Cara Gadai Emas

Cara Gadai Emas

Kamu ingin menggadaikan emas tapi bingung caranya? Tenang artikel ini akan membahas bagaimana cara gadai emas dengan sangat mudah. So, simak artikel ini sampai habis ya.

Mungkin terdapat banyak banyak pertimbangan mengapa orang menggadaikan barangnya di pegadaian. Hal paling utama adalah karena pegadaian merupakan perusahaan yang terpercaya  dan berkompeten (sesuai dengan namanya) dibanding dengan perusahaan gadai lain. Di samping itu, proses menggadaikan barang di pegadaian pun relatif cepat, sehingga dana yang kamu butuhkan lebih cepat cair.

Karena memang emas merupakan barang  paling mudah untuk digadaikan daripada yang lainnya, misalnya menggadaikan BPKB Motor dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan proses yang cepat, maka pahami beberapa ketentuan dalam proses gadai emas di pegadaian berikut ini:

Perhatikan Ketentuan Sebagai Berikut Sebelum Menggadaikan Emas

Kenali Syarat-Syaratnya, Perlancar Prosesnya

Hampir sama dengan lembaga keuangan yang lain, Pegadaian membutuhkan syarat formal yaitu, Kartu Identitas (Dalam Hal ini adalah KTP), kemudian tentu Emas yang akan kamu gadaikan beserta surat-surat yang menyertai fisiknya. Penting sebagai catatan, Pegadaian sebagai lembaga formal tentu membutuhkan surat-surat keterangan dari fisik Emas yang akan kamu gadaikan, ini tentu sebagai satu acuan mutlak di mana sebagai sebuah lembaga pembiayaan mikro formal, Pegadaian tidak akan menerima barang bermasalah. Jika syarat yang diperlukan sudah dirasa memadai, kamu tinggal mengunjungi Kantor Cabang Pegadaian di kota Anda untuk memprosesnya.

Terkait:  Cara Cek Tagihan IndiHome yang Sudah Dibayar, Mudah!

Hindari Melewati Tenggat Masa Gadai

Pegadaian menerapkan sistem masa gadai selama 4 bulan, dengan kata lain kamu bisa memperpanjang masa Gadai dari barang Gadai kamu (Emas) setiap 4 bulan sekali. Hindari melewati tenggat jika kamu tidak ingin biaya sewa gadai kamu melonjak dari hari ke hari. Sebagai salah satu solusi, kamu bisa mencicil pinjam gadai kamu, sebagai contoh; Jika kamu memiliki pinjaman di Pegadaian sebesar Rp3.000.000, dan kamu membayar Rp500.000 maka pinjaman kamu di Pegadaian akan tersisa sebesar Rp2.500.000. Ini tentu meringankan pinjaman kamu.

Perhatikan Biaya Gadainya, Hindari Hal yang Tidak Perlu

Pegadaian menerapkan sistem gadai berbiaya flat pada 15 hari pertama masa gadai. Dengan kata lain, jumlah atau nominal yang harus dibayarkan mulai dari hari pertama proses gadai hingga hari ke-15 dikenakan biaya yang sama. Tetapi jika pembayaran biaya gadai telah melewati masa tersebut biaya gadainya akan bertambah. Hal ini berlaku seterusnya, sampai masa sewa gadai lewat. Semakin lama, tentu akan semakin mahal tentunya.

Biaya Administrasi Menyesuaikan Besaran Pinjam Gadai

Setiap kali kamu melakukan gadai, maka Anda akan dikenakan biaya Administrasi. Besaran yang dikenakan tergantung dari jumlah pinjam gadai yang kamu lakukan. Kisaran biaya Administrasi yang dikenakan akan terus berlipat menyesuaikan dengan jumlah pinjam gadainya, semakin besar pinjaman yang diambil, maka biaya Administrasi yang dikenakan akan semakin bertambah pula.

Pahami Perbedaan Nilai Gadai dan Nilai Taksirnya

Pegadaian Indonesia menerapkan nilai taksir pinjaman sebesar 85% dari nilai harga Emas. Sebagai ilustrasi, jika Emas kamu ditaksir dengan nilai gadai lebih kurang Rp 3.500.000, maka jumlah maksimal pinjaman yang bisa kamu ajukan kepada pihak Pegadaian adalah sekitar Rp 3.125.000. Hal ini penting untuk kamu ketahui, supaya tidak kecewa bahwa nilai pinjaman kamu lebih rendah daripada nilai Emas milik kamu. ini adalah sistem yang berlaku.

Terkait:  Cara Bermain Saham

Ketahui Biaya Titip Gadainya, Pahami Biaya Pelunasannya

Secara umum, sistem gadai adalah sebuah sistem sewa titip dengan pinjaman yang memberikan hak pada pihak yang berpiutang untuk menggunakan barang jaminan, jika pihak yang berutang tidak mampu melunasi pada saat tempo perjanjian utang selesai. Dengan kata lain sistem gadai ini juga berarti sistem sewa, titip barang selama pihak yang berutang belum bisa melunasi pinjaman.

Cara Gadai Emas

Cara Gadai Emas
Cara Gadai Emas

Lalu dimana bisa menggadaiakan emas? Nah, setelah mengetahui beberapa syarat jika ingin menggadaikan emas, berikut akan disampaikan bagaimana cara gadai emas di beberapa tempat.

Cara Gadai Emas di pegadaian

Ada beberapa pilihan pinjaman dari Pegadaian buat gadai emas dengan syarat dan ketentuan masing-masing. Berikut ini detail syaratnya:

Kredit Cepat dan Aman (KCA)

Kredit Cepat dan Aman memberikan fasilitas pembiayaan dengan batas waktu pembayaran hingga 4 bulan yang bisa diperpanjang. Selain itu, nasabah KCA harus menandatangani Surat Bukti Gadai.

Syarat:

  • KTP/SIM/Paspor
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Penandatanganan Surat Bukti Gadai.

Gadai Bisnis

Gadai Bisnis adalah produk yang ditawarkan oleh Pegadaian yang ingin mendapatkan dana cepat untuk kegiatan usaha. Plafon pinjaman yang diberikan mencapai Rp 100 juta.

Beberapa syarat-syaratnya adalah:

  • KTP/SIM/Paspor
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Membayar biaya administrasi Rp 100.000

Krasida

Krasida merupakan pinjaman yang menggunakan sistem angsuran dengan nilai gadai mencapai 95% dari nilai taksir. Masa angsurannya bisa mencapai 36 bulan atau 3 tahun.

Beberapa syarat-syaratnya antara lain:

  • KTP elektronik
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Bukti emas.

Kredit Cepat dan Aman Prima (KCA Prima)

Kredit Cepat dan Aman Prima adalah pinjaman tanpa bunga (0%) dengan batas waktu pinjaman selama 60 hari.

Terkait:  Cara Gadai BPKB Motor

Beberapa syarat-syaratnya antara lain adalah:

  • KTP elektronik
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)

Berapa Biaya Titip Gadai dan Pelunasannya?

Setelah kamu penuhi semua persyaratan, biasanya Pegadaian akan menjelaskan tentang biaya administrasi atau titip gadai. Besaran biaya disesuaikan dengan jumlah pinjaman. Tapi intinya, semakin besar dana yang kamu pinjam, biaya administrasi pun bertambah.

Sementara itu, untuk pelunasan, kamu bisa lakukan sebelum jatuh tempo atau tepat di tanggalnya. Sebagai contoh simulasi pelunasan; nasabah A menggadaikan emas untuk mendapatkan uang sebesar Rp2.760.000 dalam jangka waktu 4 bulan.

Tarif sewa modal selama 15 hari sebesar 1,150%. Berarti total tarif sewa modal 4 bulan adalah 9,2% dari pinjaman. Maka total biaya pelunasannya senilai Rp3.014.000 ditambah administrasi Rp35.000.

Cara Menebus Gadai Emas di Pegadaian?

Sehari sebelum menebus, sebaiknya kamu menghubungi pihak Pegadaian melalui telepon atau datang ke cabang bahwa kamu berniat menebus emasmu.

Keesokan harinya, kamu hanya perlu membawa sejumlah sisa uang untuk melunasi utangmu. Jangan lupa juga untuk membawa identitas diri, nota transaksi penerimaan uang, dan Surat Bukti Kredit terkait.

Setelah semua diserahkan ke petugas Pegadaian, kamu udah bisa langsung membawa pulang emas milikmu kembali. Itu dia beberapa tahap dan persyaratan yang harus kamu lakukan jika ingin menggadaikan emas di Pegadaian.

Hal Lain Yang Harus Diperhatikan Saat Gadai Emas

Meski dana segar dapat diperoleh dengan cara yang cepat melalui gadai emas, namun para nasabah diimbau untuk memperhatikan beberapa hal lain seputar gadai emas berikut ini:

  • Syarat Administrasi Harus Lengkap

Lolos syarat administrasi adalah langkah awal Anda untuk menggadaikan emas. Kalau syarat tidak dipenuhi, permohonan sudah pasti ditolak.

  • Perhatikan Masa Tenggang Pelunasan

Ketika awal melakukan gadai emas, kamu akan mendapatkan penjelasan seputar pembayaran. Jika itu berupa cicilan, berupayalah untuk membayar tepat waktu. Begitu juga dengan pembiayaan yang memakai sistem tempo maka dari itu pastikan kamu mampu melunasi di tanggal jatuh tempo.

Demikianlah informasi mengenai cara gadai emas, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See u!

Similar Posts