Cara Feed Instagram Nyambung

Ingin merapikan foto di Instagram dengan cara feed instagram nyambung? Bagaimana membagi 1 foto besar menjadi 3, 6, 9 foto kecil untuk feed instagram? Maka dari itu simak artikel ini sampai tuntas untuk mendapatkan jawabannya.

Apa Itu Instagram?

Instagram biasanya disebut juga dengan IG atau insta. Secara sederhana definisinya adalah sebuah aplikasi yang bisa dipakai untuk berbagi foto dan video.

Read More

Secara detail, dengan aplikasi ini para pengguna bisa membidik kamera untuk mendapatkan foto atau video kemudian menerapkan filter secara digital lalu membagikannya ke sosial media atau jejaring sosial.

Yang unik dari aplikasi ini adalah pengguna bisa memotong foto dengan ukuran persegi layaknya kamera polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio foto yang kebanyakan digunakan secara digital, yakni 16:9 atau 4:3.

Fitur-Fitur Instagram dan fungsinya

IG terus melakukan pembaharuan pada aplikasinya. Maka dari itu ada banyak fitur baru yang selalu dikenalkan kepada para pengguna. Di antara beberapa fitur yang harus diketahui oleh pemula adalah:

Follower/pengikut

Kepopuleran sebuah akun IG salah satunya diukur dari berapa banyak pengikut yang dimiliki. Maka dari itu, ada banyak sekali orang yang mau membeli followers.

Insta story

Para pengguna juga bisa memposting video, foto, teks, hingga boomerang dengan kreativitas masing-masing di insta story Postingan ini hanya bertahan 24 jam dan akan langsung hilang dari story setelah itu.

Berbeda dengan feed yang sifatnya memang menjadi postingan permanen sampai sang pengguna menghapus atau melakukan tindakan lain.

Like, komentar, bagikan, dan simpan

Di sini juga ada fitur untuk menyukai postingan yang ditandai dengan bentuk hati. Jika postingan kamu bagus, maka bisa mendapatkan banyak like. Nah, kalau ingin dapat banyak like, ada tips like instagram gratis disini.

kamu juga bisa memberikan komentar dan meneruskannya melalui DM (Direct Message) ke follower-follower atau orang yang ada di kontak.

Terkait:  Cara Download Vidio dari Instagram

Jika ingin menyimpan postingan, ada juga tombol menyerupai amplop yang bisa diklik. Nantinya, postingan yang sudah disimpan akan masuk ke dalam salah satu menu di profil kamu.

Direct Message (DM)

Bila pengguna ingin bertukar pesan secara pribadi dengan follower atau pengguna lain, maka gunakanlah fitur Direct Message. Ini seperti messenger inbox bila di facebook. kamu bisa mengirimkan gambar lewat DM dan memberikan tanda suka pada pesan atau gambar yang dikirimkan oleh pengguna lainnya.

Selain fitur-fitur di atas, masih banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan. IG memang selalu update soal fitur, jadi para pengguna juga harus siap dengan setiap perubahan yang ada. Kalau fiturnya tidak ada di hpmu, berarti aplikasi ig-mu perlu di update.

Unggah foto dan video (feed)

kamu bisa membuat postingan dengan klik tombol positif pada homepage saat sudah login. Saat posting, pengguna bisa mengedit secara langsung fotonya, memotong videonya, menetapkan sampul video, dan yang lainnya.

Pengguna juga bisa memberi caption atau keterangan hingga memberikan lokasi pada postingan tersebut.

Cara Feed Instagram Nyambung

Cara Feed Instagram Nyambung
Cara Feed Instagram Nyambung

Sebenarnya masih ada banyak lagi fitur yang ada di Instagram, cuma artikel ini akan fokus pada cara feed instagram nyambung mejnadi 3, 6, 9 foto. Simak ya!

Cara Feed Instagram Nyambung di PC dengan Photoshop

Cara membuat feed Instagram nyambung yang pertama bisa kamu lakukan dengan menggunakan software edit foto serba bisa di PC, yaitu Photoshop.

Bagi yang suka edit foto, cara ini tentu tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan foto utuh dan membaginya ke dalam beberapa bagian yang sama besar. Nantinya, foto bisa kamu upload satu persatu, sehingga akan terlihat nyambung di feed.

Jika kamu memiliki aplikasi Photoshop di PC, kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat grid Instagram di Photoshop berikut ini:

  • Buka aplikasi Photoshop di PC atau laptop.
  • Klik menu File lalu  Open. Silakan pilih foto yang ingin kamu gunakan. Pastikan menggunakan foto dengan resolusi yang tinggi agar tidak pecah saat ditampilkan.
  • Jika sudah, pada bagian toolbars di sebelah kiri pilih Slice Tool.
  • Kemudian klik kanan pada foto yang sudah kamu pilih tadi, lalu pilih Divide Slice.
  • Selanjutnya akan muncul pop up untuk mengatur beberapa hal.
  • Pertama, centang pada Divide Horizontally Info, lalu masukkan angka 3 pada kolom isian slice down, evenly spaced di bawahnya.
  • Centang juga pada Divide Vertically Info dan isikan angka 3 pada kolom slice across, evenly spaced. Jika sudah, klik OK.
  • Selanjutnya pilih File > Save for Web > pilih format gambar JPEG > Save.
  • Pilih direktori penyimpanan dan klik Save.
Terkait:  Cara Melihat Foto Profil Instagram Tanpa Aplikasi

Cara ini akan memotong foto menjadi 9 bagian. Jika kamu ingin membagi foto ke dalam bagian tertentu agar feed Instagram keren, maka kamu tinggal menyesuaikannya saja.

Aplikasi Untuk Membuat Feed Instagram Nyambung

Apabila kamu tidak memiliki PC atau tidak ingin menggunakan PC untuk membuat foto grid, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi yang ada di Google Play Store.

Cara ini lebih simpel dan mudah untuk kamu lakukan. Berikut adalah beberapa aplikasi feed Instagram yang bisa kamu gunakan:

Cara Feed Instagram Nyambung Grid Photo Maker for Instagram

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Grid Photo Maker for Instagram. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membagi sebuah foto ke dalam beberapa bagian.

Hanya saja di aplikasi ini tidak selengkap 9Square karena pilihan potongan grid yang tersedia hanya ukuran 3×1, 3×2, dan 3×3 saja.

Meski begitu, aplikasi ini masih layak untuk digunakan karena user interfacenya yang mudah dipahami dan aplikasinya pun cukup ringan untuk dijalankan.

9Square

Aplikasi pertama yang bisa kamu coba adalah 9Square. Aplikasi ini banyak diminati karena untuk menggunakannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan foto yang ingin dibuat grid, menentukan jumlah gridnya, menyimpan gambar dan mempostingnya di Instagram.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membagi foto ke dalam beberapa bagian, yaitu 3×1, 3×2, 3×3, 3×4, dan 3×5.  Salah satu fitur yang menjadi unggulan di aplikasi ini yaitu fitur posting otomatis gambar yang sudah kamu bagi tadi sehingga kamu tidak perlu bingung untuk mengurutkan gambar.

Nine Grid Crop

Sama dengan dua aplikasi sebelumnya, aplikasi Nine Grid Crop juga bisa kamu gunakan untuk membagi foto ke dalam beberapa bagian dan tentu saja tersedia secara gratis. Namun dibandingkan 9Square atau Grid Photo Maker for Instagram, aplikasi ini memiliki opsi memotong grid yang lebih banyak. Gambar yang dihasilkan pun juga berkualitas.

Nine Grid Crop memungkinkan kamu untuk membuat potongan 3×1, 3×2, 3×3, 3×4, 3×5, 3×6, 3×7, 3×8, 3×9, 3×10, 2×1, 2×2, dan 2×3. Semuanya bisa langsung kamu posting ke Instagram. Size aplikasi ini juga tidak besar, hanya 6 MB saja sehingga kamu tidak memerlukan banyak kuota untuk mengunduhnya ke smartphone.

Terkait:  Cara Melihat Kunjungan di Instagram

Cara Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Berikut adalah tutorial cara membuat feed Instagram nyambung di Canva yang dikutip dari laman Make Use Of:

Membuat Grid

Canva menyediakan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah grid. Melalui fitur ini, kamu bisa mengubah tampilan Instagram menjadi terlihat nyambung. Berikut ini adalah caranya:
  • Mulai dengan membuat kanvas baru di Canva. Caranya, klik ‘Buat Desain’ dan pilih ‘Custom Design’.
  • Dimensi yang sesuai untuk Instagram adalah 1080 x 1080 pixel (satu foto). Sebab, satu baris Instagram terdiri dari tiga foto, jadi tetapkan lebar kanvas 3240 px. Kemudian, untuk tinggi kanvas bisa disesuaikan dengan postingan yang ingin kamu buat.
  • Setelah masuk ke menu edit gambar, klik tab ‘Elements’ dan cari ‘Grids’. Selanjutnya, pilih ‘See All’.
  • Cari bentuk grid yang sesuai dengan keinginanmu. Misalnya, kita ingin membuat foto yang menyambung sebanyak sembilan postingan, maka pilih bentuk grid 3 x 3 seperti contoh di bawah ini.
  • Lalu, klik dua kali pada bentuk grid.

Membuat Template

Selanjutnya, cara membuat feed Instagram nyambung online adalah membuat kisi agar bisa menentukan di mana postingan yang terpotong. Supaya kisi tidak mengganggu konten, kamu bisa menghapusnya. Kamu bisa membuat kisi dengan bantuan Grid yang sudah dipilih sebelumnya.
  • Buat garis kisi dengan klik ‘Element’ dan pilih ‘Line’.
  • Pilih model garis, kemudian tarik mengikuti batasan Grid yang sudah ada.
  • Hapus Grid jika seluruh garis sudah terbentuk.

Membuat Konten Instagram

Sekarang, saatnya kamu memasukkan tulisan, foto, atau gambar di kanvas yang sudah dibuat. Kamu bisa menggunakan beberapa fitur dari Canva agar desain untuk feed Instagram lebih cantik. Posisikan gambar agar masih terlihat menarik dan nyambung meskipun terpotong. Setelah selesai, jangan lupa hapus kisi garis sebelumnya dan download gambar dengan kualitas tinggi agar tidak pecah saat diunggah ke Instagram.
Demianlah informasi mengenai cara feed instagram nyambung dengan lengkap baik melalui offline maupun online. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjunginya, jangan upa mampir di artikel ini ya Cara Fasih Bahasa Inggris

Related posts