Home » Review Kelebihan dan Kekurangan » Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10S

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10S

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A10S akan menjadi sebuah topik bahasan kami pada postingan kali ini. Sebagai kabar yang penting bagi pecinta smartphone, muncul dari vendor ternama Samsung yang belum lama ini tengah merilis sebuah ponsel pintar berbasis android.

Dinamai dengan Galaxy A10S, Samsung pun tengah selipkan beragam spesifikasi terbaru didalamnya. Ponsel A10s milik Samsung ini tengah muncul dan beredar di pasaran pada September 2019 lalu, tentu saja dengan harga pasaran yang variatif.

Samsung Galaxy A10S ini juga menjadi versi upgrade alias generasi penerus dari Galaxy A10 terdahulu yang juga belum lama rilis.

Peningkatan spek dan fitur pada Galaxy A10S pun tengah diberikan oleh pihak Samsung. Hal ini guna mendukung dan memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah ponsel yang lebih canggih dari sebelumnya.

Berapa harga Samsung Galaxy A10S?

Dari taksiran harga yang berlaku terhitung sejak peluncuran hingga saat ini, harga Samsung Galaxy A10s selalu update. Dan saat ini, harga Samsung Galaxy A10S mencapai Rp 1,7 jutaan. Harga tersebut terbilang sangat terjangkau untuk sebuah ponsel Samsung kelas A-Series.

Spesifikasi Samsung Galaxy A10S

Samsung Galaxy A10S

Rilis : September 2019
Ukuran Layar: 6.2 inci
Tipe Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
CPU: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU: PowerVR GE8320
OS: Android 9.0 (Pie)
Internal:

  • 32GB 2GB RAM
  • 32GB 3GB RAM

Eksternal: microSD, up to 512 GB (dedicated slot)
Kamera Utama: (Dual)

  • 13 MP, f/1.8, 28mm (wide), AF
  • 2 MP, f/2.4, depth sensor

Kamera Depan: 8 MP, f/2.0

Baterai:Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

Nah setelah mengetahui sekilas spesifikasi diatas, ada baiknya juga untuk kamu agar mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A10S agar dapat referensi sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10S

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10S

Samsung Galaxy A10S

Untuk mengenal lebih dalam beragam kecanggihan dan kelemahan di beberapa sektor dari Galaxy A10s, berikut kami sertakan banyak kelebihan dan kekurangan A10s.

Kelebihan Samsung Galaxy A10S

Samsung Galaxy A10S

Dimulai dari kecanggihannya terlebih dahulu, Samsung Galaxy A10S sangat unggul di beberapa sektor diantaranya sebagai berikut.

1. Konsep Desain Elegan, Material Kaca

Sebagai daya tarik A10S, Samsung sengaja memberikan konsep desain Galaxy A10S bergaya elegan dengan bodi tipis dan varian warna yang menarik. Meski bodinya berbahan dasar plastik, namun bagian depannya terbalut material kaca yang membuat kesan mewah untuk A10s. Ponsel Samsung A10S ini punya empat varian warna yaitu hijau, biru, merah, dan hitam.

2. Pakai OS Terbaru (Android 9.0 Pie)

Menjadi sebuah kelebihan Samsung Galaxy A10S adalah sudah dibawai dengan sebuah sistem operasi yang paling baru masa kini yaitu Android 9.0 (Pie). Selain tampilan menu berbeda dari OS android sebelumnya, Android 9.0 (Pie) tentu saja memiliki kinerja yang semakin baik dan cepat.

3. Kapasitas Penyimpanan yang Lega

Bagi kamu yang sering mengeluh akan kapasitas memori android yang seringkali terbatas, tak perlu lagi merisaukan keberadaan Samsung Galaxy A10s. Karena, Galaxy A10s ini telah dibawai dengan ruang penyimpanan internal dengan kapasitas 32 GB. Internal ini tentu saja sudah menjadikan ruang memori begitu lega untuk menyimpan data. Namun, bagi sebagian orang tetap saja masih kurang dengan kapasitas tersebut.

Tenang saja lur, bagi kamu yang masih tak puas dengan kapasitas internal Samsung A10S, didalamnya masih terdapat slot untuk meletakkan tambahan memori eksternal yang dapat menampung microSD hingga 512 GB.

4. Pakai Tiga Kamera dengan Resolusi yang Oke Banget

Kamera Samsung Galaxy A10S

Kelebihan Samsung A10S selanjutnya terletak pada sektor kamera lur. Ponsel besutan Samsung satu ini telah dibawai dengan tiga buah kamera yang masing-masing letaknya berada pada belakang dan depan bodi.

Dibagian belakang, Galaxy A10s memakai dual kamera yang resolusinya sangat bagus yakni 13 MP (wide) dan 2 MP. Kedua kamera ini dapat digunakan dan berfungsi aktif bersamaan saat dipakai sehingga menghasilkan gambar yang sangat jernih tentunya.

Saat dipakai, kamu juga akan didukung dengan sebuah fitur kamera seperti LED flash, panorama, dan HDR. Sementara untuk perekaman video, kamu dapat mengatur ukuran kualitas videonya 1080p@30fps.

Pada bagian depan, hanya terdapat sebuah kamera yang dapat dipakai untuk keperluan selfie kamu lur. Dengan resolusi yang sudah sangat oke yakni 8 MP, akan semakin menambah kualitas kejernihan gambar yang dihasilkan. Saat dipakai untuk merekam sebuah video, pun hasil videonya mampu berkualitas 1080p@30fps.

Sudah tau keaslian HP Samsung blm? Baca dulu ulasan cara cek HP Samsung lengkap dan detail.

5. Tersedia FM Radio

Masih jadi satu kelebihan bagi Samsung A10s yakni adanya sebuah fitur FM radio yang amat menarik sebagai penghibur disaat mood kita sedang kacau. Meski radio dijaman sekarang ini sudah tertinggal keberadaannya, namun tetap powerful untuk melengkapi kebutuhan smartphone masa kini seperti A10S dari Samsung.

6. Keamanan Ponsel Level Fingerprint

Satu kelebihan Samsung Galaxy A10S selanjutnya yakni terletak pada sektor keamanan ponsel. Tak hanya terdapat beragam kunci keamanan pola dan semacamnya, Galaxy A10s akan semakin aman dengan adanya sensor sidik jari yang telah diletakkan pada belakang bodi ponsel. Ini menjadikan ponselmu aman dari tangan jahil teman-teman kamu lur.

7. Kapasitas Baterai Besar dan Tahan Lama

Menjadi keunikan Samsung A10s dengan pembawaan sebuah baterai tanam dengan kapasitas yang cukup besar yakni 4000 mAh. Dengan kapasitas tersebut dipercaya membuat ponsel buatan Samsung satu ini makin awet bertahan hidup dari talktime hingga standby.

Kekurangan Samsung Galaxy A10S

Diantara sekian banyak kelebihan, tentu saja Samsung Galaxy A10S masih mempunyai beberapa kelemahan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Baterai Tanam (Non-Removable)

Meskipun Galaxy A10s membawa baterai dengan kapasitas cukup besar, tentu saja menjadi satu kelemahan karena baterai tersebut bersifat permanen (baterai tanam) yang tidak dapat dilepas begitu saja. Ini menjadikan pemilik kesulitan jika terjadi kerusakan pada lubang charger nantinya.

2. Belum Didukung Fast Charging

Meski Samsung A10S menjadi ponsel baru masa kini, apalah artinya jika tanpa disertai dukungan fitur fast charging. Hal ini menjadikan pemilik A10S merasa gabut, bosan karena harus menunggu lama saat pengisian ulang baterai. Meski demikian, kecepatan pengisiannya tak sampai seharian kok lur. Cuma beberapa jam saja.

3. Masih Pakai microUSB 2.0 Biasa

Menjadi salah satu kekurangan untuk Samsung Galaxy A10s selanjutnya adalah belum adanya bawaan USB Type-C seperti apa yang sudah seharusnya dipakai pada smartphone terbaru masa kini. Galaxy A10S masih memakai microUSB 2.0 biasa yang menjadikannya sebuah kelemahan tersendiri. Meski mungkin tidak ada efek negatifnya, namun akan lebih baik lagi jika sudah dibawai dengan USB terbaru.

4. Belum Adanya Fitur NFC

NFC menjadi satu keharusan untuk sebuah ponsel baru masa kini, dimana NFC (Near field communication) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone dapat terhubung dengan smartphone lainnya melalui jaringan radio. Dan hal yang menjadi kekurangan Samsung Galaxy A10S adalah belum didukungnya fitur NFC.

5. Ukuran Layar yang Terlalu Besar

Samsung Galaxy A10S seperti yang diketahui membawa panel layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors dengan ukuran layar yang tidak biasa yakni sebesar 6.2 inci. Hal ini menjadikannya kelemahan tersendiri, karena dengan adanya layar tersebut maka akan membuat kita kesulitan untuk membawanya kemanapun.

6. Belum Ada Proteksi Layar

Sungguh disayangkan bahwa kedatangan Samsung A10S belum didukung dengan adanya sebuah proteksi layar. Jadi, layar yang berukuran 6.2 inci tersebut rentan terhadap goresan. Dan diharapkan untuk pemiliknya agar lebih berhati-hati ya lur.

Apakah Samsung Galaxy A10S Cocok Dimiliki?

Menimbang dari segala kelebihan dan kekurangan Samsung A10S diatas, menurut kami ponsel ini sangat cocok dimiliki terlebih untuk kamu kalangan pelajar yang ingin punya ponsel murah dengan kelas atas. Meski masih terdapat sedikit kelemahan, tak menjadikannya masalah bagi kami.

Mungkin cukup itu saja ulasan yang dapat kami sampaikan lur, selebihnya jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya! Gratis kok! Share ke teman-temanmu agar mereka dapat referensi sebelum membeli ponsel anyar. 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *