleh aplikasi Whatsapp, memiliki tempat penyimpanan yang berbeda kalau di android. Dikenal dengan istilah G-Drive. Cara cadangkan WA gb ke Google drive, juga cukup mudah. Tidak berbeda jauh, dengan prosedur untuk menyimpan di iPhone. Berikut informasi, yang langsung diberikan pusat bantuan WA!

  1. Buka aplikasi Whatsapp, yang terdapat di android kalian
  2. Pilih Opsi lainnya, dengan mengetuk icon titik tiga vertikal
  3. Ketuk setelan>chat>cadangkan chat>cadangkan ke G-Drive
  4. Pilih jumlah frekuensi cadangannya. Hindari pilihan jangan pernah
  5. Ketuk akun Google yang akan kalian gunakan untuk menyimpan cadangan riwayat percakapan. Bila tidak memiliki akun Google yang tersambung langsung secara otomatis. Pilih tambahkan akun, saat diminta oleh sistem. Jangan lupa masukkan juga informasi data diri
  6. Pilih cadangankan melalui, dalam memilih jaringan yang akan kalian gunakan untuk menyimpan cadangan riwayat percakapan

Cara cadangkan WA untuk menghemat pemakaian data seluler, ubah ke mode sambungan Wi-Fi. Demi menjaga kemanan data yang tersimpan dalam aplikasi, pengguna dapat mengaktifkan lapisan keamanan tambahan lainnya. Fitur tersebut adalah, enkripsi end-to-end.  Bisa kalian langsung sambungkan layanannya ke Google Drive. Biar lebih aman datanya.

  1. Masuk ke aplikasi Whatsapp
  2. Pilih Opsi lainnya, lalu klik icon titik tiga
  3. Lanjutkan dengan ketuk setelan. Kemudian, pilih chat.
  4. Pilih cadangkan chat. Setelah itu, klik cadangan terenkripsi end-to-end
  5. Pilih nyalakan
  6. Masukkan password atau bisa juga menggunakan kunci dari enkripsi sebanyak 64 digit
  7. Pilih buat, untuk melanjutkan proses cara cadangkan WA yang terenkripsi secara end-to-end

Pengguna yang memiliki keluhan karena tidak dapat melakukan pemulihan cadangan pesan ke Google Drive. Kalian harus memeriksa beberapa kondisi yang memungkinkan aplikasi WA Anda, tidak dapat mendeteksi fitur tersebut. Alasan yang mungkin menjadi pemicu dari situasi seperti itu. Umumnya, disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya:

  • Kartu SD atau riwayat percakapan pesan WA milik Anda rusak
  • Pengguna tidak dapat masuk ke dalam akun Google yang terhubung langsung dengan aplikasi Whatsapp
  • Tidak memiliki file cadangan yang terdapat di akun G-Drive atau memori cadangan lokal yang tersedia dalam perangkat android
  • Kalian tidak memasukkan nomor telepon yang sama, seperti yang tersimpan di dalam sistem tempat penyimpanan cadangan
  • Belum menambahkan akun Google ke dalam perangkat android yang digunakan
  • Jaringan yang digunakan sebagai cara cadangkan WA, masih menggunakan data seluler. Kemungkinan, karena banyaknya data yang harus di backup. Kuota internet yang kalian miliki telah habis
  • Tidak tersambung dengan jaringan Wi-Fi, sehingga belum dapat melakukan penyimpanan cadangan pesan secara otomatis ke Google Drive

Sekian penjelasan mengenai cara cadangkan WA di kesempatan kali ini. Kalian yang ingin mencari informasi seputar cara cadangkan WA di iPhone, dan cara cadangkan WA GB ke Google Drive, dapat disimak pembahasannya di atas. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Save your message, with encryption end-to-end Whatsapp. Bye bye!

 

Related posts