Cara Investasi Emas

Emas sudah menjadi salah satu barang penting yang mana keberadaannya patut diperhitungkan. Tapi, sebagian besar orang justru belum tahu cara investasi emas supaya bisa menambah income dengan menyimpannya menjadi saham jangka panjang.

Padahal, kalian tidak perlu grogi bahkan takut ambil peran dalam dunia investasi emas. Secara umum mayoritas investor mengaku memberanikan diri membeli emas dengan jumlah cukup tinggi agar mereka dapat mengantongi income yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

Read More

Jangan pernah berpikir bahwa berinvestasi emas tidak menguntungkan bahkan merugikan tanpa income sama sekali. Pasalnya, kalian harus mengikuti arus perkembangan harga emas yang notabene selalu meningkat secara berkala.

Emas menjadi salah satu produk investasi pilihan para investor pemula sampai profesional. Mereka mengaku bahwa harganya jarang turun sehingga tidak dapat menelan kerugian seperti berinvestasi dengan produk lainnya. Alhasil, kalian bisa mengantongi cuan cukup banyak dengan risiko lebih rendah.

Cara Investasi Emas
Cara Investasi Emas

Apakah Investasi Emas Menguntungkan?

Orang-orang belakangan ini sedang ramai melakukan investasi emas, baik jangka panjang atau pendek. Bagaimana tidak, para investor memastikan bahwa produk investasi pilihan mereka tidak pernah memberikan risiko besar bila terjadi penurunan harga dalam momen tertentu.

Emas menjadi salah satu barang investasi yang mempunyai risiko lebih kecil sampai sekarang. Tak hanya itu, emas adalah produk investasi yang cukup kebal terhadap inflasi. Hal ini dikarenakan saat nilai mata uang menurun, harga emas justru stabil bahkan meningkat.

Apabila kalian memberanikan diri berinvestasi emas, maka kalian bisa terhindar dari kerugian seperti bangkrut. Apabila kamu investasi emas, terutama emas batangan bahwa uang yang sudah dialihkan tidak mungkin menyusut bahkan hilang.

Terkait:  Cara Investasi Saham di BRI Danareksa Sekuritas

Emas juga menjadi salah satu produk investasi yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Pasalnya, kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli emas. Kalian cukup siapkan budget kurang dari Rp.5 juta supaya bisa memilikinya dan menyimpannya kembali sebagai produk investasi di masa depan.

Mengapa Harus Investasi Emas?

Bagi siapa saja yang sedang berencana melakukan investasi jangka panjang, sebaiknya kalian memilih emas sebagai produk utamanya. Secara umum emas mempunyai permintaan tinggi yang selalu diminati semua elemen masyarakat.

Selain itu, emas memiliki nilai lebih universal yang tidak akan pernah kehilangan intrinsiknya. Jangan heran berinvestasi emas tidak memberikan kecemasan, sehingga finansial kalian dapat lebih aman dan terkendali dibandingkan berinvestasi dengan produk mana pun.

Sementara itu, emas mempunyai tingkat likuiditas lebih tinggi daripada produk investasi mana pun. Emas akan selalu dihargai sehingga kalian dapat mencairkannya menjadi uang tunai dalam jumlah tertentu.

Kalian tidak perlu khawatir selama berinvestasi emas yang mana setiap pemiliknya akan menerima jumlah uang tunai dengan nilai stabil. Kondisi ini berbeda dengan berinvestasi aset atau produk lain, sedangkan nilainya bisa saja merosot sesuai gelombang ekonomi yang merosot bahkan anjlok secara drastis.

Jenis Investasi Emas

  • Emas Batangan

Secara umum emas batangan berpacu terhadap semua bentuk emas murni, contohnya adalah emas batangan. Emas ini biasanya memiliki nomor seri terlampir untuk mengesahkan keasliannya. Ukurannya bervariasi dan wajib dibeli di tempat aman supaya kalian bisa investasi.

  • Perhiasan Emas

Jenis ini biasanya disebut sebagai bentuk investasi yang sering dibeli dan dijual. Secara umum perhiasan emas sangat baik untuk pemula lantaran bisa ditemukan dengan mudah. Informasi terbaru menyebutkan bahwa sebanyak 49% produksi emas global dipakai untuk perhiasan.

  • Koin Emas
Terkait:  Cara Memilih Reksadana

Kalian mungkin tidak asing dengan popularitas koin emas. Eksistensinya sangat melambung dan ukurannya lebih kecil. Selain itu, investor bisa membelinya di kolektor atau dealer swasta. Pemula biasanya diwajibkan membeli koin emas untuk berinvestasi dalam jangka panjang.

  • Emas Berjangka

Barangkali kalian belum tahu kalau emas berjangka adalah kontrak berjangka untuk membeli dan menjual emas di titik waktu tertentu. Secara umum kontraknya mewakili emas tertentu, sedangkan nilainya bergantung pada spesifikasi yang dibayar dengan USD$ atau emas murni.

  • EFT Emas dan Reksa Dana

Secara umum uang yang didagangkan di bursa emas (EFT) serta reksa dana merupakan akun yang membeli emas atas nama investor. Saham membentuk uang tersebut mewakili jumlah emas tetap dan bisa dibeli atau dijual seperti saham, serta disebut sebagai metode investasi terbaik.

  • Perusahaan Streaming dan Royalti

Investasi pada perusahaan streaming dan royalty menjadi langkah lain untuk berinvestasi emas dalam saham. Beberapa perusahaan tersebut bakal memberi uang muka (DP) kepada perusahaan pertambangan untuk hak beli emas maupun keperluan lain di kemudian hari.

  • Perusahaan dan Saham Penambangan Emas

Langkah menarik menggabungkan investasi emas dan saham tradisional adalah dengan melakukannya di perusahaan penambangan emas. Kalian cukup beli saham di perusahaan yang sudah bekerja dengan emas, investor bisa akses keuntungan tanpa beli atau jual sendiri.

Cara Investasi Emas

Barangkali kalian belum tahu bahwa cara investasi emas sebetulnya simpel. Namun, orang-orang justri enggan bahkan takut melakukannya sampai sekarang. Bagaimana tidak, para investor pemula yang sedang berencana investasi justru mengurungkan niatnya akibat belum paham akan hal tersebut.

Kalian sebenarnya tidak perlu memutar otak setiap hari untuk meraup cuan dari emas yang sudah diinvestasikan sebagai saham. Sebab, kalian tidak akan menelan kerugian karena harga emas nyaris tidak pernah anjlok.

Terkait:  Cara Investasi Emas di Pegadaian

Emas sudah menjadi salah satu produk investasi yang mana penggunaannya akan selalu dibutuhkan seluruh elemen individu atau kelompok. Di samping itu, siapa saja pasti gemar memiliki dan mengoleksi emas.

Kalian tidak perlu merogok kocek terlalu dalam sehingga dapat menginvestasikan emas dalam bentuk apapun sebagai saham. Kalian juga perlu menentukan partner terbaik sebagai objek atau subjek yang bakal menyimpan emas tersebut menjadi saham kalian untuk menambah cuan di masa depan.

Ketahui Tujuan Berinvestasi Emas

Siapa saja yang baru berinvestasi emas sebaiknya tahu tujuan utama melakukan kegiatan ini. Apabila kamu melakukannya dalam jangka panjang, investasi emas bisa digunakan untuk pendidikan, DP rumah, pernikahan, tabungan hari tua dan lainnya.

Apabila kalian sudah menentukan tujuannya, kalian harus langsung menentukan jangka waktu berinvestasi. Jika kalian memang ingin berinvestasi jangka panjang, sebaiknya lakukan paling tidak selama 5-10 tahun agar dapat merasakan dampak positif dari jerih payah yang sudah dilakukan.

Amati Harga Emas

Tak sedikit orang enggan memperhatikan harga emas, padahal nilainya berdampak terhadap investasi yang sedang berjalan. Secara umum kenaikan harga emas akan berlangsung mendadak dalam batas wajar.

Apabila harganya sedang turun, kalian bisa mempertimbangkan lebih dari anggaran untuk beli beberapa gram emas daripada sebelumnya. Jika harganya naik, sebaiknya kalian tidak langsung jual dan tetap konsisten berinvestasi. Kecanggihan informasi dan teknologi sekarang membantu kalian bisa memantau harga emas secara digital.

Demikian pembahasan mengenai cara investasi emas yang harus kalian tahu. Jangan pernah berpikir berinvestasi emas adalah sesuatu yang sulit dan hanya bisa dilakukan orang tertentu. Kalian juga bisa melakukannya dengan mengikuti panduan dari kami untuk menanam saham yang berlimpah di masa depan.

Related posts