Cara Gosend Ambil Barang

Kamu seorang driver pemula yang dapat orderan gosend tapi bingung caranya? Pas banget nih, kamu bisa baca artikel ini karena akan membahas bagaimana cara gosend ambil barang dengan mudah dan simpel. Mau tau caranya? So, simak artikel ini sampai habis.

Apa Itu Gosend?

Btw, disini ada yang udah tau belum apa itu gosend? jika belum tau dan belum paham simak ini dulu ya sebelum masuk ke bagaimana cara gosend ambil barang.

Read More

Jadi gosend adalah layanan pengiriman paket berupa dokumen dan barang dengan skala kecil dari gojek. Gosend merupkan salah satu ftur kepunyaan gojek. Gosend juga mengutamakan kecepatan pengantaran paket sampai ke alamat tujuan, selain cepat pemesananya juga mudah dilakukan.

Jenis-jenis Layanan Gosend

Saat ini gosend telah memiliki 3 layanan untuk menangani setiap pengiriman paket secara instan, sameday dan juga intercity. Dari ke 3 nya ini, laynannya memiliki kecepatan pengantaran yang berbeda.

Gosend Intercity

Gosend intercity merupakan kiriman barang khusus tujuan luar kota hasil kerjasama gosend dan juga paxel. Gosend jenis ini dapat digunakan di berbagai kota besar di Indonesia untuk mengirimkan dokumen maupun barang dengan tarif cukup terjangkau.

Gosend Sameday

Gosend sameday ialah pengantaran barang yang membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk sampai ketujuan. Sameday hanya tersedia di daerah Jabodetabek saja.

Gosend Instan Delivery

Gosen jenis ini adalah pengiriman paket yang diantarkan ke alamat tujuan dengan estimasi waku 1 sampai 2 jam. Instan delivery ini tergolong salah satu kiriman paling cepat di Indonesia dan bisa digunakan selama 24 jam.

Terkait:  Cara Hapus Akun Gojek

Tenang, gosend juga memiliki beberapa keunggulan loh selain bisa antar paket dokumen. Mau tau? Simak dibawah ini.

Kenapa Ada 3 Jenis Gosend? Nah, karena pada dasarnya gosend sameday ini hanya idapat oleh driver khusus gosend, dan barang yang dikirim kan pun tidak hanya pesanan kamu aja maka dari itu waktu antaranya bisa 4-6 jam padahal jarak antaranya bisa saja ditempuh dalam 20 menit.

Namun untuk layanan gosend sameday ini hanya berlaku untuk wilayah JABODETABEK saja, untuk kota lainnya fitur ini tidak berlaku.

Saat ini gosend sudah dilengkapi perlindungan standart dengan biaya gratis, dengan jaminan perlindungan barang sebesar 1 jt dari gojek. Sedangkan untuk pilhan extra nantinya biaya ongkos kirim akan ditambahkan sebesar Rp. 500 dengan asuransi perlindungan barang yang sebesar 10 jt sebagai jaminan layanan ini.

Jadi jika kamu ingin mengirim barang seperti kulkas, beras atau kwintal ataupun barang dengan berat dan dimensi yang besar sebaiknya gunakan layanan GOBox. Gobox juga layanan antar barang daro gojek menggunakan kendaraan mobil pickup maupun mobil box.

Apa Aja Kelebihan Gosend?

Gosend telah memiliki asuransi untuk kerusakan dan kehilangan paket dengan nominal sampai 10.000.000. sedangkan pemesanan di Tokopedia asuransinya maksimal hanya 1.000.000 dan konsumen wajib menyertakan syarat berupa struk atau bukti pengiriman untuk klaim.

Gosend Cepat Sampai

Layanan gosend yang secara instan ini akan menjamin paket sampai dalam waktu 1 atau 2 jam. Hal seperti ini sangat dihandalkan untuk pengiriman dokumen penting bahkan bisa juga barang belanja belanjaan secara online jika satu kota dengan supplier.

Terdapat Fitur Tracking

Gojek telah memiliki fasilitas pelacakan langsung baik gosend, gofodd, gojek dll  untuk melacak setiap pembelian produk online melalui aplikasi gojek. Fitur ini bisa digunakan baik driver maupun yang pesan.

Terkait:  Cara Lem Kaca Aquarium

Cara Gosend Ambil Barang

Cara Gosend Ambil Barang
Cara Gosend Ambil Barang

Cara mengambil barang sebenarnya cukup mudah, terpenting adalah kamu mengetahui alamat barang yang ingin di ambil atau nomor hp yang ada di alamt jelas. Karena itu akan memudahkan kurir untuk mengambil barangya.

Dan yang paling utama adalah kamu harus wajib memiliki aplikasi gojek terlebih dahulu, apabila sudah terinstall saatnya kamu order kurir melalui gosend. Nantinya kurir gojek akan menga,bil barang atau mengirimkan nya ke alamat tujuan. Untuk mempermudah menggunakan aplikasi ini, kmu bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Harus punya aplikasi, jika kamu belum mempunyai aplikasi gojek kamu bisa download terlebih dahulu melalui gojek.com
  • Jika sudah kamu bisa buka aplikasi tersebut
  • Kemudian pilih menu gosend
  • Masukan alamat secara jelas dan lengkap mengenai lokasi pengambilan barang. Hal ini jangan sampai salah ya, karena jika salah akan merepotkan pihak kurir gosend
  • Untuk mempermudah komunikasi dengan kurir gojek, solahkan masukan nomor HP dari pihak pengiriman. Jika tidak nomor hp yang ada di tempat barangnya supaya pihak gojek dapat memberi kabar bahwa kurir tersebut sudah sampai di tujuan yang kamu maksut untuk mengambil barang.
  • Setelah itu masukan alamat penerima barang dengan jelas, misalnya alamat RT atau RWnya, Kecamatan juga harus jelas atau sesuai dengan peta yang ada di aplikasi. Karena informasi gojek ini berbasis peta dan gps, untuk itu dalam menulis alamat harus diperhatikan dengan betul.
  • Jangan lupa masukan nomer HP penerima barang
  • Beri keterangan barang yang kamu kirim supaya baranmu sampai tujuan dengan selamat. Misalnya kamu ingin mengirim barang dokumen penting maka pihak kurir gojek akan menjaga dokumen tersebut. Hal ini akan memberikan informasi barang ke driver gojek.
  • Terkahir, kamu bisa tekan order untuk melakukan pengiriman atau pengambilan barang. Dengan itu kamu akan mendapatkan kurir gojek dan selanjutnya pihak driver akan menghubungi kamu.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Daftar GoFood Online

Syarat Cara Gosend Ambil Barang

Lalu, kira-kira syaratnya apa aja sih untuk dapat mengambil barang via gosend? Banyak juga pemilik akun gojek customer semakin penasaran cara ambil abrang melalui gosend. Setelah kamu mengetahui caranya diatas, kamu juga perlu tau syaratnya supaya tidak ada masalah saat ingin mengambil barangnya.

  • Nah, untuk itu simak ulasan sebagai berikut:
  • Pastikan memiliki akun gojek terverifikasi
  • Sediakan metode pembayaran sesuai keinginan
  • Pastikan penulisan lokasi pengambilan dan tujuan jelas dan benar

Cara Cek Resi Gosend

Apabila kamu sudah memesan barang dari marketplace dan menggunakan Gosend sebagai media pengirimannya, maka kamu juga dapat mengecek / melacak status pengantaran secara real-time loh. Berikut langkah-langkahnya:

  • Disaat kamu ingin mencheckout barang dan pilih gosend untuk pengirimannya, kamu akan mendapatkan SMS notifikasi dari gojek.
  • Nantinya sms tersebut akan mengirimkan link pelcakan, kamu bisa ketuk link pelacakan tersebut barang sudah sampai dimana.
  • Selanjutnya kam akan diarahkan ke laman pelacakan di browser HP kamu. Nanti akan muncul beberapa informasi penting, meliputi: order number, order description, drop location, sampai ordered on atau waktu melakukan pemesanan
  • Selain informasi di atas, kamu juga bisa memilih opsi lanjutan untuk pengiriman gosend yang digunakan. Misalnya: Pesanan telah dikonfirmasi, kurir mengambil barang, hingga barang sudah sampai. Jadi sudah lengkap banget.
  • Selesai, dan kini barang dokumen atau yang laon sudah otomatis terlacak. Mulai dari nomor pesanannya, lokasi pengiriman, waktu order, kurirnya siapa hingga estimasi waktu berapa lama.

Demikianlah informasi mengenai cara gosend ambil barang, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. See u!

Related posts