Cara Jual Barang di Shopee

Cara Jual Barang di Shopee
Cara Jual Barang di Shopee

Belakangan ini orang-orang semakin gencar berbisnis online melalui marketplace, termasuk Shopee. Namun, banyak calon pedagang online belum tahu cara jual barang di Shopee agar mereka dapat meraup cuan senilai jutaan rupiah.

Shopee menjadi salah satu e-commerce terbaik dan terkemuka yang melibatkan ratusan bahkan ribuan seller dari seluruh Indonesia. Tak hanya itu, kalian juga bisa menemukan pedagang online dari luar negeri yang notabene menggaet para seller asal Cina sebagai negara produsen barang tertentu.

Read More

Shopee sudah menjadi marketplace terpercaya yang mana jumlah pedagangnya semakin bertambah sampai sekarang. Bagaimana tidak, kalian bisa menemukan barang apa pun dengan harga miring yang semuanya berkualitas dan tahan lama.

Kalian bahkan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk beli barang di Shopee, lho. Konsumen akan selalu mendapatkan promo menarik apalagi saat momen tertentu yang mana harganya bisa lebih murah daripada e-commerce mana pun, sedangkan kualitas produk tetap sama dengan barang serupa lainnya.

Cara Jual Barang di Shopee
Cara Jual Barang di Shopee

Bisakah Jual Barang di Shopee Tanpa Stok Produk?

Kalian sebenarnya bisa berjualan produk apa saja tanpa stok barang di Shopee. Secara umum kalian bakal bekerja sebagai seorang dropshipper bila tidak menyimpan barang dalam jumlah banyak dulu. Tak bisa dipungkiri bahwa seorang dropshipper juga mampu raup cuan banyak.

Terkait:  Cara Tambah Produk di Shopee Lewat HP dan PC, Gampang!

Dropshipper adalah seorang penjual yang tidak pernah menyimpan stok barang di dalam toko. Penjual akan membeli produk melalui supplier pihak ketiga seperti grosir serta produsen. Barang kemudian langsung dikirim ke konsumen selama produknya masih tersedia.

Kenapa Harus Jual Barang Tanpa Stok Produk di Shopee?

  • Modal Minim
    Apabila kalian menjual barang tanpa stok produk di Shopee, kalian tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk melakukannya, kecuali bila terjadi kesalahan. Kalian harus ganti rugi bila produk yang dipesan tidak sesuai dengan deskripsi saat diterima konsumen.
  • Jualan dengan Mudah
    Bisnis ini memudahkan setiap penjual tanpa memikirkan stok barang, lho. Kalian cukup melihat dan mengawasi stok produk di pihak ketiga, pengiriman barang dari e-commerce dan jumlah pesanan yang mana kalian tidak perlu sibuk memikirkan hal-hal berikut :
    • Pemesanan barang dan pengelolaan stok produk.
    • Penanganan pengembalian dan pengiriman produk.
    • Pengemasan dan pengiriman produk kepada konsumen.
  • Fleksibel
    Penjual memerlukan koneksi internet kencang dan stabil untuk berkomunikasi dengan konsumen maupun supplier produk. Tak hanya itu, kalian bisa melakukan perencanaan penjualan agar waktu bekerja dapat lebih fleksibel.
  • Memakai Peralatan Sederhana
    Kalian tidak perlu khawatir untuk lokasi stok barang, inventaris serta mengatur kelola gudang. Seller bisa memulainya sebagai bisnis rumahan, sedangkan kebutuhan biaya lebih rendah dan penggunaan alat kerjanya hanya notebook atau smartphone dengan koneksi internet stabil.
  • Pengujian yang Mudah
    Kegiatan ini memudahkan pemilik toko untuk memperoleh informasi sesuai selera konsumen berdasarkan kategori barang tambahan, pembuatan barang terbaru serta produk yang sedang hits. Sistem ini berpeluang menjual barang yang punya stok barang dalam jumlah besar.
  • Bisa Memilih Barang yang Dijual
    Seller bisa memilih barang mana yang bakal ditawarkan dan dijual kepada konsumen, contohnya kacamata yang sedang tren bisa menjadi salah satu produk dropshipping di Shopee.
  • Pekerjaan yang Mudah
    Jika seller menerima pesanan dalam jumlah banyak, maka bisa melakukan pekerjaan yang berat. Dropship biasanya membantu proses pemesanan yang semuanya ditanggung pihak pemasok.
Terkait:  Cara Dagang di Shopee

Kenali Rugi Jualan Barang Tanpa Stok Produk di Shopee

  • Iklan Terbatas
    Jika kalian menjual barang tanpa stok produk di Shopee, barang dropshipping biasanya diberi merk oleh supplier. Kondisi ini mengakibatkan seller punya batas untuk mengubah barangnya. Supplier punya kendali untuk menjual barang mereka atas kebijakan penjualannya.
  • Kesalahan Supplier
    Kendala paling sering terjadi adalah masalah komunikasi antara seller dan supplier. Kondisi ini biasanya disebabkan supplier melakukan kesalahan pesanan sehingga tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Alhasil, seller terpaksa mengganti rugi nilai pembelian yang terdata.
  • Proses Pengiriman Sulit
    Penjual harus melihat jumlah produk dan biaya pengiriman. Jika misalnya pembeli memesan empat barang, penjual harus bertanya dulu apakah produk masih tersedia dari supplier. Terkadang ada ongkos kirim terpisah yang membuat biaya pengiriman semakin besar.

Cara Menjual Barang di Shopee Agar Laku

  • Jenis Barang Variatif
    Rahasia berjualan di Shope adalah sebaiknya memasarkan jenis barang lebih beragam. Sebab, konsumen mana pun tidak sekadar beli satu item dari toko yang sama. Maka dari itu, semakin banyak variasi produk yang dipasarkan maka kamu bisa meraup cuan lebih besar juga.
  • Pakai Fitur Gratis Ongkos Kirim
    Shopee menyediakan berbagai macam fitur menarik untuk penjualan, salah satunya fitur gratis ongkos kirim. Fitur ini juga bisa diaktifkan dengan cepat dan mudah yang mana kalian hanya perlu menggunakan KTP saja dan cara aktivasinya sebagai berikut :
    • Buka aplikasi Shopee melalui gadget kalian.
    • Apabila masuk laman utama, pilih menu Gratis Ongkir XTRA.
    • Klik Semua Gratis Ongkir.
    • Geser layar sampai bagian terbawah, klik Daftar Sekarang.
    • Silakan lengkapi formulir sesuai informasi yang dibutuhkan, klik Kirim.
  • Pasang Harga Bersaing
    Kalian harus memasang harga kompetitif agar konsumen dapat membeli produk jualanmu di Shopee. Selain itu, kalian tidak perlu takut memperoleh jumlah keuntungan minim karena semakin banyak jumlah produk terjual, maka kamu bisa raup cuan lebih besar.
  • Pakai Fitur Naikkan Produk
    Kalian bukan sekadar menggunakan fitur gratis ongkos kirim, namun juga menggunakan fitur naikkan produk untuk upsale barang ke urutan teratas dalam hasil pencarian. Kalian cukup menekan tombol Naikkan Produk melalui foto barangnya yang dilakukan setiap 4 jam sekali.
Terkait:  Cara Melacak Pesanan Shopee

Cara Jual Barang di Shopee

Secara umum cara jual barang di Shopee sebenarnya bisa kalian lakukan dengan cepat dan mudah. Kalian bahkan tidak perlu menghabiskan modal banyak bila melakoninya sebagai seorang dropshipper, sedangkan kalian cukup komunikasi intens dengan seller untuk ketahui jumlah produk.

Kalian juga harus tahu rahasia menaikkan potensi jualan dengan menerapkan tips dan trik di atas. Tak hanya itu, pastikan semua barang yang ditawarkan dibanderol dengan harga bersaing untuk meraup cuan lebih banyak.

Cara Jual Barang di Shopee Tanpa Stok Produk

  • Pertama, kunjungi toko online di Shopee yang kalian inginkan.
  • Silakan tentukan produk yang dipesan, klik Pesanan Saya.
  • Kemudian, pada bagian pesanan bakal muncul tulisan Kirim sebagai Dropshipper dan pesanan normal. Gunanya supaya seller bisa melihat detail pesanan sebagai dropship maupun pembeli biasa.
  • Jika kalian bakal menjadi seorang dropshipper, klik Kirim sebagai Dropshipper.
  • Silakan isi nama pengirim dan nomor ponsel sebelum pemesanan dilakukan.
  • Terakhir, klik Checkout.

Demikian informasi tentang cara jual barang di Shopee tanpa stok barang yang bisa kalian coba. Tak sedikit orang mulai menjajal bisnis online ini agar dapat menghasilkan uang tanpa stok barang yang banyak. Kalian bisa berbisnis sebagai seller biasa, reseller sampai dropshipper sesuai kebutuhan di Shopee.

Related posts