Cara Kuliah di Korea

Korea Selatan selama ini dikenal sebagai salah satu negara industri drama dan musik terbaik di dunia. Namun, siapa sangka bila eksistensinya juga patut diperhitungkan dalam dunia pendidikan. Tak sedikit orang Indonesia belum tahu cara kuliah di Korea Selatan supaya bisa menggapai cita-citanya.

Selain itu, mayoritas mahasiswa internasional asal Tanah Air juga bertujuan untuk belajar sambil bertemu dengan para idolanya di sana. Tak heran para K-popers (para pencinta K-pop) dari Indonesia saling bersaing untuk bisa kuliah dan menginjakkan kaki di sana.

Kalian bisa mewujudkan mimpi untuk kuliah di Korea Selatan, asalkan kalian tahu apa saja yang dibutuhkan dan disiapkan demi menginjakkan kaki di Negeri Ginseng. Kuliah di Korea Selatan juga bisa dengan biaya sendiri bahkan beasiswa yang semuanya nyaris ditanggung pihak penanggung jawab.

Korea Selatan memang sudah menjadi salah satu destinasi para mahasiswa internasional untuk kuliah segala jurusan. Tak heran beberapa kampus atau universitas terbaik di dunia juga ada di sana dengan menawarkan fasilitas pendidikan yang patut diperhitungkan.

Cara Kuliah di Korea
Cara Kuliah di Korea

Ketentuan dan Syarat Kuliah di Korea Selatan dengan Beasiswa

Mahasiswa Indonesia bisa kuliah di Korea Selatan dengan beasiswa melalui program KGSP (Korean Government Scholarship Program). Maka dari itu, kalian harus menyiapkan semuanya secara maksimal untuk lepas landas ke sana dengan rinciannya sebagai berikut :

  • Program KGSP hanya ditujukan untuk semua warga negara asing (tidak boleh warga negara Korea).
  • Calon mahasiswa asing memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik.
  • Umur calon mahasiswa yang mendaftarkan kuliah program S1 tidak boleh lebih dari 25 tahun.
  • Umur calon mahasiswa yang mendaftarkan kuliah program S2 tidak boleh lebih dari 40 tahun.
  • Apabila mahasiswa asing ingin mendaftar kuliah program S2 di Korea, wajib memiliki gelar Bachelor (S1) atau Master (S2).
  • Calon mahasiswa tidak pernah melakukan registrasi ke perguruan tinggi mana pun di Korea sebelum mengikuti program KGSP.
  • GPA minimum 80% atau lebih besar dibandingkan pendidikan yang sudah ditempuh sebelumnya.
  • Penerima KGSP yang telah mendaftarkan diri sebelumnya boleh melakukan registrasi lagi maksimal sekali sesudah mendapatkan TOPIK dengan nilai level 4 atau pasca menerima surat rekomendasi yang dikeluarkan Kedutaan Korea.
Terkait:  Cara Jual Barang di Shopee

Biaya Kuliah di Korea yang Ditanggung Program KGSP

Apabila kalian berencana kuliah di Korea Selatan dengan beasiswa dari program KGSP, maka kalian bisa menerima beberapa keringanan administrasi sejak awal keberangkatan sampai kepulangan ke Tanah Air lagi (dalam mata uang Korean Won) dengan uraian sebagai berikut :

  • Tiket PP Korea Selatan – Indonesia dan sebaliknya.
  • Uang kuliah sejak registrasi sampai penerima beasiswa di wisuda.
  • Biaya akomodasi mahasiswa sebesar KRW 200,000.
  • Biaya hidup mahasiswa setiap bulannya, yakni sebesar KRW 800,000 (S1) dan KRW 900,000 (S2).
  • Uang pengobatan untuk mahasiswa sebesar KRW 20,000 per bulan.
  • Uang kursus Bahasa Korea sebesar KRW 800,000 per 4 bulan.
  • Penghargaan tambahan sebesar KRW 100,000 yang diberikan kepada mahasiswa internasional dengan prestasi terbaik, terutama dalam Bahasa Korea dengan pencapaian TOPIK level 5.
  • Biaya riset senilai KRW 210,000 s/d KRW 240,000 yang diberikan per semester.
  • Biaya disertasi (perkuliahan) sekitar KRW 500,000 s/d KRW 800,000.

Biaya Makan dan Tempat Tinggal di Korea Selatan

Masyarakat Korea Selatan hampir semua menetap di apartemen. Alhasil, biaya hidupnya cukup tinggi yang mana uang sewa apartemen bisa mencapai KRW 150,000 atau senilai Rp.1,1 juta per bulan. Kamu juga perlu bayar uang air dan listrik sebesar KRW 140,000 atau sekitar Rp.1 juta.

Kamu bisa mengatasi pengeluaran ini dengan tinggal di indekos yang harganya sebesar KRW 33,800 atau setara dengan Rp.433,000 per bulan. Meski begitu, kalian bisa tinggal di asrama kampus dengan tarif senilai KRW 468,000 atau sekitar Rp.1,7 juta, sedangkan uang makan bulanan minimum sebesar KRW 225,000 atau senilai Rp.1,7 juta.

Biaya Kendaraan Umum di Korea Selatan

Kalian bisa menggunakan bus atau kereta bawah tanah selama kuliah di Korea Selatan. Biasanya, kalian harus menyiapkan dana sebesar KRW 1,100 atau senilai Rp.14,000 untuk bus, sedangkan kereta bawah tanah senilai KRW 1,200 atau sebesar Rp.28,000 yang sama dengan Rp.15,000 s/d Rp.35,000.

Terkait:  Cara Kerja Customer Service

Kalian bisa memilih kampus negeri maupun swasta dengan reputasi yang baik di Korea Selatan. Tak hanya itu, beberapa universitas yang direkomendasikan adalah Seoul National University, Yonsei University dan lainnya.

Biaya Kuliah di Korea Selatan

Secara umum mahasiswa internasional yang kuliah di Korea Selatan harus menghabiskan waktu selama 4-6 tahun untuk program S1, sedangkan program S2 selama 2-3 tahun. Tak bisa dipungkiri uang kuliah yang dihabiskan cukup rendah, apalagi universitas negeri.

Apabila kalian kuliah di kampus negeri atau nasional, budget yang dihabiskan sebesar KRW 2,5 juta s/d KRW 7 juta atau setara dengan Rp.32 juta s/d Rp.89 juta per semester. Jika kalian akan kuliah S2, budget yang dibutuhkan adalah sebesar Rp.33 juta s/d Rp.70 juta.

Cara Kuliah di Korea

Korea Selatan memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk calon mahasiswa asing di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Negeri Ginseng punya pesona menakjubkan dengan para publik figur yang nyaman dipandang. Kalian juga bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa asing yang prosedurnya nyaris sama dengan kuliah di Jepang, lho.

Tak heran banyak orang ingin tahu cara kuliah di Korea Selatan supaya bisa menggapai mimpi sambil bertemu dengan idolanya. Di samping itu, negara ini memiliki beberapa kampus terbaik standar dunia yang mana sebagian besar agenda pertukaran pelajar maupun mahasiswa selalu digelar di perguruan tinggi tertentu saja.

Cara Kuliah di Korea via Seleksi Kedubes Korea Selatan

Kalian bisa memilih maksimal 3 kampus yang diinginkan dengan metode ini. Kedubes sendiri bakal mengirimkan aplikasi registrasi kalian ke setiap universitas yang dituju. Apabila kalian lolos maka bisa mengikuti tahap seleksi selanjutnya merupakan wawancara serta tes kesehatan yang dilakukan di Kantor Kedutaan Besar Korea Selatan.

Terkait:  Cara Hubungi Halo BCA

Cara Kuliah di Korea via Program Beasiswa KGSP

Apabila kalian tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun ke Korea Selatan, mungkin perlu mengikuti program beasiswa KGSP. Program KGSP bukan hanya menyalurkan para mahasiswa asing untuk bertolak ke Korea saja, namun juga Jepang yang mana semuanya bisa diketahui lebih lanjut via www.niied.go.kr.

Cara Kuliah di Korea via Registrasi ke Website Universitas Tujuan

Jika kalian ingin langkah yang cepat dan mudah, kalian harus langsung mengakses website resmi dari salah satu universitas tujuan di Korea Selatan. Contohnya, kalian berminat jadi calon mahasiswa di Seoul National University maka bisa akses laman resminya via www.en.snu.ac.kr dan ikuti aturan dan syaratnya, sedangkan semua kampus di Korea akan tes wawancara dengan Bahasa Inggris.

Demikian pembahasan tentang cara kuliah di Korea Selatan yang wajib kamu tahu. Apabila kalian sangat menyukai segalanya tentang Negeri Ginseng, tidak salah mencoba pengalaman baru menjadi mahasiswa asing di sana. Kalian akan bertemu dengan teman baru dari negara lain yang menuntut ilmu melalui jurusan serupa di salah satu universitas terbaik disana.

Related posts