Cara Jual Foto di Shutterstock

Cara Jual Foto di Shutterstock
Cara Jual Foto di Shutterstock

Belakangan ini masyarakat yang gemar fotografi bukan hanya memenuhi hasrat minatnya saja, namun juga menjadi ladang cuan seperti cara jual foto di Shutterstock yang sedang dirintis kalangan tertentu. Kalian harus tahu bahwa Shutterstock sudah menjadi website jual beli foto yang sedang naik daun.

Shutterstock menjadi salah satu website populer tempat semua fotografer dan desain menjual hasil karyanya dan dibayar menggunakan mata uang Dollar Amerika Serikat (USD$). Website ini bahkan hampir sering diakses hingga jutaan kali setiap harinya.

Di Indonesia, banyak orang masih tidak tahu website resmi Shutterstock yang mana antusiasme jual beli karyanya tidak setinggi orang-orang luar negeri. Padahal, bila kalian melakukannya secara berkala maka bisa meraup cuan sampai jutaan rupiah, lho.

Shutterstock bahkan menjadi salah satu website unggulan para fotografer yang sering mengantongi uang senilai jutaan rupiah. Kalian hanya perlu memiliki hasil karya terbaik, sedangkan calon pembeli akan membayar mahal atas hasil jepretan gambar jernih dan aesthetic dari kamera kalian.

Cara Jual Foto di Shutterstock
Cara Jual Foto di Shutterstock

Ketentuan dan Syarat Jual Foto di Shutterstock

  • Perhatikan Jenis File dan Resolusi
    Jika kalian ingin menjual hasil gambar di Shutterstock, kalian harus punya jenis file dan resolusi sesuai aturan berlaku. Shutterstock menetapkan semua gambar yang diunggah harus punya resolusi minimum 4 megapixel.

    Ukuran ini berlaku untuk jenis file gambar dengan format vector, jpeg dan eps. Namun, pengunggah gambar vector hanya perlu upload file .eps saja untuk menjual gambarnya di Shutterstock. Hasilnya akan dipilih calon pembeli sebelum dibeli nanti.

  • Kualitas Gambar yang Bagus
    Shutterstock menerima semua jenis gambar bahkan diambil dengan kamera ponsel sekalipun. Namun, bila kalian ingin lolos proses seleksi dan review, kalian harus mengunggah foto dengan kualitas gambar terbaik.

    Kalian harus memperhatikan beberapa faktor seperti kontras, fokus gambar sampai noise yang dihasilkan dari foto tersebut. Kalian cukup memilih foto terbaik, kesempatan lolos seleksi dan review semakin besar dengan harga jual yang lebih mahal.

  • Tidak Mengandung Unsur SARA
    Shutterstock selalu memperingatkan setiap orang yang mengunggah foto ke laman resmi mereka karena tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan). Foto yang kalian unggah harus menarik namun menjaga etika kesopanan.

    Apabila foto kalian terdeteksi mengandung unsur SARA, foto tersebut bisa langsung ditolak bahkan diblokir tanpa melewati tahap seleksi sampai review. Oleh karena itu, perhatikan poin ini untuk menjaga diri tetap aman di sana.

Cara Upload Foto ke Shutterstock di PC

  • Kunjungi situs resmi Shutterstock via shutterstock.com melalui browser.
  • Pilih menu Images yang warna merah di samping kiri atas.
  • Kemudian, silakan tarik dan drop gambar pada laman selanjutnya atau klik Select Multiple Files, pilih gambar yang bakal diunggah.
  • Jika foto telah diunggah 100%, klik Next.
  • Berikutnya, tambahkan metadata sebelum foto diunggah untuk memberi deskripsi dan keterangan pada foto sebagai syarat penjualan foto di sana.
  • Terakhir, klik Submit.

Cara Upload Foto ke Shutterstock di HP

  • Unduh aplikasi Shutterstock Contributor melalui smartphone kalian.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Untuk upload gambar, klik tanda panas ke atas.
  • Kemudian, tekan tombol + di atas untuk mencari gambar yang bakal kalian jual.
  • Silakan pilih foto yang akan kalian jual.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses upload foto mencapai 100%. Apabila muncul keterangan gagal (failed), jangan panik yang mana informasi tersebut biasanya gambar sudah diunggah.
  • Terakhir, klik Submit.

Tips Jual Foto di Shutterstock Agar Laku

  • Pahami Aturan untuk Model Gambar
    Apabila dalam foto terdapat seseorang sebagai model yang jelas, kalian harus melampirkan model release dan wajib ditandatangani oleh orang tersebut. Jika kalian tidak mengenal orang tersebut dan sulit memperoleh persetujuan, gunakan cara jual foto di Shutterstock dengan membuatnya sebagai foto editorial.

    Jika pada foto ada satu objek manusia, dibutuhkan satu model release dan bila dua atau lebih maka dibutuhkan dua model release bahkan lebih.

  • Tentukan Kategori Foto
    Kalian harus memperhatikan dan menentukan kategori foto yang bakal diunggah ke dalam website tersebut. Shutterstock menyediakan beberapa kategori yang bisa dipakai seperti art, culiner, people, abstract dan lainnya.

    Gunakan kategori yang sesuai agar foto kalian dapat diunggah dan direview dengan cepat. Selain itu, pemilihan kategori berguna supaya pihak terkait bisa menilai dan menyeleksi, sedangkan kesempatan foto lolos seleksi jauh lebih besar.

  • Pakai Deskripsi dan Judul yang Benar
    Gunakan deskripsi dan judul gambar yang relevan. Tak bisa dipungkiri keduanya cukup berdampak besar terhadap hasil pencarian konsumen saat mencari foto melalui fitur search adalah deskripsi dan judul.

    Kalian harus memastikan kedua informasi tersebut sesuai sehingga foto kalian dapat ditemukan di mesin pencarian. Cari judul yang benar untuk menggambarkan suasana pada foto tersebut. Kalian bisa riset dulu dengan deskripsi gambar minimum 5 kata.

  • Amati Visible Trademark
    Ketika ingin mengunggah foto ke Shutterstock, pastikan gambar yang diunggah bebas dari logo dan merk apapun. Contohnya adalah bila kalian ambil gambar perkotaan, biasanya ada baliho atau iklan yang ditempel di dinding dan kaca serta tertangkap kamera.

    Jika kalian mengunggah gambar tersebut, sebaiknya edit terlebih dulu dengan Photoshop atau sejenisnya. Kemudian, cloning merk apa saja dengan warna sekitarnya agar tidak terdeteksi.

Cara Jual Foto di Shutterstock

Jika kalian gemar fotografi tentu saja harus tahu cara jual foto di Shutterstock demi raup cuan banyak. Kalian tidak perlu bergantung terhadap kamera digital untuk upload foto ke sana, sedangkan setiap pengguna bisa menggunakan kamera HP untuk berbisnis di Shutterstock.

Kalian perlu memahami dan memperhatikan rahasia jual foto di Shutterstock sesuai pembahasan sebelumnya. Gunanya agar kalian dapat terhindar dari kerugian yang mana deskripsi dan judul fotonya relevan, serta kualitas gambar sangat baik.

Langkah 1: Daftar sebagai Contributor di Shutterstock

Kalian bisa mendaftarkan diri sebagai contributor di Shutterstock dulu. Kalian buka laman resmi web tersebut dan cari menu Register dan isi formulir yang telah disediakan dengan lengkap. Gunakan data-data benar dan valid supaya kalian bisa menjual foto apa saja lebih mudah.

Langkah 2: Konfirmasi Akun

Kalian harus melakukan konfirmasi akun dulu. Pihak Shutterstock biasanya bakal memerintah kalian mengunggah foto KTP dan password contributor. Maka dari itu, sebelum daftar pastikan kalian sudah melampirkan kedua berkas tersebut.

Langkah 3: Pastikan Punya Akun PayPal

Situs Shutterstock bisa dikunjungi dan dimanfaatkan siapa saja dari seluruh dunia. Untuk memudahkan proses transaksi dari hasil penjualan gambar, sebaiknya kalian memiliki akun PayPal sebagai tempat transaksi jual beli yang lebih aman.

Langkah 4: Seleksi Foto

Jika proses registrasi berhasil, kalian harus melewati tahap seleksi dengan memperhatikan aspek-aspek penilaian sebagai berikut :

  • Foto WAJIB hasil karya sendiri.
  • Apabila foto memakai objek manusia, contributor harus mempunyai model release.
  • Foto tidak mengandung unsur SARA, brand dan watermark yang bakal diunggah.

Langkah 5: Pihak Shutterstock Melakukan Review Fotomu

Jika foto sudah diunggah, kalian hanya menunggu pihak Shutterstock melakukan review dan penilaian terhadap foto tersebut. Apabila lolos seleksi, foto tersebut akan langsung dimasukkan ke dalam situs resmi Shutterstock dan foto tidak lolos seleksi bakal dipending pihak mereka.

Langkah 6: Pihak Shutterstock Mengirim Informasi Pendapatan

Foto kalian yang berhasil lolos seleksi akan langsung dibeli pihak Shutterstock. Mereka kemudian bakal memberi informasi pendapatan dari jumlah foto yang telah dibeli. Namun, pastikan saldo PayPal kalian sudah mencapai USD$ 200 untuk bisa menikmati hasil penjualan foto di Shutterstock.

Demikian pembahasan lengkap tentang cara jual foto di Shutterstock yang wajib kamu tahu. Segera manfaatkan semua hasil jepretan gambar terbaik kalian untuk dijadikan ladang cuan dengan bergabung di Shutterstock sekarang juga.

Terkait:  Cara Berjualan di Facebook

Related posts