Cara Jualan di Tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia

Tokopedia sudah menjadi salah satu aplikasi belanja online terbaik di Indonesia. Tak bisa dipungkiri namanya sedang naik daun berkat cara jualan di Tokopedia yang gampang untuk setiap calon seller mereka.

Tokopedia bahkan masuk ke dalam daftar e-commerce terkemuka dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, lho. Aplikasi ini bahkan sukses mendepak beberapa e-commerce lainnya seperti Lazada, Shopee, Bukalapak dan lainnya. Hal ini dikarenakan kontribusi dan pelayanan yang diberikan sangat memuaskan dengan rating tinggi.

Tokopedia juga disebut sebagai e-commerce yang paling sering diakses dan digunakan tahun lalu, bahkan jumlahnya mencapai angka 147 juta orang. Angka ini sukses mendepak saingan utamanya, Shopee yang hanya digunakan oleh 127 juta orang.

Oleh sebab itu, kondisi ini harus kalian manfaatkan sebagai celah untuk berbisnis online di Tokopedia. Jumlah pengguna sebanyak itu bisa memberi feedback menguntungkan yang mana mayoritas pelanggan setianya berasal dari semua kalangan dengan daya minat belanja cukup tinggi.

Cara Jualan di Tokopedia
Cara Jualan di Tokopedia

Cara Membuat Toko di Tokopedia Lewat HP

  • Unduh aplikasi Tokopedia melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) sesuai dengan smartphone yang kalian gunakan.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Klik Akun.
  • Kemudian, pilih menu Buka Toko Gratis di bagian paling bawah.
  • Silakan tulis nama toko yang sesuai (catatan : nama toko tidak bisa diubah dan sebaiknya gunakan nama yang bagus).
  • Berikutnya, lampirkan alamat toko seperti nama jalan, nomor bangunan, RT/RW, kecamatan dan kode pos.
  • Apabila semua informasinya sudah benar, klik Simpan.
  • Terakhir, kalian bisa langsung berjualan di Tokopedia.
Terkait:  Cara Kerja Flow Switch

Cara Membuat Toko di Tokopedia Lewat PC

  • Kunjungi situs resmi Tokopedia via tokopedia.com melalui browser pada notebook atau PC kalian.
  • Pilih menu Toko di samping kanan atas.
  • Klik Buka Toko.
  • Kemudian, isi nama toko dan domain untuk online shop kalian.
  • Klik Buka Toko Sekarang.
  • Silakan isi slogan dan deskripsi online shop, klik Selanjutnya.
  • Lampirkan alamat dan lokasi penjemputan, klik Selanjutnya.
  • Terakhir, kalian sudah bisa menggunakan toko online tersebut untuk berjualan di Tokopedia.

Rahasia Jualan di Tokopedia Agar Cepat Laku

Bagi kalian yang sedang berbisnis online di Tokopedia, kalian harus tahu rahasia berjualan supaya dagangan cepat laku di sana. Kalian tidak perlu menghabiskan modal dan waktu banyak dengan menerapkan trik marketing sebagai berikut :

  • Perhatikan Layanan dan Barang Dagangan
    Konsumen mana pun pasti ingin mendapatkan pelayanan terbaik dengan kualitas produk jualan yang bagus. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan keduanya dan layani pembeli dengan sopan sambil mempromosikan barang dagangan yang kualitasnya lebih baik dari e-commerce lain.
  • Manfaatkan Fitur Official Store
    Tokopedia menyediakan beragam fitur menarik untuk seller, salah satunya adalah Official Store. Fitur ini membantu kalian untuk menegaskan bahwa toko online yang dimiliki adalah gerai resmi dengan penjualan barang asli (original). Konsumen tidak akan ragu beli barang di toko kalian nanti.
  • Promo Menarik
    Seller tidak boleh pelit memberikan promo menarik kepada pembeli. Pasalnya, konsumen akan membeli barang daganganmu bila penjual menawar promo khusus seperti gratis ongkir. Jika kalian melakukannya secara berkala, jumlah pembeli semakin bertambah dan omzet lebih besar lagi.
  • Naikkan Popularitas Toko
    Secara umum popularitas toko online kalian akan meningkat bila melayani konsumen dengan baik. Selain itu, perlu diketahui bahwa penjualan barang bagus dan orisinil menjadi daya tarik terhadap pembeli. Jika keduanya ditingkatkan, konsumen akan beri rating tinggi dan toko kalian akan dikenal banyak orang.
Terkait:  Cara Join Google Meet

Bisakah Jualan di Tokopedia Tanpa Modal?

Kalian juga bisa berbisnis online di Tokopedia tanpa modal, lho. Apabila dibandingkan dengan toko offline, kalian harus menghabiskan uang cukup banyak untuk mendapatkan lapak agar bisnis dapat berjalan lancar.

Kalian tidak perlu membuang uang dan waktu esktra untuk mendapatkan konsumen, sedangkan kalian bisa bekerja sebagai dropshipper tanpa stok barang di rumah. Alhasil, modal yang digunakan benar-benar minim bahkan nyaris Rp.0. Kalian harus berbisnis online di Tokopedia untuk raup cuan banyak tanpa mengeluarkan modal banyak sekarang juga.

Cara Jualan di Tokopedia

Barangkali kalian belum tahu bahwa cara jualan di Tokopedia bisa dilakukan semua orang. Kalian perlu memastikan nama toko benar-benar unik karena tidak bisa diubah. Selain itu, perlu diketahui bahwa produk yang dipasarkan dan dijual harus sesuai ketentuan maupun syarat berlaku.

Gunakan semua fitur yang disediakan oleh Tokopedia sehingga barang dagangan dapat dilihat setiap konsumen saat berbelanja di Tokopedia. Kalian harus memberikan diskon dan promo menarik supaya calon pembeli bisa membeli produk jualan dalam jumlah banyak.

Langkah 1: Unggah Barang Jualan

Kalian bisa mengunggah barang jualan ke toko online yang sudah dibuat sebelumnya. Namun, perlu dipastikan foto produk yang bakal kalian unggah punya kualitas terbaik. Di samping itu, pastikan kalian memberikan deskripsi dan informasi seputar harga, kategori, merk dan keterangan lain dengan lengkap.

Gunanya supaya calon pembeli bisa membaca semuanya dengan jelas sehingga mereka tidak dapat bertanya lagi pada kalian. Seandainya mereka bertanya sesuatu diluar deskripsinya, jawablah dengan sopan.

Langkah 2: Aktifkan Layanan Logistik

Tokopedia menyediakan dua layanan logistik untuk setiap pedagang yang berbisnis di sana, yakni layanan antar ke gerai dan dijemput jasa ekspedisi (kurir). Kalian harus memakainya selama berjualan di Tokopedia.

Terkait:  Cara Menghidupkan Layar HP Oppo dengan Ketukan (Semua Tipe)

Pasalnya, layanan ini bertujuan supaya kalian bisa memasarkan produk apa saja kepada konsumen sebagai seller. Kalian juga tidak mungkin mengantarkan semua barang kepada konsumen, sedangkan kalian bisa melibatkan kurir untuk menjemput barang pesanan dari toko yang bakal diantar ke alamat penerima.

Langkah 3: Mengelola Online Store

Seller harus mengelola official store masing-masing untuk memperoleh performa maksimal. Apabila toko online kalian sedang baik-baik saja, nilai performanya akan meningkat cukup pesat. Nilai tersebut adalah skor atas pelayanan yang kalian berikan.

Maka dari itu, sebaiknya kalian melayani semua orang yang mungkin menjadi calon konsumen dengan sempurna. Jika pelayanannya dilakukan dengan baik, konsumen tidak segan memberi rating tinggi bahkan nyaris bintang 5 kepada toko dan seller yang melakukan hal tersebut.

Langkah 4: Memproses Pesanan Lebih Cepat

Kalian harus cepat dan tanggap saat menerima pesanan dari pelanggan. Selain itu, berikan performa terbaik dengan memproses pesanan yang mereka inginkan sesuai deskripsi barang tersebut. Kalian juga perlu menentukan layanan pick up untuk beberapa pesanan bila jumlahnya cukup banyak.

Tak hanya itu, gunakan layanan filter yang disediakan oleh Tokopedia sehingga kalian dapat memproses pesanan sesuai daftar urut. Gunanya supaya kalian bisa memprioritaskan setiap konsumen yang benar-benar membelinya sejak pagi hari sampai malam.

Demikian informasi tentang cara jualan di Tokopedia supaya cepat laku yang harus kalian tahu. Kini, siapapun bisa berbisnis online untuk menjual barang apa saja di Tokopedia. Berikan layanan prima untuk menggaet jumlah konsumen lebih banyak sehingga omzet tokomu dapat meningkat pesat.

Similar Posts