Cara Iklan Di Tokopedia

Kamu seorang seller dan ingin mengiklankan produk kamu di Tokopedia tapi masih bingung caranya? Tenang, karena pas banget pada kesempatan kali ini artikel akan membahas bagaimana cara iklan di Tokopedia secara lengkap dan mudah dipahami. So, simak sampait tuntas ya!

Apa Itu Tokopedia

Tokopedia adalah sebuah marketplace atau situs jual beli online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dengan cara yang aman.

Read More

Perjalanan tokopedia pada tahun pertama peluncurannya bisa dibilang cukup baik dan sangat membanggakan. Hal itu terbukti dengan adanya perolehan penghargaan dari Bubu Award sebagai salah satu Bisnis Startup E-commerce terbaik di Indonesia.

Dengan rapor yang bagus tersebut, tokopedia banyak dilirik oleh para investor untuk menanamkan modalnya pada tokopedia. Seperti East ventures yang berhasil menyuntikkan dananya pada tahun 2010, CyberAgent Venture tahun 2011, Beenos tahun 2012 dan Softbank tahun 2013.

Iklan TopAds merupakan salah satu fitur Tokopedia yang dapat kamu manfaatkan untuk menampilkan produk yang kamu jual di posisi terdepan di halaman pencarian pembeli. Dengan fitur ini kamu dapat mempromosikan produk kapanpun dan dimanapun tanpa batasan waktu.  TopAds akan membantu meningkatkan penjualan kamu di Tokopedia.

Melalui topads kamu bisa mengiklankan produk kamu di Tokopedia, topads sendiri ialah fitur untuk seller atau penjual di Tokopedia untuk mempromosikan produk serta toko seller. Caranya adalah dengan mendaftarkan toko kamu di topads, dengan mendaftarkan took kamu, Tokopedia memberikan berbagai macam keuntungan serta produk yang kamu iklankan akan muncul pada halaman-halaman strategis di Tokopedia.

Terkait:  Cara Ikut WIB Tokopedia

Cara Iklan Di Tokopedia

Cara Iklan Di Tokopedia
Cara Iklan Di Tokopedia
Untuk menjadikan produk yang kita jual lebih tersebar secara luas ditokopedia dan sering muncul di tokopedia, maka kita perlu pasang iklan di Tokopedia dengan TopAds agar usaha Jualan Online semakin berkembang.
Pasang Iklan di Tokopedia atau TopAds Tokopedia sangat mudah dilakukan oleh orang awam sekalipun karena dengan step by step yang sangat mudah dimengerti untuk menghadapi persaingan yang begitu keras di Tokopedia.

TopAds membantu menampilkan produk kamu di halaman depan pencarian agar mudah terlihat oleh calon pembeli. Namun, selain memasang TopAds yang benar, kamu juga harus memperhatikan produk kamu agar TopAds kamu semakin efektif untuk meningkatkan penjualan.

Cara Pasang Iklan di Tokopedia

Setelah mengetahui itu semua, maka banyak seller makin penasaran mengenai cara pasang iklan di Tokopedia bukan. Untuk mengetahui cara pasang iklan dapat simak ulasan sebagai berikut.

  • Buka Seller Tokopedia

Langkah pertama buka seller Tokopedia dengan cara login akun toko kamu, selanjutya klik Iklan dan Promosi. Pada tampilan iklan dan promosi, kamu cukup klik TopAds.

  • Klik Mulai Beriklan

Lalu langkah selanjutnya kamu cukup klik Mulai Beriklan dikolom tersedia pada menu TopAds.

  • Klik Iklan Otomatis
Nantinya kamu diberi dua pilihan iklan dapat dipilih, disini kamu cukup pilih Iklan Otomatis. Karena sistem dari Tokopedia akan memilih produk kata kunci dan biaya iklan, seller cukup atur saja anggaran harian.
  • Tentukan Anggaran
Lalu langkah selanjutnya cukup tentukan anggaran setiap harinya, setiap anggaran telah ditentukan akan muncul maksimal klik harian. Jika sudah yakin anggaran per harinya, maka tap Iklankan.
  • Berhasil
Sampai disini kamu sudah berhasil pasa iklan, bagaimana sangat mudah bukan cara pasang iklan TopAds ini.

Keuntungan Pasang Iklan di Tokopedia

Diatas juga telah kami sampaikan beberapa keuntungan jika menggunakan iklan otomatis di menu TopAds. Nah disini kami akan informasikan lebih lengkap beberapa keuntungan bisa didapatkan jika menggunakan fitur promosi dan iklan.

  • Iklan akan diatur oleh sistem secara otomatis, dimana dapat memilih produk sesuai dengan trend saat ini.
  • Seller cukup atur anggaran, maka sistem akan mengoptimlkan biaya per kliknya.
  • Produk akan muncul di sesuai dengan pencarian yang relevan.
  • Menaikan penjualan toko
  • Trafik atau kunjungang toko naik
Terkait:  Cara Berjualan Di Tokopedia

Tips Dan Trick Iklan di tokopedia Tidak Boncos

Supaya iklanmu menarik serta mampu menghasilkan jumlah klik yang tinggi, maka perhatikan yang bisa mempengaruhi performa TopAds dan penjualan berikut ini:

Penamaan Produk

Penamaan produk harus dilakukan dengan baik dan benar. Sebab hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pencarian pembeli. Perhatikan tips berikut ini:

  • Beri nama produk kamu dengan jelas dan juga deskriptif sehingga akan mudah dicari oleh pembeli
  • Jangan menamai produk kamu dengan kode ataupun kata-kata asing yang tidak diketahui oleh pembeli

Pasanglah biaya per Klik sesuai dengan Rekomendasi Biaya

Rekomendasi biaya merupakan rata-rata biaya iklan yang telah di pasang oleh penjual lain pada kategori yang sama. Oleh sebab itu, apabila kamu ingin iklan produk Anda bisa tampil di atas penjual lainnya, kamu pemasangan biaya per klik yang lebih kompetitif perlu kamu lakukan.

Tentukan Kategori Produk yang Tepat

Jangan sampai kamu salah dalam memilih kategori produk. Sebab jika kategori produk yang kamu pilih salah, maka pembeli akan sulit untuk menemukannya. Pastikan kategori produk kamu benar guna mengoptimalkan pencarian pembeli.

Gunakan Foto Produk yang Menarik

Gambar/foto produk merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan penjualan kamu. Apabila kamu menggunakan foto produk yang buram atau bahkan tidak jelas, pembeli tidak akan tertarik untuk membelinya. Gunakan foto produk yang dapat menggambarkan produk secara detail, yakni tampilkan foto dari berbagai sisi (atas, bawah, depan, belakang, samping kanan dan kiri). kamu bisa mengupload 5 foto produk.

Gunakan Deskripsi Produk yang Detail dan Jelas

Deskripsi produk memiliki peranan yang penting dalam penjualan. Pembeli akan merasa yakin apabila deskripsi produk yang kamu tulis dijelaskan secara detail. kamu perlu menjelaskan produk secara keseluruhan, yakni mulai dari dimensi, kondisi, bahan, variasi warna / motif, dan informasi penting lainnya.

Terkait:  Cara Cicilan Di Tokopedia

Cara menggunakan Iklan Per Klik

Setelah mengetahui mengenai Top Ads serta bagaimana cara menin gkatkan performa iklan kamu dengan menggunakan iklan per klik, kamu perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan iklan per klik tersebut. Simak tahapan berikut ini.

  • Pilihlah menu ‘ tambah promo’.
  • Pilihlah bagian ‘produk’ .
  • Pilihlah produk yang akan kamu iklankan.
  • Aktifkan tombol ‘iklan per klik’ kemudian buatlah grup dan atur penempatan serta biaya iklan per klik kamu. Apabila kamu telah memiliki grup kamu hanya perlu memilih grup yang telah diset sebelumnya.

Keempat step tersebut merupakan tahapan untuk menggunakan iklan per klik. Mudah bukan? Selanjutnya apabila kamu ingin mengedit iklan per klik kamu, berikut beberapa tahapan yang dapat kamu ikuti:

  • Bukalah tab produk pada halaman Top Ads.
  • Klik ikon ‘edit’ pada produk yang ingin kamu edit.
  • kamu dapat mengatur produk yang ingin Anda edit ke grup lain.
  • kamudapat membuat pula grup baru.

Cara Mengetahui Performa Iklan

kamu perlu mengetahui performa iklan agar kamu dapat meningkatkan kualitas iklan, mengevaluasi iklan serta produk kamuagar mendapatkan hasil penjualan yang meningkat. kamu dapat mengklik ‘persentase klik’ pada iklan Topads kamu, Tokopedia akan menampilkan banyaknya jumlah klik pada iklan kamu oleh pengguna Tokopedia.

Biaya Pasang Iklan di Tokopedia

Sampai disini pastinya sangat penasaran sekali mengenai biaya pasang iklan di Tokopedia. Mengenai biaya memang tidak wajib harus nominal sekian, karena biaya akan disesuaikan dengan durasi iklan.

Jadi disini seller cukup lakukan top up saldo kredit TopAds sesuai dengan keinginan, bisa Rp 100.000, 200.000 dan seteresunya. kamu bisa sesuaikan biaya maksimal per harinya mulai dari Rp 250 atau lebih dari itu juga bisa.

Nah, itulah beberapa cara serta tips untuk melakukan setting iklan Topads kamu yang akan membuat penjualan produk kamu meningkat. Cek serta lakukan tips-tips untuk meningkatkan performa kamu. Selamat mencoba !

Rate this post

Related posts