Cara Dark Mode Chrome PC

Cara Dark Mode Chrome PC

Google Chrome menjadi salah satu aplikasi website browser yang sudah terpasang di setiap gadget. Aplikasi ini selalu berkembang dan bisa dimodifikasi dengan mudah, salah satunya adalah ganti tema yang mana cara dark mode Chrome PC sedang dilakukan banyak orang sekarang.

Google Chrome bahkan hampir terpasang dan tersedia di semua merk notebook atau PC. Pasalnya, aplikasi website browser ini menjadi sarana utama supaya para pengguna gadget bisa mengakses internet untuk mencari apa saja sesuai kebutuhan masing-masing.

Terkadang seseorang yang sedang menggunakan Google Chrome melalui PC atau notebook mungkin merasa terganggu dengan kontrasnya terlalu tinggi. Maka dari itu, kamu bisa mengganti warna tema menjadi gelap sehingga dapat menjaga kesehatan mata dan baterai tetap awet.

Fitur ini bahkan sudah berjalan selama beberapa bulan terakhir dan diterima semua orang di dunia. Bagaimana tidak, dark mode diklaim lebih bagus dan minimalis sehingga meninggalkan kesan keren dan kamu dapat akses internet lebih nyaman setiap hari.

Cara Dark Mode Chrome PC
Cara Dark Mode Chrome PC

Pengertian Dark Mode

Dark Mode merupakan skema warna dalam interface yang menunjukkan teks cerah di atas layar belakang (background). Fitur ini sedang naik daun dan diminati semua pengguna gadget, sedangkan desainnya lebih minimalis dan nyaman.

Apabila dibandingkan dengan tema default alias berlatar belakang warna putih, orang-orang cenderung menikmati tema gelap untuk diterapkan ke Google Chrome di PC. Fitur ini bukan hanya digunakan pada Google Chrome, namun juga aplikasi bawaan smartphone, notebook atau PC.

Terkait:  Cara Cicil Emas di Pegadaian

Secara umum tema gelap bukanlah sesuatu yang baru dan menggemparkan. Pasalnya, era 80-an hampir semua PC menggunakan layar monokrom yang sama dengan tema gelap. Seiring berjalan waktu bahwa layar monokrom mulai menghilang dan digantikan tema default yang kami sebutkan tadi.

Tak bisa dipungkiri selama beberapa tahun penggunaan light mode booming, dark mode hadir kembali dan pertama kali diterapkan pada Windows Phone 7 sekitar tahun 2010 silam. Kemudian, Google menambah fiturnya ke OS Android tahun 2018 dan diikuti Apple setahun berikutnya.

Kelebihan dan Kelemahan Dark Mode Google Chrome

Google Chrome Dark Mode mempunyai beragam kelebihan yang mampu mengurangi kontras layar, sehingga mata dapat melihat layar lebih lama. Selain itu, penggunaannya bisa menghemat baterai notebook akibat kontrasnya tidak terlalu tinggi.

Fitur ini juga mempunyai blue light lebih minim sehingga tidak berbahaya terhadap mata. Dark Mode juga sesuai untuk pengaturan cahaya redup dan lebih baik digunakan saat jam-jam tidur. Seseorang yang mengalami gangguan penglihatan seperti minus juga dianjurkan menggunakan fitur ini saat mengakses internet melalui PC.

Sementara itu, penggunaannya juga menyimpan kelemahan yang tidak bisa dihindari. Apabila kamu mengaktifkannya di tempat terang dengan intensitas cahaya tinggi, kamu akan sulit membaca tulisan di internet.

Fitur ini juga tidak selalu aman untuk membaca keseluruhan teks dengan baik, karena tulisan bisa saja agak kabur alias kurang jelas. Apabila gadget mempunyai LCD yang sudah lama digunakan, pemakaiannya tidak bisa menghemat baterai. Dark Mode juga cenderung dianjurkan untuk smartphone dengan layar OLED.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Pakai Dark Mode?

Langkah awal yang harus dilakukan adalah sesuaikan warnanya dengan brand, sedangkan warna brand tidak selalu mendukung penggunaan fitur ini. Apabila brand memiliki warna spektrum lebih luas, jangan menggunakannya. Gunanya sehingga warnanya tidak dapat tampak lebih buram bahkan kurang serasi dengan konsep yang diusung.

Terkait:  Cara Dark Mode Chrome

Kamu harus memakai desain minimalis agar penggunaan tema gelap tidak dapat meninggalkan kesan aneh. Apabila teks lebih menonjol dibandingkan gambar dan media lainnya, maka kamu bisa menemukan masalah saat menggunakan fitur dark mode lantaran tulisannya tidak bisa terbaca secara menyeluruh.

Sementara itu, kalian harus memastikan bahwa semua aplikasi dan huruf atau tulisan yang sedang digunakan sesuai dengan dark mode yang bakal diterapkan. Pasalnya, tidak semua jenis huruf akan memberi kenyamanan saat dibaca dan dipakai. Jika tidak serasi, kamu akan merasa tidak nyaman saat membaca lebih lama di PC.

Apakah Dark Mode Google Chrome Aman untuk PC?

Kami beritahu bahwa penggunaan tema gelap belum terbukti tidak aman untuk semua perangkat elektronik, termasuk PC. Kendati demikian, kamu tidak selalu menggunakannya terus menerus dan sebaiknya hindari penerapan dark mode di ruangan atau tempat penyimpanan PC yang intensitas cahayanya tinggi.

Background terlalu terang memang membuat seseorang bisa melihat segalanya dengan jelas. Namun, tahukah kamu? Kondisi ini benar-benar tidak boleh dilakukan terus menerus, karena mengancam kesehatan mata dan tampilan layar terkesan monoton.

Kamu bisa menggantinya dengan tema gelap alias dark mode agar Google Chrome di PC dapat bekerja lebih efektif dan maksimal. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga untuk mengubahnya. Hal ini dikarenakan fitur dark mode bisa diatur langsung melalui pengaturan Google Chrome dengan mudah.

Cara Update Chrome ke Versi Terbaru

  • Buka Google Chrome dari notebook atau PC kamu.
  • Klik icon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Help.
  • Kemudian, klik About Google Chrome.
  • Pilih menu About.
  • Perhatikan informasi mengenai versi Google Chrome.
  • Klik Update.
  • Ikuti petunjuk berikutnya sampai Google Chrome sudah diperbarui ke versi terbaru.
Terkait:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop: 3 Metode!

Cara Dark Mode Chrome PC

Google Chrome Dark Mode menjadi salah satu layanan internet yang mana setiap tampilan akan berubah warna menjadi lebih gelap. Secara umum semua pengguna smartphone atau PC pasti pernah bahkan masih menerapkan tema default di website browser.

Tak bisa dipungkiri tema default alias normal cenderung menghasilkan warna lebih terang dan kontrasnya tinggi. Kondisi ini bisa memicu rasa tidak nyaman saat berselancar di dunia maya. Selain itu, pandanganmu akan terganggu dan sulit melihat layar gadget dalam waktu yang lama.

Kamu bisa mengatasinya sesudah mengetahui cara dark mode Chrome PC, sedangkan warna temanya bukan hanya ditampilkan pada laman utamanya. Pasalnya, semua website yang diakses melalui Google Chrome pasti warna temanya berubah.

Kamu bisa melihat langsung temanya lebih gelap dan akses internet semakin nyaman. Bagaimana tidak, siapapun tidak akan mengalami masalah terhadap indera penglihatan akibat kontras terlalu tinggi dengan tema default. Kamu cukup ubah modenya menjadi gelap sehingga dapat akses situs mana saja melalui Google Chrome PC lebih efektif.

Cara Aktifkan Dark Mode Google Chrome PC

  • Pastikan Google Chrome sudah terpasang melalui notebook atau PC.
  • Jalankan Google Chrome.
  • Kemudian, pilih menu Setting.
  • Klik Preferences.
  • Pilih menu Design atau Tampilan.
  • Geser ke bawah sampai muncul opsi Pilih Dark Mode.
  • Ubah warna tema menjadi gelap atau dark mode.
  • Tunggu beberapa saat sampai semua aplikasi bawaan akan berubah warna secara otomatis.

Demikian pembahasan tentang cara dark mode Chrome PC untuk semua tipe notebook. Kamu bisa langsung mengikuti tutorial dari kami sehingga display Chrome tampak lebih keren dibandingkan tema putih yang terkesan biasa.

 

Similar Posts