Cara Iklan di Shopee

Cara Iklan di Shopee
Cara Iklan di Shopee

Kamu ingin menggunakan iklan di toko shopeemu tapi masih bingung caranya? Tenang, karena artikel ini akan membahas bagaimana cara iklan di shopee dengan mudah supaya bisa menaikan performa tokomu. So, simak ya!

Saat ini aplikasi marketplace memang sedang digandrungi banyak orang. Teknologi yang kian berkembang membuat belanja menjadi lebih mudah dengan adanya berbagai macam platform jual-beli online. Salah satunya adalah aplikasi shopee yang saat ini menjadi aplikasi e-commerce terbanyak digunakan oleh orang Indonesia. Saat ini Shopee telah menyediakan fitur Iklanku yang dapat membantu seller dalam promosi produk. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui cara iklanku di Shopee.

Read More

Strategi pemasaran secara digital kini menjadi senjata ampuh untuk menaikkan brand awareness produk dan meningkatkan penjualan. Terlebih kini sebagian besar kegiatan penjualan dan pembelian produk dilakukan secara online.

Sebagai brand owner, kamu pun harus mempelajari dan memiliki strategi pemasaran produk secara online dengan tepat. Misalnya dengan menggunakan fitur My Shopee Ads yang disediakan oleh pihak Shopee secara resmi.

Seperti yang kamu tahu, Shopee merupakan e-commerce yang populer di kalangan masyarakat. Karena menyediakan sistem pembayaran, transaksi, pilihan pengiriman yang beragam, juga menawarkan berbagai jenis diskon dan promo yang menarik.

Apa Itu Iklanku di Shopee?

Iklanku merupakan sebuah fasilitas atau fitur yang disediakan dalam situs e-commerce Shopee. Tujuan fitur ini untuk memungkinkan seller mempromosikan produk yang mereka jual, sehingga dapat ditemukan dengan mudah oleh target pasar.

Shopee memang lapak online yang sangat laris, tapi persaingannya juga tak kalah tinggi. Untuk itu, fitur ini disediakan untuk mendukung para pelaku bisnis agar mampu bersaing ketat dan memaksimalkan penjualan produk.

Tak hanya itu, ketika menggunakan cara iklan di Shopee ini, peluang yang kamu miliki pun akan sangat besar. Karean menurut data yang dari Databoks, Shopee menjadi e-commerce nomor dua dengan jumlah kunjungan terbesar di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, simak data berikut ini, ya!

Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan Di Shopee

Nah, dengan tingginya jumlah pengguna Shopee di atas, bisa kamu bayangkan seberapa efisiennya dan efektifnya pemasaran yang akan kamu lakukan. Terlebih, orang yang mengakses Shopee sebagian besar telah benar-benar ingin berbelanja. Artinya, kemungkinan peningkatan penjualan produk kosmetik yang kamu buat pun akan semakin tinggi juga.

Jenis-Jenis Iklanku di Shopee

Fitur My Shopee Ads terdiri dari tiga jenis yang berbeda. Kamu bisa menyesuaikan jenis iklan tersebut dengan kebutuhan dan strategi pemasaran yang telah kamu rancang sebelumnya. Nah, apa saja jenis iklan di My Shopee Ads yang bisa kamu coba? Yuk, simak ketiga jenisnya berikut ini!

Iklan Pencarian Produk (Keyword Search)

Jenis iklan yang pertama adalah lewat iklan pencarian produk. Dalam jenis My Shopee Ads satu ini memungkinkan pembeli dengan mudah menemukan produk yang kamu jual sebagai hasil pencarian kata kunci yang dipasang tersebut.

Dengan kata lain adanya iklan ini akan memungkinkan produk milikmu mendapatkan lebih banyak visibilitas, khususnya pada konsumen yang benar-benar kamu targetkan.

Biaya dari iklan kata kunci ini pun terbilang cukup ekonomis karena hanya dikenakan biaya per-klik. Yap! Artinya kamu hanya perlu membayar iklan yang sampai pada target audience yang kamu tuju.

Iklan Pencarian Toko

Jenis iklan yang ditawatkan pada fitur My Shopee Ads selanjutnya adalah iklan pencarian toko. Yang membantu menampilkan nama toko, voucher toko, hingga produk dari toko online milikmu yang paling relevan dengan pencarian pembeli.

Dilengkapi dengan opsi untuk menyesuaikan tampilan gambar dan tagline untuk iklan produk yang kamu pasang. Dengan iklan pencarian toko, kamu bisa mendapatkan lebih banyak visibilitas untuk toko atau brand kosmetik milikmu.

Misalnya, ketika kamu menjual produk-produk dekoratif, seperti eyeshadow, lip cream, bedak wajah, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan kata kunci seperti ‘Kosmetik’, ‘lip cream’ dan berbagai keyword sejenis.

Terkait:  Biaya Iklan di Shopee

Tampilan pada situs Shopee

Dalam Iklan Pencarian Produk ini, kampanye yang kamu buat akan ditampilkan pada posisi lima teratas pada halaman pencarian. Setelahnya, aka nada lima kampanye lain yang akan ditampilkan pada tiap 40 produk dalam halaman hasil pencarian.

Tampilan pada aplikasi Shopee

Tak hanya itu, iklan ini pun akan ditampilkan pada dua posisi teratas dalam hasil perncarian Shopee. Tentu dengan kata kunci yang telah ditentukan dan dimasukkan sebelumnya. Setelah itu, iklan akan juga ditampilkan tiap tiga produk dalam halaman pencarian aplikasi Shopee.

Iklan Produk Serupa

Jenis My Shopee Ads selanjutnya adalah iklan produk serupa, yang biasanya ditempatkan dengan produk serupa atau dengan kata kunci yang sama dengan produk milikmu. Tujuannya pembeli yang tertarik dengan produk toko lain tersebut akan tertarik dengan Iklan Produk Serupa yang kamu pasang.

Cara Iklan di Shopee

Cara Iklan di Shopee
Cara Iklan di Shopee

Cara Iklan di Shopee Menggunakan Fitur Iklanku

Berikut ini cara setting iklan Shopee yang Benar supaya banyak penjualan yang bisa kamu peroleh:

  • Silahkan kamu Login ke Seller Centre Shopee.
  • Klik Promosi Saya > Iklan Shopee untuk memulai memasang iklan.
  • Klik Iklan Kata Kunci di bagian pojok kiri atas halaman Shopee. Lalu, klik +Iklan Kata Kunci Baru di bagian kanan bawah halaman Shopee.
  • Pilih Produk apa saja yang akan dipromosikan, Lalu klik Konfirmasi.
  • Tentukan Modal (Tanpa Batas dan Tentukan Modal) dan Periode (Tanpa Batas Waktu dan Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai) untuk Iklan kamu.
  • Atur Kata untuk pencarian sesuai dengan produk kamu. Ada 2 tipe pengaturan kata pencarian, yakni pilihan otomatis dan pilihan manual.

Jika kamu memilih Pilihan Otomatis, maka sistem Shopee akan mengatur dan mengoptimalkan kata pencarian. Jika kamu tidak yakin memilih kata untuk pencarian, kamu bisa menggunakan Pilihan Otomatis untuk mengatur dan mengelola iklan dengan upaya yang minimal.

Pilihan Manual bisa kamu gunakan untuk mengatur kata pencarian sendiri sesuai dengan keinginan kamu. Caranya klik +Tambah Rekomendasi Kata Pencarian. Shopee akan otomatis memberikan kata kunci untuk pencarian yang relevan dengan produk kamu berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari dalam jangka waktu 30 hari terakhir. Jika kamu tidak ingin kata pencarian rekomendasi Shopee, kamu bisa klik icon Tong Sampah di paling kiri.

Terkait:  Cara Bayar Indihome Lewat Shopee [Yang Mudah] Sekali Klik💔

Variasi Produk

Memperbanyak variasi produk yang kamu jual di Shopee dapat menjadi cara optimasi Shopee kamu untuk meningkatkan penjualan. Variasi barang di toko online kamu akan membuat pembeli memiliki banyak pilihan dan mencegah mereka untuk melirik dan pindah ke toko lain. Lengkapi variasi produk yang kamu punya misalnya dari segi ukuran dan warna produk.

Apabila kamu memiliki banyak variasi produk, hal tersebut akan membuat kesempatan pembeli untuk berbelanja di toko kamu semakin besar. Karena kamu memiliki variasi produk yang lengkap, pembeli akan menemukan produk sesuai dengan apa yang mereka mau.

Gunakan Promo

Cara optimasi shopee kamu berikutnya adalah penggunaan fiur promo yang disediakan Shopee. Penggunaan fitur ini dapat menjadi strategi marketing kamu untuk menarik pembeli agar membeli produk kamu. Promo yang bisa kamu gunakan dapat berupa potongan harga atau pemberian voucher toko.

Ada 4 fitur promo di Shopee yang bisa kamu gunakan sebagai penjual.

  • Pertama, Iklanku untuk mengiklankan toko, promo, dan produk yang kamu akan jual.
  • Kedua, promo toko mandiri yang dibuat penjual.
  • Ketiga, promo yang kamu buat saat Shoppe membuat event misalnya dengan memberi voucher toko kepada pelanggan.
  • Menggunakan SEO Pada Shopee kamu juga bisa menggunakan SEO di Shopee sama halnya dengan SEO yang ada pada tulisan di situs atau website. SEO ini dapat mengoptimasi penjualan kamu. Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan SEO Shopee adalah membuat konten dengan struktur tulisan yang baik, unik, informatif, dan relevan dengan kata kunci pencarian yang tepat.

Variasi Produk

Memperbanyak variasi produk yang kamu jual di Shopee dapat menjadi cara optimasi Shopee kamu untuk meningkatkan penjualan. Variasi barang di toko online kamu akan membuat pembeli memiliki banyak pilihan dan mencegah mereka untuk melirik dan pindah ke toko lain. Lengkapi variasi produk yang kamu punya misalnya dari segi ukuran dan warna produk.

Demikianlah informasi mengenai cara iklan di shopee, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudahmembacanya hingga selesai. See u!

Related posts