Cara Exfoliating Toner

Cara Exfoliating Toner

Kamu pasti belum tahu cara exfoliating toner, bukan? Secara umum toner eksfoliasi merupakan salah satu produk skincare yang sangat diminati. Pasalnya, keberadaannya mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan memaksimalkan regenerasi kulit.

Jangan heran sebagian besar wanita bahkan pria selalu membutuhkannya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajahnya. Kamu tidak bisa eksfoliasi wajah dengan toner secara asal-asalan. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki jenis kulit wajah berbeda yang mana produk skincare nya juga menyesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

Kamu mungkin tahu eksfoliasi toner hanya untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah saja. Namun, tahukah kamu? Perawatan ini membantu menjaga kulit wajah tetap bersih, kencang dan sehat agar dapat terlihat awet muda (bila diimbangi dengan pola hidup sehat).

Wajah kamu akan tampak lebih glowing dan merona setiap hari. Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan perawatan ini tanpa pergi ke salon atau klinik kecantikan. Kamu cukup diam di rumah dan membeli toner dan skincare pendukung untuk eksfoliasi secara maksimal.

Cara Exfoliating Toner
Cara Exfoliating Toner

Apa itu Exfoliating Toner?

Exfoliating toner merupakan toner yang berfungsi melakukan eksfoliasi dengan mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. Toner ini bakal membersihkan semua sisa kotoran dan make up yang masih menempel di wajah setelah menjalani kesibukan sepanjang hari.

Toner ini terbuat dari gabungan alpha dan beta-hydroxy acid atau AHA dan BHA dan senyawa turunannya. Selain itu, senyawa turunan yang dimaksud merupakan glycolic acid, salicyl acid, serta lactic acid. Di samping itu, setiap asam mempunyai fungsi dan kegunaan masing-msing dalam merawat kebersihan maupun kesehatan wajah kamu.

Terkait:  Cara Menggunakan Mi Remote untuk AC, TV dan Lainnya

Cara Exfoliating Toner

Siapa yang tidak ingin mempunyai kulit wajah bersih, glowing dan sehat? Kamu sendiri pasti ingin memilikinya, bukan? Maka dari itu, cara exfoliating toner yang baik dan benar menjadi salah satu rahasia jitu mendapatkan kulit wajah berseri dan sehat.

Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli paket perawatan wajah yang bagus. Pasalnya, kamu cukup membeli toner yang mengandung AHA/BHA/PHA untuk melakukan eksfoliasi. Kamu bisa memakainya dalam kadar tertentu demi mencegah iritasi atau kemerahan bila kulit wajahmu sensitif.

Apabila kamu selalu memakai perawatan kulit dasar dan berencana menaikkan level peremajaan kulit dengan exfoliating toner, alangkah baiknya jangan langsung diterapkan begitu saja. Kamu harus tahu langkah-langkah dasar yang perlu dilakukan sebelum mengaplikasikan ke kulit wajah.

Gunanya agar kulit wajah dapat beradaptasi dengan produk basic skincare dan toner yang bakal digunakan. Selain itu, kulit wajah tidak akan kaget bahkan iritasi akibat kandungan zat pada toner dan kesehatannya tetap terjaga setiap hari.

Gunakan Exfoliating Toner yang Benar

Jangan pernah menggunakan exfoliating toner yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Pasalnya, setiap produk mempunyai kandungan bahan aktif dan zat berbeda yang satu sama lain memberikan hasil tertentu untuk kulit wajahmu.

Secara umum seseorang yang ingin mendapatkan kulit wajah bersih, glowing dan sehat akan selalu dianjurkan memilih serta menggunakan exfoliating toner yang mengandung AHA/BHA/PHA, salicylic acid dan glycolic acid yang membantu menjaga kebersihan dan kesehatan wajah.

Lakukan Uji Coba Terlebih Dulu

Apabila kamu sudah memilih produk exfoliating toner yang benar, silakan uji coba terlebih dulu. Kamu harus melakukannya untuk mengetahui reaksi kulit terhadap produk yang bakal dipakai. Kamu bisa mengoleskan sedikit toner ke area belakang telinga dan diamkan selama 10-15 menit.

Terkait:  Cara Investasi Reksadana untuk Pemula: Untung Mudah Terjamin!

Jika kamu merasa panas atau gatal, sebaiknya kamu mengganti produknya dengan basic skincare lain. Kami anjurkan kamu menggunakan produk exfoliating toner yang mengandung kadar acid rendah terlebih dulu agar dapat mencegah reaksi tertentu pada kulit wajahmu.

Jangan Pakai Exfoliating Toner Setiap Hari

Jika kamu belum pernah melakukan eksfoliasi wajah, sebaiknya adaptasi antara kulit wajah dan toner terlebih dulu. Caranya adalah menggunakan produknya seminggu sekali saat awal pemakaian, lalu ditingkatkan menjadi dua kali sepekan.

Apabila kulit wajah kamu sudah terbiasa dengan penggunaan exfoliating toner, maka kamu bisa meningkatkan frekuensi pemakaian sesuai petunjuk yang ada. Akan tetapi, pastikan kamu tidak melampaui batas kadar penggunaan demi mencegah iritasi yang menimbulkan kering atau luka pada kulit wajah.

Pakai Hydrating Toner Sesudah Eksfoliasi

Tak semua orang tahu bahwa penggunaan toner eksfoliasi bakal menyebabkan kering terhadap kulit wajah. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan hydrating toner dan moisturizer untuk menjaga kelembapan dan menenangkan kulit wajah.

Jangan pernah melewatkan pemakaian salah satu produknya yang mana fungsinya sangat penting mengembalikan kelembapan kulit. Apabila kamu membiarkan kulit wajah tetap kering sesudah memakai exfoliating toner, kulit wajah tidak akan menyerap kandungan zat dari produk skincare lain.

Jangan Gunakan Dua Produk Exfoliating Toner yang Sama

Bagi siapa saja yang baru pertama kali melakukan eksfoliasi wajah, sebaiknya tidak boleh memakai dua produk exfoliating toner yang sama. Apabila kamu sudah menggunakan toner eksfoliasi, sebaiknya jangan dilanjut dengan memakai produk perawatan seperti clay mask atau face scrub.

Keduanya mempunyai fungsi yang sama untuk membuat kulit wajah lebih eksfoliasi dan memicu timbulnya masalah bahkan kerusakan pada lapisan kulit. Hindari penggunaan produk-produk tersebut untuk menjaga kulit wajah tetap sehat.

Terkait:  Cara Jumper Aki Mobil

Gunakan Sunblock Sesudah Eksfoliasi

Pemakaian toner eksfoliasi sebenarnya membuat kulit wajah cenderung lebih sensitif terhadap sinar matahari. Pasalnya, sel-sel kulit mati bakal terangkat dan wajahmu tidak terlindungi dengan produk skincare apapun. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan sunblock atau sunscreen sesudah melakukan eksfoliasi wajah.

Kamu wajib mengikuti pemakaian sunscreen yang benar untuk memberi perlindungan ekstra terhadap kulit. Alhasil, kulit wajah akan terhindar dari noda hitam dan terlindungi meski berada di bawah paparan sinar matahari terus menerus.

Lakukan Eksfoliasi Sekali Sehari

Kamu pasti beranggapan bahwa eksfoliasi harus dilakukan dua atau tiga kali sehari, bukan? Padahal, asumsi tersebut salah karena pengelupasan sel kulit mati hanya bisa dilakukan sekali sehari saja. Tujuan utamanya agar mencegah timbulnya over exfoliating yang dapat merusak lapisan kulit wajah.

Kamu tidak boleh melakukan ekfoliasi secara berlebihan dan sebaiknya dilakukan saat malam hari, apalagi sebelum tidur. Waktu ini menjadi momen tepat yang mana seseorang tidak akan keluar rumah dan langsung istirahat, sedangkan wajah akan tampak cerah keesokkan harinya.

Hindari Pemakaian Toner Exfoliating Saat Kulit Iritasi

Kamu bukan hanya dilarang melakukan eksfoliasi wajah secara berlebihan, namun hindari pemakaian produk toner exfoliating saat kulit sedang iritasi. Kulit yang sedang kemerahan bahkan iritasi sangat sensitif karena ada kerusakan pada lapisan kulit, sedangkan masalah kulit akan lebih parah bila ditambah dengan pemakaian produk skincare apapun.

Demikian pembahasan mengenai cara exfoliating toner yang perlu diperhatikan. Siapa saja apalagi pemula tidak boleh sembarangan menggunakan produknya. Kamu bisa memakainya sekali sehari dan pastikan skincare dan toner yang digunakan sesuai dengan jenis kulit wajah kalian.

Similar Posts