Cara Campur Cat Tembok

Cara campur cat tembok
Cara campur cat tembok

Kebanyakan dari kalian, terkadang mempertanyakan hal yang mungkin dianggap tabu. Malah, mungkin saja itu hal yang penting. Apalagi, untuk urusan mempercantik interior bangunan. Baik itu rumah, atau gedung sekalipun. Pertanyaan yang seringkali muncul yaitu, apakah cat dinding sebaiknya dicampur atau tidak. Lalu, bagaimana cara campur cat tembok dengan air?

Sebenarnya, untuk memperkuat kesan warna dari cat itu sendiri, terkadang lebih sering tidak dicampur. Tapi, terkadang anggapan seperti itu justru keliru. Soalnya, selama proses pewarnaan dinding. Kalian perlu mencampurkannya dengan air. Alasannya sangat sederhana. Supaya mempermudah pengecatan, dan mendapatkan hasil penyebaran warna yang merata.

Bahkan, ide lainnya muncul. Ketika cat, dapat dicampurkan dengan bahan selain air. Ya, bukan zat yang mudah ditemukan tanpa harus membelinya. Melainkan, thinner. Dimana, peran dari thinner ini, kerap digunakan saat proses finishing. Meskipun memiliki karakteristik mirip seperti air, tapi memiliki bau khas yang menyengat. Selain itu, bahaya untuk kulit.

Campuran cat tembok dengan kedua bahan antara air dan thinner, bukanlah hal yang baru. Kalian, hanya butuh takaran yang tepat. Supaya, cat tembok yang akan dioleskan ke dinding tidak terlalu encer ataupun terlalu pekat. Cara mengecat yang benar, sebenarnya tidak dapat hanya dilakukan dalam satu kali polesan saja. Kamu, harus mengoleskannya beberapa kali.

Cara Campur Cat Tembok

Cara campur cat tembok
Cara campur cat tembok

Cara Campur Cat Tembok dengan Lem Fox

Tukang bangunan yang sudah ahli, biasanya sudah dapat memperkirakan campuran mana yang tepat untuk mempertahankan warna cat. Selain itu, cat juga harus melekat kuat dengan dinding rumah kalian. Barulah, nanti bisa terlihat perbedaan hasil dekorasi ruangannya. Cat sendiri, tidak hanya digunakan untuk merubah warna dalam ruangan, luar ruangan juga bisa.

Terkait:  Cara Mengetahui No HP Seseorang Lewat Nama: Valid!

Cara campur cat tembok dengan lem fox, mungkin termasuk hal yang asing bagi kalian. Bagaimana tidak, lem yang tadiny seringkali digunakan untuk merekatkan kertas atau kayu tipis atau lidi tersebut. Kali ini, dimanfaatkan untuk kepentingan bahan bangunan. Perannya sebagai, bahan campuran dari cat. Penasaran dengan caranya? Simak penjelasan berikut!

  1. Beli cat tembok, yang memiliki harga lebih miring dibandingkan dengan merek-merek terkenal. Alternatifnya, kalian bisa beli cat kiloan saja
  2. Sediakan lem kayu. Contoh: lem fox. Perbandingan takaran yang dibutuhkan untuk lemnya, bila lem yang dimiliki sebanyak 2 hingga 3 Kg. maka, dapat digunakan sebagai bahan campuran cat seberat 5 Kg
  3. Ember atau wadah. Sebagai tempat untuk melakukan praktik cara campur cat tembok dengan lem fox. Siapkan juga alat pengaduk catnya dari bahan yang kuat
  4. Saat proses campuran cat dilakukan, jangan lupa sambil tambahkan sedikit demi sedikit air secukupnya. Aduk rata sampai cukup mencair
  5. Masukkan lem kayu ke dalam wadah yang sudah berisi cat tembok yang ditambahkan dengan air sebelumnya. Cara menuangkannya, dilakukan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata
  6. Langsung aplikasikan ke dinding rumah kalian, setelah pencampuran cat telah berhasil dilakukan

Cara campur cat tembok, perlu dilakukan secara perlahan-lahan. Supaya, dapat kalian lihat perubahan yang terjadi selama proses berlangsung. Selain itu, perlu dilakukan berulang kali. Artinya, cat dinding terdiri dari beberapa lapis. Campuran untuk lapisan pertama, disarankan takarannya adalah 20% air dengan 80%nya cat itu sendiri. Kali ini, untuk merek Dulux.

Kemudian, lapisan kedua, terdiri dari campuran ait sebanyak 10%, dan 90% merupakan Dulux. Hal ini dilakukan, agar kalian memperoleh hasil terbaik selama melakukan proses pengecatan. Pastikan cat, tidak dalam kondisi terlalu encer ataupun terlalu kental. Perhatikan juga bagian dindingnya. Berikut, langkah yang harus diperhatikan pada tembok sebelum dicat.

  1. Ketika cat dinding kalian sudah dalam kondisi lama atau bahkan terlihat mengapur dan mengelupas. Sebaiknya, sebelum dicat lakukan pengerokan pada cat lamanya
  2. Bila keadaan cat lama dalam kondisi baik. Segera lakukan pembersihan pada bagian permukaan temboknya dengan menggunakan air tekanan tinggi. Bisa juga gunakan deterjen sebagai alternatifnya
  3. Pastikan dinding dalam keadaan bersih, ketika pada permukaan temboknya terlihat ada minyak. Bersihkannya, dengan deterjen
  4. Sediakan selang yang mampu mengeluarkan air dalam tekanan tinggi, supaya dinding kalian terbebas dari debu, sebelum dilakukan proses pengecatan
  5. Tambahkan satu lapis sealer, serta alkali killer. Supaya, mempermudah perekatan antara cat dengan dinding
Terkait:  Cara Cek Kuota di My Telkomsel yang Mudah dan Cepat

Cara Campuran Cat Tembok

Proses pengecatan ini, termasuk kedalam bagian dari dekorasi ruangan yang sangat penting. Entah untuk mempercantik interior ataupun ekteriornya. Warna yang nanti akan terpasang pada tembok. Biasanya, akan mempengaruhi suasana hati orang yang melihatnya. Perabotan juga. Sering disesuaikan dengan nuansa yang dibangun oleh pemilik bangunan tersebut.

Cara campur cat tembok agar terlihat lebih menarik lagi. Bisa kalian coba dengan model hasil yang mengkilap. Tidak perlu ditambahkan bling-bling ataupun menggunakan warna yang mencolok. Kamu, hanya perlu mengetahui teknik campurannya saja. Tingkat kilauannya, bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Ini dia, penjelasan cat berdasarkan kilaunya!

  1. Silk, sangat cocok dipadu-padankan dengan hasil finishing yang terlihat lembut
  2. Matt, sering digunakan untuk bangunan yang mengangkat tema modern
  3. Emulsi Matt, disandingkan dengan dekorasi untuk bagian dinding dalam ruangan
  4. High-gloss, selain memberikan kesan mewah. Cocok digunakan untuk eksterior
  5. Satinwood, bisa diaplikasikan dalam ruangan maupun luar ruangan
  6. Egg-shell, kilauan cat yang tidak membuat dinding tembok kalian mudah terlihat kotor
  7. Gloss, kesan cat yang membuat dinding tampak lebih berkilau

Media yang kerap digunakan sebagai bahan campuran cat tembok, yaitu air dan thinner. Kalau lainnya, tidak disarankan. Adapun cara campur cat tembok, juga perlu mengikuti prosedur yang benar. Apa saja langkah-langkahnya? Simak penjelasan lebih lengkapnya, berikut ini! Jangan lupa, siapkan budget yang sesuai dengan kebutuhan untuk membeli cat.

1. Memilih Warna Cat

Pemilihan warna cat, merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan di awal. Kalian, harus benar-benar memastikan warna tersebut cocok dengan nuansa yang akan hadir didalamnya. Bagian pengecatan luar ruangan juga termasuk. Soalnya, warna yang ditorehkan ke dinding bisa memberikan kesan mendalam bagi yang melihatnya. Pilih yang menarik.

Terkait:  Cara Cek Pembayaran WiFi IndiHome (4 Metode), Valid!

2. Memperhatikan Warna Cat yang akan Dikombinasikan

Cara campur cat tembok, kalian perlu memperhatikan warna yang akan menjadi bagian dari kombinasinya. Sudah bukan hal yang asing, kalau mencampurkan dua warna dalam proses pengecatan. Tapi, sebelumnya Kamu juga harus mempelajari warna yang dihasilkannya. Hal tersebut, dilakukan untuk menghindari kegagalan dari hasil finishing. Biar lebih murah juga..

3. Penuangan Cat ke dalam Wadah

Warna-warna cat yang memiliki karakteristik kuat, terkadang dijual di pasaran dengan harga yang mahal. Oleh karena itu, banyak orang yang mensiasatinya dengan mencampurkan dua warna dasar. Tapi, yang lebih penting ketika mengaplikasikan cara campur cat tembok adalah menuangkan catnya ke dalam wadah. Lalu, siapkan air sesuai takaran. Aduk sampai rata!

Sekian penjelasan yang dapat disampaikan mengenai cara campur cat tembok di kesempatan kali ini. Kalian yang juga mencari infotmasi terkait, seputar cara campur cat tembok dengan lem fox, dan cara mencampurkan cat tembok pembahasannya telah disampaikan di atas. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Stay health everyone, bye bye!

Related posts