Cara Lacak Paket Shopee

Cara Lacak Paket Shopee

Bagaimana cara lacak paket Shopee? Kini, belanja online telah menjadi bagian penting untuk memenuhi kebutuhan hidup semua orang. Selain itu, belanja online semakin dipilih daripada datang langsung ke toko offline lantaran menghabiskan tenaga dan waktu.

Kalian hanya perlu menggunakan smartphone supaya bisa mengakses aplikasi maupun website Shopee agar dapat membeli barang apa saja yang diinginkan. Namun, kalian juga perlu tahu keberadaan paket barang yang sedang dikirim oleh jasa ekspedisi dari Shopee.

Apabila kalian sudah melakukan checkout barang pilihan, pihak Shopee biasanya akan memberikan nomor resi berisi informasi barang yang dikirim. Oleh karena itu, kalian harus melacaknya secara berkala guna memastikan paket pesanan benar-benar sudah diambil dan diantar oleh kurir.

Shopee mempunyai beberapa jasa ekspedisi seperti JNE, J&T, siCepat, AnterAja dan lainnya dengan pelayanan pengiriman Express dan Reguler. Pembeli hanya bisa melacak paket barang yang dipesan dengan nomor resi dengan menggunakan prosedur variatif.

Cara Lacak Paket Shopee
Cara Lacak Paket Shopee

Jenis Layanan Shopee Express

Shopee Express mempunyai layanan pengiriman yang bagus. Layanan-layanan tersebut bisa digunakan sebagai pilihan bila kalian sedang menjual barang untuk dikirim dengan jasa ekspedisi Shopee Express. Maka dari itu, kenali semua layanan terbaiknya sebagai berikut :

  • Instant Express
    Layanan ini merupakan fasilitas pengiriman paling cepat dari Shopee Express. Sebab, kurir akan mengantarkan paket kalian kurang lebih tiga jam. Cepat, bukan? Kalian bisa memakainya bila barang yang bakal dikirim benar-benar bersifat darurat alias wajib digunakan saat itu juga oleh penerima.

    Kalian juga perlu menyiapkan ongkos kirim lebih banyak dibandingkan layanan pengiriman Shopee Express mana pun. Selain itu, barang yang dikirim tidak akan rusak dan hancur meskipun diantar dengan sangat cepat.

  • Sameday Express
    Shopee Sameday Express adalah layanan pengiriman barang dari Shopee Express yang mana setiap pembeli bakal menerima paket pesanannya selama 24 jam. Pihak Shopee akan langsung mengirim barang pesananmu begitu kalian sudah melakukan checkout.

    Apabila kalian membeli dan memesannya hari ini, maka kalian bisa mendapatkan produknya hari ini juga, lho. Kalian tidak perlu menunggu lama-lama supaya barang yang dibeli bisa langsung dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

  • Standard Express
    Layanan pengiriman terakhir dari Shopee Express adalah Standard Express. Layanan ini paling sering digunakan sebagian besar pedagang Shopee. Shopee Express Standard memungkin semua pedagang bakal mengirim barang pesanan lebih fleksibel.

    Pembeli juga bakal menerima paket dalam kurun waktu 1-3 hari sesudah penjual mengirimnya. Meski begitu, estimasi waktunya bergantung pada zona wilayah yang menjadi tujuan pengiriman paket seller kepada konsumen.

Bisakah Lacak Paket Shopee Tanpa Nomor Resi?

Shopee tidak berbeda dengan aplikasi belanja online lainnya, sehingga dapat dipastikan bahwa semua pembeli tidak bisa melacak paket tanpa nomor resi. Secara umum pihak ekspedisi akan sulit memantau keberadaan barang pesanan kalian bila tidak menggunakan nomor resi.

Seperti kalian tahu kalau nomor resi memuat informasi penting tentang lokasi paket, waktu dan keterangan lain dari barang yang dipesan. Maka dari itu, kalian baiknya menyimpan baik-baik nomor resi agar dapat dilacak secara berkala.

Cara Lacak Paket Shopee

Umumnya cara lacak paket Shopee tidak terlalu sulit dilakukan. Kalian hanya menggunakan nomor resi untuk mengetahui letak barang yang sedang dikirim oleh kurir. Selain itu, kalian bisa memilih dan menentukan jasa ekspedisi yang diinginkan sebelum melakukan checkout pembelian di Shopee.

Kamu juga bisa memilih estimasi waktu pengiriman paket tersebut, apakah pada hari yang sama atau normal. Pihak Shopee biasanya tidak memasang ongkos kirim terlalu mahal untuk sekali angkut barang yang dipesan.

Secara umum ongkos kirim yang harus dikeluarkan setiap pembeli berkisar antara Rp.10,000 s/d Rp.40,000, sedangkan jumlah tersebut tergantung jarak pengiriman dan estimasi waktu yang dibutuhkan. Kalian bisa mengatasi permasalahan ongkos kirim terlalu mahal dengan menggunakan voucher dan promo menarik dari Shopee.

Selain itu, kamu bisa menggunakan koin Shopee yang ditukar saat checkout. Apabila sudah checkout pesanan, kamu akan dapatkan nomor resi untuk tahu tempat barang yang sedang dikirim.

Cara Lacak Paket Shopee via Aplikasi

Langkah sederhana yang bisa kalian lakukan untuk memantau paket Shopee adalah menggunakan aplikasi utamanya. Caranya cepat dan mudah sehingga kalian dapat memastikan letak paket saat ini dengan prosedur sebagai berikut :

  • Pertama, buka aplikasi Shopee melalui smartphone kalian.
  • Apabila masuk halaman utama, pilih menu Saya.
  • Klik Pesanan Saya.
  • Jika kalian baru saja membeli barang, pilih menu Dikemas.
  • Berikutnya, tekan keterangan atau status paket.
  • Sistem Shopee akan menampilkan keterangan tentang paket sedang menunggu dijemput kurir dengan tulisan berwarna hijau.
  • Selanjutnya, kalian bisa melacaknya lagi esok hari dan bila paketnya sudah masuk menu Dikemas, Shopee akan mengirim notifikasi lanjutan berstatus Dikirim secara otomatis.
  • Untuk melacak posisi paket apakah sudah diambil, diantar atau diterima, pilih menu Dikirim.

Cara Lacak Paket Shopee Express via Website Resmi

Jika kalian menggunakan layanan pengiriman Shopee Express, maka kalian bisa melacak keberadaan paket melalui website resminya. Berikut adalah prosedur lengkap yang harus diperhatikan untuk dilakukan :

  • Kunjungi situs resmi Shopeee Express via spx.co.id.
  • Silakan masukkan nomor resi ke dalam kolom pencarian yang tersedia.
  • Klik Lacak di sebelah kanan.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul informasi lengkap tentang status paket, posisi paket dan lainnya secara otomatis.

Cara Lacak Paket Shopee Hemat via Aplikasi

Shopee Hemat menjadi salah satu layanan pembelian dan pengiriman barang yang bisa digunakan semua pelangga setia Shopee. Apabila kamu belum pernah memantau paket di sana, silakan simak tutorialnya sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Shopee melalui smartphone kalian.
  • Pilih menu Saya.
  • Klik Dikirim.
  • Pilih menu Lacak.
  • Kemudian, muncul beberapa informasi lengkap tentang pengiriman paket serta nomor resi bisa disalin, riwayat perjalanan paket dan estimasi paket bakal diterima pembeli.

Cara Cek Resi Shopee via Website CekResi.com

Jika kalian ingin menggunakan metode pemeriksaan lain, maka kalian bisa menggunakan laman resmi Cek Resi untuk mengetahui keberadaan paket saat ini. Jika kalian sudah menyalin nomor resi dari aplikasi Shopee, berikut adalah prosedur lengkap yang harus dilakukan :

  • Kunjungi situs resmi Cek Resi via cekresi.com.
  • Apabila kalian sudah menyalin nomor resi dari aplikasi Shopee, klik Paste atau Tempel ke dalam kolom pencarian yang sudah tersedia.
  • Klik Cari atau Search.
  • Berikutnya, pilih jasa ekspedisi yang tersedia sesuai dengan pilihan kalian saat checkout di Shopee.
  • Terakhir, kalian akan melihat riwayat pengiriman dan letak paket yang sedang diantar oleh jasa ekspedisi tersebut.

Demikian informasi tentang cara lacak paket Shopee dan jenis-jenis layanan pengirimannya. Bagi kalian yang selalu belanja online di Shopee, ulasan ini harus diketahui dan dipahami. Gunanya supaya kalian bisa memantau paket yang sedang dipesan sehingga dapat tiba di tujuan sesuai estimasi berlaku.

Terkait:  Cara Berlangganan iQIYI

Similar Posts