Cara Google Meet Di Laptop

  • Whatsapp

Di jaman sekarang ini seorang karyawan maupun anak sekolah pasti sangat membutuhkan google meet terlebih jika disuruh instansi WFH. Namun saya yakin tidak semuanya paham bagaimana cara menggunakannya, untuk itu artikel ini akan mengupas secara tuntas bagaimana cara google meet di laptop dengan mudah. So, ikuti artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Google Meet?

Google Meet merupakan layanan aplikasi video converence kelas premium yang dikembangkan oleh perusahaan internet terbesar ( Google ). Aplikasi ini memiliki kualitas layanan yang cukup baik yang mampu menampung peserta teleconference hingga 250 orang bersamaan dalam grid di satu layar. Sementara untuk masalah kualitas dan keamanan jangan diragukan lagi, aplikasi ini menawarkan kualitas yang cukup tinggi untuk mendukung pertemuan – pertemuan penting secara online. Inilah salah satu penerapan manfaat internet bagi kehidupan sehari – hari.

Read More

Fungsi Google Meet

Seperti yang telah dijelaskan diatas fungsi Google Meet adalah untuk video conference yang mampu menampung hingga 250 peserta, Sehingga sobat dapat menggunakannya untuk proses belajar mengajar, rapat – rapat penting perusahaan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan adanya layanan Google Meet ini sangat membantu kita semua tentunya untuk dapat terus belajar, bekerja dan melakukan aktifitas lainnya hanya dengan mengakses internet dirumah.

Ok sekitan ulasan mengenai apa itu Google Meet, semoga ulasan diatas dapat memberikan pencerahan mengenai fungsi Google Meet untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan seputar teknologi komputer berikutnya.

Terkait:  Cara Auto Admit Google Meet

Fitur Unggulan Google Meet

Sebenarnya mengapa sih, Google Meet sangat digemari oleh orang-orang untuk digunakan? Ternyata, hal tersebut terjadi karena fitur-fitur Google Meet berikut ini, geng:

  • Tersedia secara gratis

Gak perlu takut mengeluarkan biaya mahal untuk membuat sebuah rapat virtual di Google Meet. Kamu bisa menikmatinya secara gratis meskipun dibatasi hingga 60 menit untuk room dengan peserta berjumlah 3 orang atau lebih.

Dahulu, Google Meet memang sebuah layanan berbayar, tapi kini sudah tidak lagi, geng. Kalau waktu 60 menit terasa kurang, kamu bisa membuat room gratis baru, kok.

Nah, kalau kamu mau yang berbayar, kamu bisa berlangganan Google Meet Premium dengan membayar 8 dolar AS per bulan bisa membuat Room hingga 24 jam dan jumlah peserta maksimal 150 peserta.

  • Mudah digunakan

Keunggulan yang satu ini merupakan kemenangan bagi Google Meet dibandingkan aplikasi serupa lainnya. Dengan kemudahan dalam mengoperasikannya, aplikasi ini menjadi ramah digunakan bagi siapa saja, baik tua maupun muda.

  • Adanya integrasi dengan Google Calendar

Menggunakan aplikasi besutan Google berarti kita akan menerima banyak keuntungan dan kemudahan, karena sinkronisasinya dengan layanan Google lainnya.

Sama halnya dengan jadwal meeting menggunakan Google Meet yang bisa diintegrasikan dengan Google Calendar, kita gak akan lupa untuk menghadiri rapat sesuai jadwal, deh.

  • Kapasitas room meeting

Banyaknya peserta dalam satu ruangan meeting juga membuat Google Meet menjadi pilihan tepat. Asal kamu tahu, layanan gratisnya saja bisa memuat hingga 100 orang.

Ingin meningkatkan kapasitas ruangan? Kamu bisa berlangganan Google Suites dan membuat ruangan berkapasitas hingga 250 peserta, geng. Namun, fitur ini dikhususkan bagi perusahaan atau enterprise.

Hadirnya layanan enkripsi video

Sudah semestinya sebuah penyedia layanan konferensi video menyediakan fitur enkripsi untuk menjaga data sensitif kliennya.

Itu pula yang diberikan oleh Google Meet dengan menghadirkan fitur enkripsi, sehingga data pengguna langsung dilenyapkan setelah menggunakan aplikasinya demi menghindari jual-beli data yang marak terjadi.

Terkait:  Cara Enter di Google Form

Cara Google Meet Di Laptop

Cara Google Meet Di Laptop
Cara Google Meet Di Laptop

Syarat untuk menggunakan layanan ini pun mudah. Yaitu, pengguna cukup memiliki akun Google. Cara menggunakan Google Meet di Laptop cukup mudah.

Tak perlu repot-repot mengunduh aplikasi tambahan, kamu bisa langsung menggunakan jika sudah memiliki akun Google. Berikut cara menggunakan Google Meet di laptop  rangkum dari berbagai sumber.

Search Google Meet pada kolom pencarian

Untuk mendapatkan aplikasi ini maka kamu harus mencari Google Meet di pencarian Google. Secara langsung kamu akan diantarkan ke situs tersebut. Di sana ada beberapa menu yang bisa kamu gunakan sebelum memulai pertemuan.

Masuk akun atau buat akun

Cara menggunakan Google Meet di Laptop setelah kamu berada di dalam beranda. Cobalah untuk masuk menggunakan akun yang sudah dimiliki di Google Meet. Jika kamu belum pernah membuat akun maka bisa menggunakan semua akun yang terhubung ke Google.

Klik join atau start meeting

Cara menggunakan Google Meet di Laptop sebelum melakukan meeting Klik Join atau Start Meeting pada menu. Di sini kamu bisa mendapatkan meeting ID atau identitas untuk melakukan meeting. Secara langsung bisa mendapatkan password kemudian linknya.

Tuliskan judul pada meeting

kamu bisa menambahkan judul pada meeting yang sedang atau akan dilakukan. Secara langsung judul tersebut bisa dilihat oleh para peserta meeting. Cara menggunakan Google Meet di Laptop ini adalah untuk memudahkan siapapun agar mengetahui siapa yang melakukan undangan meeting.

Berikan akses untuk izin mikrofon dan kamera

Cara menggunakan Google Meet di Laptop yang selanjutnya adalah melakukan setting pada mikrofon dan kamera. kamu bisa melakukan cek pada kamera atau mikrofon jika memang sudah sesuai dengan settingan. Tanpa memberikan izin atau akses pada kedua bagian ini maka meeting tidak akan bisa berlangsung secara optimal.

Cara Memulai Google Meet

Klik join now atau present

Untuk kamu yang menjadi host saat meeting maka bisa menekan tombol present. Artinya, kamu bisa memulai untuk melakukan meeting dan mengundang peserta lainnya. Bagikan link kemudian password untuk join meeting kepada peserta meeting lainnya.

Terkait:  Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Menu join now adalah cara menggunakan Google Meet di Laptop untuk bergabung dengan meeting yang telah dibuat atau berlangsung. kamu akan mendapatkan link kemudian password untuk melakukan meeting. Ketika bergabung kamu akan berada dalam room dan bisa melakukan percakapan secara langsung.

Berikan link untuk join pada peserta lain

Jika kamu menjadi host dalam meeting maka bisa membagikan link kepada peserta lainnya. Secara langsung peserta akan masuk ke dalam room yang dibuat dan hanya perlu memasukan password.

Kamu juga dapat melakukan pengaturan kualitas resolusi dari webcam pada menu Settings di Google Meet. Apabila kamu ingin menutup video conference, maka hanya tinggal menekan tombol berlambang telepon berwarna merah.

Selain Get a meeting link to Share, tombol New Meeting juga memiliki pilihan menu lainnya seperti Start an instant meeting dan Schedule in Google Calendar.

Start an instant meeting memungkinkan kamu langsung masuk ke halaman video conference dari Google Meet dan hanya tinggal memberikan link yang terlihat di Adress Bar browser kepada orang lain untuk mengikuti konferensi.

Sementara Schedule in Google Calendar mengizinkan kamu membuat konferensi atau rapat yang dijadwal dengan menyimpan link di Google Calendar. Kamu dapat mengajak atau mendaftarkan orang lain untuk mengikuti konferensi di Google Meet ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Bagi kamu yang menggunakan smartphone, sangat dianjutkan untuk menggunakan aplikasi agar lebih memudahkan konferensi dengan menggunakan Google Meet. Apabila kamu mendapatkan link konferensi dari orang lain, maka biasanya akan diarahkan ke aplikasi Google Meet yang telah terpasang di smartphone.

Demikianlah cara google meet di laptop secara lengkap dan mudah digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See u!

Related posts