Cara Eyelash Extension Sendiri

Bulu mata kamu pendek dan ingin pasang bulu mata di salon tapi takut kemahalan? Tenang, artikel ini akan membahas cara eyelash extension sendiri dengan mudah dan aman. So, simak artikel ini hingaa habis ya!

Apa Itu Eyelash Extension?

Kata extension sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu tambahan, sambungan, dan perpanjangan. Nah, sesuai dengan namanya eyelash extensions, berarti mengartikan perpanjangan, menambah, atau menyambung bulu mata. Dalam menambah bulu mata asli dengan yang tambahan, tidak menggunakan bulu mata asli. Melainkan menggunakan bulu mata palsu atau buatan.

Pada proses penambahannya, akan dilakukan satu persatu helai pada bulu mata ditempelkan atau ditanamkan di bulu mata yang asli. Proses penempelannya menggunakan lem bulu mata atau perekat khusus. Hasil eyelash extension ini sering menjadi pilihan karena tetap terlihat natural, jadi tidak terlihat seperti bulu mata palsu.

Ada dua istilah dalam penambahan atau penempelan bulu mata palsu ke asli. Yaitu eyelash extension dan temporary lash. Banyak yang beranggapan bahwa teknik ini sama, padahal metode dan prosesnya berbeda. Kedua cara ini memang sama, menempelkan yang palsu ke yang asli, namun untuk eyelash extension dapat bertahan lebih lama, tidak akan copot atau rusak disaat kamu tidur. Sedangkan untuk temporary lash bisa dilepas atau dipasang sesuai kebutuhan.

Perbedaan lainnya juga terletak pada area pemasangan. Jika eyelash extensions menambahkan bulu mata buatan tepat di atas bulu mata yang asli, sedangkan untuk temporary lash direkatkan pada garis bulu mata.

Untuk jangka waktu bertahannya, untuk eyelash extensions dengan perawatan yang tepat bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya. Sedangkan untuk temporary lash cenderung memiliki sifat satu kali pakai saja.

Terkait:  Cara Jumper Aki

3 Jenis Eyelash Extension yang Cocok Berdasarkan Bentuk Mata Kamu

Japanese Eyelash Extension
Eyelash extension yang satu ini biasanya menggunakan material bulu mata tipe Mink yang ringan, lembut, halus, dan tipis yang hampir menyerupai bulu mata asli. Tak heran, Japanese Eyelash Extension ini menghasilkan efek bulu mata lentik yang natural. Biasanya ekstensi bulu mata ala Jepang ini memperindah mata Anda tanpa terlihat berlebihan dengan mengaplikasikan 1 helai untuk setiap 1 helai bulu mata asli, yang biasanya diberi jarak sekitar 2mm antar bulu mata. Japanese Eyelash Extension ini juga memiliki beberapa pilihan model, seperti natural, cute, gorgeous, dan sexy. Jenis eyelash extension ini cocok untuk Anda yang memiliki mata kecil maupun besar.

Russian Volume
Biasa juga disebut 6D Eyelash Extension, jenis Russian Volume ini sedikit berbeda. Meski menggunakan material bulu mata yang sama—ringan dan halus—ada perbedaan dalam teknik pemasangannya. Russian Volume ini biasanya memberikan efek bulu mata dramatis, karena biasanya setiap 1 helai bulu mata asli disambung dengan 3 sampai 5 helai bulu mata ekstensi, tergantung keinginan dan kebutuhan klien. Tipe eyelash extension ini cocok untuk Anda yang memiliki mata besar dan sayu agar terlihat semakin segar. Terlihat tebal, lentik, dan bervolume, jenis ekstensi bulu mata ini cocok untuk Anda yang gemar pergi ke kondangan, biar tak usah repot pakai bulu mata palsu lagi. Ekstensi bulu mata tipe Russian Volume ini bahkan memberikan efek mata yang terkesan pakai eyeliner.

Korean Eyelash Extension
Mirip seperti versi Japanese, jenis eyelash extension dari Negeri Ginseng ini memiliki efek bulu mata lentik yang natural. Eyelash extension yang digunakan biasanya lembut dan halus. Namun, eyelash extension ala Korea ini biasanya memberikan efek bulu mata yang lebih bervolume dan fluffy dibandingkan Japanese Eyelash Extension—tetapi tetap terlihat natural dan tak berlebihan. Tipe ini cocok untuk Anda yang memiliki mata kecil yang cenderung tak memiliki eyelid (lipatan pada kelopak mata).

Terkait:  Cara Daftar Alfamart Online

Cara Eyelash Extension Sendiri

Cara Eyelash Extension Sendiri
Cara Eyelash Extension Sendiri

Tentunya, kamu tidak perlu repot datang ke salon setiap saat dan tidak perlu mengantre panjang untuk mendapatkan perawatan ini.  Simak dibawah ini:

Peralatan yang harus disiapkan:

  • Pinset eyelash
  • Lem khusus eyelash extension
  • Ring atau wadah untuk lem extension
  • Bulumata extension
  • Eye tape
  • Brush eyelash
  • Solatip

Kamu bisa membeli semua peralatan itu secara online melalui aplikasi Tokopedia, Lazada, Shopee, Dll. Nah setelah menyiapkan peralatan yang disiapkan, berikut langsung bisa dilakukan seperti yang ada dibawah ini:

  • Posisi Mata

Posisi yang paling tepat untuk memasang eyelash adalah dengan mengangkat alismu dan melihat ke bawah melewati hidungmu di depan cermin. Posisi ini akan memudahkanmu memasang eyelash, serta mencegah lem mengotori kelopak matamu.

  • Step pertama, gunakan solatip dan tempelkan di bagian kelopak untuk mengangkat kelopak matamu agar lebih mudah saat menempelkan eyelash.
  • Berikutnya tempelkan eye tape atau stiker mata untuk memisahkan bulu mata atas dan bagian bulu mata bagian bawah, lalu stiker tersebut ditempelkan pada bagian bulu mata bawah.
  • Tuangkan lem setetes pada wadah kecil.
  • Ambil atau cungkil eyelash extension perhelai secara hati-hati dan celupkan ujung eyelash ke lem tersebut menggunakan tangan kanan kamu, lalu belah rambut bulu mata kamu menggunakan pinset dengan tangan kiri. Tempelkan eyelash extension pada rambut yang mendekati akar bulu mata, jangan tempelkan pada kulit yang ada di sekitar bulu mata karena nanti akan menimbulkan iritasi yang disebabkan oleh lem extension.
  • Lakukan secara berulang dari bagian tengah hingga ke ujung mata bagian luar.
  • Gunakan kipas mini portable untuk mengeringkan agar lem bulumata merekat kuat, dan sisir bulu matamu menggunakan brush eyelash secara perlahan agar hasilnya lebih rapi.
Terkait:  Cara Bermain Axie Infinity

Cara Melepas Eyelash Extension Sendiri di Rumah

Menggunakan Air Hangat dan Minyak Zaitun

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai cara melepas eyelash extension di rumah.

  • Cuci muka seperti biasa, pastikan tidak menggosok di area mata.
  • Siapkan wadah berupa baskom atau panci lalu isi dengan air mendidih dan arahkan wajah ke uap air selama 10-15 menit.
  • Perawatan uap ini akan membantu melonggarkan ikatan lem extension bulu mata.
  • Cara melepas eyelash extension berikutnya ialah celupkan bola kapas, alas kosmetik, atau spons rias ke dalam minyak zaitun dan usap dengan lembut garis bulu mata atas dan bawah, pastikan tidak ada minyak di mata. Sebab, ini akan membuat bulu mata palsu licin dan mengenai mata sehingga iritasi.
  • Selanjutnya, kamu akan melihat bulu mata palsu terlepas pada spons atau bola kapas, atau melihat bulu mata itu jatuh ke atas meja. Setelah bulu mata lepas, bilas dengan air untuk menghilangkan residu.

Menggunakan Penghapus Lem Bulu Mata

Ekstensi bulu mata dibuat untuk membuat mata terlihat lebih indah dan memberikan ilusi mata yang cantik.

Ekstensi bulu mata dilekatkan pada bulu mata alami dengan bantuan perekat atau lem bulu mata. Penggunaan ekstensi bulu mata telah dipraktikkan sejak tahun 1916.

Meski begitu, seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, kini eyelash extension hadir dengan berbagai kemudahan dalam pemasangan serta lebih awet dan terlihat indah natural.

Ini tentunya bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu yang selalu ingin tampil menawan tanpa perlu kerepotan.

Setiap perempuan berhak mendapatkan mata yang indah dengan bulu mata yang panjang, kuat dan lentik untuk mengekspresikan kecantikannya secara elegan.

Nah itulah informasi mengenai cara eyelash extension sendiri di rumah dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai.

Rate this post

Related posts