Cara Curly Rambut Pendek

Cara Curly Rambut Pendek

Seseorang yang mempunyai rambut pendek bakal melakukan perawatan berbeda dengan rambut panjang. Tak sedikit pemilik rambut pendek mengaku sulit memodifikasi gaya yang stylish, namun kamu harus tahu cara curly rambut pendek untuk memaksimalkan model rambut yang keren.

Jangan pernah berpikir bahwa pemilik rambut panjang saja yang mampu mengatur gaya apa saja sesuai keinginan. Hal ini dikarenakan kamu juga bisa meniru bahkan memodifikasi tren baru sehingga wajah dapat lebih cantik dengan penataan yang benar.

Terkadang pemilik rambut pendek mengaku bahwa mereka tidak bisa menatanya dengan gaya yang sama dengan rambut panjang. Padahal, kamu tidak selalu harus meniru model bahkan potongan serupa. Hal ini dikarenakan rambut pendek juga bisa diatur gayanya seperti curly yang belakangan ini sedang digandrungi para perempuan, khususnya generasi milenial.

Selain itu, rambutnya akan tampak lebih bagus dan menarik lantaran model curly kerap dimiliki rambut panjang saja, sedangkan rambut curly pendek justru lebih unik dan terkesan keren yang beda dengan orang lain.

Cara Curly Rambut Pendek

Cara Curly Rambut Pendek
Cara Curly Rambut Pendek

Apabila kamu merupakan pemilik rambut pendek yang bergelombang dan susah diatur, kamu harus tahu cara curly rambut pendek sehingga kamu dapat menjaga penampilan tampak cantik setiap hari. Kami beritahu bahwa rambut pendek curly tidak selalu butuh uang banyak untuk ke salon.

Seperti kamu tahu bahwa penataan rambut juga bisa menggunakan berbagai macam alat seperti sisir sampai catokan. Meski begitu, kamu harus tahu teknik penataannya sehingga hasil curly yang didapatkan sesuai dengan ekspektasi.

Terkait:  Cara Kerja Air Purifier

Kamu tidak perlu keluar rumah untuk membuat rambut pendek tampak curly dan indah. Kamu bahkan cukup menggunakan catokan dibandingkan roll rambut karena hasilnya belum tentu bagus apalagi tahan lama. Selain itu, pemakaian catokan dianggap lebih baik dan rambut curly bisa bertahan sampai berjam-jam.

Kamu juga perlu mengatur suhu catokan agar tidak terlalu panas yang dapat menimbulkan kerusakan pada akar dan batang rambut. Gunakan vitamin rambut sebelum dicatok untuk memastikan setiap helainya terlindungi meski terkena panas lebih lama.

Pastikan Rambut Bersih

Langkah awal yang harus dilakukan adalah pastikan rambut benar-benar bersih dan siap ditata supaya lebih curly dan indah. Rambut kamu harus kering dan sebaiknya tidak dalam keadaan basah, karena tidak bisa di-curly sesuai keinginanmu.

Apabila kamu memaksakan diri untuk catok rambut basah untuk dibuat curly, hasilnya tidak akan sesuai dengan harapanmu. Oleh karena itu, kamu bisa mengeringkan rambut terlebih dulu menggunakan hair dryer atau berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit.

Siapkan Catokan dan Vitamin Rambut

Apabila rambut sudah benar-benar bersih, siapkan alat catokan dan vitamin rambut yang merupakan dua elemen utama untuk membuat rambut pendek tampak curly dan indah. Kami sarankan kamu menggunakan alat catokan yang punya besi pemanas tipis dengan lebar 2,5 mm antara pegangan dan plat besinya.

Gunanya supaya kamu bisa catok rambut pendek sehingga tampak curly dengan cepat dan mudah. Selain itu, gunakan vitamin rambut sebelum dicatok supaya setiap helainya bisa terlindungi dari suhu panas akibat alat catok yang bersentuhan dengan rambutmu.

Gunakan Vitamin Rambut Secukupnya

Jika kamu tidak terbiasa menggunakan vitamin rambut, gunakan obat pelindung panas ke seluruh permukaan rambut. Seperti kami sebutkan bahwa pemakaiannya bertujuan supaya rambut bisa terhindar dari kerusakan seperti rontok sampai patah akibat suhu panas dari alat catokan.

Terkait:  Cara Hubungi PLN

Kamu bisa menyemprotnya langsung ke rambut secara merata, serta disisir atau ditata langsung dengan tangan. Kamu perlu menepuk rambut secara perlahan agar kandungan zat aktif dari obatnya dapat menyerap langsung sampai akar dan batang rambut dengan cepat.

Pisahkan Rambut Secara Merata

Kamu harus membagi dan memisahkan rambut menjadi beberapa bagian supaya bisa tampak curly dengan menggunakan alat catokan. Jika kamu punya rambut tebal, kamu bisa melakukannya lebih efektif dan hasilnya akan tampak lebih indah.

Kamu mungkin perlu mengikat rambut di atas telinga dan disatukan menjadi satu bagian sehingga setiap helai dapat dicatok dengan mudah. Pengikatan rambut ini bertujuan agar kamu dapat membuatnya lebih rapi dan curly, dan tidak terganggu saat menggunakan catokan.

Gunakan Catokan yang Bagus

Tak bisa dipungkiri alat catokan mempunyai andil besar dalam menentukan hasil akhir rambut yang ditata. Apabila kamu menggunakan catokan biasa maka hasilnya bisa tidak terlihat bahkan berantakan. Kamu tidak ingin mengalaminya, bukan? Gunakan catokan yang bagus sesuai standar salon.

Secara umum salon menyediakan catokan rambut dengan bagian dalamnya mengandung besi sehingga dapat menghantarkan panas lebih baik. Selain itu, hindari penggunaan alat catok secara bergantian karena tidak semuanya mempunyai kualitas yang sama untuk menghasilkan rambut curly indah dan rapi.

Catok Rambut Perlahan

Silakan awali cara curly rambut pendek secara perlahan dengan satu per satu setiap helai rambut yang sudah dipisahkan tadi. Walaupun terlihat lama, tapi hasil akhirnya lebih bagus dan memuaskan bila dibandingkan dengan curly rambut sekaligus.

Pasalnya, kamu tidak akan mendapat permukaan rambut bergelombang dan keriting yang tahan lama bila dicatok secara menyeluruh. Kamu cukup melepas setiap ikat rambut antar bagian yang sudah dipisah, dan catok sekitar 2-3 menit untuk memastikan akar sampai ujungnya benar-benar curly.

Terkait:  Cara Agar TV Jernih dengan Antena Luar: 6 Tips Anti Gagal

Terapkan Teknik Catok Memutar

Seperti kamu tahu rambut curly tampak bergelombang dengan permukaan memutar. Oleh karena itu, kamu harus menerapkan teknik mencatok rambur secara memutar agar rambut dapat mengikuti arah catokan yang dilakukan.

Kamu harus melakukannya pelan-pelan sehingga rambut bakal bergelombang dengan sendirinya. Selain itu, jangan langsung melepasnya dari catokan dan biarkan selama 1-2 menit untuk bereaksi terhadap alat catoknya. Apabila sudah mencapai batas waktu tersebut, lepas rambut dari catokan dan rambutmu akan terlihat curly dan indah.

Catok Rambut Depan Terlebih Dulu

Jangan melakukan cara curly rambut pendek asal-asalan, sedangkan prosesnya harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Pasalnya, prosedurnya wajib dimulai dengan catok rambut depan terlebih dahulu.

Tujuannya supaya hasil catokannya bisa tampak lebih rapi dan mudah diatur, serta tampak bergelombang sesuai ekspektasimu. Apabila bagian depan sudah dicatok secara menyeluruh, silakan catok bagian belakang dan sebaiknya lakukan sesuai ikatan rambut yang sudah diatur per helai bila sudah dipisah sebelumnya.

Sisir Perlahan

Apabila semua bagian sudah di-curly maka kamu bisa menyisirnya secara perlahan, sebaiknya disisir dari atas ke bawah agar permukaan dapat lebih rapi dan tetap curly meski ditata dengan menggunakan sisir bergigi jarang.

Jangan menyisir terlalu keras apalagi kencang karena hasil catokan akan rusak dan rambut akan terlihat kusut bahkan acak-acakan. Kamu juga tidak boleh menyisirnya sekaligus, dan diatur per helai sehingga tampilan rambut tetap curly serta bergelombang supaya kamu tampil percaya diri setiap hari.

Similar Posts