Cara Ikut Flash Sale Tokopedia

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia
Cara Ikut Flash Sale Tokopedia

Kamu ingin mengikuti promo di Tokopedia tapi masih bingung caranya? Tenang artikel ini akan membahas bagaimana cara ikut flash sale tokopedia secara lengkap. So, simak artikel ini hingga selesai ya!

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini belanja online di Tokopedia menjadi pilihan banyak masyarakat selain itu banyak pula penjual yang memilih bergadang melalui e-commerce supaya mendapatkan pembeli dan juga keuntungan. Nah, kamu bisa mengikuti flash sale yang diselenggarakan oleh pihak Tokopedia.

Read More

Flash sale merupakan strategi promosi dengan memberi diskon besar-besaran di waktu tertentu pada toko online dengan tujuan tidak lain adalah untuk menarik perhatian calon pembeli agar membeli produk tersebut. Yang mana nantinya akan membuat siapa pun berlomba-lomba mendapatkannya.

Keuntungan Mengikuti Flash Sale Tokopedia Bagi Penjual

Berjualan dengan sistem reguler sudah cukup menguntungkan bagi para marketer. Bagaimana bila ditambah lagi dengan hadirnya momentum flash sale? Otomatis hal ini bisa membuat tingkat penjualan semakin meningkat.

Salah satu platform yang sering membuka kesempatan flash sale adalah . Jika Sobat Pintar bermaksud meningkatkan penjualan dan memperbesar pangsa bisnis Sobat Pintar, sebaiknya ikuti event ini untuk menarik perhatian konsumen.

Beruntungnya  ternyata memberikan cara yang sangat mudah dan menguntungkan. Tidak heran jika setiap penjual berlomba-lomba mendapatkan kesempatan tersebut, sebab berhubungan langsung dengan profit jualan produknya.

Berikut keuntungan mengikuti acara flash sale untuk penjual antara lain:

  • Meningkatkan angka penjualan. Setidaknya 50% produk yang ikut berpartisipasi dalam flash sale  laku terjual.
  • Produk ditampilkan di halaman utama. Sehingga lebih banyak kemungkinan audience mengklik untuk melihat lebih jauh produknya, kemudian mereka melakukan pembelian.
  • Efektif untuk branding dan promosi. Produk dan toko Sobat Pintar lebih mudah dan cepat dikenal secara luas bila melakukan branding dan promosi dengan baik karena dengan 2 hal ini akan membuat semua orang yang mulanya tidak mengenal produk tertentu menjadi mengenalnya dari promosi yang disampaikan.
  • Menaikkan rating. Dari banyaknya jumlah produk terjual, kepercayaan konsumen semakin meningkat yang sekaligus meningkatkan rating toko. Itulah kenapa banyak penjual  selalu ingin mengikuti program acara flash sale ini.
  • Meningkatkan reputasi penjual. Mengikuti flash sale memungkinkan toko mendapat reputasi baik. Tentunya didukung dengan kualitas pelayanan yang memuaskan.
Terkait:  Cara Hapus Akun Tokopedia

Maka dari itu bila ingin mendapatkan manfaatnya, sebaiknya pahami dulu persyaratan untuk mengikuti program flash sale bagi penjual. Selanjutnya setelah mengetahui apa saja yang perlu disiapkan, maka segera daftarkan diri supaya bisa ikut program tersebut.

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia
Cara Ikut Flash Sale Tokopedia

Setelah kamu mengetahui beberapa informasi diatas, berikut kami sajikan bagaimana cara ikut flash sale tokopedia dengan mudah.

Syarat Utama Ikut Program Flash Sale 

Sebelum membahas cara ikut flash sale untuk penjual, terlebih dahulu perlu diketahui persyaratannya. Terdapat mekanisme khusus untuk menentukan apakah penjual berhak mengikuti event tersebut atau tidak.

Berikut syarat utama yang harus kamu penuhi bila ingin mengikuti program flash sale tersebut:

  • Peserta haruslah seller terpilih yang ditunjuk  melalui sebuah undangan.
  • Penjual hanya berhak menjual produk yang sudah ada di etalase .
  • Barang yang ditawarkan harus sesuai dengan yang ada pada campaign.
  • Jumlah stok disesuaikan dengan program flash sale setiap periodenya.
  • Pemesanan lebih dari jumlah stok akan langsung dibatalkan oleh sistem.
  • Cara ikut flash sale untuk penjual harus tetap aktif selama program berlangsung dan memastikan barang masih kondisi baru.
  • Wajib menggunakan foto produk yang bersih dari watermark dan jelas.
  • Untuk kategori makanan, minuman, kosmetik harus memiliki ijin edar BPOM.
  • Produk yang memiliki masa kadaluarsa setidaknya harus lebih dari 1 bulan sebelum masa berakhirnya.
  • Potongan harga atau diskon yang dicantumkan adalah beban penjual.
  • Harga yang dicantumkan dalam penawaran adalah harga net setelah pemotongan.
  • Penjualan tidak diperkenankan mengaktifkan harga grosir.
  • Barang yang dijual harus legal, tidak melanggar hukum seperti alkohol, rokok, hewan, pestisida, senjata tajam dan sebagainya yang telah diatur dalam ketentuan.

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia Seller Dashboard

Fitur yang disediakan Tokopedia ini akan sangat membantu untuk menaikkan peforma toko. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara ikut flash sale berikut ini:

  • Masuk ke akun Tokopedia kamu dan pilih ‘Iklan dan Promosi’.
  • Kemudian pilih ‘Flash Sale’.
  • Di halaman baru ini, kamu bisa memilih tipe Flash Sale Kejar Diskon yang ingin diikuti. Lalu klik ‘Daftar’.
  • Di sini akan ditampilkan deksripsi dan kriteria produk yang sesuai dengan flash sale TokopediaJika sudah sesuai, maka langsung daftar dengan klik ‘Daftarkan Sekarang’.
  • Cek kriteria detail produk yang boleh ikut Kejar Diskon. Kemudian pilih produk untuk didaftarkan dengan klik ‘Pilih Produk’.
  • Langkah-langkah dalam cara ikut flash sale berikutnya adalah memilih produk yang ingin didaftarkan pada Kejar Diskon. Di sini boleh mendaftarkan lebih dari satu barang.
  • Kemudian klik checkbox pada bagian kiri produk, lalu klik ‘Tambah produk’.
  • Cara ikut flash sale di Tokopedia selanjutnya adalah memasukkan harga jual, stok produk utama, dan jumlah ketersediaan produk campaign. Lanjutkan dengan klik ‘Simpan’.
  • Klik persetujuan pada Syarat dan Ketentuan, lalu klik ‘Ajukan Produk’.
  • Selesai. Setelah itu kamu tinggal menunggu proses seleksi cara ikut flash sale di Tokopedia.
Terkait:  Cara Tarik Saldo Tokopedia ke OVO yang Mudah, Gratis!

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia Bagi Pembeli

Bisa ikut ke dalam program flash sale merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para seller. Karena saat mengikutinya, hal ini membuat seller mendapat kesempatan untuk meraih keuntungan. Meski mereka masih harus menanggung potongan harga yang dipilih.

Namun jangan khawatir, lakukan beberapa tips ini supaya tetap untung saat mengikuti program flash sale tersebut:

  • Perhatikan margin yang sudah anda tetapkan sebelum melempar produk untuk dijual. Usahakan lebih lebar sehingga fleksibel ketika akan memberikan potongan harga.
  • Pasang harga di bawah harga normal yang menggiurkan. Manfaatkan efek psikologis, misalnya menggunakan nominal Rp 39.999. Seolah terbaca Rp 30.000-an padahal sudah mendekati Rp 40.000. Biasanya cara ini efektif membuat calon konsumen merasa tertarik dan ingin membeli produk tersebut.
  • Pasang produk unggulan. Yaitu produk yang selalu mendapatkan respon positif dengan banyaknya angka penjualan. Ini mengindikasikan bahwa minat konsumen cukup tinggi.
  • Perhatikan syarat upload foto produk. Pastikan menggunakan gambar yang jelas, tidak blur, pencahayaan tepat sehingga lebih real dan menarik untuk dilihat.
  •  Isi deskripsi. Isi deskripsi produk dengan jelas yang betul-betul merepresentasikan kondisi sebenarnya. Gunakan penamaan produk yang jitu dengan urutan, jenis produk + merk + keterangan + kalimat promosi.

Tips Mengikuti Flash Sale dan Promo dari Tokopedia

Sebelum mengikuti Flash Sale dan Promo dari Tokopedia kamu harus tau jika tidak semua seller dapat mengikuti program Flash Sale dari Tokopedia. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan peluang ikut promo dan flash sale Tokopedia:

  • Upgrade Status Keanggotaan Tokomu

Tidak semua seller bebas mengikuti event ini, hanya seller dengan status keanggotaan tertentu yang berpeluang besar mengikuti promosi dan flash sale dari Tokopedia. Maka hal yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan meningkatkan status keanggotaan tokomu.

Terkait:  Cara Bayar Tokopedia Pakai OVO, Berikut Persyaratannya

Tingkatkan status keanggotaanmu menjadi Power Merchant, Power Merchant PRO, dan Official Store, biar kesempatan mengikuti Promo Tokopedia dan Flash Sale Tokopedia semakin besar.

  • Tingkatkan Skor Performa Toko

Nggak cuma upgrade status keanggotaan tokomu,kamu juga perlu meningkatkan dan mempertahankan skor performa tokomu. Tingkatkan dengan mempertahankan beberapa parameternya seperti tingkat kesuksesan pesanan, kecepatan membalas chat, dan lainnya.

  • Pastikan SKU Produk Aktif Dan Stoknya Cukup

Cek kembali SKU dan stock produk kamu! Apakah cukup untuk mengikuti flash sale? Hal ini untuk mengantisipasi barang yang out of stock ketika promosi dan flash sale sedang berlangsung.

  • Perbanyak Variasi Jenis Produk

Dengan banyaknya variasi produk maka kamu akan lebih berpeluang dalam mengikuti promo dan flash sale dari Tokopedia. Banyaknya variasi juga akan membuat pembeli memiliki pilihan yang lebih banyak.

  • Konsisten Dalam Meningkatkan Skor Produkmu

Untuk meningkatkan skor produk, kamu harus dapat menjaga kualitas beberapa hal seperti kualitas gambar, kualitas produk, dan kualitas pelayanan. Untuk kualitas gambar, usahakan agar gambar memiliki resolusi yang tinggi dan tidak berbeda jauh dibandingkan produk aslinya.

  • Tingkatkan Jumlah Penjualan Produk Dan Perbanyak Rating Produk Bintang 5

Rating produk yang tinggi akan semakin meningkatkan minat pembeli untuk membeli produkmu. Tak hanya itu, Tokopedia akan semakin mudah dalam mendeteksi produkmu untuk diikutsertakan dalam promo dan flash sale.

  • Berikan Harga Atau Diskon Yang Menarik

Buatlah harga atau diskon yang menarik mata pembeli ketika check out produkmu. Jangan menaikkan harga kemudian memberikan diskon yang seolah-olah tinggi untuk mendongkrak penjualanmu, karena itu akan mengurangi kepercayaan konsumen.

Demikianlah informasi mengenai cara ikut flash sale di tokopedia secara lengkap, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See u!

Related posts