Cara Irit Kuota

Bagaimana cara irit kuota internet? Kini, siapa saja baik anak-anak sampai orang dewasa hampir sering menggunakan ponsel untuk kebutuhan sehari-hari. Meski begitu, smartphone tidak akan bekerja bila tanpa dukungan paket internet sehingga kalian dapat mengakses dunia maya setiap hari.

Kalian bisa mengunjungi berbagai macam website sesuai keinginan, sedangkan pemakaiannya bergantung jumlah kuota internet yang kalian miliki. Apabila jumlah kuotanya banyak, kalian bisa akses internet lebih lama sesuai dengan batas pemakaian masing-masing.

Kalian pasti akan bosan bahkan jenuh saat menggunakan smartphone tanpa kuota, bukan? Oleh sebab itu, kalian harus bijak dan cermat selama mengakses dunia maya yang mana penggunaannya tergantung jumlah paket internet dari setiap provider pilihan.

Jangan heran semakin bagus kualitas jaringannya, kalian harus merogoh kocek lebih dalam. Maka dari itu, kalian harus tahu cara menghemat paket internet agar dapat memangkas pengeluaran untuk digunakan hal-hal penting lain setiap hari.

Cara Irit Kuota
Cara Irit Kuota

Cara Irit Kuota

Barangkali kamu belum tahu cara irit kuota sebenarnya simpel, lho. Pasalnya, semuanya tergantung kebutuhan dan niat pribadi selama mengakses jejaring sosial dari smartphone masing-masing. Jika kalian selalu scrolling media sosial untuk hal-hal tidak penting, kuota akan langsung habis.

Jangan kaget bila pengeluaran akan membengkak bahkan mencapai raturan ribu rupiah hanya untuk beli paket internet. Secara umum nominal paket data normal bulanan semua provider seluler tidak pernah lebih dari Rp.200,000 per orang.

Gunakan Browser Lebih Efisien

Apakah kamu selalu mencari segala informasi di internet? Jika benar, sebaiknya gunakan website browser yang lebih efektif dan efisien supaya bisa menghemat kuota data kalian. Apabila kalian ingin memangkas pengeluaran dari pemakaian browser, carilah aplikasi yang bagus dan irit paket data.

Terkait:  Cara Hutang Pulsa 3

Opera Mini menjadi salah satu aplikasi website browser yang sudah diunduh lebih dari 500 juta orang di Google Play Store dan App Store. APK ini akan membantumu menjelajahi internet tanpa menguras kuota data terlalu banyak.

Pilih Aplikasi Mailbox untuk Email

Kuota biasanya akan habis bila setiap pengguna smartphone selalu mengakses email untuk mengecek inbox dari seseorang atau kelompok tertentu. Maka dari itu, kalian bisa mengatasinya dengan memilih dan menggunakan aplikasi Mailbox dari Dropbox yang sudah tersedia pada Android dan iOS.

Apabila kalian memanfaatkan aplikasi ini, kalian bisa menyimpan data lebih banyak saat mengakses email. Tak hanya itu, kalian juga bisa melihat semua email masuk atau keluar untuk keperluan bisnis dan lainnya tanpa menguras paket internet setiap hari.

Atur Maps ke Mode Offline

Aplikasi Google Maps sudah tersedia pada semua smartphone, baik Android atau iOS. Tak bisa dipungkiri bahwa penggunaannya ternyata mampu menguras kuota data cukup banyak, tapi banyak orang belum tahu akan hal ini. Untuk mengatasinya maka kalian bisa mengubah pengaturannya menjadi mode offline.

Kalian cukup klik Search Bard di atas aplikasinya dan pilih menu Save Map to Use Offline (Android), sedangkan pengguna iOS cukup ubah modenya menjadi Flight Mode agar dapat mengakses Maps tanpa pemakaian kuota internet.

Batasi Pemakaian Data Seluler

Kalian tidak bisa mengakses internet tanpa mengaktifkan data seluler, namun pemakaian berlebihan membuat pengeluaran untuk pembelian kuota data bakal membengkak, lho. Kalian harus menyiasati dengan membatasi penggunaan mobile seluler melalui aktivasi notifikasi peringatan batas pemakaian maksimumnya.

Apabila kamu pakai smartphone Android, klik Setting -> Data Usage -> Celular Data -> Set Celular Data Limit dan tekan untuk mengaktifkannya. Kuota akan tetap hemat dan kamu bisa terlatih membatasi akses internet untuk hal-hal penting saja.

Terkait:  Cara Kerja Boiler

Matikan Opsi Sinkronisasi

Tanpa disadari ada banyak aplikasi yang melakukan sinkronisasi otomatis sehingga kuota internet dapat tersedot dengan cepat. Maka dari itu, kalian harus menyiasatinya dengan klik Setting -> Account dan pilih akun yang tidak ingin disinkronkan.

Apabila kamu baru tahu informasi ini, segera matikan opsi sinkronisasi untuk menghemat paket data yang mungkin sudah dibeli. Gunanya agar kalian dapat memakai kuota internet sebagai aset penting dalam mengakses jejaring sosial untuk hal-hal berguna setiap hari.

Identifikasi Aplikasi yang Boros Paket Internet

Jangan berpikir bahwa semua aplikasi bawaan atau unduhan hanya menyedot paket data sedikit saja. Padahal, kalian mungkin baru saja mengunduh aplikasi tertentu yang menghabiskan kuota internet dalam jumlah fantastis. Untuk mengetahuinya maka kalian bisa klik Setting -> Data Usage dan geser layar ke bawah sampai melihat daftar aplikasi dengan penggunaan kuota terbanyak. Kalian cukup uninstall atau cabut pemasangan aplikasi yang mendominasi pemakaian paket data tersebut sehingga kuota internet dapat digunakan lebih lama.

Batasi Pemakaian Kuota pada Background

Kalian mungkin sempat mengeluh mengapa kuota data cepat habis padahal baru digunakan sekali saja. Kondisi ini biasanya disebabkan pemakaian data otomatis pada background smartphone kalian.

Kalian bisa mengatasinya dengan mematikan layanan ini, caranya klik Setting -> Data Usage dan tekan tiga garis vertikal di sudut kanan atas -> Restrict Background Data dan tekan OK. Kalian sudah berhasil menghemat paket internet, namun risikonya adalah kalian bakal terlambat menerima notifikasi dari aplikasi tertentu.

Kurangi Update Aplikasi

Kalian terkadang melihat notifikasi update beberapa aplikasi secara otomatis. Namun, tahukah kalian? Kondisi ini ternyata bisa menyedot paket internet secara otomatis. Kalian harus mengatasinya dengan  masuk ke Play Store dan klik Setting -> Auto Update Apps -> Auto Update Apps Over WiFi Only.

Terkait:  Cara Kerja Control Panel Hosting

Apabila kalian sudah mengaktifkan fitur tersebut, kalian tidak akan memperbarui semua aplikasi secara otomatis lagi. Jika kalian ingin melakukannya, sebaiknya update aplikasi dengan menggunakan WiFi saat berada di tempat umum.

Batasi Pemakaian Data di Setiap Aplikasi

Kalian bukan sekadar membatasi penggunaan mobile data, tapi juga melakukannya untuk setiap aplikasi. Pasalnya, sebagian orang terkadang kalap alias lupa diri akibat terlalu asyik mengakses aplikasi tertentu sehingga kuota data dapat habis seketika.

Maka dari itu, kalian harus mengaturnya sesuai kebutuhan masing-masing agar jumlah paket internet yang dibeli sesuai dengan batas waktu pemakaiannya. Caranya adalah klik Setting -> Back Up and Sync untuk melihat opsi menghemat data internet.

Pakai Aplikasi Kompresi Data

Untuk menghemat penggunaan paket internet sebaiknya kalian menggunakan aplikasi kompresi data yang diunduh melalui Google Play Store. Onavo Extend menjadi salah satu aplikasi kompresi data terbaik yang sudah terbukti mampu menghemat paket data kalian, lho.

Aplikasi ini bekerja dengan menganalisa semua aplikasi yang terpasang di smartphone Android. Namun, aplikasinya tidak bisa kompresi video dan tetap menjadi pilihan setia mayoritas pengguna Android untuk memangkas penggunaan kuota internet mereka.

Demikian informasi seputar cara irit kuota yang wajib kalian tahu. Jangan pernah menggunakan kuota data melampaui batas wajar agar kalian dapat menghemat budget bulanan. Unduh aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan jangan diperbarui otomatis supaya paket data bisa aman dan tidak tersedot setiap hari.

Related posts