Cara Jago Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sudah menjadi Bahasa Internasional yang digunakan semua orang di dunia. Di Indonesia, banyak orang belum tahu cara jago Bahasa Inggris sehingga mereka tidak dapat berbicara dalam kegiatan sehari-hari.

Padahal, Bahasa Inggris menjadi salah satu syarat mutlak dalam dunia pendidikan dan pekerjaan era digital sekarang. Tak bisa dipungkiri sebagian besar perusahaan sudah menetapkannya sebagai kriteria utama merekrut calon karyawannya. Gunanya agar kalian dapat bersaing dengan pekerja asing di era modern saat ini.

Read More

Kalian harus tahu bahwa seseorang yang bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris bahkan lebih dari satu bahasa asing akan dipandang lebih istimewa. Tak hanya itu, kalian bisa mencari pekerjaan dengan cepat dan mudah bahkan berkiprah sampai luar negeri karena mampu berkomunikasi lebih lancar.

Bahasa Inggris tidak selalu dinilai susah selama kalian benar-benar niat ingin memahami dan menguasainya. Sebab, segalanya tergantung diri kalian sendiri yang mempelajarinya apakah ingin mahir atau tertinggal dengan orang lain.

Cara Jago Bahasa Inggris

Cara Jago Bahasa Inggris
Cara Jago Bahasa Inggris

Secara umum cara jago Bahasa Inggris tidak serumit yang kalian bayangkan, lho. Kalian bisa menguasai Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah di era globalisasi ini. Tak bisa dipungkiri era globalisasi sudah melahirkan perdagangan bebas yang mana pelakunya akan gunakan Bahasa Inggris untuk komunikasi satu sama lain.

Kalian pasti pernah bahkan sering melihat orang asing alias turis selalu singgah ke Indonesia untuk kebutuhan bisnis atau pribadi. Oleh karena itu, penggunaan Bahasa Inggris sangat penting agar kalian dapat berkomunikasi demi mempromosikan diri demi jenjang karir yang bagus.

Terkait:  Cara Belajar Bahasa Inggris

Niat Mempelajari dan Mencintai Bahasa Inggris

Secara umum kalian harus benar-benar niat mempelajari dan mencintai Bahasa Inggris. Jangan sekadar mengikuti orang lain supaya terlihat “gaul” saja, namun pastikan kalian melakukannya sebagai kebutuhan. Apabila kalian sudah meluruskan niat tersebut sebagai keinginan menggebu-gebu, maka Bahasa Inggris pasti bisa dipelajari dengan mudah.

Apabila kalian dari awal sudah membencinya, kalian pasti tidak mungkin berhasil menguasainya. Oleh karena itu, cintailah Bahasa Inggris agar kamu dapat mempelajarinya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Siapa saja bisa mengunduh dan mendengarkan lagu berbahasa Inggris melalui smartphone. Kamu bahkan bisa mendengarkannya melalui aplikasi streaming online gratis atau berbayar. Selain itu, kalian harus mencari judul lagu sesuai penyanyi favorit agar dapat didengarkan setiap hari.

Kalian bukan sekadar mendengarnya saja, tapi juga menulis setiap lirik yang diucapkan sang penyanyi. Gunanya supaya kalian bisa mengartikan setiap kata yang dilontarkan untuk diterjemahkan satu per satu ke dalam Bahasa Indonesia.

Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subjudul Indonesia

Kalian bisa melatih Bahasa Inggris dengan menonton film kesukaan tanpa subjudul berbahasa Indonesia. Jangan kaget kalau kalian akan tertantang untuk mencermati setiap kata dan kalimat yang diucapkan setiap pemain film tersebut.

Kalian akan semakin cerdas dalam mempelajari Bahasa Inggris hanya dengan menonton film setiap hari. Apabila masih kesulitan, sebaiknya pakai subjudul Bahasa Indonesia tapi tidak terus menerus. Jika kata yang diucapkan asing, catat dan terjemahkan oleh Google Translate sehingga kalian dapat menambah kosa kata baru untuk diingat.

Membaca Kamus Bahasa Inggris

Kamus menjadi salah satu media penting untuk seseorang yang sedang belajar Bahasa Inggris. Sebab, kalian akan melihat daftar kata dan kalimat yang sering diucapkan orang asing saat percakapan sehari-hari.

Terkait:  Biaya Bikin ATM BCA

Secara umum membaca kamus Bahasa Inggris bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama kamu punya waktu senggang setiap hari. Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu metode otodidak yang hampir sering dilakukan siapapun bila tidak pernah mengikuti kursus offline atau online sebelumnya.

Berbicara Bahasa Inggris dengan Teman

Kalian bisa menantang diri sendiri dengan berkomunikasi bersama teman menggunakan Bahasa Inggris. Namun, sebaiknya kalian memilih lawan bicara yang benar-benar paham bahkan mahir berbicara Bahasa Inggris.

Gunanya agar kalian dapat mendapatkan kosakata (vocabularies) baru untuk diingat dan dihafalkan. Selain itu, teman kalian pasti memberitahukan pronounciation (pelafalan) saat kalian berbicara untuk dikoreksi. Kalian bisa melakukannya paling tidak sekali sepekan untuk mengasah kemampuan berbicara (speaking) Bahasa Inggris.

Tulis Caption di Media Sosial Menggunakan Bahasa Inggris

Kalian pasti memiliki dan menggunakan media sosial, bukan? Jangan sekadar memanfaatkan Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp sebagai tempat curhat saja. Kalian bisa manfaatkan semua media sosial untuk melatih Bahasa Inggris dengan caption terhadap konten yang diunggah.

Kalian bisa mencoba menulis caption atau keterangan atas konten yang akan diunggah ke platform masing-masing menggunakan Bahasa Inggris. Gunakan Google Translate jika ada kata yang belum diketahui, suatu saat kamu pasti bisa menulisnya dengan lancar.

Berbicara Bahasa Inggris pada Diri Sendiri

Apabila kalian belum percaya diri berkomunikasi berbahasa Inggris dengan orang lain, sebaiknya kalian bisa melakukannya pada diri sendiri di rumah. Kalian bisa berbicara menghadap cermin menggunakan Bahasa Inggris untuk mengasah sudah sampai mana tingkat kemahiranmu.

Tak sedikit orang mengangapnya aneh, namun lambat laun kalian pasti terbiasa melakukannya. Gunanya supaya kalian bisa meningkatkan kepercayaan diri bila suatu saat harus berhadapan dengan orang asing menggunakan Bahasa Inggris.

Jadikan Rutinitas Harian

Kalian harus menganggap berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris adalah sebuah rutinitas yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, bila kalian tidak menjadikannya sebagai kebiasaan maka bisa saja semua kosakata yang sudah diingat bakal dilupakan.

Terkait:  Cara Awal Belajar Bahasa Inggris

Maka dari itu, sebaiknya kalian perlu melatih diri kalian untuk terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dengan diri sendiri atau orang lain seperti keluarga dan teman. Apabila tidak bisa diucapkan seharian, setidaknya kalian berbicara satu sama lain selama beberapa jam saja.

Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Jika kalian benar-benar tidak bisa belajar otodidak seorang diri, gunakan aplikasi belajar Bahasa Inggris yang diunduh melalui smartphone berbasis Android atau iOS. Selain itu, semua aplikasi tersebut biasanya butuh akses internet agar dapat digunakan setiap hari.

Kalian bisa mencoba menggunakan Duolingo yang menjadi aplikasi belajar bahasa asing nomor satu saat ini. Di sana, kalian bisa belajar Bahasa Inggris mulai dari membaca (reading), mendengar (listening), menulis (writing) sampai berbicara (speaking). Kamu bahkan bisa belajar bahasa asing lain dengan satu aplikasi yang sama.

Jangan Takut Salah

Siapapun pasti pernah salah saat belajar Bahasa Inggris. Maka dari itu, kalian tidak boleh gugup saat berbicara dan berkomunikasi dengan orang asing menggunakan Bahasa Inggris. Jika kalian tidak tahu arti atau makna dari kata yang diucapkan, minta bantuan kepada orang terdekat yang sudah mahir.

Kamu bisa meminta dia untuk membimbing berbicara setiap kata demi kata untuk diucapkan kepada orang asing secara langsung. Apabila kamu melakukannya terus menerus, tanpa disadari kalian akan menguasai Bahasa Inggris dengan cepat.

Demikian ulasan tentang cara jago Bahasa Inggris yang perlu kalian tahu. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa kedua di setiap negara yang pasti digunakan mayoritas warga negaranya. Oleh karena itu, kalian tidak boleh tertinggal agar dapat bersaing dengan orang asing dalam dunia pekerjaan maupun pendidikan kelak.

Rate this post

Related posts