Cara Extract File Zip

  • Whatsapp

Sedang bingung bagaimana cara extract file zip ? Tenang, baca artikel ini hingga habis karena akan menjelaskan secara detail dan lengkap. So, simak dengan teliti ya!

File Format zip adalah yang paling populer digunakan untuk file Kompresi suatu Dokumen. Sebagai contoh, kebanyakan file di internet adalah arsip berformat ZIP. Jika anda akan bermaksud mengirimkan suatu arsip dalam bentuk file RAR ke seseorang maka mungkin saja dia tidak mempunyai program WinRAR untuk mengekstrak muatan yang ada dalam arsip RAR yang anda kirimkan itu. Hal ini bisa saja membuat anda untuk memilih opsi ZIP dalam hal ini.

Apa Itu Zip?

ZIP merupakan format kompresi yang umum digunakan di dunia MS-DOS dan Windows. Beberapa berkas dapat digabungkan menjadi satu dan dikecilkan ukurannya dalam satu berkas ZIP (zip file). Ada beberapa program untuk memanipulasi berkas ZIP ini, antara lain: PKZIP dan PKUNZIP (shareware untuk MS-DOS) WinZip (untuk Windows 95) zip dan unzip (gratis untuk UNIX).

File Format ZIP. Pada sisi lain, kamu dapat mengirimkan suatu arsip yang berjenis self-extracting (dapat mengekstrak dirinya sendiri). Arsip self-extracting ini memiliki sedikit ukuran yang lebih besar tetapi dapat mengekstrak dirinya sendiri tanpa bantuan program apapun. Keutamaan dari file berformat ZIP lainnya adalah dalam hal kecepatan. Dalam arti kata pemrosesan arsip zip relatif lebih cepat dibandingkan file berformat rar.

Cara Membuat Zip File di Komputer

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk zip file. kamu bisa melakukannya melalui komputer atau laptop, bahkan bisa juga melalui Android. Saat ini, banyak ponsel canggih yang sudah memberikan menu zip file bawaan agar kamu tak perlu kerepotan mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Terkait:  Cara Belanja di Alibaba

Selain adanya menu membuat file zip, ada juga menu ekstrak file menjadi format lainnya. Meski tak semua ponsel menyediakan menu yang satu ini. Akan tetapi, tak perlu berlama-lama berikut ini adalah panduan membuat zip file di komputer atau laptop. Yuk simak!

  • Pertama-tama, temukan file yang akan di zip, lalu pilih semua file tersebut dengan cara menekan tombol CTRL + A. Akan tetapi, kamu pun dapat memilih file yang terpisah yang terdapat di dalam folder. Caranya cukup dengan menekan tombol CTRL dan memilih yang mana saja file yang mau di zip.
  • Setelah selesai memilih file, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih menu Send to. Setelah itu pilih lagi menu compressed (zipper) folder. Nantinya file yang sudah di zip akan secara otomatis berada pada direktori penyimpanan kamu.

Cara Membuat zip di Android

Setelah mempelajari cara zip file melalui laptop, selanjutnya juga ada cara melakukan zip file lewat ponsel Android. Berikut ini panduannya!

  • Akses file ataupun folder yang sekiranya ingin di zip.
  • Setelahnya tandai file atau folder tersebut.
  • Jika sudah, kamu tinggal mencari menu Zip atau Kompresi yang ada pada ponsel kamu.
  • Lalu akan muncul jendela file yang akan dikompresi, di sini kamu bisa mengganti nama file atau folder dengan nama yang kamu inginkan dan memilih lokasi tempat menyimpan file tersebut.

Cara Membuka File Zip

Lantas, bagaimana cara membuka file ZIP? Cara termudah adalah klik dua kali dan biarkan komputer kamu menampilkan folder dan file yang ada di dalamnya. Pada sebagian besar sistem operasi, termasuk Windows dan macOs, file ZIP ditangani secara internal, tanpa memerlukan software tambahan.

Meski begitu, ada beberapa alat kompresi/dekompresi yang bisa digunakan untuk membuka (dan membuat!) file ZIP. Alat ini sering disebut sebagai zip/unzip tools!

Terkait:  Cara Kerja Dropshipper Shopee

Hampir semua program dekompresi (unzip) file ZIP juga memiliki kemampuan untuk kompresi (zip), termasuk Windows; Dengan kata lain, mereka bisa memampatkan satu atau lebih file ke dalam format ZIP. Beberapa juga bisa mengenkripsi dan melindungi dengan password.

Jika kamu tidak suka menggunakan program untuk membuka file ZIP, ada banyak layanan online juga mendukung formatnya. Layanan online seperti WOBZIPFiles2Zip.com, dan B1 Online Archiver memmungkinkan kamu mengunggah file ZIP kamu untuk melihat semua file di dalamnya, lalu download satu atau beberapa dari mereka secara terpisah.

Kamu juga dapat membuka file ZIP pada perangkat mobile. Pengguna iOS dapat menginstal iZip secara gratis, dan pengguna Android bisa dengan aplikasi B1 Archiver atau 7Zipper.

Cara Extract File Zip

Cara Extract File Zip
Cara Extract File Zip

Setelah mengetahui cara untuk membuat file zip, berikutnya yang harus kamu ketahui adalah cara extract file zip agar bisa membuka dan membacanya dengan mudah. Untuk mengekstrak file menggunakan laptop, ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

  • Cara pertama yaitu bisa memakai fitur Extract All. kamu cukup membuka direktori penyimpanan file tersebut, kemudian klik kanan pada file, selanjutnya pilih menu Extract All.
  • Selain itu, ada cara kedua yaitu menggunakan Windows Explorer. Untuk mengekstrak file dengan Windows Explorer, yang pertama harus dilakukan adalah akses dulu file yang diinginkan. Selanjutnya lakukan klik kanan dan pilihlah Open With – Windows Explorer. Jika Windows Explorer telah terbuka, maka kamu langsung saja memilih file-nya dan drag ke direktori atau folder yang kamu mau.

Apabila kamu ingin membuka file zip di ponsel, maka kamu membutuhkan cara extract file melalui Android yang mudah sekali dilakukan. Sehingga kamu tak perlu repot melakukannya di laptop. Cara untuk mengekstrak file lewat Android adalah dengan memilih file atau folder yang sudah di zip. Nantinya akan muncul pilihan untuk mengekstrak file tersebut agar bisa dibuka.

Terkait:  Cara Bebas Ongkir di Tokopedia

Tentu saja, untuk bisa mendapatkan kemudahan ini, maka ponsel kamu harus merupakan ponsel yang cukup canggih. Mengingat tidak semua ponsel memiliki fitur bawaan seperti mengubah file atau folder menjadi format zip.

Cara Convert File ZIP

File hanya dapat di-convert ke format yang serupa. Misalnya, kamu tidak dapat mengubah file gambar seperti JPG menjadi file video MP4.

Jika ini membingungkan, cukup ingat bahwa file ZIP hanyalah sebuah paket yang menyimpan versi terkompresi dari file aktual yang kamu cari. Jadi, jika ada file di dalam file ZIP yang ingin kamu ubah— seperti PDF ke DOCX atau MP3 ke AC3 — kamu harus terlebih dahulu mengekstrak file menggunakan salah satu metode yang dijelaskan pada bagian di atas, lalu mengonversi file yang diekstrak dengan sebuah converter file.

Karena ZIP merupakan format arsip, kamu dapat dengan mudah convert ZIP menjadi RAR, 7Z, ISO, TGZ, TAR, atau file terkompresi lainnya, dengan dua cara, tergantung ukuran:

Jika file ZIP kecil, saya sangat menyarankan menggunakan converter ZIP online gratis seperti Convert.Files atau Online-Convert.com. Cara kerjanya sama seperti pembuka ZIP online yang sudah dijelaskan, yang berarti kamu harus mengunggah keseluruhan ZIP ke situs web sebelum dapat di-convert.

Untuk convert file ZIP yang lebih besar yang akan memakan waktu lebih lama untuk diunggah ke situs web, kamu dapat menggunakan Zip2ISO untuk convert ZIP menjadi ISO atau IZarc untuk convert ZIP menjadi banyak format arsip yang berbeda.

Demikianlah informasi menegnai cara extract file zip secara lengkap dan juga mudah dilakukan. Semog artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See u! Jangan lupa mampir diartikel sebelumnya Cara Export Excel ke PDF

Related posts