Cara Extract File RaR

Sedang bingung bagaimana cara extract file rar ? Tenang, baca artikel ini hingga habis karena akan menjelaskan secara detail dan lengkap. So, simak dengan teliti ya!

Apa Itu WinRar?

WinRaR merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengarsipkan berkas dalam bentuk format RAR dan juga ZIP. Bukan cuma bisa mengarsipkan berkas-berkas tadi, WinRaR juga dapat digunakan untuk meng-unpack file RAR serta ZIP yang sudah dibuat.

Perangkat lunak ini dikembangkan oleh seorang software engineer asal Rusia bernama Eugene Rashal. WinRaR pertama kali dirilis di tahun 1995 silam. Mulanya, software ini dirilis khusus untuk Windows. Seiring berjalannya waktu, WinRaR kemudian merilis versi command line untuk sistem operasi Linux dan Mac.

Dengan maraknya penggunaan ponsel berbasis sistem operasi Android membuat aplikasi RAR for Android muncul di pasaran. Hingga kini, WinRaR telah merilis versi 6.00 untuk berbagai jenis perangkat dan sistem operasi, termasuk versi terbaru dari command line-nya.

Untuk software WinRAR ini sendiri tersedia untuk sistem operasi 32 bit ataupun 64 bit, dan selain bisa dipasang di Windows, aplikasi ini juga dapat terpasang di beberapa sistem operasi lainnya seperti Linux, FreeBSD, DOS, MacOS, hingga Android dan juga iOS sekalipun.

Tergantung daripada setiap perangkat yang didukung, dimana beberapa fungsi dan fitur mungkin akan berbeda juga. Walaupun demikian, fungsi dasar daripada aplikasi ini masih sama, yakni sebagai manajemen serta memberikan perlindungan keamanan data yang lebih baik daripada file ketika dibiarkan membuka begitu saja.

Fitur Yang Ada di WinRar

Memiliki Sistem yang Canggih dalam Kompresi

Untuk melakukan kompresi ini sendiri telah menerapkan algoritma yang canggih, sehingga untuk tingkat keamanan data dan juga error bisa dilakukan minimalisir dengan baik. Jadi beberapa file error sekalipun tetap akan bisa dilakukan kompresi menggunakan WinRAR.

Terkait:  Cara Keluar Kelas Google Classroom

Mungkin file error terjadi dikarenakan tidak cocok dengan sistem operasi yang berjalan atau beberapa alasan lainnya, dimana masih berkemungkinan untuk diperbaiki lagi di kemudian hari. Namun hal demikian tidak bisa dilakukan dengan sebaliknya.

Beberapa file yang error atau corrupt tidak bisa dilakukan extract, dengan beberapa alasan hal ini bisa saja terjadi. Akan tetapi kalian bisa mengatasinya dengan melihat dan membaca keterangan error yang muncul, ada permasalahan apa dari kegagalan extract tersebut.

Perbaikan File Kompres

Walaupun sudah dilakukan kompresi memang sudah aman daripada malware, akan tetapi ada beberapa kejadian yang membuat file rar atau semacamnya tidak bisa dibuka, extract atau beberapa hal lain. Namun WinRAR ini menawarkan perbaikan terhadap file kompres yang mengalami mal-fungsi seperti itu, menjadikan pengguna tetap bisa mendapatkan datanya dengan aman.

Untuk prosesnya sendiri tergantung daripada ukuran file yang dilakukan perbaikan, dan tingkat keberhasilannya sendiri juga tidak begitu menjamin. Akan tetapi setidaknya kalian sudah berusaha untuk mencoba benahi dari file yang rusak tersebut terlebih dahulu.

Dukung Banyak Format

Walaupun memiliki nama rar, akan tetapi untuk format file yang didukung bukan cuman itu saja, ada beberapa format lain yang bisa dibuka oleh software berikut, termasuk diantaranya file image sekalipun yang biasa digunakan untuk kompres sistem operasi.

Dengan demikian menjadikan kalian tidak perlu lagi memasang banyak software untuk kebutuhan membuka file kompresi seperti itu. Dikarenakan hanya dengan WinRAR ini saja sudah cukup untuk melaksanakan beberapa tugas sekaligus.

Kompresi ke RAR dan ZIP

Untuk dukungannya memang banyak, akan tetapi aplikasi WinRAR ini hanya mendukung file kompresi ke dalam dua format berikut. Jadi ketika kalian ingin melakukan kompresi file dengan format lain, ya perlu mencari aplikasi yang memang sesuai dan mendukungnya.

Hal semacam ini sudah wajar terjadi untuk sebuah software, dikarenakan developer ingin fokus terhadap beberapa pekerjaan tertentu saja. Dikarenakan kalau menjangkau semuanya, akan terasa berat, dimana menjadikan software tersebut malah tidak bisa bermanfaat secara maksimal.

Terkait:  Cara Lacak Paket JNE

Kelebihan WinRaR

 Fitur Cukup Lengkap

Sebagai software kompresi file, WinRAR ini memiliki fitur yang cukup lengkap karena bukan cuman kompres dan extract saja. Ada beberapa fungsi lain yang ditawarkan oleh software berikut, beberapa diantaranya yakni seperti test, view, delete folder, find, wizard, hingga repair.

Dengan beberapa fitur tersebut, kalian bisa melakukan pengaturan file dengan lebih mudah dan membenahi beberapa bagian sebelum di ekstract ke folder tertentu untuk bisa digunakan dengan lebih mudah dan cepat.

Keamanan yang Terjaga

Bukan cuman melindungi file daripada serangan malware dari pihak luar saja, melainkan ada fitur password yang membantu pengguna bisa mendapatkan keamanan lebih baik terhadap file kompresi tersebut.

Melalui kode password seperti ini, orang lain yang menggunakan komputer kalian juga tidak akan bisa dengan mudah mengakses file kompresi kalian yang digunakan untuk melindungi dan menyembunyikan beberapa file penting.

File Instalasi Kecil

Tidak perlu khawatir terkait kapasitas penyimpanan yang terbatas, dikarenakan WinRAR tidak memiliki kapasitas yang begitu besar. Dengan demikian kalian tidak akan begitu berasa ketika memasangnya, karena kurang dari 500MB.

Cara Extract File RaR

Cara Extract File RaR
Cara Extract File RaR

Cara Membuka File RAR di Laptop

Semua metode yang ada di sini bisa kamu gunakan di laptop maupun PC yang menggunakan sistem operasi Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. kamu dapat memilih salah satu metode yang menurut kamu paling mudah dan sesuai dengan kondisi kamu.

Menggunakan WinRAR

WinRAR merupakan salah satu aplikasi kompresi file yang cukup populer, aplikasi ini dibekali dengan beragam fitur yang dapat memudahkan kamu dalam mengompres dan mengekstrak file arsip, tak terkecuali file RAR.

Cara membuka file RAR menggunakan WinRAR

  • Unduh aplikasi WinRAR di situs resminya win-rar.com.
  • Setelah diunduh, silahkan instal aplikasi seperti biasa.
  • Cari file RAR yang ingin dibuka menggunakan Windows Explorer.
  • Klik kanan pada file RAR lalu pilih opsi Extract Here.

Sampai di sini semua folder yang ada di dalam file RAR akan dikeluarkan, karena kita memilih extract here maka file tersebut akan muncul di folder yang sama dengan file RAR yang diekstrak.

Terkait:  Cara Konsultasi di Halodoc

Menggunakan WinZIP

Jika kamu sudah bosan menggunakan WinRAR dan ingin menggunakan aplikasi kompresi file yang baru dengan antarmuka yang modern dan intuitif, maka WinZIP bisa bisa pilihan yang tepat untuk kamu.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat membuka dan mengekstrak beragam jenis file arsip, termasuk ZIP dan RAR.

Cara membuka file RAR menggunakan WinZIP:

  • Silahkan unduh aplikasi WinZIP di situs resminya winzip.com.
  • Setelah itu, instal aplikasi seperti biasa.
  • Cari file RAR yang ingin diekstrak menggunakan Windows Explorer.
  • Klik kanan file RAR lalu pilih WinZip.
  • Setelah itu, pilih Extract to here.

Menggunakan 7-Zip

Jika kamu tak punya biaya untuk membeli aplikasi kompresi file berbayar, maka 7-Zip bisa menjadi alternatif. Dengan menggunakan aplikasi yang bersifat open-source ini, kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di dalamnya secara gratis, termasuk fitur untuk mengekstrak file RAR.

Cara membuka file RAR menggunakan 7-Zip:

  • Unduh aplikasi 7-Zip di situs resminya
  • Instal aplikasi seperti biasa.
  • Cari file RAR yang ingin dibuka menggunakan Windows Explorer.
  • Klik kanan file RAR lalu pilih 7-Zip.
  • Setelah itu pilih opsi Extract Here.

Membuka File RAR Tanpa Aplikasi (Online)

Jika kamu tak mau ribet menginstal aplikasi, kamu juga bisa memanfaatkan situs pengekstrak file arsip yang bisa diakses secara online menggunakan browser. Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa mengekstrak file RAR tanpa aplikasi pihak ketiga.

Cara membuka file RAR tanpa aplikasi:

  • Buka situs pengekstrak file arsip extract.me menggunakan browser di laptop atau PC kamu.
  • Klik tombol Pilih file.
  • Lalu cari dan pilih file RAR yang ingin dibuka, setelah itu klik Open.
  • Tunggu proses ekstrak sampai selesai.
  • Setelah itu, klik salah satu file yang ingin diunduh.

Demikianlah informasi mengenai cara extract file rar secara lengkap dan mudah dicoba. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Rate this post

Related posts