Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis

Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis
Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis

Kalian pasti punya mimpi untuk kuliah di luar negeri, bukan? Apalagi kalau gratis supaya kalian bisa pergi ke negara tujuan tanpa memikirkan akomodasi dan kebutuhan hidup di sana. Namun, banyak orang rupanya belum tahu cara kuliah di luar negeri gratis untuk mewujudkan impiannya.

Kendati demikian, kalian bukan hanya mengenyam pendidikan ke jenjang lebih tinggi saja. Tak sedikit orang bertujuan untuk meningkatkan self value (nilai diri) menjadi individu yang unggul saat kelak berada di dunia kerja.

Read More

Kami beritahu bahwa kesempatan kuliah di luar negeri tidak bisa didapatkan dengan instan. Kalian harus melewati berbagai macam rintangan dan persaingan ketat dengan calon mahasiswa lain, apalagi kalau negara tujuannya sama.

Di samping itu, kalian harus memikir dan mempertimbangkan jurusan pilihan dengan matang. Jangan sampai kalian sekadar mengikuti teman dekat saja, sedangkan kalian juga bakal beradaptasi dengan budaya dan kebiasaan masyarakat di negara tujuan yang tentu saja berbeda drastis dengan gaya hidup orang Indonesia.

Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis
Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis

Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Banyak orang memang sudah tahu kalau beasiswa menjadi salah satu langkah tepat untuk kuliah di luar negeri secara gratis. Namun, kalian tidak bisa mendapatkannya begitu saja yang mana setiap calon mahasiswa harus melakukan langkah intervensi dengan benar seperti :

  • Mencari Informasi Beasiswa yang Lengkap
    Jangan pernah malu menanyakan informasi seputar beasiswa kuliah ke luar negeri kepada pihak sekolah, guru maupun dosen. Apabila sekolah atau kampus kalian ada bagian yang mengelola tentang studi di luar negeri, sebaiknya kalian langsung tanyakan kepada mereka.
  • Membuat Daftar Beasiswa Sesuai Minat
    Kalian perlu membuat daftar beasiswa sesuai minat masing-masing. Jangan takut mencari tahu soal jenis beasiswa, program studi, kualifikasi sampai deadline beasiswa tersebut. Buat spreadsheet untuk memudahkan pencarian dan penggolongan beasiswa dengan mudah.
  • Memahami Visi dan Misi Organisasi
    Jika kalian sudah melamar beasiswa ke organisasi, sebaiknya kalian memahami dan mengenali visi serta misi organisasi penyalur beasiswa itu sendiri. Silakan identifikasi semua informasi yang sudah didapat mengenai organisasi dan buat aplikasimu berdasarkan kebutuhannya.
  • Memilih Negara yang Jumlah Pelamar Sedikit
    Pilihlah negara tujuan yang jumlah pelamarnya lebih sedikit. Pasalnya, kesempatan kalian diterima jauh lebih besar dibandingkan apply ke beberapa negara yang jumlah peminatnya banyak. Kami anjurkan kalian memilih negara yang jumlah peminatnya kurang dari 200 orang.
  • Membuat Motivation Letter yang Unik
    Motivation Letter menjadi salah satu syarat yang dibutuhkan dalam pengajuan beasiswa. Namun, kalian tidak bisa sembarangan menulis kalimat di sana agar dapat diterima organisasi terkait. Intinya, buatlah kalian menarik dan bagus yang menegaskan kalau essay itu milikmu.
  • Mengajukan Lamaran Lebih Cepat
    Jangan pernah mengajukan lamaran sesuai batas akhir tempo. Sebab, potensi kalian diterima beasiswa sangat minim. Oleh karena itu, ajukan lamaran beasiswa lebih awal agar pihak organisasi dapat memeriksa informasi berkas lebih detail dan jeli untuk menerimamu nanti.
Terkait:  Cara Lacak Paket J&T

Daftar Negara yang Memberi Program Kuliah Gratis

Beberapa orang mengaku bahwa kuliah di luar negeri selalu menghabiskan uang banyak. Padahal, asumsi tersebut tidak selalu demikian. Berikut kami rangkum beberapa negara yang memberi program kuliah gratis untuk mahasiswa domestik maupun internasional seperti :

  • Denmark
    Denmark menjadi salah satu negara yang memberikan program kuliah gratis untuk siapapun bila ingin belajar di sana. Negara ini punya beberapa universitas unggul yang hadirkan program tersebut seperti Universitas Copenhagen Times, salah satu kampus terbaik di dunia.
  • Turki
    Turki menawarkan beasiswa kuliah untuk mahasiswa domestik dan internasional. Negara ini punya 178 universitas terbaik yang bisa dipilih agar dapat kuliah gratis. Contohnya adalah Universitas Istanbul, Universitas Ankara serta Universitas Teknik Istanbul.
  • Amerika Serikat
    Amerika Serikat memberi beasiswa kuliah gratis untuk siapapun yang serius menimba ilmu di sana. Beasiswa tersebut bukan hanya disediakan pihak universitas saja, namun juga pihak pemerintah maupun non pemerintah Amerika Serikat bagi mahasiswa di seluruh dunia.
  • Inggris
    Mahasiswa mana pun pasti memilih Inggris sebagai negara tujuan untuk studi. Kalian bisa mendapat beasiswa jenjang S1 hingga S3 di sana, lho. Kuliah di Inggris akan memberi pengalaman seru dimana kalian bisa memaksimalkan potensi untuk berkarir di Eropa juga.
  • Jerman
    Jerman semakin sering menawarkan kuliah gratis untuk para mahasiswa asing. Aksi ini dilakukan pemerintah Jerman akibat kekurangan tenaga profesional. Alhasil, kamu punya peluang emas untuk kuliah di sana, seperti Universitas Augsburg serta Universitas Johannes Gutenberg.
  • Finlandia
    Selain Denmark, Finlandia menjadi salah satu negara Skandinavia yang menyediakan program kuliah gratis. Meski begitu, Finlandia hanya menjamin biaya pendidikan saja. Kampus yang bisa dipilih adalah University of Helsinki, University of Tampere, University of Turku, dsb.
  • Norwegia
    Norwegia punya salah satu perguruan tinggi unggulan bernama Universitas Oslo. Kesempatan gabung ke sana tidak seluas di Jerman, namun dengan berdoa dan kerja keras mungkin kalian berhak kuliah gratis di sana.
Terkait:  Cara Daftar Ayo CPNS

Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis

Secara umum kuliah di luar negeri bisa kalian peroleh secara gratis dan mudah, lho. Kalian hanya perlu mencari organisasi penyedia beasiswa ke negara tujuan, serta pastikan jurusannya tidak terlalu diminati banyak orang. Alhasil, kesempatan bergabung dengan kampus pilihan semakin besar dan kalian bisa berangkat lebih cepat.

Langkah 1: Mencari Beasiswa dari Pemerintah

Pemerintah Indonesia menyediakan informasi seputar beasiswa kuliah di luar negeri disertai tiket pulang-pergi, biaya kuliah sampai biaya hidup selama di negara tujuan. Apabila kalian ingin beasiswa penuh dari pemerintah asing, kalian harus rutin memeriksa ke kantor kedubes atau website kedubes negara tujuan.

Langkah 2: Mencari Beasiswa dari Universitas

Jika kalian merasa kesulitan saat mencari beasiswa dari pemerintah, cobalah mendapatkannya dari u universitas di negara tujuan. Caranya adalah kalian hanya perlu mengakses website resmi kampus yang diinginkan. Di sana, kalian akan tahu ketentuan dan syarat serta berkas-berkas yang dibutuhkan untuk apply lamaranmu.

Langkah 3: Mendaftar Beasiswa Bakat Olahraga dan Seni

Apabila kalian berbakat dalam bidang olahraga dan seni, kalian harus mengajukan lamaran beasiswa agar prestasi tersebut dapat dilirik universitas yang diinginkan. Beberapa negara di Asia, Eropa dan Amerika sangat mengapresiasi bakat seni dan olahraga agar mahasiswa tersebut dapat menerima beasiswa penuh.

Langkah 4: Mengikuti Program Pinjaman Uang Kuliah

Kalian bisa mengambil program Student Loan atau meminjam uang kuliah. Program ini memberi peluang untuk pelajar agar dapat kuliah di universitas tertentu melalui pemanfaatan bantuan pembiayaan. Namun, kalian harus paham semua kontrak tertulis sedangkan uangnya bisa dibayarkan saat kelak kalian sudah mendapat pekerjaan.

Demikian informasi mengenai cara kuliah di luar negeri gratis yang jarang kalian tahu. Walaupun tidak semua negara menyediakan program ini, tapi kalian bisa mengajukan diri sebagai salah satu pelajar asing yang berhak diterima di universitas pilihan. Jangan ragu saat mendaftar beasiswa dan selalu berdoa agar kamu dapat diterima di perguruan tinggi tertentu.

Terkait:  Cara Kerja Boiler

Related posts