Cara Kuliah di Jepang

Cara Kuliah di Jepang

Bagaimana cara kuliah di Jepang? Pertanyaan ini mungkin bakal diucapkan sebagian besar generasi milenial yang bakal melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi di sana. Tak hanya itu, Jepang bahkan menjadi salah satu destinasi utama para pelajar yang berniat mengenyam pendidikan jenjang S1/S2/S3.

Negeri Sakura memang mempunyai daya tarik tersendiri yang tidak pernah dimiliki negara mana pun. Oleh karena itu, generasi milenial selalu memilihnya sebagai negara pertama untuk kuliah jalur beasiswa maupun mandiri.

Jepang memiliki nilai lebih yang diperhitungkan semua orang untuk bekerja sampai belajar di sana. Bagaimana tidak, Negeri Matahari Terbit sudah diketahui memiliki budaya disiplin sangat tinggi, serta berkontribusi besar terhadap kemajuan dan perkembangan informasi maupun teknologi dunia.

Selain itu, Jepang juga mempunyai beberapa universitas terkemuka yang masuk ke dalam daftar 100 kampus terbaik di dunia. Jangan heran sebagian besar pelajar Indonesia sangat antusias dan bersaing untuk bisa angkat koper demi mengenyam pendidikan tinggi di sana.

Cara Kuliah di Jepang
Cara Kuliah di Jepang

Ketentuan dan Syarat Kuliah di Jepang

Bagi siapa saja yang berminat untuk kuliah di Jepang, maka kalian tidak bisa pergi dengan tangan kosong. Sebab, kalian harus memperhatikan dan mengetahui beberapa ketentuan maupun syarat yang harus disiapkan sebagai berikut :

  • Bisa Berbahasa Jepang
    Secara umum calon mahasiswa dianjurkan mengambil kursus Bahasa Jepang dulu. Apabila sudah mempunyai sertifikat kemampuan berbahasa Jepang atau kursus Bahasa Jepang di Negeri Sakura bisa menghemat waktu.Pasalnya, sebagian besar bangku perkuliahan di sana akan memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan Bahasa Jepang. Walaupun beberapa dari mereka juga bisa berbahasa Inggris, tapi Bahasa Jepang tetap diutamakan sebagai bahasa ibu sekaligus nasional.
  • Mempunyai Sertifikat Bahasa
    Bagi calon mahasiswa yang bakal mengambil kelas internasional dengan pengantarnya adalah Bahasa Inggris, kalian harus mempunyai sertifikat Bahasa Inggris. Alhasil, calon mahasiswa wajib mengikuti tes TOEFL-iBT, TOEIC maupun IELTS.Kalian harus mencari tahu berapa nilai minimal dan maksimal yang diterima pihak kampus pilihanmu. Persiapkan diri sebaik mungkin bila ada keinginan kuliha di Jepang, khususnya mengambil kelas internasional dalam jangka waktu yang ditentukan.
  • Ikuti Aturan dan Jadwal Pendaftaran Kampus
    Kalian harus mengirimkan lamaran maupun proposal duku kepada profesor di kampur pilihan sebelum mendaftarkan diri. Tujuannya supaya profesor bisa bekerja sebagai pembimbingmu selama kuliah dan melakukan riset.Oleh sebab itu, carilah profesor sesuai bidang dan tema riset yang kalian lakukan. Apabila kalian sudah mengantongi persetujuan dari profesor, maka bisa menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Secara umum berkas yang diperlukan adalah sertifikat bahasa, surat rekomendasi resmi dari fakultas, fotokopi ijazah, dll.
  • Menyiapkan CV dan Ijazah Kelulusan
    Langkah terakhir adalah kalian harus menyiapkan CV dan ijazah kelulusan untuk dikirim kepada profesor di kampus tujuan. Apabila belum pernah membuat CV, banyak referensi CV untuk college application di internet. Konten CV harus berisi identitas kalian sebagai siswa dengan informasi yang valid. Selain itu, ijazah kelulusan juga harus dilegalisir sebagai syarat kuliah di Jepang.
Terkait:  Cara Format Flashdisk Write Protected: Pasti Berhasil!

Kenapa Harus Kuliah di Jepang?

Mahasiswa Indonesia pasti mempunyai alasan mengapa berminat untuk mengenyam pendidikan tinggi di Jepang. Tak bisa dipungkiri bahwa kuliah di Jepang memberikan berbagai macam manfaat sebagai berikut :

  • Pendidikan berkualitas tinggi dengan layanan kampus terbaik.
  • Masyarakat Jepang hidup teratur dan disiplin, sehingga mahasiswa dapat terbiasa menerapkan gaya hidup tersebut.
  • Jepang menjadi salah satu negara paling aman di dunia.
  • Kebudayaan dan tradisi negara Jepang yang kental.
  • Tersedia beberapa bantuan keuangan pendidikan, salah satunya adalah beragam beasiswa yang disediakan untuk mahasiswa nasional maupun internasional.

Daftar Universitas Terbaik di Jepang

Jepang mempunyai beberapa kampus terbaik di dunia, lho. Tak bisa dipungkiri sebagian besar calon mahasiswa internasional saling bersaing untuk masuk ke salah satu kampung bergengsi tersebut, namun hanya tiga kampus yang menjadi pilihan sebagai berikut :

  • The University of Tokyo
    Universitas Tokyo merupakan salah satu kampus terbaik yang sudah berusia 117 tahun. Universitas ini adalah kampus penelitian negeri terbaik di Jepang, serta anggota pertama dari Tujuh Universitas Nasional.Universitas Tokyo memiliki lima kampus di Shirokane, Kashiwa, Hongo, Komaba serta Nakano dan 10 fakultas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 28 ribu yang mana 2,100 di antaranya adalah pelajar asing. Universitas Tokyo selalu langganan menjadi kampus nomor wahid di Jepang, lho.
  • Osaka University
    Osaka University adalah universitas nasional di Kota Osaka, Jepang dan resmi didirikan pada tahun 1931 silam. Universitas Osaka memiliki empat kampus yang tersebar di kota-kota tertentu seperti Mino, Toyonaka, Suita serta Nakanoshima dengan 11 fakultas berbeda.Selain itu, Universitas Osaka menawarkan beasiswa dan bebas biaya kuliah untuk mahasiswa internasional yang berhasil memenuhi ketentuan maupun syarat sebagai calon pelajar mereka.
  • Kyoto University
    Kyoto University merupakan universitas negeri di Kota Kyoto, Jepang. Universitas Kyoto resmi didirikan pada tahun 1897 silam dan diketahui sebagai Universitas Imperial Kyoto pada awal diresmikan. Universitas ini adalah universitas negeri tertua nomor dunia di Negeri Sakura.Tak hanya itu, Universitas Kyoto mempunyai 10 fakultas, 18 sekolah pascasarjana, 29 pusat riset dan pendidikan serta 13 institut riset. Universitas ini berorienitasi pada penelitian dan sudah menghasilkan 5 penerima Penghargaan Nobel dalam bidang kimia, fisika, teori dan biologi.
Terkait:  Cara Beli UC PUBG

Daftar Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Jepang

Bagi calon mahasiswa Indonesia yang berminat untuk kuliah di Jepang, maka kalian bisa mengajukan diri sebagai salah satu penerima beasiswa sehingga dapat lepas landas demi mengenyam pendidikan tinggi di sana dengan daftar beasiswanya sebagai berikut :

  • Beasiswa S1
    • Mitsui Bussan Scholarship.
    • MEXT Gakubu.
  • Beasiswa S2 & S3
    • Beasiswa LPDP.
    • MEXT University Recommendation.
    • INPEX Scholarship.

Cara Kuliah di Jepang

Barangkali kalian belum tahu kalau cara kuliah di Jepang sebenarnya simpel. Namun, banyak calon mahasiswa internasional asal Indonesia mengurungkan niat untuk ke sana akibat tidak up to date soal informasi tersebut.

Kalian bisa kuliah secara mandiri atau pihak ketiga sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Kendati demikian, siapapun yang berhasil menempuh pendidikan tinggi di sana bisa dipastikan akan mempunyai prospek kerja menjanjikan, sedangkan kalian mungkin langsung bekerja di Jepang dalam waktu lama.

Cara Kuliah di Jepang dengan Biaya Sendiri

Apabila kalian akan kuliah di Jepang dengan biaya mandiri, kalian harus memperhatikan ketentuan dan syarat sehingga dapat memastikan diri sebagai calon mahasiswa internasional yang berhak mengenyam pendidikan di sana seperti di bawah ini :

  • Umur minimal 18 tahun (dibuktikan dengan KTP atau akta kelahiran).
  • Mahasiswa WAJIB mempunyai sertifikat Bahasa JLPT minimum N2.
  • Mahasiswa sudah dinyatakan lulus SMA yang dibuktikan dengan ijazah dan surat rekomendasi dari guru maupun kepala sekolah, serta dibubuhkan tanda tangan dan cap sekolah.
  • Memiliki hasil ujian EJU (Examination for Japanese University).

Sementara itu, kalian juga perlu menyiapkan berkas lain seperti motivation letter, surat rekomendasi dan paspor yang mana jadwal keberangkatan biasanya terbagi 2, yakni bulan April dan Oktober sesuai kebijakan kampus pilihan masing-masing.

Terkait:  Cara Menghapus History Instagram: Lewat HP dan Komputer

Demikian informasi lengkap tentang cara kuliah di Jepang yang wajib kamu tahu. Jangan pernah putus asa mencari referensi kuliah jalur beasiswa ke Jepang di internet. Kalian harus optimis, tekun belajar dan selalu berdoa kepada Tuhan agar dapat diberikan pilihan tepat supaya bisa kuliah di Negeri Sakura.

Similar Posts