Cara Coating Teflon Sendiri

  • Whatsapp

Jika kamu sedang mencari informasi mengenai cara coating teflon sendiri, kami siap membantumu untuk memecahkan masalah tersebut melalui artikel ini. Secara umum teflon merupakan peralatan penting yang digunakan semua orang untuk memasak setiap hari.

Kami beritahu bahwa wajan memiliki berbagai macam jenis yang perlu diperhatikan perbedaannya. Kamu bisa membuat wajan, panci dan alat serupa menjadi teflon dengan menggunakan metode alami yang aman untuk diterapkan dan dipastikan hasil masakan layak dikonsumsi.

Walaupun prosedurnya selalu dianggap rumit, tapi kamu bakal mendapatkan hasil memuaskan dan kamu akan betah memasak dalam waktu lama. Di samping itu, bahan yang digunakan juga alami dan aman sehingga dapat memastikan permukaan wajan tidak akan meninggalkan bekas bahan kimia.

Kamu bebas memasak atau mengolah hidangan apa saja lebih cepat dan efektif. Selain itu, permukaan teflon akan tampak bersih dan mulus. Jangan heran orang-orang semakin rajin coating teflon yang mana alat dan bahan digunakan bisa ditemukan dengan mudah.

Cara Coating Teflon Sendiri
Cara Coating Teflon Sendiri

PTFE Coating

PTFE Coating merupakan salah satu coating yang paling umum digunakan semua orang, serta dipopulerkan oleh teflon. Meski begitu, PTFE diklaim bakal mengeluarkan gas berbahaya yang bersifat karsinogen (pencetus kanker) yang dikenal sebagai PFOA.

Zat ini biasanya akan muncul bila dipanaskan dalam suhu lebih dari 300 derajat celcius. Apabila kamu memasak dalam suhu normal atau sedang, PTFE dipastikan aka naman. PFOA sudah resmi dilarang pemakaiannya secara luas khususnya dalam dunia memasak sejak tahun 2006 silam.

Terkait:  Cara Bisnis Tanpa Modal

Enamel Coating

Enamel Coating biasanya digunakan bersama dengan alat masak berbahan cast iron. Zat ini bagus digunakan untuk melapisi baja atau besi supaya tidak cepat karat, karena dominan kaca agar tidak dapat menimbulkan bau kurang sedap.

Dulu, produknya sangat digemari karena dipakai sebagai bahan utama untuk membuat mug, ceret, baskom, ceret dan sebagainya. Kini orang-orang masih menyukainya. Tak sedikit masyarakat masih memakainya dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sebagai koleksi lantaran kesannya sangat klasik (vintage).

Seasoning Coating

Kamu pasti pernah memakai alat masak berbahan stainless steel, cast iron maupun carbon steel di dapur, kan? Secara umum peralatan yang belum di-coating bakal disiasati dengan memakai teknik seasoning supaya bisa dilapisi secara merata.

Gunanya agar alat masak tidak dapat menyebabkan lengket sampai berkarat. Kamu bisa membersihkan panci atau wajan dengan air dan sabun, bersihkan sampai kering dan panaskan dalam suhu tinggi sampai benar-benar panas. Kemudian, pastikan muncul uap dan warna wajan nya berubah, matikan api dan jangan dicuci, biarkan sampai dingin.

Ceramic Coating

Teknologi ceramic coating muncul sesudah keberadaan PTFE coating yang diklaim cukup berbahaya untuk semua orang. Tak bisa dipungkiri teknik ceramic coating disebut aman dan higienis untuk makanan, karena terhindar dari zat berbahaya.

Secara umum ceramic merupakan sebuah zat yang bahan bakunya berasal dari tanah, lalu diproses menjadi cairan atau gel. Kemudian, disemprot dengan tekanan tinggi di atas permukaan alat masak, serta dipanaskan dalam suhu tinggi untuk menciptakan lapisan coating dengan sempurna.

Cara Menghilangkan Bekas Makanan Gosong di Wajan

Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri mungkin pernah lalai saat memasak, bahkan makanan yang ditinggalkan bakal menimbulkan gosong dan membekas di alat penggorengan seperti teflon atau wajan.

Terkait:  Cara Desain Feed Instagram

Untuk mengatasinya maka kamu bisa menggunakan kosher salt secukupnya pada alat penggorengan yang bakal dibersihkan. Gosok secara perlahan sampai bekas gosong yang menempel benar-benar terangkat. Jika bekasnya membandel, pakai plastic pan scraper untuk menghapus noda dari alat masaknya.

Cara Memperbaiki Wajan yang Berkarat

Jika kamu mempunyai wajan atau panci yang berakat, kamu bisa memperbaikinya dengan memakai detergent scrub. Pastikan produk yang digunakan benar-benar aman yang mana detergen scrub biasa dipakai untuk menghapus noda membandel akibat terkena cairan asam.

Kamu bisa mengoles bagian berkarat dengan menggunakan detergen scrub atau minyak sampai mentega. Kemudian, simpan alat penggorengan yang berkarat di atas kompor dengan panas medium. Silakan matikan api dan diamkan sampai dingin sepenuhnya.

Cara Memperbaiki Wajan yang Lama Tidak Dipakai

Beberapa orang mungkin jarang bahkan tidak pernah memasak, sedangkan keberadaan hidangan instan semakin menjamur. Tak sedikit orang cenderung membeli makanan siap saji dibandingkan memasak langsung di rumah. Jangan heran alat penggorengan yang lama tidak digunakan bakal rusak seiring berjalan waktu.

Maka dari itu, kamu bisa memperbaikinya dengan menggosoknya pakai steel wool untuk membersihkannya dari beragam bumbu atau noda yang sudah lama menempel. Kemudian, cuci dan bersihkan sampai kering untuk digunakan masak lagi.

Cara Coating Teflon Sendiri

Teflon merupakan alat masak yang digunakan untuk membuat berbagai macam olahan enak dan lezat. Seperti kamu tahu bahwa semua orang hampir sering menggunakan teflon untuk memasak aneka makanan, khususnya olahan yang digoreng.

Tak sedikit orang menganggap bahwa memasak dengan menggunakan teflon bakal memberikan hasil masakan yang matang secara merata. Selain itu, seluruh permukaan makanannya bakal bagus dan renyah luar dalam bila dibandingkan memasaknya menggunakan wajan atau sejenisnya.

Terkait:  Cara Insert PDF ke Word

Apabila kamu ingin memperbaiki atau membuat teflon wajan besi secara tradisional, kami beritahu bahwa prosedurnya cepat dan mudah. Kamu tidak perlu menghabiskan budget dan waktu lama untuk membuatnya selama di rumah.

Hal ini dikarenakan kamu perlu menyiapkan sebuah wajan yang bakal dilapisi, serta gunakan oven atau alat pemanggang yang biasa digunakan untuk membuat kue. Selain itu, kamu harus sabar selama melakukannya karena pembuatan atau teflon secara tradisional harus dilakukan secara hati-hati.

Cara Coating Teflon Sendiri yang Benar

  • Siapkan wajan yang bakal dilapisi beserta oven dan minyak zaitun, lemak padat dan sejenisnya.
  • Silakan panaskan oven mencapai suhu 180 derajat celcius, pastikan kamu tidak menyentuhnya langsung dan hati-hati karena temperaturnya sangat panas.
  • Kemudian, jangan memasak apapun saat oven sedang dipanaskan. Hal ini dikarenakan proses pelapisan wajan besi akan terganggu.
  • Untuk mempercepat dan mempermudah proses coating, pastikan wajan besi sudah dicuci dan dibersihkan dengan air dan sabun.
  • Apabila wajan sudah kering, lapisi dengan minyak zaitun, mentega padat maupun lemak.
  • Berikutnya, gosokkan dan ratakan dengan tisu.
  • Silakan simpan wajan tersebut ke dalam oven kurang lebih selama 30 menit.
  • Jika sudah 30 menit, keluarkan dari oven dan biarkan dingin hingga sama dengan suhu ruangan.
  • Selanjutnya, ulangi proses tersebut sebanyak dua atau tiga kali. Kamu akan memperoleh wajan besi anti lengket bak teflon, tapi memakai bahan alami yang terhindar dari zat kimia berbahaya.

Demikian ulasan tentang cara coating teflon sendiri yang cepat dan mudah. Kamu harus tahu setiap jenis coating untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan alat yang bakal digunakan. Selain itu, kamu tidak perlu habiskan banyak modal untuk melakukannya karena semua bahannya bisa ditemukan di rumah.

Related posts