Cara Iklan Google Ads

Cara Iklan Google Ads

Kamu ingin mengiklankan produk atau usahamu di google ads? Pas banget nih, karena artikel ini akan membahas cara iklan google ads secara lengkap. Cocok banget buat kamu yang sedang bingung, so simak artikel sampai habis ya!

Sebelum masuk ke pembahasan inti dengan bagaimana cara iklan google ads, kamu harus paham dulu apa itu google supaya lebih paham jika ingin mengiklankan suatu bisnis kamu. Nah, jadi google itu sendiri

merupakan sebuah mesin pencarian yang paling terkenal setelah Yahoo dan Bing. Ciri khas dari Google itu sendiri adalah tampilanya yang begitu bersih dan clear, sehingga menu-menu tampak jelas dan sangat mudah digunakan oleh pengguna saat sedang mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu lewat Internet.

Bagi orang-orang yang memiliki  kemampuan untuk SEO (search engine optimation), mereka dengan sangat mudah untuk menguasai halaman pertama  mesin pencarian Google. Mereka yang melakukan hal ini, tidak lain karena melihat perilaku dari orang-orang yang mencari informasi melalui Google, hanya melihat dan melakukan klik pada situs-situs yang berada pada halaman pertama saja. Lalu apa itu google ads?

Apa Itu Google Ads?

Mudahnya, Google Ads yaitu jaringan iklan milik Google yang memungkinkan kalian menampilkan iklan di halaman SERP (Search Engine Result Page), YouTube, aplikasi Google, juga media lain yang punya afiliasi dengan Google.

Google Ads merupakan cara yang efektif bagi bisnis untuk mendatangkan trafik yang berkualitas ke website atau landing page produk/layanan hingga mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan produk/layanan yang kamu tawarkan.

Google Ads juga dapat membantu kamu mendapat pelanggan yang sesuai karena tidak semua iklan ditampilkan ke semua orang. Google Ads mempunyai fitur yang dapat membantu kamu menargetkan iklan ke audiens yang tepat, sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Perlukah Beriklan di Google Ads?

Hal tersebut yang mendasari Google membuat sebuah layanan iklan bagi orang-orang yang ingin melakukan promosi bisnis milik mereka dengan cepat tanpa harus memahami atau mempelajari  teknik SEO dalam waktu yang sangat lama. Jadi ini merupakan solusi instan bagi mereka yang memiliki dana lebih untuk melakukan promosi.

Terkait:  Cara Iklan Di Google

Cara Iklan Google Ads

Cara Iklan Google Ads
Cara Iklan Google Ads

Buat akun Google Ads

Sebelum memulai cara iklan di Google, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki akun Google Ads, buka situs Google Ads di browser. Lalu ikuti proses pembuatan akun untuk Google Ads. Kamu juga bisa login ke akun Google yang sudah kamu miliki.

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman untuk memilih goal iklan. Jika baru pertama kali membuat iklan di Google Ads, Google akan langsung mengarahkan kamu untuk membuat iklan Smart Campaign, yang di mana Google akan mengatur otomatis iklan tersebut dengan bantuan machine learning.

Namun, jika kamu menginginkan kontrol penuh terhadap iklan yang akan dibuat, disarankan untuk pindah ke Expert Mode dengan klik ‘Switch to Expert Mode’ seperti gambar berikut.

Menentukan Tujuan Iklan

Langkah kedua untuk membuat iklan di Google adalah menentukan goal atau tujuan dari pemasang iklan. Iklan kamu nantinya akan diatur sedemikian rupa untuk membantumu mencapai goal yang kamu pilih. Ada beberapa pilihan goals di Google Ads, di antaranya:

  • Sales: untuk penjualan produk secara online atau offline.
  • Leads: untuk mendapatkan leads dan konversi dengan mendorong pelanggan untuk melakukan suatu tindakan.
  • Website traffic: untuk memperoleh trafik atau pengunjung ke website sebanyak-banyaknya.
  • Product and brand consideration: mendorong pelanggan dalam mengenali bisnis atau produk yang kamu jual.
  • Brand awareness and reach: meraih audiens yang luas dan membangun awareness.
  • App promotion: mempromosikan aplikasi agar pelanggan melakukan install.
  • Local store visits and promotion: meningkatkan kunjungan toko fisik.

Pilih Jenis Tampilan Iklan

Tipe campaign adalah bentuk tampilan ads yang akan dibuat. Untuk setiap goal campaign. Saat memasang iklan di Google, kamu dapat memilih dari beberapa tipe campaign, yakni:

  • Search campaign

Jenis iklan yang muncul ketika user melakukan pencarian di search engine dengan keyword tertentu. Dikenal juga dengan iklan teks. Berisi judul yang mengarah ke website tujuan, deskripsi singkat mengenai bisnis, juga info kontak, seperti gambar di bawah ini.

  • Shopping campaign

Iklan yang menampilkan informasi produk dalam bentuk katalog. Berisi info produk, gambar, harga dan link yang bisa diklik menuju halaman web tujuan agar pelanggan bisa langsung berbelanja dari situs tersebut.

  • Video campaign
Terkait:  Biaya Iklan Google Adsense

Iklan berupa video yang biasa muncul di website partner Google atau ketika mengakses video di Youtube. Durasi video singkat, biasanya hanya 8-15 detik atau 5-8 detik saja.

  • App campaign 

Jenis iklan untuk mempromosikan aplikasi. Iklan ini bisa berupa teks atau gambar dengan button yang langsung mengarahkan user ke App Store atau Play Store.

  • Smart campaign

Jenis campaign dikelola Google dengan bantuan machine learning. Jenis ini membantu pengguna baru untuk membuat dan mengelola ads dengan lebih mudah. Berikan informasi mengenai nama bisnis, buat iklan, kemudian Google akan menemukan penargetan terbaik untuk ads-mu secara maksimal.

  • Local campaign

Dirancang untuk membantu mempromosikan toko fisik. Jadi Ads akan tampil di penelusuran, Maps, YouTube, dan website partner Google. Lalu pilih tipe campaign yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk tutorial kali ini, Dewaweb menggunakan search campaign. Setelah itu kamu perlu melengkapi data-data yang diminta oleh Google, seperti alamat website (jika kamu memilih goal website traffic), nama aplikasi (jika kamu memilih goal app promotion), dan lain-lain. Kemudian klik ‘Continue’.

Lengkapi Pengaturan Dasar Iklan

Pada bagian ini, kamu perlu melengkapi pengaturan dasar campaign yang akan dibuat.  Kamu harus melengkapi pengaturan dasar iklan seperti jenis iklan, nama iklan, dan pilihan jaringan untuk menampilkan iklan.

Pilih Target Lokasi dan Bahasa yang Digunakan

Langkah selanjutnya dalam memasang iklan di Google adalah memilih jangkauan lokasi dan bahasa untuk penayangan iklan. Kamu bisa mempersempit jangkauan hingga ke provinsi atau kota yang ingin dijangkau agar lebih spesifik.

Setelah selesai memilih lokasi, tentukan bahasa yang digunakan oleh audience-mu. Google akan menyeleksi untuk menampilkan ads pada orang-orang dengan pengaturan bahasa tersebut. Misal kamu memilih bahasa Indonesia dan Inggris, maka iklan yang kamu buat akan ditampilkan kepada audience yang berbahasa Indonesia atau Inggris.

 Tentukan Target Audiens

Google menyediakan fitur untuk menentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis kamu.

Tentukan Anggaran Harian

Tentukan anggaran harian maksimal yang ingin kamu keluarkan setiap hari (isi nominal tanpa titik). Anggaran harian bergantung dari biaya per klik per kata kunci dan jumlah klik yang di dapat dalam satu hari.

Terkait:  Cara Kerja Adsense

Jika kamu memilih banyak kata kunci yang kompetitif, tentu biaya per kliknya jadi lebih mahal dengan jumlah pencarian yang lebih banyak setiap harinya. Untuk awal-awal bisa dimulai dengan menggunakan anggaran yang lebih sedikit, kamu bisa merubahnya jika dirasa kurang atau terlalu banyak di hari berikutnya (setelah melihat kinerja iklan yang kamu buat).

Tentukan Bidding

Bidding adalah biaya yang akan kamu keluarkan atau harga sekali klik iklan.

Ada dua pilihan disini:

  • Pertama, mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik. Sistemnya dengan melihat tingkat kompetisi, berapa jumlah pengiklan dengan kategori yang sama seperti wilayah jangkauan dan kata kunci.
  • Kedua, kamu bisa mengisi sendiri nominal yang ingin dibayarkan per klik. Jika kamu mengisi nominal yang terlalu rendah, iklan kamu mungkin tidak akan muncul. Dan jika terlalu tinggi, mungkin kamu akan cepat kehabisan anggaran harian.

Atur Keyword untuk Iklan di Ad Groups

Selanjutnya, lakukan pengaturan keyword di ad groups. Satu campaign dapat berisi beberapa ad groups. Kamu dapat membuat satu atau lebih ad group di tiap campaign yang kamu bentuk. Jika kamu membuat lebih dari satu ad grup, namai tiap ad grup pada kolom yang tersedia. Ini akan memudahkan kamu untuk mengetahui ad mana yang perform lebih baik.

Membuat iklan/Ad copy

Setelah melakukan pengaturan di atas, cara buat iklan di Google Ads berikutnya adalah membuat bentuk tampilan iklan. Untuk paid search, Google membatasi karakter teks agar dapat memuat seluruh isi teks iklan pada hasil pencarian.

Buatlah kalimat yang simpel dan informatif untuk memancing audiens mengklik iklanmu. Setelah itu simpan pengaturan dengan klik ‘Save and Continue’.

Lakukan Pembayaran

Tahap terakhir dalam cara membuat iklan di Google adalah melengkapi detail pembayaran untuk penayangan iklan. Isi data-data yang diperlukan, seperti billing countrytimezonecustomer info, pilih metode pembayaran, dan lainnya.

Pembayaran bisa dilakukan secara otomatis atau manual. Jika memilih opsi otomatis, kamu wajib memiliki kartu kredit. Tetapi jika kamu memilih manual, pembayaran bisa dilakukan dengan debit, transfer melalui mobile banking atau ATM, dan GoPay.

Setelah semua terisi lengkap, centang persetujuan (I agree to the Google Ads terms and conditions) dan klik tombol ‘Submit’. Kemudian kamu akan diarahkan pada detail penagihan. Selesaikan pembayaran sesuai jumlah yang ditagihkan. Setelah pembayaran tagihan selesai, proses pasang iklan di Google akan selesai dan iklanmu akan tayang jika sudah disetujui.

Demikianlah informasi mengenai cara iklan google ads, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Sampai jumpa diartikel selanjutnya!

Similar Posts