Cara Jumper Aki Mobil

Cara Jumper Aki Mobil

Tak sedikit orang yang mempunyai kendaraan roda empat belum tahu cara jumper aki mobil dengan benar. Aki merupakan salah satu komponen penting dalam mobil supaya bisa bekerja dengan efektif dan lancar.

Apabila aki mobil soak bahkan rusak, mobil tidak bisa distarter sehingga kalian dapat membawanya ke bengkel untuk ditangani lebih lanjut. Seperti kalian tahu bahwa salah satu alasan mobil sulit distarter adalah aki benar-benar ngadat sehingga dapat menimbulkan dampak buruk bila tidak diperbaiki saat itu juga.

Kalian harus tahu bahwa teknik jumper aki mobil bisa dilakukan secara variatif, lho. Kalian bahkan bisa menggunakan aki motor untuk mendonor arus listrik ke komponen tersebut sehingga mobil dapat distarter lagi.

Meski begitu, kalian harus memperhatikan komponen dan peralatan yang digunakan supaya proses jumper aki mobil bisa dilakukan lebih cepat dan mudah. Kalian perlu tahu kalau melakukan prosesnya sama dengan cara jumper aki biasa, namun tetap diawasi ahlinya demi mencegah hal-hal tidak diinginkan.

Cara Jumper Aki Mobil
Cara Jumper Aki Mobil

Persiapan Jumper Aki Mobil yang Benar

Secara umum melakukan persiapan jumper aki mobil adalah solusi sementara demi menjaga komponen tersebut supaya tidak soak bahkan rusak. Tapi, saat kondisi aki telah menyala sebaiknya kalian langsung membawa mobil ke jasa jumper aki mobil terdekat yang sudah ahli untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Terkait:  Cara Parkir Mobil

Selain itu, penanganannya sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Namun, kalian harus waspada saat melakukannya, sebaiknya kalian harus mempersiapkan beberapa aspek penting sebagai berikut :

  • Siapkan kabel yang panjang untuk menyambungkan dua mobil dan alat jumper aki mobil sesuai kebutuhan.
  • Sepasang penjepit untuk menyambungkan antar aki mobil.
  • Mencari mobil lain yang kondisi aki nya bagus.

Apabila kalian tanya berapa jumlah budget yang dibutuhkan untuk membayar biaya jasa jumper aki mobil, kalian tidak perlu menguras kantong terlalu dalam. Sebab, pemilik mobil mana pun biasanya telah kabel jumper aki mobil dan jumper aki mobil secara pribadi.

Jika kalian mengalami kesulitan mencari kabel, kalian cukup membelinya di marketplace terpercaya. Di sana, harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni sebesar Rp.50,000 hingga Rp.150,000 sesuai dengan panjang dan ukurannya.

Cara Jumper Aki Mobil

Kalian mungkin belum tahu kalau cara jumper aki mobil sebenarnya sama dengan panduan jumper aki umum. Namun, banyak orang tidak menyadarinya yang mana prosesnya bisa dilakukan menggunakan metode lebih variatif.

Kamu bahkan bisa menggunakan aki motor sebagai sarana penunjang dalam mendonor arus listrik ke aki mobil yang sudah soak. Maka dari itu, kami akan beritahu semua informasi dan panduannya secara lengkap sehingga komponen tersebut dapat kalian gunakan untuk memaksimalkan kinerja mesin kendaraan saat berkendara.

Langkah 1: Memakai Kabel Jumper yang Bagus

Kalian harus menggunakan kabel jumper yang berkualitas bagus. Gunanya agar kalian dapat memancing aki yang lemah bahkan soak. Maka dari itu, kelistrikan pada mobil mampu berfungsi dengan baik, sedangkan aki harus terisi daya secara berkala.

Apabila aki sudah lemah bahkan aus, ketika menghidupkan di awal tidak bisa menyimpan daya. Alhasil, aki yang soak harus mendapatkan sumber daya dari jumper sehingga nanti sambil bekerja dapat terisi untuk memaksimalkan kinerja mesin mobil kembali.

Terkait:  Penyebab Setir Mobil Berat

Langkah 2: Menyiapkan Aki Mobil Lain yang Bagus

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan kendaraan maupun aki mobil lainnya yang kondisinya masih stabil. Kalian harus menggunakan aki mobil yang berkapasitas mesin lebih besar atau seimbang dengan mobil dengan aki soak.

Gunanya supaya bisa mengangkat daya saat awal proses jumper aki mobil berlangsung. Selain itu, kelistrikan pada mobil mampu berfungsi normal kembali sehingga kendaraan roda empat dapat bekerja dan dikemudikan seperti biasa, termasuk distarter saat akan digunakan.

Langkah 3: Mendekatkan Mobil dengan Aki yang Bagus dan Soak

Apabila prosedur sebelumnya sudah dilakukan, kalian harus mendekatkan mobil yang aki nya masih bagus dengan kendaraan dengan aki sudah soak. Namun, kalian tidak bisa melakukannya sembarangan yang mana prosedurnya sebagai berikut :

  • Mendekatkan mobil yang aki nya masih bagus kepada mobil yang aki nya soak.
  • Kemudian, letakkan keduanya untuk saling berhadapan karena kabel jumper cukup pendek.
  • Apabila tidak memungkinkan atau bahkan kabel jumper sangat pendek, lepaskan aki dari mobil yang akinya bagus untuk didekatkan ke mobil mogok.

Kalian harus melakukannya supaya penghantar daya listrik bisa bekerja secara optimal. Selain itu, aki mobil yang bagus mampu mendapatkan ruang untuk bergerak saat proses jumper berlangsung.

Langkah 4: Menghubungkan Kedua Kutub Aki

Langkah berikutnya adalah menghubungkan kedua kutub aki dengan kabel jumper. Namun, perlu diperhatikan ketika menyambungkan kabel jumper dengan aki adalah kabel bermuatan positif dihubungkan dengan kutub positif, sedangkan prosedur lengkapnya adalah :

  • Pertama, silakan matikan mobil dengan sempurna (kunci kontak off).
  • Periksa kedua kutub aki dan hubungkan kabel jumper positif (warna merah) dengan kutub positif aki mobil yang soak.
  • Sambungkan kabel jumper bermuatan negatif (warna hitam) dengan kutub negatif aki mobil yang soak.
  • Kemudian, pastikan aki dan kabel telah tersambung dengan baik.
  • Hidupkan mobil dengan kondisi aki baik selama 1-2 menit melalui pijakan gas secara perlahan.
  • Nyalakan mesinnya lagi bila berhasil dan tunggu selama beberapa menit.
  • Jika mesin mobil berhasil menyala, biarkan selama 5 menit sambil injak pedal gas dengan putaran 2,000 rpm.
  • Berikutnya, lepaskan kabel jumper dari muatan negatif pada aki yang soak terlebih dulu.
  • Lepaskan pula kabel jumper muatan positif dan aki mobil sudah tidak tekor lagi.
Terkait:  Cara Dark Mode Chrome

Langkah 5: Menunggu sampai Aki Terisi Kembali

Jika semua langkah tadi sudah dilakukan, kalian harus menunggu selama 10 detik. Biarkan mesin mobil tetap menyala selama 10 menit. Tujuannya supaya aki mobil yang soak bisa terisi dengan baik dan mampu bekerja secara normal.

Langkah 6: Menyalakan Mesin Mobil yang Mogok

Hidupkan mesin mobil yang mogok akibat akinya soak. Jika mobil sudah menyala, bawalah ke bengkel jumper accu mobil terdekat supaya mobil bisa mendapatkan perawatan dan perbaikan profesional. Jika kalian punya asuransi mobil, kalian tidak perlu cemas memikirkan harga jumper aki mobil yang mahal.

Cara Jumper Aki Mobil Pakai Power Bank

  • Gunakan power bank jumper aki mobil berkualitas.
  • Pastikan daya power pank telah terisi penuh.
  • Kemudian, sambungkan kabel yang ujungnya mempunyai dua penjepit berwarna merah (positif) dan hitam (negatif).
  • Setiap kabel dihubungkan dengan kutub aki berdasarkan muatannya masing-masing.
  • Berikutnya, pastikan indikator pengaman dalam keadaan mati.
  • Tekan tombol Power pada power bank.
  • Terakhir, starter mobil supaya menyala dengan cepat.

Demikian informasi lengkap tentang cara jumper aki mobil yang wajib kalian tahu. Jangan biarkan aki mobil sampai soak untuk memperbaiki bahkan menggantinya dengan yang baru. Kalian bisa membawa komponennya ke bengkel accu jumper untuk mengetahui kapan aki mobil harus diperbaiki lebih lanjut.

Similar Posts