Cara Jaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Cara Jaga Kesehatan
Cara Jaga Kesehatan

PindahLubang.com | Kesehatan adalah sesuatu yang mahal harganya. Manusia tidak boleh memandang sebelah mata pada kesehatan fisik dan mentalnya. Namun, orang-orang justru acuh bahkan tidak tahu cara jaga kesehatan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan prima.

Padahal, kalian sebenarnya tidak perlu menghabiskan budget tinggi supaya bisa memaksimalkan kondisi badan tetap sehat setiap hari. Sebab, segalanya tergantung kebiasaan sampai niat dirimu sendiri apakah ingin sehat bugar atau malah jatuh sakit dengan mudah di kemudian hari.

Secara umum kalian hanya perlu memperhatikan asupan nutrisi mana saja yang benar-benar wajib dikonsumsi setiap hari, serta mengonsumsi air putih dengan batas wajar. Tubuh manusia tidak akan pernah lepas dari asupan makanan dan minuman untuk bekerja dengan baik setiap hari.

Apabila kalian memasukkan asupan yang salah, tubuh tidak bisa bekerja lebih maksimal. Kalian bahkan rentan terkena penyakit bila sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman yang sama sekali tidak mengandung gizi seimbang.

Cara Jaga Kesehatan

Cara Jaga Kesehatan
Cara Jaga Kesehatan

Seperti kalian tahu bahwa cara jaga kesehatan tidak sulit apalagi boros. Kalian hanya perlu menerapkan pola hidup sehat sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga kestabilannya. Tubuh tidak bisa menerima semua asupan dari luar.

Secara umum kalian hanya dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan vitamin serta mineral yang meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, faktor eksternal seperti rutinitas sampai lingkungan tidak kalah penting untuk diperhatikan supaya bisa menunjang penerapan pola hidup sehat yang kalian lakukan sekarang.

Terkait:  Biaya Hidup di Singapura

Mengonsumsi Buah dan Sayur

Barangkali kalian sudah tahu kalau buah dan sayur adalah asupan penting yang harus dikonsumsi setiap hari. Secara umum komoditi pangan tersebut mengandung hampir semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Kalian bisa mengatur jadwal asupannya secara berkala agar nutrisinya dapat diserap tubuh dengan baik.

Apabila kalian ingin menciptakan menu yang unik, kombinasikan buah dan sayur menjadi jus segar yang kaya akan manfaat. Rasanya juga enak dan segar supaya bisa hilangkan rasa haus sesudah bekerja atau beraktivitas cukup padat.

Menjaga Asupan Cairan Tubuh

Tubuh mengandung sekitar 65% cairan yang mana seseorang tidak bisa beraktivitas bila cairan tubuhnya kurang. Oleh sebab itu, kalian perlu menjaga asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih setiap hari.

Jangan heran bahwa air putih atau mineral yang dikonsumsi mengandung senyawa dan zat gizi baik untuk kesehatan tubuh. Apabila kalian mengonsumsi air putih minimum 8 gelas per hari, keseimbangan tubuh akan tetap terjaga dan risiko dehidrasi sangat minim akibat asupan cairan selalu diperhatikan setiap hari.

Menjaga Berat Badan

Seseorang yang mempunyai berat badan berlebih apalagi obesitas akan berisiko terkena penyakit tertentu, bahkan cukup berbahaya. Selain itu, bila kalian punya berat badan terlalu rendah alias kurus juga menandakan tubuh kurang asupan nutrisi yang cukup.

Maka dari itu, kalian harus menjaga berat badan tetap ideal agar postur tubuh tetap bagus. Kalian juga bisa terhindar dari penyakit berbahaya yang mengintai bila berat badan terlalu gemuk atau kurus akibat tidak bisa mengatur pola makan dengan baik.

Olahraga Teratur

Olahraga bisa membantu mencegah beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, stroke sampai kanker. Tak hanya itu, aktivitas fisik juga bisa mengendalikan berat badan dan kalian akan merasa lebih segar dan fit. Kalian bisa berolahraga paling tidak selama 30-60 menit sebanyak lima kali per minggu.

Terkait:  Biaya Hidup di Singapura

Apabila kalian tidak bisa melakukannya karena pekerjaan yang padat, lakukan semampunya daripada tidak beraktivitas fisik sama sekali. Kalian bisa jogging keliling komplek dan mengurangi akses lift saat di kantor untuk menjaga kesehatan tulang tetap baik.

Cuci Tangan dan Mandi Setiap Hari

Kesehatan tubuh juga bisa dijaga dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan mandi setiap hari. Apabila kalian sudah menyentuh sesuatu, sebaiknya cuci tanganmu dengan sabun dan air mengalir karena kalian tidak akan pernah tahu apakah benda yang disentuh benar-benar bersih atau kotor.

Di samping itu, mandi paling tidak dua kali sehari saat pagi dan sore untuk menjaga kebersihan seluruh permukaan tubuh dari ujung kepala sampai kaki. Jika kalian rajin melakukan keduanya, kuman akan mati dan tubuh bebas dari penyakit.

Hindari Stress

Stress menjadi salah satu musuh tersebar manusia, stress mampu memancing penyakit yang berawal dari pikiran. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari memikirkan sesuatu yang tidak penting mulai sekarang. Stress berlebih mampu meningkatkan kadar kortisol serta mengganggu metabolisme tubuh kalian.

Kalian bisa mengatasi dan menghindari stress dengan melakukan kegiatan positif seperti jalan-jalan, olahraga sampai kumpul dengan kerabat dan teman. Jika stress yang dirasakan tak kunjung membaik, sebaiknya minta bantuan psikolog untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Mengurangi Junk Food

Siapa yang tidak suka junk food? Anak-anak sampai dewasa pasti pernah bahkan sering mengonsumsi junk food setiap hari. Tak bisa dipungkiri rasanya yang lezat dan tampilan menggugah selera justru mengakibatkan tubuh rentan terkena penyakit, lho.

Secara umum junk food mengandung kadar serat, vitamin dan mineral yang sangat rendah. Di samping itu, junk food biasanya dibuat dengan olahan kurang baik seperti lemak jenuh, gula tambahan dan kadar kalorinya kosong. Kalian bisa mengurangi bahkan menghindarinya dari sekarang.

Terkait:  Biaya Hidup di Singapura

Jauhi Alkohol dan Rokok

Merokok tidak sekadar merusak paru-paru, tapi juga merusak beberapa organ tubuh lain. Kondisi ini membuat kalian rentan terkena kanker, impotensi dan penyakit serius lainnya. Tak hanya itu, perokok pasif juga berisiko menderita penyakit serupa, lho.

Seseorang yang mengonsumsi alkohol juga bisa memicu risiko kanker dan penyakit hati. Maka dari itu, sebaiknya kalian menghindari kebiasaan minum alkohol dan merokok yang hanya nikmat sesaat. Jangan sampai kalian menyesal di hari tua akibat menerapkan kebiasaan buruk tersebut.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Kami beritahu bahwa sinar matahari tidak selalu baik untuk tubuh, lho. Secara umum sinar matahari mengandung vitamin D yang bagus untuk tubuh. Namun, paparan sinar matahari langsung yang berlebihan juga tidak baik untuk kulit.

Kondisi ini menyebabkan kulit kalian terbakar dan kanker kulit. Kalian harus melindungi kulit dan tubuh dari paparan sinar UVA dan UVB dengan mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket. Selain itu, gunakan topi dan tabir surya (sunblock) agar kulit dapat terlindungi meski kalian beraktivitas di bawah sinar matahari setiap hari.

Demikian informasi mengenai cara jaga kesehatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun sederhana, tapi setiap poin harus diketahui dan diterapkan setiap hari. Jangan sampai kalian menyesal saat tua akibat tidak menjaga kesehatan tubuh dengan mengabaikan saran kami sesuai ulasan di atas.

Related posts