Cara Jadi Agen BRI Link

BRI punya program Agen BRI Link atau BRILink sebagai bentuk kemitraan dengan nasabah dalam berekspansi ke seluruh wilayah Tanah Air. Namun, sebagian besar nasabahnya belum tahu cara jadi Agen BRI Link sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam memudahkan transaksi nasabah BRI.

Agen BRI Link menjadi program keagenen dari Bank BRI yang memungkinkan setiap nasabah untuk ambil peran dalam melayani transaksi perbankan untuk seluruh lapisan masyarakat, terutama kalian yang masih menabung di BRI.

Masyarakat tidak perlu datang langsung ke bank untuk bertransaksi perbankan tertentu seperti transfer, setor dan tarik tunai sampai pembayaran tagihan. Secara umum agen BRI seperti ini memang selalu dibutuhkan di kawasan tertentu, apalagi tempatnya jauh dari ATM BRI.

Selain itu, masyarakat golongan non-bankable alias tidak memenuhi syarat akan sulit terjangkau bank pasti butuh layanan ini. Oleh sebab itu, kalian harus ikut serta dalam membantu Bank BRI supaya bisa memajukan sistem perbankan agar layanannya dapat diakses semua orang di Indonesia.

Cara Jadi Agen BRI Link
Cara Jadi Agen BRI Link

Pengertian Agen BRI Link

Agen BRI Link merupakan program keagenen dari Bank BRI yang membantu nasabah untuk melayani transaksi kepada seluruh lapisan masyarakat. Apabila tempat tinggalmu tidak didukung akses ATM BRI, maka kalian bisa datangi Agen BRI Link terdekat untuk bertransaksi perbankan.

Agen BRI Link juga mempunyai kompensasi yang mana kalian bakal menerima penghasilan setiap transaksinya. Kalian bahkan tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk mendaftarkan diri sebagai calon Agen BRI Link di kantor cabang BRI terdekat.

Kami berikan gambaran seperti seseorang bakal mengirim uang kepada orang tuanya, namun tidak punya kartu ATM atau rekening. Namun, kalian sebagai tetangganya merupakan seorang Agen BRI Link dan tentu saja orang tersebut bisa meminta bantuan untuk transfer uang dengan memakai mesin EDC (Electronic Data Capture) mini ATM BRI.

Terkait:  Cara Berjualan Di Shopee

Kalian bisa memasang biaya administrasi sebesar Rp.5,000 per transaksi. Apabila orang tersebut bakal mentransfer uang senilai Rp.500,000 maka dia bisa setorkan uang padamu sebesar Rp.505,000 (termasuk biaya admin) untuk ditransfer.

Ketentuan dan Syarat Daftar Agen BRI Link

  • WNI.
  • KTP.
  • NPWP (khusus badan usaha harus pemilik).
  • Untuk badan usaha wajib melampirkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), SITU (Surat Izin Tempat Usaha) dan SKU (Surat Keterangan Usaha (SKU) dari RT/RW setempat.
  • Tabungan BRI beserta rekening koran dan salinannya.
  • Registrasi ke kantor unit BRI terdekat dan meminta formulir pengajuan Agen BRI Link maupun Perjanjian Kerja Sama.

Berapa Modal Jadi Agen BRI Link?

Secara umum kalian harus menyiapkan anggaran supaya bisa mendaftarkan diri sebagai Agen BRI Link. Pasalnya, kalian wajib mengeluarkan uang untuk memperoleh mesin EDC mini ATM BRI ytang bakal digunakan bertransaksi senilai Rp.3 juta.

Tak hanya itu, kalian juga harus menyiapkan saldo mencukupi untuk bertransaksi agar dapat memenuhi permintaan nasabah yang menjadi pelanggan nanti. Kalian bisa mengambil sampel dimana awalnya harus siapkan budget senilai Rp.3 juta, maka jumlah dana yang bisa disiapkan pertama kali adalah sekitar Rp.6 juta.

Apabila ditargetkan dalam sebulan, kalian harus memperoleh 20 transaksi per hari. Tak bisa dipungkiri bahwa sempat viral salah satu Agen BRI Link sukses mengantongi omzet sampai Rp.18 juta per bulan, lho.

Jangan berpikir bahwa seorang Agen BRI Link tidak bisa meraup cuan banyak, sedangkan semua kegiatan memang butuh proses yang matang. Apabila tempat tinggalmu memang tidak punya akses ATM BRI maupun bank lainnya, kondisi tersebut sangat menguntungkan lantaran orang lain pasti akan meminta bantuanmu untuk bertransaksi perbankan setiap hari.

Terkait:  Cara Daftar BCA Sekuritas

Kelebihan dan Kelemahan Jadi Agen BRI Link

Program Agen BRI Link ternyata mempunyai kelebihan yang patut diperhitungkan seluruh lapisan masyarakat. Bagaimana tidak, kalian akan merasakan manfaatnya sejak awal mendaftarkan diri sebagai Agen BRI Link dengan beragam keutamaan sebagai berikut :

  • Asuransi Kebakaran senilai Rp.25 juta.
  • Santunan Duka sebesar Rp.500 ribu.
  • Tunjangan Pendidikan dan Santunan Pendapatan senilai Rp.1 juta.
  • Kecelakaan Diri dan Cacat sebesar Rp.2,5 juta.

Meski begitu, Agen BRI Link juga mempunyai berbagai macam kelemahan yang perlu diperhatikan dan kalian tidak bisa menghindarinya karena kalian harus menerimanya selama mengikuti program ini. Kalian perlu mempertimbangkan beberapa poin tersebut sebagai berikut :

  • BRI bakal menetapkan target transaksi kepada setiap agennya, yakni minimum 200 transaksi per bulan dan bila kurang bakal dikenakan penalti.
  • Kalian harus punya jaminan dari mesin EDC. Sejumlah uang tersebut bakal dibekukan dan bisa dicairkan lagi saat bersangkutan telah tidak menjadi agen lagi, yakni senilai Rp.3 juta bila punya rekening tabungan. Namun, bila kalian punya rekening pinjaman di BRI adalah senilai Rp.500 ribu.
  • BRI Link memerlukan modal usaha. Maka dari itu, kalian wajib menyiapkan sejumlah uang sebagai modal. Pasalnya, Bank BRI hanya bisa menyerahkan mesin EDC kepada agen resminya saja.

Cara Jadi Agen BRI Link

Barangkali kalian sudah tahu kebijakan mengenai Agen BRI Link namun belum paham cara jadi Agen BRI Link. Secara umum kalian tidak perlu menguras kantong terlalu dalam agar dapat menerima mesin EDC dari Bank BRI untuk digunakan bertransaksi setiap hari.

Di samping itu, Bank BRI tidak pernah membebani semua agen resminya selama bergabung menjadi mitra mereka. Kalian cukup mencapai target yang mana batas minimum transaksi sebanyak 200 kali per bulan. Gunanya supaya kalian bisa terhindar dari penalti dalam jumlah tertentu.

Terkait:  Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Program Agen BRI Link sudah berjalan selama beberapa tahun terakhir, sedangkan masyarakat khususnya nasabah BRI mengaku senang bahkan terbantu dengan keberadaan layanan ini. Pasalnya, tidak semua wilayah sudah terjangkau mesin ATM BRI sampai sekarang.

Kalian bisa berinisiatif dengan mendaftarkan diri sebagai Agen BRI Link demi mendapatkan mesin EDC untuk membantu tetangga sampai keluarga yang belum punya rekening BRI. Kalian cukup pasang biaya admin sebesar Rp.5,000 per transaksi demi meraup omzet besar setiap bulannya.

Cara Jadi Agen BRI Link Lewat Kantor Unit

  • Pastikan kalian sudah menyiapkan semua berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  • Kunjungi kantor unit Bank BRI terdekat di wilayah masing-masing.
  • Beritahu petugas keamanan bahwa kalian ingin mendaftarkan diri menjadi Agen BRI Link ke customer service.
  • Kemudian, petugas akan memberikan formulir pendaftaran dan nomor antrian.
  • Silakan isi formulir sesuai data diri benar dan lengkap sambil menunggu nomor antrianmu dipanggil.
  • Apabila nomormu sudah dipanggil, temui customer service dan sampaikan tujuanmu untuk registrasi menjadi Agen BRI Link.
  • Berikutnya, customer service akan menjelaskan mengenai Agen BRI Link secara detail.
  • Setorkan uang tunai sesuai batas minimum beserta formulir pendaftaran yang sudah diisi sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat sampai customer service memverifikasi semua lampiran data yang tercantum pada formulir pengajuan tersebut.
  • Jika permintaanmu diterima, kalian bakal menerima mesin EDC yang bisa langsung digunakan untuk bertransaksi sebagai Agen BRI Link.

Demikian informasi mengenai cara jadi Agen BRI Link terbaru dan terlengkap. Walaupun sederhana, tapi kalian bisa mengantongi cuan banyak selama mempunyai banyak nasabah di kawasan terdekat. Gunakan kesempatan ini untuk menjadi mitra Bank BRI supaya bisa membantu masyarakat agar dapat bertransaksi perbankan setiap hari. Jika ingin tahu informasi tentang Bank BRI lainnya, akses situs resminya via www.bri.co.id.

Related posts