Cara Facebook Ads

  • Whatsapp

Sedang bingung bagaimana cara facebook ads? Tenang, baca artikel ini hingga habis karena akan menjelaskan secara detail dan lengkap. So, simak dengan teliti ya!

Apa Itu Facebook Ads?

Apakah kalian masih asing dengan Facebook ads? Facebook ads adalah fitur yang secara khusus dirancang Facebook untuk mengiklankan fans page yang sudah kalian buat. Fans page merupakan halaman yang memungkinkan pengguna Facebook menjadi pengikut halaman tersebut atau memberikan LIKE. Sebuah fans page bisa mewakili sebuah bisnis, produk, layanan jasa, individu, brand dan lain sebagainya.

Read More

Facebook ads memberikan kemudahan kepada para pengiklan untuk merancang iklannya sendiri agar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja mengatur target pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, status pernikahan, wilayah geografis, pendidikan, hobi dan lain sebagainya. Secara garis besar, ada tiga tahapan utama dalam cara beriklan di Facebook ads. Berikut ketiga tahapan tersebut.

Target iklan

Setelah memilih model iklan, pada tahapan selanjutnya kalian perlu memilih kategori-kategori target iklan. Tujuannya tak lain supaya iklan lebih tepat sasaran. Kategori-kategori target iklan yang disediakan Facebook ads adalah target iklan berdasarkan umur, hobi, pendidikan, wilayah dan beberapa kategori lainnya.

Memilih model iklan

Pada tahapan yang pertama ini, pengiklan harus memilih salah satu model iklan yakni Promote Page Posts, Get More Page Likes, dan Advanced Options. Model Promote Page Posts disediakan untuk mempromosikan salah satu posting terbaru di halaman fans page kalian.

Model Get More Page Likes menyediakan setting iklan mulai dari pembuatan judul, teks dan gambar yang bisa dilakukan oleh pengiklan. Sedangkan model Advanced Options adalah model iklan yang memungkinkan kalian untuk memilih sendiri iklan yang hendak dipromosikan dan harga yang harus dibayarkan.

Terkait:  Cara Menambah Like di Facebook

Harga dan jadwal iklan

Pada tahapan yang ketiga ini, kalian perlu memberi nama iklan yang akan ditayangkan dan mengatur waktu penayangannya. Lalu tentukan pula besarnya anggaran iklan kalian per hari. Misalnya saja Rp. 50.000,- per hari. Adapun penghitungan biaya iklan di Facebook ads tersedia dalam dua model yakni CPC dan CPM.

  • CPC (Cost Per Click)

Pada model iklan CPC, kalian akan dikenakan biaya tiap kali iklan di klik oleh pengguna Facebook. Ada pun penentuan besarnya biaya iklan model CPC bergantung pada tingkat persaingan, bidang pemasaran, dan arah iklan menuju ke fans page atau website. Untuk pemasang iklan dengan target pasar Indonesia, perkiraan biaya yang harus dikeluarkan antara Rp. 650,- sampai dengan Rp. 1.550,-.

  • CPM (Cost Per Mile)

Sedangkan pada model iklan CPM, kalian akan dikenakan biaya iklan setiap 1.000 kali penayangan. Dengan kata lain walaupun iklan tidak di klik oleh pengguna Facebook, kalian tetap dikenakan kewajiban untuk membayar iklan tersebut. Penentuan biaya iklan model CPM ini sama seperti model iklan CPS yakni target pasar, bidang bisnis dan beberapa pertimbangan lainnya. Adapun kisaran biaya yang dikenakan antara Rp. 650,- hingga Rp. 1.550,-.

Saat ini bisa dibilang Facebook ads adalah cara beriklan yang paling populer di dunia bisnis online. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar saja, usaha-usaha kecil pun berkesempatan menggunakan Facebook ads untuk mempromosikan bisnis mereka.

Fakta Seputar Facebook Ads

Fakta pertama, Facebook punya lebih dari 2 milyar pengguna di seluruh dunia, 130 juta dari Indonesia. Kamu mungkin salah satunya.

Fakta kedua, kita tidak harus membayar 1 rupiah pun untuk dapat menggunakan Facebook alias Gratis. Dari dulu, sekarang dan kemungkinan besar di masa depan.

Lalu bagaimana Facebook mampu menghidupi website dan layanannya yang butuh biaya tak sedikit? Jawabannya: iklan. Sama seperti televisi yang bisa kita tonton secara gratis juga hidup dari iklan. Tapi iklan di Facebook jauh lebih powerful daripada televisi mana pun di jagat raya.

Fakta ketiga, Facebook tak hanya tahu nama dan email kita. Ia mengumpulkan data tentang kamu lebih banyak dari yang dapat kamu bayangkan. Malahan, ia tahu hampir segalanya tentang kamu, mulai dari hobi, usia, jenis kelamin, status pernikahan, pekerjaan, pendidikan, artis pujaan, dari mana kamu minggu lalu, kamu makan apa hingga apa pandangan politik kamu.

Terkait:  Cara Menyembunyikan Teman di Facebook

Cara Facebook Ads

Cara Facebook Ads
Cara Facebook Ads

Cara Membuat Facebook Ads

Ada 4 langkah cara buat iklan di facebook:

Membuat halaman Facebook. Halaman yang memuat informasi dan keterangan bisnismu.

Login ke Facebook, lalu pilih menu halaman dan buat halaman baru. Pilih jenis halaman yang sesuai dengan bisnismu.

Lengkapi informasi yang dibutuhkan. Usai membuat halaman di Facebook, kamu sudah bisa mulai membuat Facebook Ads.

Login ke Facebook Ads. Masuk ke halaman iklan Facebook untuk bisnis.

Mari kita lanjutkan cara membuat iklan di Facebook, masuk ke laman Facebook Ads Manager lalu login dengan akun Facebook yang nantinya akan digunakan untuk mengelola iklan.

Buat dan tentukan Kampanye iklan. Mulai dari anggaran, jadwal tayang iklan, sampai target audience.

Pada dasarnya terdapat 3 alur dasar untuk mempraktikkan cara membuat iklan di Facebook. Mulai dari campaign, ad set, dan ad.

Campaign (Kampanye)

Campaign (Kampanye) dengan satu tujuan (objective) yang spesifik. Contoh: Kamu dapat memilih lalu lintas kunjungan (drive website traffic) untuk menuntun orang-orang agar mengunjungi website-mu. Setiap campaign akan memuat satu atau beberapa ad sets.

Ad Set (Set Iklan) dapat terdiri dari satu atau beberapa target audiens yang kamu tuju. Contoh: Ad set 1 memuat orang-orang yang berada di Jakarta. Ad set 2 memuat orang-orang yang berada di Bandung.

Ad (Iklan), masing-masing ad dapat berisi gambar, tautan maupun teks yang berbeda.

Kampanye/Campaign

Selanjutnya, buka tab Kampanye dan klik +Buat.

Tentukan tujuan iklan yang ingin kamu capai. Tujuan iklan Facebook dibagi menjadi 3 kategori berbeda. Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Kesadaran/Awareness

  • Kesadaran merek: Bertujuan untuk meningkatkan awareness merek bisnismu dan menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan produkmu.
  • Jangkauan (reach): Menampilkan iklan ke sebanyak mungkin pengguna sesuai target yang telah ditentukan.

Pertimbangan/Consideration

  • Lalu Lintas Kunjungan: Bertujuan untuk mengirim orang-orang/traffic menuju website atau aplikasi.
  • Interaksi: Bertujuan untuk mendapatkan interaksi pada suatu post. Contoh: Likes, komentar, atau tanggapan.
  • Pemasangan aplikasi: Mengajak orang-orang memasang/menginstal aplikasimu.
  • Penayangan video: Mengajak orang-orang menonton video yang kamu promosikan.
  • Pembuatan prospek: Mendapatkan leads seperti alamat email, untuk orang-orang yang tertarik dengan bisnismu.
  • Pesan: Mengajak orang-orang untuk mengirim pesan.

Konversi/Conversion

  • Konversi: Bertujuan untuk menghasilkan konversi/penjualan pada website-mu (Untuk melakukan tracking konversi kamu perlu memasang Facebook Pixel yang dibahas pada poin di bawah).
  • Penjualan Katalog: Menampilkan iklan mengenai katalog produkmu.
  • Kunjungan Toko: Bertujuan untuk mengajak orang-orang mengunjungi toko offline-mu.

Beberapa hal di atas merupakan penjelasan dari masing-masing tujuan kampanye iklan. Pilihlah yang sesuai dengan tujuanmu. Contoh: jika kamu ingin membuat iklan dalam format video ada baiknya kamu memilih opsi penayangan video. Jika kamu ingin membuat iklan dengan fokus utama untuk meningkatkan penjualan, kamu dapat memilih opsi konversi.

Terkait:  Cara Keluar dari Messenger

Pada tutorial ini kita akan memilih tujuan dengan opsi Lalu Lintas Kunjungan.

Ad Set/Set Iklan

  • Anggaran dan Jadwal

Tentukan jumlah anggaran. Kamu bisa memilih antara Anggaran Harian atau Anggaran Sepanjang Masa Promosi. Tentukan juga tanggal mulai dan berakhir.

  • Pemirsa/Audience

Tentukan target audiens yang kamu tuju berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, dan penargetan terperinci lain seperti demografi, ketertarikan, atau behavior mereka di media sosial.

  • Pemirsa Khusus

Gunakan pemirsa khusus untuk menjangkau orang-orang yang sudah pernah berinteraksi dengan bisnismu. Contoh: orang-orang yang sudah pernah mengunjungi website-mu.

Teknik ini dapat disebut strategi remarketing, yaitu ketika kamu menargetkan iklan kepada orang-orang yang sudah memiliki ketertarikan pada bisnismu dan berpotensi memiliki nilai konversi yang lebih tinggi.

Ads/Iklan

Isi Nama Iklan dan Identitas Halaman Facebook dan Akun Instagram.

Penyiapan Iklan. Pilih Buat Iklan dan format yang diinginkan. Pada tutorial ini kita akan memilih Gambar Tunggal.

Materi Iklan. Pilih gambar atau video yang diinginkan. Jangan lupa perhatikan rekomendasi spesifikasi gambar yang sesuai dari Facebook. Gambar yang mengandung terlalu banyak teks dapat mengalami penurunan penayangan atau bahkan tidak dapat ditampilkan sama sekali. Kamu dapat mengecek terlebih dulu, gambar seperti apa yang akan kamu gunakan di pemeriksaan teks gambar Facebook.

Tentukan juga destinasi yang dituju, dapat berupa website atau Facebook Event, lalu pilih tombol Call-to-Action (CTA) yang sesuai. Contoh: Selengkapnya, Beli Sekarang, dan lain-lain.

Selesai! Sekarang iklanmu siap untuk diterbitkan. Klik tombol Terbitkan.

Lakukan pembayaran.

Langkah terakhir untuk cara membuat iklan di Facebook adalah pembayaran. Kamu dapat memasukkan data kartu kredit atau debitmu.

Demikianlah informasi mengenai cara facebook ads secara lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai.

Related posts