Cara Find My Device

  • Whatsapp

Sedang bingung bagaimana cara find my device ? Tenang, baca artikel ini hingga habis karena akan menjelaskan secara detail dan lengkap. So, simak dengan teliti ya!

Apa Itu Find My Device?

Find My Device merupakan aplikasi terbaru dari Google, yang akan sangat berguna untuk mencari smartphone android kamu yang hilang. Dengan memiliki aplikasi Find My Device ini, kamu tak perlu lagi pusing menemukan smartphone hilang, atau bahkan hanya sekedar lupa menaruhnya dimana.

Kamu pasti masih ingat, jika pada tahun 2013 lalu Google pun sebenarnya sudah memperkenalkan fitur device manager. Pada dasarnya fungsinya hampir sama dengan Find My Device, yaitu untuk melacak lokasi perangkat saat pemiliknya tidak mengetahui keberadaannya.

Pada dasarnya di semua smartphone yang menggunakan sistem operasi Android KitKat ke atas, sistem untuk melacak perangkat secara default telah terpasang. Oleh karena itu, sebelum kamu mengalami kehilangan jejak smartphone androidnya, sangat disarankan untuk segera melakukan set-up pelacakan  smartphone Android terlebih dahulu. Selain itu, pastikan bahwa GPS pada perangkat aktif sehingga memudahkan pencarian nantinya. Untuk mendapatkan hasil pelacakan yang cukup akurat, silahkan sobat aktifkan dengan mode akurasi tinggi.

Cara Find My Device

Cara Find My Device
Cara Find My Device

 

Syarat Menggunakan Find My Device

Untuk mengunduh aplikasi Find My Device , kamu harus memperhatikan kondisi HP yang kamu pegang. HP kamu harus memenuhi syarat spesifikasi berikut ini sebelum mengunduh aplikasi ini.

  • Gadget harus dalam kondisi aktif.
  • Pastikan gadget terhubung terhubung dengan akun Google.
  • Memiliki kuota internet yang cukup atau menggunakan Wifi.
  • Jenis gadget memiliki spesifikasi memadai untuk mengunduh aplikasi ini.
  • Fitur layanan lokasi dalam kondisi aktif.
  • Aplikasi Find My Device telah diaktifkan.

Cara Menemukan Smartphone Hilang Melalui Aplikasi Find My Device

Untuk membantu kamu dalam menggunakan aplikasi Find My Device, khususnya saat digunakan untuk mencari smartphone android yang hilang, berikut ini dijelaskan beberapa caranya :

Terkait:  Cara Kerja Forex

Menampilkan lokasi terakhir

Fitur ini akan sangat berguna, terutama jika saat smartphone yang hilang tersebut tidak terkoneksi dengan internet. Nah, dalam hal ini maka Find My Device akan memanfaatkan riwayat lokasi Google Maps untuk menemukan lokasi saat ini yang tidak bisa ditampilkan, karena smartphone yang hilang tersebut tidak terhubung dengan internet.

Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke halaman Google melalui ponsel atau komputer
  • Ketikan pada kolom pencarian kata “temukan perangkat saya,” atau “find my device.”
  • Setelah itu, kemudian sobat akan diminta masuk pada akun Gmail yang tersingkronisasi dengan smartphone Android.

Selain menggunakan cara tersebut, sobat juga bisa langsung menggunakan Google Maps melalui Find My Device. Dengan hal ini maka sobat bisa menelusuri riwayat lokasi perangkat degan mudah.

Dengan mengetahui lokasi terakhir keberadaan smartphone sobat, maka pencarian bisa difokuskan pada satu titik tersebut sehingga sangat efektif dan efisien, untuk segera menemukan smartphone Android yang dicari.

Untuk melakukan penelusuran smartphone Android yang dimaksud, silahkan sobat awali dengan mengklik Maps Timeline. Dalam fitur ini sobat bisa menelusuri berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun perangkat sobat.

Menampilkan titik koneksi Wi-Fi terakhir

Banyaknya fasilitas wifi yang tersedia, tidak menutup kemungkinan jika pengguna smartphone lupa menaruh smartpone di suatu tempat penyedia wifi. Sifat manusia yang terkadang pelupa, atau sedang banyak pikiran tak sedikit yang akhirnya meninggalkan barang miliknya begitu saja di suatu tempat, termasuk meninggalkan smartphone miliknya.

Menyikapi hal tersebut, maka Google Find My Device dengan fitur terbaru memiliki kemampuan untuk menampilkan lokasi wifi terakhir dimana sobat mengaksesnya melalui smartphone yang hilang tersebut.

Bukan hanya memberi tahu dimana terakhir kali smartphone mengakses wifi. Bahkan aplikasi ini juga akan sekaligus memberi tahu titik lokasi smartphone tersebut mengakses wifi untuk terakhir kalinya.

Terkait:  Cara Kerja Google Ads

Hal ini tentu akan sangat membantu bagi kamu dengan mobilitas tinggi. Terutama yang sering berpindah tempat ke tempat lainnya dalam satu hari. Dengan adanya fitur terbaru ini, maka kamu bisa langsung menemukan smartphone hilang di tempat terakhir yang di kunjungi.

Menampilkan informasi daya baterai

Dengan kemampuan terbaru aplikasi Find My Device yang bisa memantau sisa baterai pada smartphone, maka pengguna bisa memperkiraan waktu smartphone tersebut untuk standbay.

Dengan demikian sobat bisa berusaha maksimal untuk mencarinya dan menemukan smartphone hilang sesegera mungkin. Sebab jika daya baterainya habis, maka pencarian tidak akan bisa dilakukan. Melalui aplikasi ini mewajibkan smartphone yang dicari, harus dalam keadaan aktif.

Cara Menggunakan Find My Device di HP Android

Kini layanan Find My Device dapat kamu unduh dari Play Store. Kamu pun dapat menggunakan HP orang lain, asalkan akun Google yang terdaftarkan sama dengan akun Google pada HP yang hilang.

Berikut ini adalah cara menggunakan Find My Device pada HP Android. Baca dan silakan dipraktikkan.

  • Bukalah aplikasi Play Store.
  • Download dan instal aplikasi Find My Device.
  • Operasikan aplikasi Find My Device.
  • Masukkan akun Google yang digunakan pada HP yang hilang.

Ketika kamu sudah login, tampilan akan disesuaikan menuju tampilan maps atau lokasi. Di dalamnya juga terdapat beberapa opsi untuk mengamankan posisi HP bila dipastikan telah hilang di tempat umum dan kamu akan menemukan tiga opsi di dalam aplikasi Find My Device sebagai berikut.

  • Lock adalah opsi mengunci dimana HP kamu akan terkunci secara otomatis. Opsi ini dapat mencegah penyalahgunaan informasi pribadi di dalam HP. Untuk penerapannya, kamu hanya tinggal memilih opsi lock, lalu masukkan kata sandi masukkan nomor HP yang dapat dihubungi ketika HP ditemukan.
  • Erase adalah opsi yag digunakan untuk menghapus semua data secara manual melalui aplikasi Find My Device, geng. Bila kamu memilih opsi ini, semua data-data seperti foto, video, atau aplikasi akan terhapus secara otomatis dan permanen. Perintah erase ini hanya dapat bekerja ketika HP masih dalam kondisi aktif.
  • Play Sound adalah opsi untuk mengaktifkan bunyi. HP akan berdering dengan volume maksimum selama lima menit, geng. Untuk mengaktifkan opsi ini, kamu harus memilih opsi_ play sound_ terlebih dahulu. Cara ini sangat berguna ketika kemungkinan kamu lupa menaruh HP.
Terkait:  Cara Baca Hasil PCR

Cara Melacak HP iPhone dengan Find My iPhone di PC (Laptop atau Desktop)

Kabar baiknya, kamu pun dapat menggunakan Find My Device pada PC atau notebook untuk melacak HP iPhone lho, geng.

Berikut cara menggunakan Find My iPhone melalui PC atau notebook:

  • Bukalah browser dari PC
  • Bukalah situs https://icloud.com
  • Masukkan ID Apple yang telah terdaftar pada HP iPhone yang hilang
  • Lanjutkan All Device pilih perangkat iPhone yang telah hilang

Setelah kamu login, tampilan lokasi akan menunjukkan lokasi HP iPhone terakhir diletakkan dan lengkap informasi daya tahan baterai hingga kapan HP itu terakhir dinyalakan.

Nah itulah informasi menegnai cara find my device secara lengkap, semoga artikel ini membantu dan jangan lupa mampir diartikel yang lainnya ya.

Related posts