Cara Investasi Reksadana

Bagaimana cara investasi reksadana? Kalian pasti bingung bahkan tidak tahu dari mana memulainya. Namun, kalian tidak perlu khawatir karena mayoritas orang yang sedang berencana berinvestasi reksadana sudah bisa mencari tahu segalanya melalui jagat maya.

Kalian bisa mendatangi perusahaan finansial terdekat dan segera berinvestasi sesuai kebutuhan masing-masing. Reksadana sudah menjadi salah satu aspek penting yang diperhitungkan karena memberi keuntungan jangka panjang untuk para investor.

Read More

Reksadana mempunyai beragam jenis investasi yang mungkin belum kalian tahu. Oleh karena itu, penting sekali kalian menganalisa setiap produk investasinya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Di samping itu, investasinya memiliki kelebihan dan kelemahan yang patut diperhitungkan agar kalian dapat meminimalisir kerugian. Reksadana sendiri sudah menjadi salah satu investasi terkemuka yang sedang naik daun dan dipilih masyarakat. Investor membuktikan produknya bagus dan berguna untuk menstabilkan sektor ekonominya di masa depan.

Cara Investasi Reksadana
Cara Investasi Reksadana

Apa itu Reksadana?

Apabila melansir melalui website resmi Bursa Efek Indonesia via www.idx.co.id, reksadana diartikan sebagai tempat yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat permodal untuk diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam portofolio efek.

Manajer Investasi akan bekerja dengan dukungan tenaga profesional dalam mengelola investasi. Tenaga profesional tersebut biasanya terdiri dari Tim Pengelola Investasi serta Komite Investasi yang satu sama lain sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Reksadana juga bisa dibilang sebagai tempat yang digunakan masyarakat untuk berinvestasi di beberapa instrumen pasar keuangan. Peraturan ini sudah tertera pada Undang-undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995.

Kalian tidak perlu khawatir berinvestasi lantaran reksadana terdata oleh pemerintah dan resmi. Maka dari itu, kalian bisa langsung menentukan perusahaan mana yang bisa bekerja sama untuk melakukannya agar kalian dapat memaksimalkan potensi finansial di masa depan.

Terkait:  Cara Berjualan di Shopee

Cara Kerja Reksadana

Reksadana mempunyai beragam kelebihan yang patut diperhitungkan, salah satunya adalah verifikasi investasi yang mana investasinya bakal dipecah ke berbagai macam instrumen. Investasi ini bukan sekadar ditanam ke satu perusahaan saja, tapi pada beberapa badan usaha.

Kinerja tersebut membuat nilai suatu saham pada perusahaan A menurun, tidak selalu membuat uang yang sudah diinvestasikan pada instrumen tersebut bakal turun juga. Sebab, investasi kalian akan tetap aman dan stabil lantaran masih punya investasi yang disimpan di instrumen atau perusahaan lain oleh Manajer Investasi.

Jenis-jenis Reksadana

  • Reksadana Pendapatan Tetap
    Kalian bisa mengalokasikan investasi reksadana pendapatan tetap yaitu menempatkan dana pada efek utang (obligasi) dengan komposisi minimum 80%. Selain itu, surat utang atau obligasi bisa berupa obligasi pemerintah maupun korporasi.

    Reksadana Pendapatan Tetap memiliki berbagai macam keutamaan seperti investasi bisa dimulai dengan modal sebesar Rp.100,000 dan sesuai untuk investasi dalam jangka waktu menengah, yakni selama 1-3 tahun.

  • Reksadana Campuran
    Reksadana Campuran biasanya mengalokasikan uangnya di beragam instrumen keuangan sekaligus seperti surat utang (obligasi), deposito, saham dan pasar uang. Reksadana Campuran punya berbagai macam keutamaan yang patut diperhitungkan setiap investor.

    Kamu bisa mendapatkan profil risiko lebih rendah dengan komposisi penempatan sekitar 70-80% di instrument pasar uang dan obligasi. Reksadana ini sesuai untuk pemula atau investor berjenis konservatif atau moderat yang cari tingkat risiko rendah.

  • Reksadana Saham
    Reksadana Saham selalu menempatkan uangnya minimum 80% ke beberapa efek saham dan sisanya 20% dialokasikan ke pasar uang. Reksadana Saham punya keutamaan yang mampu memulai investasi dengan modal sebesar Rp.10,000 dan dibeli via Bukalapak atau Tokopedia.

    Meski begitu, reksadana ini memiliki kelemahan seperti ada biaya investasi yang dibebankan terhadap pengurangan hasil investasi kepada para investor, serta tidak bisa dicairkan setiap saat.

  • Reksadana Pasar Uang
    Reksadana Pasar Uang akan mengalokasikan seluruh dananya pada instrument pasar uang seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), dan obligasi yang jatuh temponya kurang dari setahun.

    Reksadana Pasar Uang punya kelebihan seperti ditujukan untuk investasi jangka pendek dan waktu investasinya fleksibel selama 1-10 hari. Selain itu, kalian juga bisa berinvestasi dengan modal minimum Rp.100,000.

Apakah Beli Reksadana Mahal?

Secara umum keuntungan yang didapatkan dari reksadana sama sekali tidak berpengaruh terhadap besar atau kecilnya nilai pembelian awal setiap investor. Kalian bisa mempunyai investasi reksadana dengan modal minim dan memperoleh potensi keuntungan besar daripada produk tabungan bank.

Faktor penentu berubah harga reksadana adalah keberhasilan taktik manajer investasi, kondisi harga pasar dan obligasi dan saham, serta faktor-faktor lain seperti situasi fundamental perekonomian Tanah Air.

Reksadana Online Mulai dari Rp.10.000, Apa Terlalu Murah?

Jangan pernah berpikir bahwa investasi reksadana harus merogoh kocek sangat dalam. Pasalnya, kalian bisa berinvestasi dengan modal minimum Rp.10,000. Kebijakan ini sudah berlaku sejak tahun 2019 dan siapa saja bisa melakukannya secara online via e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Apabila kalian ingin membeli reksadana di marketplace investasi Bareksa atau Indopremier (IPOTFUND), kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.100,000 sebagai modal minimum untuk langsung berinvestasi saat ini juga.

Cara Investasi Reksadana

Bagi siapa saja yang belum tahu cara investasi reksadana bahwa siapa saja bisa melakukannya dengan mudah. Kamu bisa mengakses beberapa e-commerce yang sudah kami sebutkan di atas sehingga kegiatannya berjalan dengan lancar.

Kamu bahkan tidak perlu menguras kantong terlalu dalam supaya bisa berinvestasi jangka pendek atau panjang. Pasalnya, kalian cukup siapkan budget sebesar Rp.10,000 sehingga dapat melakukannya untuk memastikan cuan yang masuk bakal bertambah secara cepat.

Reksadana sudah menjadi salah satu investasi penting yang diperhitungkan sekarang. Jangan heran sebagian besar masyarakat akan tergiur dengan segalanya yang disediakan sesuai jenis reksadana pilihan masing-masing.

Produknya bagus dan menarik supaya bisa membantu perekonomian semakin baik dan stabil di masa depan. Apabila kalian tidak ingin membeli reksadana di e-commerce, kalian bisa membelinya di platform lain yang mana jumlah modal minimumnya lebih besar sesuai kebijakan berlaku.

Pilih Media dan Platform Investasi

Kalian harus memilih media dan platform investasi reksadana mana yang bakal dipakai. Gunakan platform reksadana online yang menyediakan berbagai macam barang reksadana dari beragam manajer investasi. Contohnya adalah Bareka.com, supermarket reksadana online, Bukalapak, Tokopedia dan IPOTFUND (PT.Indo Premier Securities).

Tentukan Durasi Investasi

Langkah berikutnya adalah tentukan jangka waktu investasi sesuai kebutuhanmu. Kalian bisa berinvestasi mulai dari 1-5 tahun. Apabila kalian melakukannya kurang dari setahun, sebaiknya pilih reksadana pasar uang. Jika durasinya selama 1-3 tahun, pilih reksadana pendapatan tetap atau jangka waktu 3-5 tahun untuk reksadana campuran. Namun, kalian juga bisa pilih reksadana saham untuk jangka waktu lebih dari 5 tahun.

Demikian informasi seputar cara investasi reksadana yang perlu diperhatikan. Gunakan platform investasi online resmi dan terpercaya sesuai anjuran kami agar kalian dapat melakukannya lebih aman. Selain itu, tentukan jangka waktunya supaya kalian bisa memastikan income yang diperoleh sesuai dengan waktu yang telah digunakan.

Rate this post

Related posts