Cara Lem Kaca Aquarium

Cara Lem Kaca Aquarium

Aquarium menjadi salah satu hiasan rumah yang cantik dan estetik. Namun, banyak orang sering mengalami masalah seperti air aquarium selalu berkurang secara tiba-tiba. Kalian bisa mengatasinya dengan mengikuti cara lem kaca aquarium agar air nya dapat terjaga kuantitasnya.

Aquarium bukan hanya disimpan sebagai tempat menyimpan ikan-ikan hias saja. Kalian harus mampu menjaga kebersihan dan kerapiannya supaya bisa digunakan jangka panjang, serta terhindar dari kerusakan bahkan pecah.

Apabila kalian sering mengalami pengurangan air dari dalam aquarium, maka kalian bisa menambal lubang dengan menggunakan lem kaca. Umumnya lubang tersebut hanya mampu ditangani dengan lem kaca yang menjadi bahan dasar dari aquarium itu sendiri.

Kalian harus melakukannya perlahan dan hati-hati, sehingga tidak dapat menyebabkan timbulkan keretakan yang mengakibatkan aquarium tidak bisa diisi air lagi. Selain itu, kalian harus tahu proses pembuatan dan perawatan aquarium dengan benar.

Cara Lem Kaca Aquarium
Cara Lem Kaca Aquarium

Cara Membuat Aquarium untuk Ikan Hias

Aquarium menjadi salah satu elemen penting untuk pemilik ikan hias. Kalian bisa membuatnya di rumah sehingga ikan-ikan hias dapat bertahan hidup dan mempertahankan ekosistemnya dengan prosedur berikut :

  • Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti alat lem tembak, spidol, kaca, obeng, lakban penggaris, alat pemotong kaca, lem silicon untuk perekat kaca dan cutter.
  • Jika semuanya sudah disiapkan, kalian bisa menentukan bentuk aquarium dulu, dianjurkan membuat bentuk persegi.
  • Silakan atur ukuran aquarium sesuai kebutuhan, sebaiknya pertimbangkan dengan luas ruangan yang bakal menjadi tempat penyimpanannya juga.
  • Berikutnya, potong kaca menjadi beberapa bagian dan tentukan bentuk maupun ukuran yang diperlukan.
  • Langkah selanjutnya adalah haluskan setiap sudut kaca yang sudah dipotong tadi, gunanya supaya lem bisa merekat dengan sempurna tanpa kendala akibat permukaan kaca masih kasar.
  • Kemudian, tempelkan lakban pada pinggiran kaca aquarium. Gunanya agar alas aquarium tidak licin dan dapat bergerak dengan baik.
  • Jika semua potongan kaca sudah diberikan lem silikon, kalian bisa menyusun potongan kaca tersebut menjadi aquarium berbentuk kotak atau persegi. Beri lem pada semua sudutnya sehingga merekat lebih kuat dengan lem kaca. Awali dengan menyimpan kaca sebagai alasnya dan diteruskan dengan badan aquarium nya.
  • Selanjutnya, beri lakban di semua sudutnya supaya kuat dan tidak licin dan jatuh.
  • Jika lem kaca benar-benar sudah kering, kalian bisa melepas lakban secara perlahan dan rapikan lem yang menempel di kaca.
  • Kalian bisa memperhatikan apakah lem benar-benar kuat dan pastikan tidak ada rongga di setiap sudut kacanya.
  • Langkah berikutnya adalah pasang stiker atau gambar bernuansa laut yang lucu.
  • Pasang saringan aquarium dan tambahkan hiasa lainnya seperti batang pohon tiruan, batu, tanaman laut, terumbu karang serta lampu hias.
  • Terakhir, atur sedemikian rupa sampai aquarium benar-benar bisa digunakan untuk semua jenis ikan hias yang kalian pelihara di rumah.
Terkait:  Biaya Kirim Pulsa Telkomsel

Cara Membersihkan Aquarium dengan Pasta Gigi

Aquarium tidak selalu bersih dan permukaan kacanya belum tentu bening setiap hari. Maka dari itu, kalian bisa mengatasinya dengan menggunakan pasta gigi. Caranya adalah siapkan pasta gigi, spons dan air hangat. Kemudian, oleskan pasta gigi secukupnya dan ratakan dengan sikat gigi atau spons secara perlahan.

Diamkan selama 15-20 menit, berikutnya sikat lagi menggunakan sikat gigi atau spons  hingga benar-benar bersih. Bilas dengan air hangat dan keringkan memakai handuk atau kain microfiber.

Cara Membersihkan Aquarium dengan Jeruk Nipis

Apabila kalian menganggap penggunaan pasta gigi terlalu rumit, maka bisa menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan aquarium dengan prosedur berikut :

  • Siapkan jeruk nipis secukupnya (jeruk nipis dianggap ampuh membersihkan kotoran dan klak yang menempel pada kaca aquarium).
  • Kemudian, siram seluruh permukaan aquarium dengan menggunakan air bersih.
  • Sikat permukaan aquarium yang benar-benar kotor akibat krak dan lumut agar dapat terangkat sempurna.
  • Berikutnya, teteskan perasan air jeruk nipis ke bagian yang telah disikat tadi.
  • Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, tambahkan soda kue ke bagian yang kotor tersebut dan diamkan sampai kedua bahan tersebut bereaksi.
  • Sikat lagi sampai kotorannya benar-benar terangkat, bilas dengan air bersih supaya air aquarium tidak tercampur dengan zat asam yang terkandung pada jeruk nipis.

Cara Membersihkan Aquarium dengan Pemutih Pakaian

Jika kalian ingin menggunakan bahan yang praktis, gunakan pemutih pakaian dan detergen untuk membersihkan aquarium, sehingga kotoran dapat terangkat sempurna yang bisa dilakukan sebagai berikut :

  • Siapkan pemutih pakaian dan detergen secukupnya.
  • Oleskan pemutih pakaian dan detergen ke area aquarium yang bakal dibersihkan.
  • Berikutnya, sikat perlahan dan diamkan sesaat.
  • Sikat kembali sampai kotoran dan kerak benar-benar terangkat dengan baik.
  • Jika sudah disikat, bilas dengan air hangat untuk membersihkan sisa pemutih pakaian maupun sabun yang masih menempel di dinding kaca aquarium agar tidak dapat tercampur dengan air aquarium.
Terkait:  Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Cara Lem Kaca Aquarium

Apabila kalian mengetahui cara merawat aquarium, maka kalian bisa mencari tahu cara memperbaiki aquarium dengan menggunakan lem kaca. Gunanya supaya wadah penyimpanan ikan-ikan hias tersebut bisa berfungsi tanpa kebocoran dan kerusakan apapun.

Kalian tidak bisa menggunakan lem sembarangan, karena perbaikan aquarium kaca membutuhkan lem khusus yang mengandung tingkat kepadatan cukup tinggi agar setiap sudut kaca dapat menempel dengan sempurna. Aquarium pun tidak akan bocor lagi dalam waktu yang lama.

Langkah 1: Mencari Kebocoran pada Aquarium

Kalian harus mencari bagian mana yang bocor pada aquarium. Selain itu, perhatikan apakah volume air aquarium milikmu sering berkurang drastis atau tidak. Perhatikan bagian yang menjadi sumber volume air berkurang agar dapat ditutup dengan lem kaca dan bahan lainnya.

Langkah 2: Menguras Air Aquarium

Kamu hanya perlu menguras air aquarium sampai bagian yang bocorna saja. Apabila kebocoran terjadi di bagian dasar atau paling bawah, sebaiknya kalian menguras semua air nya. Lalu, biarkan aquarium kering sebelum menangani kebocoran tersebut.

Langkah 3: Menghilangkan Perekat

Hilangkan lapisan perekat yang bocor dengan memakai silet atau cutter. Jangan sampai kalian mengikis terlalu dalam dan cukup kikis silikon di sudut dalam aquarium. Kemudian, kalian bisa membersihkan area yang bocor dengan aseton agar kotoran dan sisa silikon dapat hilang sempurna.

Langkah 4: Menambal Area yang Bocor

Jika kotoran dan sisa silikon sudah dibersihkan, kalian bisa menambal area yang bocor dengan menggunakan perekat silikon. Namun, pastikan bahannya tidak beracun supaya ikan bisa tetap hidup dan dilapisi dengan lem tembak. Tunggu sampai benar-benar kering kurang lebih 24 jam untuk diisi oleh air dan ikan hias lagi.

Terkait:  Cara Menghitung Keuntungan Jualan

Demikian informasi mengenai cara lem kaca aquarium yang bisa dilakukan pemula. Jika kalian berencana membuat aquarium sendiri, sebaiknya ikuti panduan kami di atas sehingga dapat menghasilkan wadah penampungan ikan yang bagus dengan cara perawatannya lebih simpel dan bisa dilakukan di rumah.

Similar Posts