Cara Kuliah di Luar Negeri

Cara Kuliah di Luar Negeri
Cara Kuliah di Luar Negeri

Beberapa orang beranggapan kalau cara kuliah di luar negeri adalah sesuatu yang sulit dan tidak bisa dilakukan dengan kuliah di dalam negeri. Padahal, kalian bisa mewujudkannya dengan menentukan destinasi kuliah mancanegara yang menjadi rekomendasi para pelajar internasional.

Kalian bisa memilih negara-negara tertentu supaya bisa mengenyam pendidikan tinggi, serta mendapat ilmu dan pengalaman baru yang tidak ditemukan bila kuliah di dalam negeri. Kondisi ini diakibatkan kuliah di luar negeri lebih menguntungkan dibandingkan di Indonesia, lho.

Read More

Di Indonesia, kalian mungkin tidak asing dengan beberapa PTN seperti Universitas Indonesia, ITB, UGM dan UNPAD. Namun, kalian bisa kuliah di luar negeri dengan standar universitas lebih unggul dibandingkan nama-nama PTN yang kami sebutkan tadi, lho.

Tak sedikit pelajar Indonesia mencoba terbang ke beberapa negara Asia sampai Eropa untuk masuk ke salah satu universitas terbaik di tempat tujuan. Kalian bukan hanya menambah ilmu dan teman baru, tapi pengalaman yang mana kesempatan berkarir di luar negeri juga semakin besar.

Cara Kuliah di Luar Negeri
Cara Kuliah di Luar Negeri

Kenapa Harus Kuliah di Luar Negeri?

Bagi orang-orang tertentu mungkin kuliah di negeri lain hanya sekadar mengenyam pendidikan dengan pengetahuan lebih luas. Namun, siapa sangka bila kuliah di luar negeri justru mempunyai sisi positif yang patut diperhitungkan sebagai berikut :

  • Berkarir dengan Keterampilan Mumpuni
    Bagi kalian yang pernah kuliah di luar negeri akan dinilai mempunyai keunggulan terhadap perusahaan. Ambisi kalian berlajar di negeri orang membuat pemberi kerja menganggapmu punya keberanian, kesadaran budaya, fleksibilitas serta menampilkan pemahaman tentang bagaimana orang lain bekerja sekaligus berpikir.

    Lulusan kampus mancanegara bisa dibilang mampu mendapatkan pekerjaan dengan cepat dan mudah, sedangkan jenjang karir lebih terjamin.

  • Menguasai Bahasa Asing
    Riset membuktikan bahwa salah satu rahasia untuk mendalami dan menguasai bahasa asing adalah kuliah di luar negeri. Umumnya belajar, hidup dan bekerja dengan bahasa asing mungkin dianggap sulit dilakukan setiap hari.

    Apabila kalian terbiasa di negara tersebut, maka kalian bisa berkomunikasi dengan fasih. Jika kamu kuliah di luar negeri dengan penggunaan bahasa asing selain Inggris, kalian bakal dianggap istimewa karena mampu berbicara lebih dari dua bahasa sesudah Indonesia dan Inggris.

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Kuliah ke Luar Negeri?

Apabila kalian benar-benar ingin kuliah ke luar negeri, kalian harus memperhatikan dan mengetahui beberapa landasan utama yang dipertimbangkan sehingga dapat belajar sejak awal sampai selesai seperti di bawah ini :

  • Biaya Hidup yang Mahal
    Secara umum manusia mempunyai kebutuhan hidup masing-masing. Namun, bila kalian kuliah di luar negeri pasti akan menemukan perbedaan mencolok dari biaya hidup antara Indonesia dengan negara tertentu.

    Apabila kalian ingin mendapatkan keringanan biaya pendidikan, kalian harus mendaftar beasiswa ke negara tujuan kuliah nanti. Meski begitu, tidak semua penyedia program beasiswa memberikan jaminan biaya hidup 100% yang mana peserta juga perlu menyiapkan dana untuk itu.

  • Beradaptasi dalam Waktu Lama
    Tak bisa dipungkiri bahwa banyak mahasiswa memutuskan kembali ke Indonesia karena mereka belum terbiasa dengan budaya dan kebiasaan masyarakat di negara tempat kuliah.

    Contohnya, kalian terbiasa bangun jam 9 pagi untuk kuliah jam 10 atau 11 siang di Indonesia, tapi kondisinya akan berubah sesudah kalian mulai belajar jam 8 pagi di Jepang. Jangan heran orang asing biasanya mempunyai kedisiplinan lebih tinggi, sehingga kalian tidak dapat bangun agak siang seperti di Indonesia.

Tips Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Jika kalian mempunyai mimpi untuk kuliah di luar negeri, kalian harus mempersiapkan beberapa aspek penting sehingga studi dapat diselesaikan sejak awal menginjakkan kaki di negara tujuan sampai wisuda nanti seperti berikut :

  • Mengumpulkan Data dan Informasi
    Kalian bisa mengumpulkan data dan informasi mengenai negara tujuan untuk kuliah nanti. Kalian bukan sekadar mencari tahu tentang budaya dan kebiasaan masyarakatnya, namun juga informasi tentang beasiswa maupun pertukaran pelajar.

    Gunanya sehingga kalian dapat memaksimalkan fisik dan mental untuk bergegas ke negara tersebut dalam waktu dekat. Tak hanya itu, kalian bisa membiasakan diri untuk mengikuti budaya masyarakat setempat dalam waktu yang lama.

  • Mencari Program Beasiswa
    Jika kalian benar-benar ingin kuliah di luar negeri, kalian harus mencari informasi tentang program beasiswa kuliah ke luar negeri dengan bentuknya yang variatif. Programnya mulai dari beasiswa untuk golongan tidak mampu secara finansial, beasiswa prestasi sampai beasiswa jenjang S2 dan S3.

    Di samping itu, setiap mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa penuh atau sebagian saja sesuai kebijakan dari penyelenggaranya. Kalian harus mencari tahu untuk membuka gerbang peluang belajar di luar negeri.

Daftar Negara Terbaik untuk Studi

Kalian pasti bingung mencari negara tujuan untuk studi di luar negeri, bukan? Kami akan menjawab rasa penasaran kalian dengan merekomendasikan beberapa negara terbaik untuk kuliah di luar negeri seperti di bawah ini :

  • Amerika Serikat
    Amerika Serikat menjadi negara terbaik untuk kuliah di luar negeri. Tak sedikit kampus populer dan terkemuka di dunia ada di sana. Harvard University, Stanford University serta Massachusetts University menjadi tiga universitas terbaik incaran para mahasiswa dunia.
  • Inggris
    Inggris punya kampus-kampus dunia yang tidak kalah saing dengan negara lainnya seperti University of Oxford, University of Cambridge dan University College London. Ketiganya bahkan masuk ke dalam daftar 10 universitas terbaik dunia selama beberapa tahun terakhir.
  • Singapura
    Singapura menjadi salah satu negara terbaik di Asia Tenggara, bahkan dunia. Pasalnya, Singapura punya sistem pendidikan yang bagus dengan keberadaan beberapa kampus ternama seperti National University of Singapore serta Nanyang Technological University yang bersaing dengan kampus lain di Amerika dan Eropa.
  • Australia
    Australia adalah salah satu negara yang mempunyai beberapa kampus bergengsi, lho. Negeri Kangguru punya universitas kelas dunia seperti The Australian National University, The University of Sydney dan The University of Melbourne yang kualitasnya tidak kalah saing dengan universitas negara-negara lain.
  • Cina
    Bukan hanya teknologi, Cina juga mempunyai sistem pendidikan yang bagus dan bersaing dengan negara-negara di dunia. Di Cina, Tsinghua University menjadi universitas nomor wahid sekaligus salah satu kampus asal Negeri Tirai Bambu yang masuk ke dalam daftar 100 universitas terbaik di dunia.

Cara Kuliah di Luar Negeri

Secara umum cara kuliah di luar negeri tidak selalu sulit dilakukan, lho. Apabila kalian cekatan dan inisiatif mencari informasi seputar negara tujuan, maka bisa mewujudkannya dan menjalin relasi lebih luas agar dapat mengenyam pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan anggaran lebih rendah bahkan gratis.

Cara Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa

Siapa yang tidak ingin kuliah di luar negeri dengan beasiswa? Kalian bisa mendapatkannya melalui program beasiswa sesuai negara tujuan. Di Indonesia, kalian bisa memilih beberapa program untuk para pelajar, lho.

Kalian harus memenuhi ketentuan dan syarat yang disiapkan seperti nilai minimum TOEFL, TOEIC atau IELTS berupa sertifikat sebagai acuannya. Jika kalian lolos, maka bisa mengikuti tahap berikutnya seperti wawancara untuk menyiapkan diri sebagai calon mahasiswa di salah satu universitas terbaik di negaranya.

Demikian ulasan tentang cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa yang belum kalian tahu. Kalian harus memilih negara tujuan untuk belajar ke luar negeri sehingga dapat terarah dan semua persiapan bisa diselesaikan lebih cepat. Selain itu, kalian juga bisa fokus mengikuti tahap seleksi untuk diterima di universitas yang diinginkan.

Terkait:  Cara Export Excel ke PDF

Related posts