Cara Hapus Akun Telegram

Cara Hapus Akun Telegram

Bingung bagaimana cara hapus akun telegram ? Pas banget nih, karena artikel ini akan membahasnya secara lebih simpel dan mudah di pahami. So, simak artikel ini sampai selesai ya!

Selain aplikasi whatsapp sebagai media chatting, pilihan aplikasi instan messenger lain yang saat ini ramai digunakan oleh masyarakat adalah Telegram.  Telegram merupakan aplikasi pesan instan multiplatform berbasis cloud yang gratis dan bersifat nirbala. Tak hanya dapat digunakan melalui perangkat ponsel, apa itu telegram juga bisa digunakan melalui perangkat PC seperti komputer.

Kelebihan Aplikasi Telegram

Pesan Lebih Cepat Terkirim

Terdapat banyak pengguna yang merasakan jika mengirim pesan via telegram lebih cepat dibandingkan dengan yang lain seperti aplikasi whatsapp karena telegram mengambil berbasis cloud yang mana kamu tidak perlu khawatir telegram mengambil ruangan penyimpanan di hp mu. Basis colud ini terdapat pilihan manajemen cache artinya aplikasi telegram dapat mengambil hampir nol ruang pada hp kamu.

Ringan Dijalankan

Ukuran pada aplikasi ini lebih kecil maka dari itulah yang membuat telegram ini lebih mudah dijalankan jika dibandingkan dengan aplikasi lain seperti whatsapp, line, bahkan BBM. Jika kamu pemilik hp dengan ROm yang tidak terlalu besar kamu masih bisa nyaman menggunakan  telegram.

Terkait:  Cara Anonymous Chat Telegram

Aplikasi yang selamanya Gratis

Siapa sih yang ga suka dengan hal hal yang berbau gratis ?? nah aplikasi ini mempunyai kelebihan yang akan selamanya gratis. Bahkan kamu tidak akan pernah menemukan iklan sedikitpun ketika kamu menggunakannya. dengan ini kamu tidak akan terganggu ketika menggunakan ini untuk chatting atau yang lain.

Kekurangan Aplikasi Telegram

Tidak Ada Fitur Story

Sayangnya aplikais ini tidak ada fitur story seperti whatsapp. Kita tahu bahwa fitur ini sering kali dimanfaatkan oleh para pengguna aplikasi chatting untuk mengabadikan momen.

Banjir Obrolan di Grup

Tanpa disadari bahwa aplikasi ini sering banget memiliki ratusan bahkan ribuan pesan, karena memang secepat dan sesimple itu jika ingin melakukan chat. terlebih jika kamu masuk dalam sebuah grup yang berjumlah ribuan di Telgram, jelas kamu akan kebanjiiran chat.

Tidak Dapat Melakukan Enskripsi

Ketidakmampuan dalam melakukan enskripsi dapat dibilang menjadi kelemahan bagi Telegram. Aplikasi ini memang menggunakan enskripsi grapan mereka sendiri sehingga pengguna tidak mempunyai akses sistem enskripsi MTProto tersebut karena tidak open source dan hanya tim telegram yang mengetahuinya.

Tips Sebelum Menghapus Akun Telegram

Sebelum kamu mengerti cara hapus akun telegram, maka kamu perlu mengetahui beberapa tips sebelum melakukan penghapusan akun. Dengan tujuan supaya tidak ada rasa penyesalan maupun kesulitan ketika melakukan penghapusan akun.

Pastikan Nomor Teleponmu Terhubung  Pada Telegram Dalam Kondisi Aktif

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa nomor telepon yang kamu gunakan untuk mendaftar masih dalam kondisi aktif dan bisa digunakan. Apabila nomor teleponmu sudah tidak aktif maka kemungkinan akan membuatmu kesulitan dalam proses penghapusan akun. Hal ini dikarenakan kamu membutuhkan kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui SMS pada nomor tersebut.

Terkait:  Cara Daftar VTube di Telegram, Pengertian dan Persyaratannya

Melakukan Back Up Data Penting

Data adalah aset yang tentunya berharga di era digital ini, terlebih jika data tersebut merupakan bagian penting dalam hal pekerjaan atau sebagainya. Pasalanya telegram merupakan aplikasi favorite para perusahaan perusahaan besar untuk membuat grup dan memudahkan pekerjaan antar karyawan hal komunikasi. Hal ini dikarenakan anggota telegram pada saat ini dapat mencapai 1000 orang dengan fitur pengiriman dokumen, foto, ataupun video yang anti pecah dan dapat mengirimkan dengan jumlah besar.

Cara Hapus Akun Telegram

Cara Hapus Akun Telegram
Cara Hapus Akun Telegram

Nah setelah mengetahui penjelasan singkatt seperti diatas, kita akan kembali ke topik intinya yaitu bagaimana cara hapus akun telegram. Namun, sebelum kamu menghapusnya pastikan dengan betul dan yakin bahwa kamu sudah tidak membutuhkan aplikasi ini.

Cara Hapus Akun Telegram Secara Permanen

Jika kamu sudah merasa bahwa akun telegram sudah jarang terpakai dan riskan soal keamanan data maka saya sarankan untuk dihapus saja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama kamu bisa buka aplikasi telegram atau kamu bisa menghapusnya melalui browser jika kamu ingin menghapusnya melalui PC
  • Jika kamu menghapusnya melalui browser , masukan terlebih dahulu nomo telepon telegram
  • Tunggu kode konfirmasi masuk ke nomor HP melalui SMS
  • Buka aplikasi telegram jika kode belum masuk dan masukan kode verifikasi
  • Kemudian kamu bisa klik Hapus Akun dan masukkan alasan kenapa menghapus akun teelgram
  • Lanjutkan dengan klik Konfirmasi dengan menekan Ya, Hapus Akun Saya 
  • Tunggu hingga beberapa saat supaya sistem memproses permitaan kamu untuk menghapus akun telegram
  • Langkah terkahir kamu bisa coba aplikasi telegram kembali, jika berhasil maka kamu akan diarahkan ke halaman pendaftaran akun

Cara Menonaktifkan Akun Telegram

Nah jika kamu hanya ingin menonaktifkan telegram tanpa perlu menghapusnya, kamu bisa simak berikut ini. Perlu diingatkan penghapusan ini hanya sementara, maka kamu bisa masuk kembali dan mengaktifkan akun telegram tersebut kembali. Akan tetapi jika kamu tidak membuka akun telegram dalam waktu yang ditetukan maka otomatis akun telegram kamu akan terhapus secara permanen.

  • Langkah pertama buka aplikasi Telegram
  • Buka menu pada bilah kiri dengan cara tap pada ikon garis tiga di pojok kanan lalu pilih Pengaturan
  • Scroll ke bawah lalu tap pada bagian Privasi dan keamanan di menu pengaturan
  • Selanjunya, pilih Hapus Akun Saya Jika Tidak Ada dibagian lanjutan
  • Atur penghapusan akun ke waktu yang kamu inginkan dari beberapa pilihan seperti menonaktifkan selama 1 bulan, 3 bulan, atau 1 tahun.
  • Kembali ke menu sebelumnya, tap pada ikon titik tiga disamping ikon pencarian lalu pilih Logout
Terkait:  Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp dengan Mudah

Alasan Menghapus Akun Telegram

Mungkin terdapat beberapa alasan, kenapa seseorang ingin menonatifkan atau bahkan menghapus telegram. Nah berikut alasan diantaranya:

Kebanyakan Aplikasi Chatting

Ini hanya sebuah praduga saja, mungkin beberapa orang beranggapan bahwa pada chat aplikasi telegram sangat menganggu dengan banyaknya aplikasi chatting.

Tidak Nyaman

Bisa saja sebagian orang kurang nyaman dengan adanya fitur yang ada di aplikasi Telegram terlebih telegram sering digunakan orang lain untuk mengunduh film dan video secara ilegal. Sehingga banyak sekali yang menyalahgunakan kebijakan yang diberikan oleh telegram.

Teman Yang Sudah Tidak Menggunakan Aplikasi Ini

Dengan beberapa teman yang kamu kenal, atau semacam teman kerja, grup kerja yang sudah keluar dari akun telegram ini. Jadinya kamu merasa kesepian dan ingin delete akun dan uninstall aplikasi telegram.

Setelan/Settings Lemah

Setelah default aplikasi ini tidak mengenkripsi obrolan kamu. Banyak yang gagal beralih ke “Secret Chat” sehingga kurangnya kemanan membuat pengguna dalam resiko.

Media File Jacking

Nah seperti whatsapp, aplikasi ini rentan terhadap media file jacking yang mana malware dapat mengubah gambar yang kamu kirim atau menerima gambar tanpa disadari.

Nah itulah beberapa cara hapus akun telegram, baik menghapus atau hanya menonaktifkan sementara. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, see u!

Similar Posts