Cara Cairin Bpjs Online

  • Whatsapp

Asuransi yang ditawarkan ke masyarakat. Umunya, terbagi menjadi beberapa kategori. Jenis yang dimaksud disini, diantaranya ada kesehatan, jiwa, pendidikan, kendaraan, bisnis, dan masih banyak lagi. Kalian dapat memilih dengan bebas, perlindungan seperti apa yang dibutuhkan untuk masa depan. Contoh, bpjs. Cari tahu yuk, cara cairin bpjs secara online!

Bpjs atau singkatan dari badan penyelenggara jaminan sosial ini, bertugas sebagai organisasi penyelenggara dari program jaminan kesehatan. Acuannya, berpusat dari Undang-Undang nomor 24 Tahun 2011. Selain itu, tujuan dari dibentuknya bpjs. Kalian dapat temukan penjelasannya di UU Nomor 40 Tahun 2004. Menjamin para peserta mendapat perlindungan.

Read More

Khususnya, untuk kategori kesehatan. Caranya, kalian perlu mendaftar terlebih dahulu ke kantor bpjs terdekat. Barulah, setelah itu setiap bulannya peserta diwajibkan membayar iuran. Dana yang diperoleh, akan digunakan untuk  membayar tagihan dari rumah sakit. Terutama, ketika orang tersebut melakukan pemeriksaan atau perawatan dari sakit yang diderita olehnya.

Pusat layanan informasi seputar program JKN-KIS, dapat kalian hubungi di nomor care center 1500 400. Bisa diakses selama 24 jam. Aplikasi mobile JKN, tersedia secara gratis. Unduh melalui App Store / Google Play Store. Program ini, juga membantu mereka yang membutuhkan pelayanan protesa gigi, alat gerak, penyangga leher, hingga korset tulang.

Cara Cairin Bpjs Online

Cara Cairin Bpjs Online
Cara Cairin Bpjs Online

Cara Cairin Bpjs Online 10

Kesehatan, menjadi sorotan penting yang harus diperhatikan oleh manusia. Termasuk juga, rencana untuk masa depan. Tidak ada diantara kalian, yang menginginkan sebuah penakit menjangkit ke diri sendiri. Oleh karena itu, butuh yang namanya asuransi. Solusi yang tepat, dalam mengatasi masalah keuangan dalam pembiayaan perawatan di rumah sakit. Ya, bpjs.

Terkait:  Cara Cek UMKM

Asuransinya aman, karena termasuk kedalam badan usaha milik pemerintah negara Indonesia. Kalian, bisa dengan bebas memilih besar iuran bulanannya. Semakin tinggi nominal rupiah yang dikeluarkan, ruang perawatan intensif yang diperoleh juga kian bagus. Menariknya, apapun pilihan Anda dalam menentukan pilihan kelasnya. Peserta akan dapat hak penanganan.

Pihak rumah sakit, tetap akan memberikan pelayanan kepada mereka yang terdaftar di kelas terendah dari bpjs. Memang, perbedaan diantara tingkatan kelasnya cukup signifikan. Seperti halnya, peserta kelas 1. Harga untuk iuran per bulannya, mencapai Rp150.000/ jiwa. Kelas 2 sebesar Rp 100.000,-/bulan. Kelas 3, kurang lebih nominalnya Rp 35.000/orang. Kelas 4?

Cara cairin bpjs online 10%, kini dapat kalian aplikasikan dengan mudah. Bisa pilih, butuh 10 atau 30%. Proses pencairan dana ketenagakerjaannya juga cepat. Antriannya, berbasis metode virtual.  Layanan tersebut, dapat Anda langsung klaim melalui website resmi dari bpjs.Adapun beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan oleh peserta, diantaranya seperti:

  • KTP (Katu Tanda Penduduk)
  • Kartu peserta dari BPJS Ketenagakerjaan
  • Buku rekening. Terutama pada halaman yang tercantum nomor rekening, dan masih aktif digunakan
  • Surat keterangan berhenti dari pekerjaan, atau surat keterangan selesai kontrak
  • Lembar formulir pengajuan JHT (Jaminan Hari Tua)
  • Foto diri pribadi terbaru (tampak depan)
  • NPWP (fungsinya, untuk klaim mandaat dari JHT dengan akumulasi saldo tertinggi berada di atas Rp 50.000.000).

Buat kalian yang ingin mengetahui cara cairin bpjs online, dapat disimak penjelasannya berikut ini. Tapi, sebelum itu, pastikan nama Anda sudah terdaftar sebagai peserta dari bpjs. Perhatikan juga persyaratan yang sudah dijelaskan di atas. Siapkan dalam bentuk image atau pdf. Sebaiknya, merupakan file hasil scan. Supaya gambarnya lebih jelas dan tidak blur.

  1. Masuk ke situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, atau bisa juga lewat aplikasi bernama BPJSTKU. Unduh di Google Play Store/App Store
  2. Perhatikan, persyaratan dan ketentuan untuk peserta. Kemudian, pilih “berikutnya”
  3. Masukkan data diri pekerja, pekerjaan tambahan, alasan klaim, serta dokumen pendukung lainnya. Jangan lupa, untuk melakukan konfirmasi data pengajuan
  4. Kirimkan, kelengkapan dokumen yang diminta oleh sistem. Tunggu, sampai petugas selesai melakukan verifikasi dan konfirmasi
  5. Informasi mengenai status pengajuan klaim, akan diberitahukan kepada peserta bia kontak. Sesuai dengan data yang diberikan. Baik itu melalui email, Whatsapp, atau bisa juga langsung ke nomor HP
  6. Peserta tinggal menunggu, sampai proses cara cairin bpjs online selesai dilakukan. Pencairan dana ini, dapat kalian lacak atau track melalui alamat surel berikut ini.
Terkait:  Cara Mengganti Background Whatsapp

Cara cairin bpjs online, dapat dikatakan sangat praktis. Karena, peserta tidak harus datang langsung ke lokasi kantor bpjsnya. Selain itu, kalian yang ingin mengajukan klaim JHT. Perlu memperhatikan alasan-alasan klaimnya. Pihak asuransi, akan mempertimbangkan apakah orang tersebut berhak mencairkan dananya atau sebaliknya. Kalau alasannya resign, juga bisa.

Cara Cairin Bpjs Online 2021

Pencairan dana JHT, kini dapat dilakukan secara online. Selain lebih menghemat waktu, proses verifikasinya juga berlangsung dengan cepat. Umumnya, hanya berlaku untuk versi ketenagakerjaan saja. Kalau bpjs umum, yang diajukan demi memenuhi kebutuhan pribadi  di masa mendatang, tidak bisa dicairkan. Karena, tidak terikat kontrak kerja dengan badan usaha.

Cara cairin bpjs online 2021, prosedur selengkapnya sudah dijelaskan diatas. Kali ini, yang akan dibahas adalah persyaratan untuk klaim sebagian dari dana yang dapat dicairkan. Misalnya saja, sebesar 30%. Akan tetapi, peserta harus terlebih dahulu melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan. Apa saja persyaratannya? Simak lebih lengkapnya, berikut ini!

  • E-KTP
  • Kartu peserta BPJamsostek
  • Surat keterangan masih aktif menjadi karyawan dari sebuah perusahaan atau surat keterangan yang menyertakan informasi berhenti kerja
  • Kartu keluarga
  • Buku tabungan bank yang telah menjadi mitra kerjasama pembayaran program JHT sebesar 30%. Umumnya, digunakan untuk keperluan pembelian rumah
  • Dokumen dari perbankan (kondisional). Tergantung kegunaan, serta perolehan dari pihak bank yang telah bekerjasama dengan BPJamsostek
  • NPWP (bila memilikinya)

Ada sedikit informasi tambahan, untuk kalian yang ingin mengaplikasikan cara cairin bpjs online 10% maupun 30%. Kemungkinan, peserta akan mendapatkan pajak progresif. Terutama, ketika melakukan pengambilan JHT selanjutnya. Catatan, pencairan dana yang dilakukan melebihi dari jarak 2 tahun terhitung saat pengambilan pertama, kena PPh 21.

Terkait:  Cara Input Token Listrik

Ketentuan dari cara cairin bpjs online tersebut, akan dibebankan kepada peserta setelah memasuki tahun ketiga. Berlaku juga untuk tahun-tahun selanjutnya. PPh 21 tarif progresif, tertera pada Pasal 17 aat (1) a Undang-undang PPh. Supaya lebih jelas. Mari simak penjelasan ketentuannya, di bawah ini!

  • Apabila pencairan dana dilakukan mulai dari Rp 0 sampai dengan Rp 50.000.000,-. Peserta akan dikenakan tarif pajak sesuai dengan NPWP. Dimana, besar persentasenya, mulai dari 5% hingga 6% bagi yang tidak ada NPWP
  • Pencairan dana yang berlangsung diatas dari Rp 50.000.000,- hingga Rp 250.000.000,-. Maka, peserta dibebankan pajaknya sebesar 15% sampai 18% tanpa NPWP
  • Apabila dana yang hendak dicairkan berada di nominal lebih dari Rp 250.000.000,- sampai dengan Rp 500.000.000,-. Pajak NPWPnya, senilai 25%. Bagi yang tidak menyertakan NPWP, dikenakan 30%
  • Pencairan dana yang melebihi angka Rp 500.000.000,-. Peserta akan dikenakan tarif pajak sebesar 30%, tanpa NPWP menjadi 36%.

Sekian penjelasan mengenai cara cairin bpjs online di kesempatan kali ini. Kalian yang  mencari informasi seputar cara cairin bpjs online 10, dan cara cairin bpjs online 2021. Simak pembahasannya di atas. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Love your days, love yourself. Bye bye!

Related posts