Cara Lacak Paket JNE

Cara Lacak Paket JNE

Antusiasme masyarakat terhadap belanja online membuat jasa ekspedisi semakin diburu para penjual online, salah satunya adalah JNE. Tak sedikit orang belum tahu cara lacak paket JNE supaya bisa mengetahui keberadaan paket barang yang sedang dikirim dari penjual kepada pembeli.

Masyarakat bisa mengirim maupun menerima barang dalam beberapa langkah, lho. Selain itu, kalian tidak perlu keluar rumah yang mana jasa ekspedisi memberikan langkah signifikan untuk membantu sektor ekonomi negara dalam menghubungkan pembeli dan penjual.

JNE menjadi salah satu jasa ekspedisi yang resmi didirikan pada tahun 1990 silam oleh Mr H.Soeprapto Suparno. JNE adalah perusahaan yang dikelola oleh PT.Jalur Nugraha Ekakurir yang berawal dari 8 orang karyawan. JNE mengembangkan bisnis dengan modal awal 100 juta dan mulai memasarkan jasa seperti izin bea cukai serta distribusi untuk pengiriman kargo ke Indonesia.

Kini, JNE semakin tumbuh dan punya tiga layanan berbeda yaitu JNE Express, JNE Logistics serta JNE Freight untuk melayani masyarakat, termasuk pengiriman barang dengan menerbitkan nomor resi untuk dicek secara berkala.

Cara Lacak Paket JNE
Cara Lacak Paket JNE

Apa itu Nomor Resi?

Nomor resi merupakan nomor yang selalu diberikan jasa ekspedisi sebagai identitas paket yang sudah dipesan. Nomor resi menjadi bukti bahwa pengirim bakal bertanggung jawab bila barang tersebut benar-benar sudah dikirimkan.

Penerima juga bisa mengecek nomor resi secara berkala supaya bisa melacak dan mengetahui keberadaan barang yang telah dipesan. Apabila kalian mengecek nomor resi JNE, kalian bakal menerima informasi lengkap seperti lokasi paket, waktu pengiriman sampai nama kurir yang mengirimkannya ke rumahmu. Alhasil, pengirim dan penerima tidak perlu takut soal itu.

Terkait:  Cara Dark Mode Windows 10

Jenis-jenis Layanan JNE Express

JNE Express mempunyai tiga macam layanan pengiriman untuk seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, kalian bisa memilih salah satu layanannya sesuai kebutuhan masing-masing dengan rincian sebagai berikut :

  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)
    Layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia ini menawarkan ongkos kirim lebih rendah dengan penyampaian barang lebih lama dibandingkan fasilitas Reguler. Meski begitu, semuanya bergantung wilayah yang menjadi tujuan pengiriman paket barang kalian.
  • Reguler
    Layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia yang memungkina waktu penyampaian barang selama 1-7 hari kerja. Waktu pengiriman barang juga tergantung pada wilayah yang menjadi tujuan pengiriman barangnya.
  • YES (Yakin Esok Sampai)
    Layanan pengiriman dengan waktu penyampaian ke lokasi tujuan keesokan harinya. Selain itu, layanan pengiriman ini berlaku untuk hari Minggu maupun hari libur nasional sebagai bentuk prioritas terhadap pelanggan yang memilih opsi pengiriman ini.

Jenis-jenis Layanan JNE Logistics

JNE Logistics menjadi salah satu pelayanan terbaik yang dihadirkan JNE untuk semua pelanggan setianya. Apabila kalian baru pertama kali memakai layanannya, sebaiknya kenali semua fasilitasnya sebagai berikut :

  • Angkutan Laut
    Angkutan Laut JNE merupakan layanan jasa angkutan laut yang memakai fasilitas Less Truck Load (LTL) serta Full Truck Load (FTL) yang melayani pengaturan pengiriman maupun transportasi Door to Port (DTP), Door to Door (DTD), Port to Port (PTP) serta Port to Door (PTD).
  • Angkutan Darat
    Angkutan Darat JNE merupakan layanan jasa angkutan darat yang sudah didukung GPS, Sistem Manajemen Armada, Less Truck Load (LTL), Full Truck Load (FTL) serta HSE Sign untuk mengirim paket yang dipesan.
  • Pergudangan
    Pergudangan merupakan layanan JNE untuk tinggi dan volume kargo yang besar, serta produk diangkut jarak jaruh lewat jaringan rel kereta api Indonesia agar paket barang dapat dikirim ke lokasi tujuan.
Terkait:  Cara Kerja ERP

Bisakah Lacak Paket Memakai Nama?

Kalian harus tahu kalau melacak paket menggunakan nama tidak bisa menjamin keamanan dan kerahasiaan barang maupun semua pihak terkait. Resi JNE memakai gabungan angka dan huruf unik supaya keamanan dan kerahasiaan paket tetap terjamin, serta hanya mampu diakses pengirim maupun penerima saja.

Cara Lacak Paket JNE

Barangkali kalian belum tahu kalau cara melacak paket JNE hampir sama dengan lacak paket J&T. Tak hanya itu, perbedaannya adalah keduanya mempunyai metode pengiriman dan sistem tracking berbeda sesuai kebijakan masing-masing.

JNE sudah menjadi salah satu layanan jasa ekspedisi terbaik dengan jumlah pelanggan cukup banyak. Oleh karena itu, kalian harus tahu cara lacak paket JNE secara cepat sehingga paket barang yang sedang dipesan dapat dikirim ke alamat tujuan sesuai dengan estimasi penyampaian berlaku.

Cara Lacak Paket JNE via e-Commerce

Secara umum semua e-commerce bakal memberikan layanan lacak pesanan melalui aplikasinya masing-masing, sehingga kalian dapat mengetahui keberadaan paket secara berkala. Kalian bisa memantaunya paling tidak sehari sekali guna memastikan barangnya akan tiba sesuai estimasi berlaku.

Jika terjadi masalah saat hendak melacak paket, kalian bisa menghubungi kontak resmi J&T melalui nomor telepon (021) 5086-8880, [email protected] (email) atau @JNECare (Twitter).

Cara Lacak Paket JNE via Google

Kalian bisa menggunakan search engine Google untuk melacak keberadaan paket barang yang sedang dikirim oleh JNE. Maka dari itu, kalian bisa mengikuti panduan berikut untuk mengetahuinya seperti :

  • Pertama, buka Google melalui smartphone atau PC kalian.
  • Ketik Cek Resi JNE ke dalam kolom pencarian.
  • Kemudian, Google bakal menampilkan fitur Lacak Paket Anda berdasarkan data resmi dari JNE.
  • Silakan masukkan nomor resi ke dalam kolom Masukkan Nomor Pelacakan.
  • Pilih menu Lacak Paket.
  • Terakhir, informasi mengenai proses pengiriman dan lokasi paket bakal muncul secara otomatis.
Terkait:  Cara Beli Netflix

Cara Lacak Paket JNE via Aplikasi MyJNE

JNE resmi meluncurkan aplikasi bernama MyJNE untuk membantu pelanggan setianya dalam memantau keberadaan paket yang sedang dikirim. Kalian bisa mengunduhnya terlebih dulu dengan cara penggunaannya sebagai berikut :

  • Unduh aplikasi MyJNE melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone) sesuai tipe smartphone kalian.
  • Jalankan dan buka aplikasi MyJNE.
  • Gunakan alamat email atau nomor ponsel untuk membuat akun, klik Sign Up.
  • Jika masuk halaman utama, masukkan nomor resi ke dalam kolom yang tersedia.
  • Pilih menu Cek Resi.
  • Terakhir, informasi tentang lokasi paket dan proses pengiriman akan ditampilkan secara otomatis.

Cara Lacak Paket JNE via Website

Jika kalian ingin langkah paling cepat, kalian harus memantau paket melalui website resmi JNE. Oleh karena itu, kalian bisa mengaksesnya melalui smartphone atau PC seperti panduan berikut :

  • Kunjungi situs resmi JNE via jne.co.id/id/tracking/trace melalui website browser.
  • Ketik Resi ke dalam kolom yang sudah disediakan (pengecekannya bisa sampai 20 resi sekaligus).
  • Pilih menu Search.
  • Terakhir, informasi mengenai detail dan proses pengiriman akan muncul secara otomatis.

Demikian pembahasan tentang cara lacak paket JNE melalui website, aplikasi dan internet yang benar. Gunakan salah satu pilihan tersebut agar kalian dapat mengetahui keberadaan paket barang yang sedang dipesan untuk dikirim ke alamat tujuan. Selain itu, informasi di atas sudah terbukti akurat dan cepat dalam memberikan detail pengiriman yang valid dari JNE.

Similar Posts