Cara Gadaikan Emas di Pegadaian

Cara Gadaikan Emas di Pegadaian
Cara Gadaikan Emas di Pegadaian

Ternyata di Pegadaian tidak hanya untuk gadai BPKB kendaraan aja loh, tapi juga bisa gadai emas. Mau tau infonya? Simak artikel ini yang akan membahas bagaimana cara gadaikan emas di pegadaian.

Seorang yang berutang tersebut memberikan kekuasaan kepada orang yang berpiutang untuk menggunakan barang bergerak yang telah diserahkan untuk melunasi hutang apabila pihak yang berhutang tidak dapat melunasi kewajibannya pada saat jatuh tempo.  Pegadaian merupakan sebuah BUMN di Indonesia yang usaha intinya adalah bidang jasa penyaluran kredit kepada masyarakat atas dasar hukum gadai.

Gadai adalah suatu hak yang diperoleh oleh seseorang yang berpiutang atas suatu barang bergerak yang diserahkan oleh orang yang berhutang sebagai jaminan hutangnya dan barang tersebut bisa dijual (dilelang) oleh yang berpiutang bila yang terhutang tidak dapat melunasi kewajibannya pada saat jatuh tempo.

Perusahaan Umum Pegadaian adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfungsi memberikan pembiayaan dana, bentuk penyaluran dana kredit kepada masyarakat atas dasar hukum gadai.

Jenis-Jenis Pegadaian

Pegadaian konvensional

Jenis pegadaian ini merupakan suatu lembaga pemerintah yang memberikan uang pinjaman terhadap nasabah atas dasar hukum gadai. Pegadaian konvensional ini sudah tersebar ke semua pedesaan. Namun jenis pegadaian ini masih menggunakan sebuah sistem pencatatan manual, dengan menggunakan sistem bunga dan tarif jasa simpannya yang cukup besar.

Terkait:  Cara Iklan Di Instagram

Pegadaian Syariah

Jenis pegadaian ini adalah sebuah lembaga keuangan / devisi dari bentuk pegadaian dengan memberikan uang pinjaman sesuai dengan sebuah prinsip-prinsip syariat Islam. Banyak sekali keuntungan pada pegadaian syariah ini, yaitu antara lain :

  • Menggunakan sebuah sistem bagi hasil yang sesuai syariat dan prinsip-prinsip islam,
  • Tarif jasa simpan uang tidak terlalu besar,
  • Dan pada biaya administrasinya sangat kecil.
  • Tapi, pegadaian syariah ini dalam pencatatan  yang masih manual.

Cara Gadaikan Emas di Pegadaian

Cara Gadaikan Emas di Pegadaian
Cara Gadaikan Emas di Pegadaian

Nah, yang menjadikan gadai emas ini banyak di lirik adalah prosesnya yang tidak teralu menyita waktu dan lebih mudah dibandingkan dengan mencari pinjaman ke sana kemari. Alasan lainnya mengapa banyak yang menggadaikan emas ini di pegadaian karena keamannya terjamin dan milik pemerintah sehingga lembaga ini menjamin kemudahan dalam setiap proses transaksinya. Berikut cara menggadaikan emas dipegadaian yang penting untuk diperhatikan adalah sebagai berikut:

Biasanya syarat yang dipakai untuk menggadaikan emas adalah sebagai berikut:

Identitas diri seperti KTP, SIM, dan juga Paspor

Surat pembelian emas yang mana kamu bisa membawa bukti tersebut berupa nota pembelian emas, selain itu jika LM atau emas batangan kamu harus menyertakan atau tanda bukti kepemilikan emas. Selain itu terdapat beberapa pegadaian yang mewajibkan untuk melampirkan kartu keluarga.

Bagaimana Cara Gadaikan Emas di Pegadaian?

beberapa pilihan pinjaman dari Pegadaian buat gadai emas dengan syarat dan ketentuan masing-masing. Berikut ini detail syaratnya:

Kredit Cepat dan Aman (KCA)

Kredit Cepat dan Aman memberikan fasilitas pembiayaan dengan batas waktu pembayaran hingga 4 bulan yang bisa diperpanjang. Selain itu, nasabah KCA harus menandatangani Surat Bukti Gadai.

Syarat:

  • KTP/SIM/Paspor
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Penandatanganan Surat Bukti Gadai.

Gadai Bisnis

Gadai Bisnis adalah produk yang ditawarkan oleh Pegadaian yang ingin mendapatkan dana cepat untuk kegiatan usaha. Plafon pinjaman yang diberikan mencapai Rp 100 juta.

Terkait:  Cara Cek Kartu Telkomsel Aktif Sejak Kapan Untuk Tahu Umurnya

Beberapa syarat-syaratnya adalah:

  • KTP/SIM/Paspor
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Membayar biaya administrasi Rp 100.000

Krasida

Krasida merupakan pinjaman yang menggunakan sistem angsuran dengan nilai gadai mencapai 95% dari nilai taksir. Masa angsurannya bisa mencapai 36 bulan atau 3 tahun.

Beberapa syarat-syaratnya antara lain:

  • KTP elektronik
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Bukti emas.

Kredit Cepat dan Aman Prima (KCA Prima)

Kredit Cepat dan Aman Prima adalah pinjaman tanpa bunga (0%) dengan batas waktu pinjaman selama 60 hari. Beberapa syarat-syaratnya antara lain adalah:

  • KTP elektronik
  • Emas perhiasan atau emas batangan atau emas lantakan
  • Kartu Keluarga (KK)

Siapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan dalam pengajuan produk KCA

  • Siapkan barang agunan yang anda miliki guna mendapatkan produk kredit cepat dan aman KCA dari Pegadaian
  • Mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat yang melayani produk KCA, mengisi formulir pengajuan kredit KCA yg tersedia dikantor cabang.
  • Mendaftar online via Pegadaian digital service atau untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi call center Pegadain

Berikut 5 cara jual emas di pegadaian yang bisa kamu ikuti.

Sertakan surat pembelian emas

Saat memutuskan untuk menjual emas, jangan lupa sertakan surat pembelian emas yang berbentuk nota resmi. Biasanya, nota resmi ini akan didapatkan dari toko tempat kamu membeli emas tersebut. Oleh karena ukurannya yang kecil, sebaiknya kamu berhati-hati saat menyimpan surat tersebut.

Jangan sampai asal menyimpan sehingga akan hilang atau mungkin rusak. Pasalnya, surat tersebut merupakan bukti keaslian emas sehingga bisa menaikkan harga jual emas tersebut.

Teliti alat penguji keaslian emas

Biasanya toko perhiasan pada umumnya memberikan syarat pengecekan emas. Saat itu terjadi, pastikan kamu memperhatikan jenis alat yang digunakan untuk mengecek emas tersebut. Biasanya, di Pegadaian atau toko perhiasan yang jujur pasti memakai avometer atau X-Ray Flourescence.

Terkait:  Cara Cek Garansi HP Samsung Lewat Online, IMEI dan CS

Namun, saat pihak toko minta emasmu untuk digosok, jangan dituruti. Pasalnya, penggosokan tersebut biasanya untuk mengurangi kadar emas.

Jual di tempat beli emas tersebut

Saat kamu tidak bisa menemukan toko atau tempat yang sesuai untuk menjual emas, kamu bisa menjualnya di toko tempat kamu membelinya. Biasanya, toko tersebut pasti bersedia untuk menerima emas itu kembali. Namun, harganya akan lebih rendah dibandingkan saat kamu membelinya. Mungkin, nominal yang akan kamu terima hanya 70-80 persen dari harga beli.

Investasi emas adalah tindakan yang tak akan pernah merugikan dan bisa menjadi sumber dana kilat. Kamu akan mendapatkan untung berlebih jika jual emas di pegadaian dengan tips di atas. Jika memang berniat membeli emas untuk bisnis, sebaiknya carilah emas dengan mutu yang terbaik. Hal itu agar saat kamu menjualnya kembali bisa mendapatkan keuntungan.

Cari tempat jual emas yang tepat

Tidak semua toko perhiasan akan membeli emas dengan harga yang mahal. Tiap toko pasti memiliki kriteria yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu harus bisa memilih tempat jual emas yang sesuai.

Karena itulah, Pegadaian bisa dikatakan menjadi salah satu lokasi yang ideal untuk menjual emas. Sebab, Pegadaian akan membeli emas dengan harga yang relatif mahal yaitu sekitar 97 persen dari nilai jual di pasaran.

Kenali kadar emas dan harga jualnya

Bagi yang belum tahu, kadar emas adalah karat. Jadi nilai jual emas itu tergantung besar karat dan beratnya. Harga jual emas 24 karat tentu akan berbeda dengan emas 18 karat. Biasanya, nilai jual emas 24 karat lebih mahal.

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu nominal uang yang akan kamu terima sesuai dengan takaran emas yang akan kamu jual. Selain itu, berat emas juga ikut menentukan harga jualnya. Jadi, untuk mendapat keuntungan, pilih emas yang lebih dari 18 karat serta berkualitas.

Nah itu lah beberapa cara gadaikan emas dipegadaian secara lengkap beserta cara jual emas di pegadaian. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Related posts